UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Peran Regulasi Emosi sebagai Mediator dalam Hubungan antara Keberfungsian Keluarga dan Efikasi Diri Akademik pada Siswa SMP Tingkat Pertama DKI Jakarta = The Mediating Role of Emotion Regulation in the Relationship Between Family Functioning and Academic Self-Efficacy Among First-Year Junior High School Students in DKI Jakarta

Shania Azzahra Tavana Andriansyah; Patricia Adam, supervisor; Luh Surini Yulia Savitri, examiner; Elok Dianike Malay, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2025)

 Abstrak

Tahap remaja awal ditandai dengan adanya perubahan dan instabilitas emosi yang dapat menghadirkan tantangan dalam kegiatan akademik anak. Di sisi lain, remaja awal perlu menghadapi peralihan ke sekolah menengah pertama (SMP) yang menuntut efikasi diri akademik yang baik guna menjaga performa akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran regulasi emosi dalam memediasi hubungan antara keberfungsian keluarga dan efikasi diri akademik pada remaja awal. Partisipan penelitian ini adalah 374 siswa SMP tingkat pertama di DKI Jakarta. Hasil analisis regresi dengan Hayes Macro PROCESS menunjukkan bahwa regulasi emosi memediasi secara parsial hubungan antara keberfungsian keluarga dan efikasi diri akademik.

Early adolescence is marked by emotional changes and instability that can pose challenges to children’s academic functioning. At the same time, early adolescents must navigate the transition to junior high school which demands good academic self-efficacy to maintain academic performance. This study aims to determine the mediating role of emotion regulation in the relationship between family functioning and academic self-efficacy in early adolescents. The participants of this study are 374 first-year junior high school students in DKI Jakarta. The results of regression analysis using Hayes Macro PROCESS shows that emotion regulation partially mediates the relationship between family functioning and academic self-efficacy.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Shania Azzahra Tavana Andriansyah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2025
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ida rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 54 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-25-19419684 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920573198
Cover