Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
Shania Azzahra Tavana Andriansyah
"Tahap remaja awal ditandai dengan adanya perubahan dan instabilitas emosi yang dapat menghadirkan tantangan dalam kegiatan akademik anak. Di sisi lain, remaja awal perlu menghadapi peralihan ke sekolah menengah pertama (SMP) yang menuntut efikasi diri akademik yang baik guna menjaga performa akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran regulasi emosi dalam memediasi hubungan antara keberfungsian keluarga dan efikasi diri akademik pada remaja awal. Partisipan penelitian ini adalah 374 siswa SMP tingkat pertama di DKI Jakarta. Hasil analisis regresi dengan Hayes Macro PROCESS menunjukkan bahwa regulasi emosi memediasi secara parsial hubungan antara keberfungsian keluarga dan efikasi diri akademik.
Early adolescence is marked by emotional changes and instability that can pose challenges to children’s academic functioning. At the same time, early adolescents must navigate the transition to junior high school which demands good academic self-efficacy to maintain academic performance. This study aims to determine the mediating role of emotion regulation in the relationship between family functioning and academic self-efficacy in early adolescents. The participants of this study are 374 first-year junior high school students in DKI Jakarta. The results of regression analysis using Hayes Macro PROCESS shows that emotion regulation partially mediates the relationship between family functioning and academic self-efficacy."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library