Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 14 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Damar Wisnu Djati
Abstrak :
Tesis ini membahas perubahan paradigma auditor internal, dan bagaimana perubahan paradigma tersebut berperan dalam proses manajemen risiko pada salah satu perusahaan BUMN di Indonesia. Auditor internal merupakan unsur penting dalam entitas. Auditor internal memiliki peran untuk memberikan nilai tambah bagi entitas, dengan melakukan peran selain melakukan fungsi audit. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif dengan menggunakan metode observasi dan wawancara dengan beberapa narasumber. Maupun dengan menyebarkan kuesioner kepada individu-individu yang menjadi subjek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa auditor internal telah mengalami perluasan peran dalam entitas, dan telah meninggalkan peran penjaga. Tetapi disisi lain auditor internal masih belum berperan secara penuh dalam manajemen risiko, terdapat beberapa peran yang dapat dilakukan tetapi tidak dilakukan oleh auditor internal. ......The focus of this study is the paradigm change of internal auditor, and how the changing play a role in the risk management process on one state-owned company in Indonesia. Internal auditor is an element that essential in a entity. Internal auditor role is to give an adding value, by doing function other than audit role. The research was conducted using a descriptive approach through observation and interviews with some parties. Questionnaire also were given to individual that becomes subject in this research. The results indicate that the obeserved internal auditor has expand it role in the entity, and leaving the role of a watchdog. But on the other hand the internal auditor is still not fully participate in the risk management, there are some roles that can be done but not done by the internal auditor.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mega Sari Nusa
Abstrak :
Selama tahun 2016 hingga 2017, ditemukan adanya kasus pelanggaran prosedur dan penggelapan uang pembayaran pajak di PT XYZ. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengendalian internal pada siklus pembayaran pajak PT XYZ dengan menggunakan 5 (lima) faktor penting dalam membentuk dan membuktikan efektifitas pengendalian internal yaitu Segregation of Duties, Policies and Procedures, Documentation, Oversight and Review dan User Access and Rights. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan pada PT XYZ dengan unit analisis adalah divisi pajak perusahaan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui proses wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pengendalian internal pada PT XYZ memiliki kelemahan yang signifikan pada proses pengeluaran kas pada pembayaran pajak yang membuka kesempatan terjadinya manipulasi (fraud) yang dilakukan oleh pegawai divisi pajak. Selain itu, divisi pajak berada di luar lingkup pekerjaan internal audit sehingga desain dari sistem pengendalian internal belum memadai dan efektif. ......From 2016 to 2017, there was a case of procedural violations and embezzlement of tax payments at PT XYZ. This study aims to evaluate internal control in the PT XYZ tax payment cycle by using 5 (five) important factors in establishing and proving the effectiveness of internal control, namely Segregation of Duties, Policies and Procedures, Documentation, Oversight and Review and User Access and Rights. This research is a case study with a qualitative approach conducted at PT XYZ with the unit of analysis at the corporate tax division. The data collection method was done through a semi-structured interview process and documentation. The data analysis technique used is descriptive qualitative analysis. The results of this study indicate that the internal control system at PT XYZ has a significant weakness in the cash disbursement process on tax payments which opens up opportunities for manipulation (fraud) by employees of the tax division. In addition, the tax division is outside the scope of internal audit work, so the design of the internal control system is not adequate and effective.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Falatehan Musavi
Abstrak :
Bank umum dapat menerapkan kerangka Three Lines Model, dengan audit internal yang sebagai pengawas dan pemberi asurans kepada governing body lewat implementasi audit internal berbasis risiko (RBIA), guna memitigasi risiko-risiko yang muncul akibat krisis selama penyebaran COVID-19 di Indonesia. Bank XYZ merupakan perusahaan yang menerapkan metodologi RBIA dalam kerangka Three Lines Model untuk memitigasi risikonya. