Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dipo Wicaksono
Abstrak :
Penelitian untuk memperoleh informasi tentang pengembangan dan uji coba media audio-visual MP-ASI terhadap pengetahuan dan sikap ibu bayi usia 6- 24 bulan pada kelompok 'Audio Visual dan Booklet' tentang MP-ASI di wilayah Puskesmas Kelurahan Johar Baru. Penelitian ini menggunakan desain Research & Development (R&D) untuk pembuatan dan pengembangan medianya dan Quasi Experimental untuk desain penelitiannya. Waktu yang diperlukan dalam penelitian ini selam 3 bulan (Oktober-Desember 2013). Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Kelurahan Johar Baru dengan membagi menjadi 3 Puskesmas, yaitu Puskesmas Johar Baru 1, Puskesmas Johar Baru 2 dan Puskesmas Johar Baru 3. Pembagian wilayah kerja Puskesmas ini karena banyaknya orang tua yang memiliki bayi usia 6- 24 bulan yang tinggal di Kelurahan Johar Baru, selain itu belum adanya media pembelajaran yang baik tentang MP-ASI. Sampel penelitian ini adalah ibu Baduta yang rutin sebulan sekali untuk datang ke Posyandu untuk mengambil MP-ASI. Materi yang digunakan dalam penelitian ini berupa audiovisual tentang MP-ASI dan booklet dari Kementrian Kesehatan RI. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan menggunakan uji t-test, ANOVA dan regresi linear. Berdasarkan hasil penelitian didapat bahwa terdapat 6 cara dalam pengembangan media audio-visual. Selain itu penggunaan audio visual merupakan media yang paling baik untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku dan umur ibu Baduta serta pendidikan ibu Baduta merupakan faktor dominan pada terjadinya perubahan pengetahuan, sikap dan perilaku tentang MPASI. Media audio visual ini dapat dijadikan promosi kesehatan dalam menilai pengetahuan, sikap dan perilaku di masing-masing puskesmas. Selain itu menampilkan audio-visual ini di berbagai pelayanan kesehatan, membuat suatu kebijakan media guna meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku ibu mengenai MP-ASI dan membuat beberapa media untuk promosi kesehatan dengan production house untuk dijadikan bahan ekperimental yang lain. ......Research has been conducted concerning the Influence of short presentation on audio visual media and booklet concerning MP-ASI (Side Food-Mother's Own Milk)/(Infant Child Fedding) on knowledges, attitude and behavior of infant's mother aged 6-24 months at Puskesmas Kelurahan Johar Baru working area. The objective of the research is to obtain informations about development and test-and-trial audio visual media and booklet concerning MPASI on knowledge and attitude of the infant's mother aged 6-24 months on 'Audio Visual and Booklet' group about MP-ASI at Puskesmas Kelurahan Johar Baru area. This research applies Research & Development (R&D) design for establishment and development its media and Quasi Experimental uthe research design . Puskesmas Kelurahan Johar Baru is divided into 3 Puskesmas, which are Puskesmas Johar Baru 1, Puskesmas Johar Baru 2 and Puskesmas Johar Baru 3. The division of Puskesmas working area due to the lot of parents number having infants aged 6- 24 months living at Kelurahan Johar Baru, besides the absent of good learning media concerning MP-ASI. Hence this research is entitled 'The influence of short presentation on audio visual media and booklet concerning MP-ASI on knowledge, attitude and behavior of infant's mother aged 6-24 months at Puskesmas Kelurahan Johar Baru working area , Jakarta Pusat 2013' This research is divided into 4 groups, by comparing between 'Audio visual and booklet' group with 'Audio visual' group, 'Booklet' group and 'Control' group. Based on the research result it is found that applying audio visual is the best media for increasing knowledge , attitude and behaviour. Based on this research it is hoped that audio visual media can be used as a health promotion or guidance to asses knowledge , attitude and behavior at the each Puskesmas, either at the kecamatan or kelurahan. As well as to educate by presenting this audio visual in the waiting room at various health service anywhere , establishing a policy or similar media to increase knowledge, attitude and behavior concerning MP-ASI and establish some other media in conducting health promotion and work together with production house to make audio visual material with more attracting performance.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
T42264
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fatimah Mardiyah
Abstrak :
Di tengah gempuran teknologi yang dahsyat, berbagai media cetak berusaha mempertahankan eksistensi dirinya. Selain konvergensi media sebagai upaya perluasan digital, beberapa media cetak pun menggunakan strategi crossmedia untuk melengkapinya. Pada saat beberapa media lain tidak menerapkan strategi tersebut secara utuh dan konsisten, majalah Harper’s Bazaar Indonesia mampu menerapkan strategi crossmedia secara utuh dan konsisten hingga saat ini. Crossmedia yang baik adalah crossmedia yang tidak hanya sekadar menggunakan banyak media, tetapi juga menyesuaikan konten dengan karakteristik medianya. Berdasarkan hasil analisis, Harper’s Bazaar Indonesia telah mempersiapkan dengan baik upaya perluasan digital yang dilakukan. Majalah tersebut pun cukup baik dalam menyesuaikan konten dengan berbagai media yang dimiliki, yaitu majalah cetak, e-magz, media online, dan media sosial. Jurnal ini akan membahas bagaimana upaya perluasan digital Harper’s Bazaar Indonesia, penerapan strategi crossmedia oleh Harper’s Bazaar Indonesia, dan penyesuaian konten terhadap karakteristik tiap media yang dimiliki ......Amidst the onslaught of technology, several printed media manage to maintain their existence. Besides media convergence as their digital expansion, some printed media use the crossmedia strategy to complement it. When many media don’t apply that strategy completely dan consistently, Harper’s Bazaar Indonesia magazine is capable to apply it completely and consistently until now. A good crossmedia strategy is a crossmedia that not only expand their media, but also adjust the content with the characteristics of each media or medium. Based on the outcome of the analysis, Harper’s Bazaar Indonesia has prepared the digital expansion well. The magazine is also quite good at adjusting content with every media they have, such as printed magazine, e-magz, online media, and social media. This journal will discuss how Harper’s Bazaar Indonesia expand their digital, apply the strategy of crossmedia, and adjust the content with every media they have
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library