Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Victor Kristanto
"Emosi adalah reaksi subyektif individu terhadap peristiwa-peristiwa yang terjadi di luar tubuh, yang disertai perubahan fisiologis maupun perubahan tingkah laku (Papalia, Olds dan Feldman, 2001). Perubahan fisiologis dan perubahan tingkah laku tersebut memberikan informasi pengalaman emosi yang dialaminya ke individu lain. Menurut Wittig dan William (1984), emosi dapat digolongkan menjadi emosi dasar dan emosi kompleks. Salah satu contoh emosi kompleks adalah cemburu.
Cemburu adalah keadaan emosi yang dirangsang oleh adanya ancaman terhadap hubungan yang dihargai. (Buss, et al., 1992). Ancaman tersebut terjadi karena adanya keterlibatan pasangan dengan pihak lain. Keterlibatan pasangan dengan pihak lain dapat berupa potensial, aktual, ataupun sekedar bayangan. Keadaan emosi ini juga memotivasi tingkah laku yang ditujukan untuk mengatasi ancaman tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan ekspresi emosi cemburu etnis Batak dengan etnis Jawa. Etnis Batak dipilih karena ketika ada konflik, mereka lebih suka menghadapinya secara langsung, bukan menghindarinya Toba (Harahap dan Siahaan, 1987). Sedangkan etnis Jawa menganut prinsip kerukunan. Etnis Jawa lebih suka menghindari konflik demi tercapainya kerukunan (Hildred Geertz, 2001).
Subyek penelitian adalah individu dewasa muda berusia antara 20-30 tahun, beretnis Jawa atau Batak, dan pernah atau sedang berpacaran. Penelitian ini merupakan studi kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai alat ukur. Kuesioner berisi tiga pertanyaan terbuka. Jawaban subyek dikategorisasikan kemudian diolah secara statistik dengan menggunakan tehnik chi square.
Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara etnis Jawa dan etnis Batak dalam mengekspresikan emosi cemburu. Dengan demikian kesimpulan yang diperoleh dari penelitiian ini adalah bahwa ada perbedaan yang signifikan antara etnis Jawa dan etnis Batak dalam mengekspresikan emosi cemburu.
Bagi penelitian selanjutnya juga dilakukan metode observasi dan disamping metode kuantitatif untuk dapat memperoleh gambaran yang lebih mendalam mengenai ekspresi emosi cemburu antar etnis. Selain itu, dapat juga dilakukan penelitian perbandingan antar kelompok usia yang berbeda, atau status hubungan yang berbeda, maupun lama berpacaran yang berbeda."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003
S3208
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Victor Kristanto
"ABSTRAK
PT PO merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang games online. Berdiri pada tahun 2004, saat ini PT PO telah memiliki lisensi untuk 2 games online di Indonesia. Dalam menjalankan fungsinya sehari-hari ketika melayani konsumen (player), PT. PO memiliki gamemaster-gamemaster (GM). Para GM inilah yang bertanggung jawab dalam melayani player dengan menyediakan berbagai bantuan in-game/off-game dengan panduan peraturan yang ditetapkan oleh perusahaan.
Berdasarkan hasil temuan mengenai gejala dan perilaku organisasi di PT. PO, maka hal-hal yang yang dihadapi oleh PT PO adalah lemahnya komunikasi antara atasan dengan bawahan (karyawan) dan sebaliknya; karyawan dan atasan saling tidak percaya akan kemampuan satu sama lain; karyawan merasa atasan terlalu mengekang mereka dan kurang memberikan kesempatan untuk berkreasi sendiri.
Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, maka dirancanglah suatu program pelatihan team building. Setelah berdiskusi dengan pihak PT PO maka materi-materi pelatihan team building akan mencakup aspek-aspek: komunikasi, pembentukan kepercayaan, kerjasama dan kepemimpinan. Kedalaman materiĀ­ materi pada pelatihan tentunya disesuaikan dengan kondisi perusahaan. Metode yang digunakan adalah bermain peran, konferensi atau diskusi kelompok dan juga workshop, simulasi, serta kuliah.
Diharapkan penelitian ini dapat membantu PT PO dalam mempersiapkan suatu program pelatihan team building bagi para karyawannya, khususnya para Game Master; membantu para Game Master agar dapat bekerja sama dengan lebih baik; dan dengan adanya program pelatihan team building ini nantinya kinerja Game Master dapat meningkat sehingga meningkatkan produktivitas perusahaan."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2005
T38368
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library