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui bagaimana peran RBIA dalam kerangka Three Lines Model di Bank XYZ untuk memitigasi risiko yang dihadapi pada krisis semasa pandemi lewat analisis deskriptif dengan metode kualitatif berjenis studi kasus evaluatif untuk membandingkan penerapan yang sudah dilakukan Bank XYZ dengan teori yang ada. Hasil penelitian menunjukan bahwa Bank XYZ telah menerapkan kerangka sistem pengendalian internal lewat penerapan Three Lines Model dan mengaitkannya ke dalam metode audit internal berbasis risiko (RBIA) secara efektif. Hal ini dicapai dengan menerapkan prosedur, kebijakan, dan koordinasi antar fungsi lini pertahanan dengan baik untuk memitigasi risiko yang muncul akibat krisis terkait risiko ketidakpatian COVID-19, risiko keuangan dan ekonomi, risiko cybercrime, risiko countercyclical. Transformasi digital, sistem audit yang agile, proses pengelolaan risiko dan pengawasan terhadap aktivitas baru dan risiko kredit, pembuatan tools digital yang membantu pengelolaan risiko, serta penyempurnaan sistem pengendalian yang sudah ada ataupun sistem baru pada unit bisnis umum maupun unit digital merupakan faktor yang membantu Bank XYZ untuk mengatasi risiko yang muncul sebagai dampak dari pandemi. ......Commercial banks can apply the Three Lines Model framework, with internal audit acts as a supervisor and providing assurance to the governing body through the implementation of a risk-based internal audit (RBIA), to mitigate risks arising from the crisis during the spread of COVID-19 in Indonesia. XYZ Bank is a company that applies the RBIA methodology within the Three Lines Model framework to mitigate its risks. This research created to find out the role of RBIA within the framework of the Three Lines Model at Bank XYZ to mitigate the risks faced during a crisis during a pandemic through descriptive analysis using a qualitative method with evaluative case study type compare the implementation of XYZ Bank with the existing theory. The results of the study show that XYZ Bank has implemented an internal control system framework through the implementation of the Three Lines Model by linking it to the risk-based internal audit (RBIA) method effectively. The effectiveness is achieved through the proper implementation of procedures, policies, and coordination between line functions to mitigate emerging risks, such as the risks of COVID-19 uncertainty, financial and economic risks, cybercrime risks, countercyclical risks. By implementing digital transformation, agile system audits, the process of managing and supervising new activities and credit, creating digital tools that assist risk management, as well as improving existing control systems or new systems in general business units and digital units are factors that help XYZ Bank to overcome the risks that arise as a result of the pandemic.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Qisty Astari Putri
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai beberapa faktor penyebab audit delay dengan memasukkan faktor efektivitas komite audit sebagai variabel pemoderasi. Variabel utama yang digunakan adalah financial distress, kompleksitas operasi dan ukuran KAP. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan model regresi data panel dan metode purposive sampling. Sumber data yang digunakan yaitu seluruh perusahaan selain perusahaan dalam industri keuangan dan pertambangan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia tahun 2012 sampai 2016. Financial distress diukur dengan model prediksi kebangkrutan Altman Revised Z Score (1983) sedangkan kompleksitas operasi ukur dengan jumlah entitas anak perusahaan. Efektivitas komite audit diukur dengan menggunakan indeks skoring yang dikembangkan oleh Hermawan (2009). Berdasarkan hasil pengujian, penelitian ini tidak menemukan bukti empiris bahwa efektivitas komite audit mempu memoderasi hubungan financial distress dengan audit delay, dan hubungan kompleksitas operasi dengan audit delay ......This study aims to obtain empirical evidence on several factors causing audit delay by including the effectiveness of the audit committee as a moderating variable. The main variables used are financial distress, operating complexity and size of Public Accounting Firm. This research uses quantitative method with panel data regression model and purposive sampling method. Source of data used is all companies other than companies in the financial and mining industries that listed on the Indonesia Stock Exchange from year 2012 through 2016. Financial distress is measured by the Altman Revised Z Score prediction bankruptcy model (1983) while the complexity operations was measured with the number of subsidiaries. The effectiveness of the audit committee was measured using the scoring index developed by Hermawan (2009). Based on the test results, this study found no empirical evidence that the effectiveness of the audit committee is able to moderate the relationship of financial distress with audit delay, and the relationship of the complexity of operations with audit delay.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lulu Fauziatul Hasanah
Abstrak :
