Periklanan adalah merupakan suatu bentuk komunikasi yang
dapat berfungsi untuk mermnberi informasi mengenai suatu produk. Di
Indonesia, penayangan suatu produk iklan di media massa terutama di
media elektronik, lebih ditentukan oleh figur atau model yang
membawakan iklan, oleh karena itu peneliti n ini ingin melihat apakah
ada pengaruh terhadap pengetahuan khalayak atas produk dari iklaniklan yang menggunakan model pemain sinetron si doel anak
sekolahan sebagai modelnya.
Sifat penelitian ini adalah deskriptif maksudnya digunakan untuk
pengukuran yang cermat terhadap fenomena sosial tertentu tetapi tidak
melakukan pengujian hipotesa. Populasi dari penelitian ini adalah
semua khalayak berpendidikan SMP, SMA dan Perguruan Tinggi yang
tinggal di Jakarta, serta pernah menonton sinetron si doel anak sekolahan dan melihat iklan-iklan yang menggunakan pemain sinetron
tersebut sebagai modelnya. Sampel dari penelitian ini sebanyak 120
responden dan diambil secara kebetulan (accidental sampling).
Dari hasil penelitian terhadap iklan yang menggunakan pemain
sinetron si ·doel anak sekolahan sebagai modelnya ternyata responden
lebih banyak a g tidak dapat mengingat kata-kata atau slogan,
demikian juga dengan pengetahuan terhadap jalan cerita. Sebaliknya,
terhadap tokoh pemain sinetron tersebut responden mengetahui siapa
saja yang menjadi mode dalam iklan-iklan ini, serta mereka memilih
Mandra sebagai tokoh yang paling menonjol dalam setiap iklan yang
ditayangkan . Berdasarkan pentlidikan, responden SMP lebih tinggi
~eng etah uannya terhadap proauk dibandingkan dengan responden
yang berpendidikan SMA dan Perguruan Tinggi