Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Simatupang, Pahrel
Abstrak :
Periklanan adalah merupakan suatu bentuk komunikasi yang dapat berfungsi untuk mermnberi informasi mengenai suatu produk. Di Indonesia, penayangan suatu produk iklan di media massa terutama di media elektronik, lebih ditentukan oleh figur atau model yang membawakan iklan, oleh karena itu peneliti n ini ingin melihat apakah ada pengaruh terhadap pengetahuan khalayak atas produk dari iklaniklan yang menggunakan model pemain sinetron si doel anak sekolahan sebagai modelnya. Sifat penelitian ini adalah deskriptif maksudnya digunakan untuk pengukuran yang cermat terhadap fenomena sosial tertentu tetapi tidak melakukan pengujian hipotesa. Populasi dari penelitian ini adalah semua khalayak berpendidikan SMP, SMA dan Perguruan Tinggi yang tinggal di Jakarta, serta pernah menonton sinetron si doel anak sekolahan dan melihat iklan-iklan yang menggunakan pemain sinetron tersebut sebagai modelnya. Sampel dari penelitian ini sebanyak 120 responden dan diambil secara kebetulan (accidental sampling). Dari hasil penelitian terhadap iklan yang menggunakan pemain sinetron si ·doel anak sekolahan sebagai modelnya ternyata responden lebih banyak a g tidak dapat mengingat kata-kata atau slogan, demikian juga dengan pengetahuan terhadap jalan cerita. Sebaliknya, terhadap tokoh pemain sinetron tersebut responden mengetahui siapa saja yang menjadi mode dalam iklan-iklan ini, serta mereka memilih Mandra sebagai tokoh yang paling menonjol dalam setiap iklan yang ditayangkan . Berdasarkan pentlidikan, responden SMP lebih tinggi ~eng etah uannya terhadap proauk dibandingkan dengan responden yang berpendidikan SMA dan Perguruan Tinggi
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1996
S4066
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library