Laporan magang ini bertujuan untuk membahas dan mengevaluasi prosedur audit yang dilakukan oleh KAP HAL atas akun piutang usaha PT LFH. PT LFH adalah perusahaan yang mengelola kawasan industri. Prosedur audit yang dilakukan selama kegiatan magang untuk akun piutang usaha yang akan dievaluasi adalah prosedur substantif. Berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan, prosedur audit substantif yang dilakukan KAP HAL atas piutang usaha PT LFH telah sesuai dengan teori dan standar audit yang berlaku di Indonesia. Laporan magang ini juga menyertakan refleksi diri penulis selama menjadi peserta magang di KAP LFH. Hasil evaluasi refleksi diri menyatakan bahwa penulis harus meningkatkan kemampuan komunikasi dan teknikal sebagai seorang auditor. Kemudian rencana tindak lanjut dibuat untuk mempersiapkan diri dalam dunia kerja di masa depan sebagai seorang auditor. ......This internship report aims to discuss and evaluate audit procedures carried out by KAP HAL on PT LFH's accounts receivable accounts. PT LFH is a company that manages industrial estates. The audit procedure carried out during the internship for the accounts receivable account to be evaluated is the substantive procedure. Based on the results of the evaluation that has been carried out, the substantive audit procedures carried out by KAP HAL on PT LFH's trade receivables are following the prevailing auditing theories and standards in Indonesia. This internship report also includes the author's self-reflection while being an apprentice at KAP LFH. The results of the self-reflection evaluation stated that the writer had to improve his communication and technical skills as an auditor. An action plan is made to prepare oneself for the world of advanced work in the future as an auditor.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Tiara Indah Sari
Abstrak :
Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan prosedur audit ICOFR (Internal Control over Financial Reporting) atas akun mesin besar dan mesin kecil pada Departemen Pengelolaan Uang (DPU) dan Departemen Pengelolaan Sistem Informasi (DPSI). Evaluasi didasarkan pada kerangka teori mengenai pengendalian internal berdasarkan COSO Internal Control – Integrated Framework, teori ICOFR, pedoman umum audit internal, dan prosedur audit inspeksi. Hasil dari evaluasi menunjukkan bahwa pelaksanaan prosedur audit atas akun mesin besar dan mesin kecil tersebut telah sesuai dengan kerangka evaluasi yang digunakan. Refleksi diri mengenai pengalaman magang menjelaskan bahwa banyak pengalaman yang diperoleh dan pelajaran yang diambil selama magang untuk meningkatkan kemampuan diri kedepannya ......This internship report aims to evaluate the implementation of ICOFR (Internal Control over Financial Reporting) audit procedures for large and small machine accounts in the Department of Money Management (DPU) and the Department of Information Systems Management (DPSI). The evaluation is based on a theoretical framework regarding internal control based on the COSO Internal Control – Integrated Framework, ICOFR theory, general internal audit guidelines, and inspection audit procedures. The results of the evaluation show that the implementation of audit procedures for large machine and small machine accounts is in accordance with the evaluation framework used. Self- reflection about the internship experience explains that a lot of experience was gained and lessons learned during the internship to improve self-ability in the future.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Syifa Shafira Ayuningtyas
Abstrak :
Laporan magang ini membahas tentang evaluasi prosedur audit substantif atas akun beban umum PT ZAT yang dilakukan oleh KAP SNS untuk periode audit interim sampai dengan tanggal 30 November 2022. PT ZAT adalah perusahaan yang bergerak di bidang asuransi. Prosedur audit yang telah dilakukan antara lain pembuatan lead schedule, melakukan tie up saldo dengan rincian, melakukan analytical review procedure, dan melakukan vouching dokumen pendukung. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan kesesuaian pelaksanaan prosedur audit substantif atas akun beban umum oleh KAP SNS dengan standar dan literatur audit terkait lainnya yang berlaku. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa prosedur audit substantif atas akun beban umum PT ZAT yang dilaksanakan oleh KAP SNS telah sesuai dengan standar dan literatur audit yang berlaku. Selain itu, laporan magang ini juga memuat refleksi diri terhadap aktivitas magang yang telah dilakukan serta rencana tindak lanjut di masa depan. ......This internship report discusses the evaluation of substantive audit procedures on the general expense account of PT ZAT conducted by KAP SNS for the interim audit period until November 30, 2022. PT ZAT is a company engaged in the insurance sector. The audit procedures performed include creating a lead schedule, conducting balance tie-ups with details, carrying out analytical review procedures, and examining supporting documents through vouching. The evaluation is carried out by comparing the suitability of the implementation of substantive audit procedures on the general expense account by KAP SNS with the applicable standards and other relevant audit literature. The results of the evaluation show that the substantive audit procedures on the general expense account of PT ZAT conducted by KAP SNS are in accordance with the applicable standards and relevant audit literature. In addition, this internship report also contains a self-reflection on the internship activities that have been carried out and follow-up plans for future actions.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Khalda Indriyani Zein
Abstrak :
