Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Harry Darmawan Dani
Abstrak :
ABSTRAK
Rumah Sakit X memilih strategi organisasi yang berfokus pada pelanggan sebagai keunggulan daya saing terhadap rumah sakit lainnya. Fokus pada pelanggan dijabarkan melalui konsep branded customer service, yang intinya adalah menjadikan pelayanan kepada pelanggan sebagai brand Rumah Sakit X, melalui pelayanan kepada pelanggan yang melebihi harapan pelanggan. Strategi yang dipilih tersebut belum selaras dengan strategi di bidang SDM dan manajemen SDM yang diterapkan oleh Rumah Sakit X sehingga belum mendorong para karyawan untuk berperilaku sesuai dengan brand tersebut, akibatnya para pelanggan belum mengalami brand Rumah Sakit X dalam proses pelayanan kesehatan yang mereka terima. Untuk itu perlu dilakukan peninjauan ulang dan perancangan manajemen SDM di Rumah Sakit X, agar dapat selaras dengan brand yang ditampilkan kepada pelanggan. Dalam merancang ulang manajemen SDM, beberapa hal yang diperhatikan adalah: level intervensi yang akan dilakukan (level strategis atau level implementasi), pathway penerapan branded customer service yang dikemukakan oleh Barlow dan Stewart (2006), serta harus memperhatikan faktorfaktor yang berpengaruh pada pembentukan perilaku dalam organisasi yang diungkapkan melalui model MARS dari McShane dan Von Glinow (2005).
ABSTRACT
Hospital X has chosen the customer focused organization strategy in order to compete with other hospitals. This strategy is applied through branded customer service, where customer service is the brand of the hospital, and implemented through giving a service that exceeds the customer’s needs. The chosen strategy does not align with the HR strategy and HR management at Hospital X. Therefore, the employees’ behaviors do not reflect the brand in real service situation. Hie customer has not experience the brand yet It is necessary to evaluate and re-design the HR management at Hospital X and aligning it with the brand, as the reflection of customer focused organization strategy. In redesigning the HR management, some concepts are being considered: the level of intervention (strategic level and implementation level), the pathway of branded customer service (Barlow and Stewart, 2005), and McShane and Von Glinow’s MARS model (2005) to explain the factors that influence individual behavior in organization.
2007
T37653
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Evi Nofita
2008
T37644
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Titiek Tjahjaningsih
Abstrak :
ABSTRAK
Proyek implementasi Enterprise Resource Planning (ERP) di PT XYZ mencakup modul Financial Management, Material Management, dan Human Resource Management. Proyek dikeijakan mulai 9 Mei 2005 sampai dengan 8 Nopember 2006, dilanjutkan perpanjangan dukungan konsultan {Go Live Support Extension) sampai dengan 8 Mei 2007. Implementasi ERP mengintegrasikan proses bisnis dengan aplikasi pendukung untuk mendapat manfaat: 1) Tersedianya sumber data dan informasi yang tepat waktu dan akurat dari satu sumber, dan dapat dimanfaatkan secara bersama oleh seluruh anggota organisasi; 2) Akuntabilitas lebih baik; 3) Kontrol terhadap pengeluaran menggunakan fungsi “active budget checking". Tugas Akhir ini bertujuan: 1) Menganalisa proses perubahan pada implementasi ERP di PT XYZ, 2) Mengetahui hambatan yang dihadapi berkaitan dengan aspek manusia, khususnya pada modul Human Resource Management; 3) Menemukan alternatif solusi serta rekomendasi intervensi untuk mengatasi hambatan agar memperoleh hasil lebih baik. Dari hasil analisa berdasarkan dokumentasi dan wawancara, diperoleh kesimpulan bahwa proses manajemen perubahan dan alih pengetahuan tidak beijalan sempurna, sehingga belum semua fasilitas dan sub modul HRM dioperasikan. Faktor lain yang menyebabkan implementasi ERP kurang berhasil adalah belum ada budaya berbagi pengetahuan di lingkungan perusahaan. Untuk menyukseskan implementasi ERP, maka 1) Manajemen atas harus mau terlibat aktif dalam proses perubahan sebagai faktor kunci meraih sukses; 2) Adanya tim yang solid dan tangguh dengan kepemimpinan kuat utnuk memimpin perubahan; 3) Sistem penghargaan dan imbalan yang mampu memotivasi perubahan; 4) Mempunyai strategi perubahan yang tepat dan konsisten menjalankannya; 5) Membangun budaya berbagi pengetahuan dengan memanfaatkan inisiatif manajemen pengetahuan sesuai dengan nilai-nilai perusahaan: Saling percaya, Integritas, Peduli dan Pembelajar.
2007
T37658
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2006
T38316
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library