Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Septia Eka Ilhami
"Dukungan sosial dan regulasi emosi dapat mencegah terjadinya stres pada remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi emosi dan dukungan sosial dengan stres akademik pada kelompok usia remaja. Penelitian dilakukan menggunakan desain korelasi dengan metode kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah remaja sebanyak 441 orang. Instrumen yang digunakan adalah Emotion Regulation Questionnaire-Children and Adolescent (ERQ-CA), Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS), dan Educational Stress Scale for Adolescents (ESSA). Hasil penelitian yang dianalisis dengan uji chi quare menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara regulasi emosi dengan stres akademik (p value=0,001; α=0,05) dan ada hubungan antara dukungan sosial dengan stres akademik (p value=0,002; α=0,05). Diharapkan remaja dapat meningkatkan regulasi emosi dan memperbaiki hubungan sosialnya dengan orang lain, orang tua diharapkan mampu memberikan perhatian lebih pada remaja, dan penelitian selanjutnya diharapkan meneliti tentang pengaruh teman sebaya terhadap stres akademik remaja.

Social support and emotional regulation can prevent stress in adolescents.This study aims to determine the relationship between emotional regulation and social support and academic stress in the adolescent age group. The research was conducted using a correlation design with quantitative methods. The sample in this study was 441 teenagers. The instruments used were the Emotion Regulation Questionnaire-Children and Adolescent (ERQ-CA), the Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS), and the Educational Stress Scale for Adolescents (ESSA). The research results analyzed using the chi square test showed that there was a significant relationship between emotional regulation and academic stress (p value=0.001; α=0.05) and there was a relationship between social support and academic stress (p value=0.002; α=0, 05). It is hoped that teenagers can improve emotional regulation and improve their social relationships with other people, parents are expected to be able to pay more attention to teenagers, and future research is expected to examine the influence of peers on teenagers' academic stress."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Septia Eka Ilhami
"Halusinasi merupakan salah satu gejala berupa suara, penglihatan, pengecapan, perabaan atau penghiduan palsu  yang sering muncul pada individu skizofrenia. Beberapa penelitian keperawatan sudah membuktikan bahwa terapi musik klasik cocok untuk menurunkan tanda gejala pasien halusinasi. Namun, sayangnya studi yang melihat penerapan terapi musik klasik dalam menurunkan tanda gejala halusinasi pendengaran pada individu skizofrenia masih terbatas. Tujuan dari karya ilmiah ini adalah untuk memberikan gambaran penerapan terapi musik klasik untuk menurunkan tanda dan gejala pada klien dengan halusinasi pendengaran. Metode yang digunakan adalah case report. Penulis memberikan asuhan keperawatan pada klien yang berusia 57 tahun dengan diagnosa keperawatan utama halusinasi pendengaran. Tindakan keperawatan yang diberikan untuk mengendalikan halusinasi dengan standar asuhan keperawatan selama 10 hari intervensi dengan tindakan keperawatan generalis dan dilanjutkan terapi musik klasik sebagai teknik distraksi di Ruang Sadewa Rumah Sakit Jiwa Dr H. Marzoeki Mahdi Bogor. Hasil penerapan terapi musik klasik ini menunjukkan adanya penurunan tanda gejala halusinasi yaitu dari skor 22 menjadi skor 0. Intervensi ini terbukti efektif untuk menurunkan tanda dan gejala halusinasi pendengaran. Dari hasil tersebut, diharapkan terapi musik klasik dapat diterapkan pada asuhan keperawatan di rumah sakit sebagai alternatif terapi yang dapat membantu klien mengontrol halusinasinya terutama pada halusinasi pendengaran.

Hallucinations are one of the symptoms of sound, sight, taste, touch or false sense of smell that often appear in schizophrenic individuals. Several nursing studies have proven that classical music therapy is suitable for reducing the symptoms of hallucination patients. However, studies looking at the application of classical music therapy in reducing symptoms of auditory hallucinations in schizophrenic individuals are unfortunately limited. The purpose of this scientific work is to provide an overview of the application of classical music therapy to reduce signs and symptoms in clients with auditory hallucinations. The method used is case report. The author provides nursing care to a 57-year-old client with a primary nursing diagnosis of auditory hallucinations.. Nursing actions were provided to control hallucinations with nursing care standards for 10 days of intervention with generalist nursing actions and continued classical music therapy as a distraction technique in Sadewa Room, Dr. H. Marzoeki Mahdi Mental Hospital, Bogor. The results of the application of classical music therapy showed a decrease in signs of hallucination symptoms, from a score of 22 to a score of 0. This intervention proved effective for reducing signs and symptoms of auditory hallucinations. From these results, it is hoped that classical music therapy can be applied to nursing care in hospitals as an alternative therapy that can help clients control their hallucinations, especially auditory hallucinations. "
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library