Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 13 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Illiyyina Perdanawati
Abstrak :
Tesis ini merupakan studi kasus tentang analisis dan dokumentasi sistem informasi kas dengan Unified Modeling Language di Universitas Indonesia. Penelitian ini dilakukan selama kurun waktu Februari-November 2015. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SIMKAS UI memang dibutuhkan organisasi, SIMKAS UI membantu pengendalian internal organisasi, sistem yang baik memerlukan dokumentasi sistem, UML merupakan salah satu alat untuk mendokumentasikan sistem, SIMKAS UI memiliki design interface yang mudah digunakan. Saran dari penelitian ini adalah penambahan help desk (administrator) SIMKAS UI agar pelayanan menjadi lebih cepat, integrasi data base dengan sistem SIPKA dan Oracle, dan diperlukannya penelitian lanjutan untuk melengkapi dokumentasi sistem.
This thesis is a case study about analysis and documentation cash information systems with Unified Modeling Language at the University of Indonesia. The study was conducted during the period from February to November 2015. This research is a qualitative descriptive design. The technique of collecting data using interviews, observation, and literature study. The results show that UI is needed SIMKAS, SIMKAS UI helps internal control organization, a good system requires documentation system, the UML is one tool for documenting system, SIMKAS UI has an easy to use interface design. Suggestions from this study is the addition of a help desk (administrator) SIMKAS UI that services become faster, the integration of data base with Sipka and Oracle systems, and the need for further research to complete the documentation system.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T53235
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Mochammad Rizal Firmansyah
Abstrak :
Skripsi ini mencoba untuk menjelaskan penerapan tata kelola teknologi informasi dalam perusahaan melalui penggunaan instrumen COBIT 5.0 sebagai panduan dengan analisis proses TI. Perusahaan yang menjadi obyek penelitian adalah PT KAI yang telah mengalami perubahan dalam pengelolaan teknologi informasinya dan telah menerapkan COBIT 4.1 sebelumnya., Berdasarkan hasil analisis yang melalui proses observasi dan studi literatur didapatkan hasil 2,45 yang menunjukkan bahwa PT KAI sudah mencapai tahap Defined Process pada COBIT 5.0.
This paper tries to describe the application of information technology governance in the company through the use of COBIT 5.0 as a guide with the analysis of IT processes. The Company that become the object of research is PT Kereta Api Indonesia, which has undergone a change in the information technology management and have implemented COBIT 4.1 previously. After analyzing with observation and literature study, the result is 2.45 which means that PT KAI has reached the Defined Process level in COBIT 5.0.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S59355
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dita Rizki Febri Indah Santoso
Abstrak :
ABSTRAK
Laporan magang membahas analisis sistem informasi akuntansi yang digunakan PT Aman Sentosa untuk membuat laporan keuangan, yaitu Tugu Insurance Solution: Accounting pada Financial Accounting Department. Laporan magang ini bersifat deskriptif dengan menggunakan model analisis FAST dan metode PIECES dalam mengidentifikasi masalah. Hasil analisis dituangkan dalam bentuk analisis masalah, analisis peluang, analisis tujuan perbaikan sistem, rancangan proses menggunakan Data Flow Diagram, desain database dengan ERD, dan tampilan pada user interface. Kesimpulannya adalah perlu dilakukan perbaikan pada sistem dan proses offline karena hingga saat ini usaha membuat laporan keuangan masih cukup besar. Diharapkan hasil analisis memberikan usulan perbaikan yang membantu pengguna dalam membuat laporan keuangan yang lebih efektif dan efisien
ABSTRACT
The internship report analyse accounting information system used by PT Aman Sentosa for reporting system called Tugu Insurance Solution: Accounting at Financial Accounting Department. The report is descriptive by using FAST analysis model for analysing and PIECES method to identify problems. The result is presented as problem analysis, opportunity analysis, and system improvement objective; process design in the form of Data Flow Diagram; database design using ERD; and user interface design. The report result shows that there is a need for system improvement and for offline processing so that the effort for preparing and producing financial report can be reduced and become more efficient. The researcher hope that the analysis result can provide suggestion for future improvement so that the process of preparing and producing financial statements can be more effective and efficient.