Laporan magang ini berisikan pembahasan mengenai evaluasi prosedur audit loan review yang dilaksanakan KAP ABC pada Bank OMO untuk laporan keuangan yang berakhir pada 31 Desember 2022. Bank OMO merupakan bank umum yang menyediakan berbagai jasa dan produk perbankan. Evaluasi yang dilakukan mengacu pada perbandingan antara prosedur audit loan review yang berlaku dengan praktik yang dilaksanakan selama magang. Berdasarkan hasil evaluasi dapat disimpulkan bahwa prosedur audit loan review yang dilakukan oleh KAP ABC telah mematuhi analisa tiga pilar kredit Otoritas Jasa Keuangan sekaligus telah mencapai asersi keberadaan dan penilaian. Selain itu laporan magang ini juga memuat refleksi diri penulis selama melaksanakan magang di KAP ABC. ......This internship report comprises a discussion regarding the evaluation of the loan review audit procedures carried out by ABC Public Accounting Firm at OMO Bank for the financial statements ending on December 31, 2022. OMO Bank is a commercial bank offering various banking services and products. The evaluation conducted is based on a comparison between the applicable loan review audit procedures and the practices executed during the internship. Based on the evaluation results, it can be deduced that the loan review audit procedures conducted by ABC Public Accounting Firm have adhered to the analysis of the three credit pillars established by the Financial Services Authority, concurrently achieving assertions of existence and assessment. Furthermore, this internship report also incorporates the author's self-reflections during the internship at ABC Public Accounting Firm.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Hakky Cahya Putranto
Abstrak :
Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi jenis asersi manajemen yang diuji dalam prosedur audit penyusunan lead schedule aset tetap dan vouching KAP WRT atas pembelian peralatan medis PT RSE untuk periode yang berakhir pada 31 Desember 2021. Selain itu, laporan ini mengevaluasi jenis prosedur pengumpulan bukti audit yang dilaksanakan KAP WRT berdasarkan Standar Audit (SA) 500 mengenai Bukti Audit. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan prosedur yang dijalankan dengan teori dalam buku teks dan standar audit. Berdasarkan hasil evaluasi, prosedur penyusunan lead schedule aset tetap dan vouching atas pembelian peralatan medis PT RSE telah menguji asersi completeness, occurrence, existence, dan accuracy. Sementara itu, prosedur pengumpulan bukti audit yang dilakukan sesuai dalam SA 500 adalah inspeksi dan permintaan keterangan. ......This internship report’s objective is to evaluate the assertions assessed from the audit procedures conducted by WRT Accounting Firm, which are fixed asset lead schedule and vouching of medical equipment addition of PT RSE for the period ending December 31, 2021. This report also evaluates which procedures to obtain audit evidence conducted by WRT Accounting Firm according to International Standard on Auditing (ISA) 500 regarding Audit Evidence. The evaluation is carried out by comparing the procedures performed with the theories from audit textbook and auditing standards. Based on the evaluation, the procedure of fixed asset lead schedule and vouching of medical equipment addition have assessed completeness, occurrence, existence, and accuracy assertion. Meanwhile, the procedures to obtain audit evidence according to ISA 500 are inspection and inquiry.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Rana Evan Febrian
Abstrak :
Laporan magang ini membahas tentang evaluasi prosedur test of details atas akun pendapatan PT PIM yang dilakukan oleh KAP MRE untuk periode interim September 2022. Aktivitas yang dievaluasi adalah vouching atas sampel pendapatan PT PIM dengan dokumen pendukung yang ada untuk memastikan setiap pendapatan yang dicatat oleh PT PIM benar-benar terjadi dan nominal yang tercatat telah sesuai dengan dokumen pendukung tersebut. Tujuan dari evaluasi ini untuk membandingkan penerapan prosedur test of details pada aktivitas vouching yang dilakukan oleh KAP MRE dengan standar dan konsep audit yang berlaku. Evaluasi dilakukan berdasarkan teknik vouching dan ketercapaian aktivitas vouching atas pengujian asersi occurrence dan accuracy. Hasil dari evaluasi tersebut dapat disimpulkan bahwa prosedur yang dilakukan oleh KAP MRE telah sesuai dengan standar audit yang berlaku dan konsep audit yang relevan. ......This internship report discusses the evaluation of the test of details procedures on the revenue accounts of PT PIM conducted by KAP MRE for the interim period of September 2022. The activity evaluated was the vouching of a sample of PT PIM's revenue with supporting documents to ensure that every recorded revenue by PT PIM actually occurred and the recorded amount corresponded to the supporting documents. The objective of this evaluation was to compare the application of test of details procedures in the vouching activity conducted by KAP MRE with the applicable audit standards and concepts. The evaluation was based on the vouching technique and the achievement of vouching activities regarding the testing of occurrence and accuracy assertions. The results of the evaluation can be concluded that the procedures performed by KAP MRE were in accordance with the applicable audit standards and relevant audit concepts.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>