2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Michelle Dwi Margareth Munthe
Abstrak :
Laporan magang ini membahas tentang pembentukan sistem approval routing dalam rangka meningkatkan kualitas pengendalian internal PT X. PT X sendiri merupakan salah satu perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) terbesar di Indonesia, bahkan di dunia. Dalam pembentukan sistem approval routing, terdapat berbagai tahapan hingga sistem yang dihasilkan dapat membantu entitas dalam mengotomatisasi proses bisnisnya. Setelah dilakukan analisis, dapat disimpulkan bahwa kehadiran sistem ini membantu perusahaan meningkatkan pengendalian internalnya. Namun, masih ada beberapa kekurangan dari sisi manajemen proyek, mengingat proyek pembangunan sistem approval routing yang masih belum selesai.  ......his report discusses the establishment of an approval routing system in order to improve the quality of PT X's internal control. PT X itself is one of the largest Fast Moving Consumer Goods (FMCP) company in Indonesia, even in the world. In establishing the approval routing system, there are various stages so that the resulting system can assist entities in automating their business processes. After analysis, it can be concluded that the presence of this system helps the company in improving it's internal control. However, there are still many shortcomings in terms of project management, given the project consruction of approval system is still unfinished. 

Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia , 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Mourin Valdina
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakteristik, kompensasi, dan aktivitas Dewan Komisaris terhadap kualitas informasi akuntansi. Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan manufaktur yang listed di BEI pada tahun 2012 dan 2013. Kualitas informasi akuntansi akan diukur melalui dua pendekatan, yaitu earning response coefficient (ERC) dan discretionary accrual (DA). Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik Dewan Komisaris, ukuran, latar belakang karir di kantor akuntan dan latar belakang karir sebagai akademisi berpengaruh negatif terhadap kualitas informasi akuntansi dengan menggunakan pengukuran ERC. Sementara itu, dengan pengukuran DA, ukuran, latar belakang gelar MBA, latar belakang karir bekerja di kantor akuntan, latar belakang karir sebagai akademisi, dan usia berpengaruh positif terhadap kualitas informasi akuntansi. Latar belakang pendidikan, latar belakang karir sebagai pegawai pemerintah dan gender tidak berpengaruh terhadap kualitas informasi akuntansi baik dalam ERC maupun DA. Kompensasi dan jumlah rapat Dewan Komisaris tidak berpengaruh terhadap kualitas informasi akuntasi dengan pengukuran ERC. Dalam pengukuran DA, kompensasi berpengaruh positif tetapi jumlah rapat tidak berpengaruh terhadap kualitas informasi akuntansi. .....This study aimed to examine the effect of the characteristic, compensation, and activities of Board’s Commissioners on the quality of accounting information. This study used a sample of manufacturing companies listed on the Stock Exchange in 2012 and 2013. The quality of accounting information will be measured through two approaches, namely earnings response coefficient (ERC) and discretionary accruals (DA). The analysis technique used in this study is multiple regression. The results showed that the characteristics of the BOC, size, background and career in the accounting firm, and background as an academic career negatively affect the quality of accounting information using the measurement ERC. Meanwhile, the DA measurement, size, background MBA degree, career background working in the office of an accountant, a career as an academic background, and age are positively affect on the quality of accounting information. Educational background, career background as a government employee and gender did not affect the quality of accounting information in both measurements. Compensation and meeting frequency does not affect the quality of accounting information with the measurement of the ERC. In the measurement of DA, compensation positively affect but Board’s Commissioners meeting frequency does not affect the quality of accounting information.
Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2015
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rhesa Adrian Pratama
Abstrak :
Laporan Magang ini adalah hasil dari program magang yang dilakukan di PT Jakarta Tourisindo, sebuah Badan Usaha Milik Daerah DKI Jakarta yang beroperasi di bidang industri hotel dan pariwisata. Selama magang, observasi terhadap sistem akuntansi penggajian di perusahaan tersebut telah dilakukan. Laporan magang ini mendiskusikan tentang hal-hal yang terkait dengan sistem akuntansi penggajian di perusahaan tersebut, termasuk teori-teori terkait dengan topik laporan ini. Hasil magang ini menunjukkan bahwa siklus penggajian di perusahaan tersebut telah berjalan baik dengan didukung sistem yang memadai. Akan tetapi, masih ada beberapa kekurangan yang dialami perusahaan yang menyebabkan ketidakefisienan dalam sistem penggajian, yang harus diminimalisir dan dipecahkan oleh perusahaan, termasuk kesalahan manusia yang masih sering terjadi. ......This internship report is the outcome of internship program done at PT Jakarta Tourisindo, a regional-owned enterprise in DKI Jakarta that operates its business in hotel and tourism industry. During the internship, payroll accounting system applied in the company was observed. This internship report discusses the related issues about the payroll accounting system in the company, including the applicable theory of the subject. The internship proved that the company has been running well with the adopted adequate system that supports all the activities related to the payroll cycle. However, there are several shortcomings that cause inefficiency to the payroll system, that have to be minimized and solved by the company, including common human errors.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Felix Prawira
Abstrak :
ABSTRAK
Laporan magang ini menganalisis siklus pengeluaran kas atas pembayaran utang usaha SOP, Ltd. Utang usaha terjadi akibat pembelian barang atau jasa secara kredit. Analisis mencakup prosedur pengeluaran kas atas pembayaran utang usaha dan analisa komponen sistem informasi akuntansi. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam menyusun laporan magang ini adalah studi pustaka, wawancara, dan observasi. Hasil dari laporan magang menunjukkan bahwa komponen infrastruktur teknologi informasi, perangkat lunak, basis data, dan pengendalian internal telah memadai. Namun, komponen prosedur dan SDM masih terdapat kekurangan yaitu kesalahan dalam menerapkan three way matching, pembuatan laporan penerimaan barang atau jasa setelah tagihan dari supplier, kelalaian pelaksanaan prosedur dan manajemen waktu yang kurang baik oleh SDM dalam menerapkan seluruh prosedur pada siklus pengeluaran kas atas pembayaran utang usaha.
ABSTRACT
This report analyzes cash disbursement cycle on payment of account payable at SOP, Ltd. Accounts payable arise from the purchase of goods or services on credit. The analysis performed includes an overview of the cash disbursement procedure for the payment of accounts payable and the analysis of accounting information system components. The methodology of writing used in preparing this report is literature study, interview, and observation. The results of this report shows that the information technology infrastructure, software, database, and internal control components are adequate. However, the components of procedures and human resources are still lacking of mistakes in applying three way matching, receving report of goods or services after the invoice from supplier, negligence implementation procedures and poor time management by employee in implementing all procedures on the cash disbursement cycle for payment of account payable.
2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fuzla Hanum
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat kesuksesan dari sistem informasi pengelolaan keuangan daerah. Variabel penelitian terdiri dari kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas layanan, kepuasan pengguna, penggunaan dan manfaat bersih. Populasi dari penelitian ini terdiri dari seluruh satuan kerja di pemerintah kota Banda Aceh dan pemerintah kabupaten Aceh Besar. Responden penelitian merupakan pengguna SIPKD yaitu Pejabat pengelola keuangan, bendahara pengeluaran dan bendahara penerimaan. Pemilihan sampel menggunakan metode survey, dimana seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Metode analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat bantu Lisrel 8.8. Hasil penelitian dengan menggunakan DeLone dan McLean IS Success Model (2003) menunjukkan bahwa dari 9 hipotesis yang dibangun, 7 hipotesis menunjukkan pengaruh. 2 hipotesis lainnya tidak menunjukkan pengaruh yaitu kualitas sistem terhadap penggunaan serta kualitas layanan terhadap penggunaan. Secara keseluruhan SIPKD dapat dikategorikan sukses. ......This study aims to look at the success rate of the local financial management information system (Sistem Informasai Pengelolaan Keuangan Daerah). The research variables consisted of information quality, system quality, service quality, user satisfaction, use and net benefits. Population of this research consisted of all work units in the municipality of Banda Aceh and Aceh Besar district government. Respondents are users SIPKD namely financial management officer, treasurer and treasurer acceptance. Selection of the sample survey method, in which the entire population of the research sample. Methods of data analysis using Structural Equation Modeling (SEM) with lisrel tools.8.8. Research results using DeLone and McLean IS Success Model (2003) showed that out of 9 hypotheses constructed, 7 hypotheses show the effect 2 other hypotheses do not show the influence that the quality system is to use and the quality of service to use. Overall SIPKD can be considered a success.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T45021
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>