Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rosediana Shanti
Abstrak :
Meningkatnya permasalahan lingkungan membuat pasar produk ramah lingkungan terus mengalami pertumbuhan selama beberapa tahun terakhir karena meningkatnya permintaan dari konsumen. Adanya efek negatif dari bahan kimia terhadap kesehatan serta ligkungan telah membuat konsumen menjadi lebih tertarik untuk menggunakan produk green skincare. Untuk dapat memahami lebih baik mengenai niat beli konsumen pada produk green skincare, penelitian ini menggunakan theory of planned behavior (TPB) dan meneliti lebih lanjut mengenai faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi niat beli konsumen. Oleh karena itu, peneliti mencoba untuk meneliti pengaruh dari social media marketing, perceived consumer effectiveness (PCE), product knowledge, price consciousness, subjective norm, perceived behavioral control, dan attitude terhadap niat beli produk green skincare. Lebih lanjut, penelitian ini bertujuan untuk meneliti peran dari environmental knowledge sebagai variabel moderator dalam mempengaruhi niat beli konsumen. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner online dengan jumlah responden sebesar 356 responden di Indonesia dan data dianalisis menggunakan metode structural equation modeling (SEM) dengan software Amos versi 26. Hasil penelitian menyatakan bahwa perceived behavioral control dan attitude secara positif mempengaruhi purchase intention, akan tetapi subjective norm tidak mempengaruhi purchase intention produk green skincare. Selain itu, price consciousness juga tidak memiliki pengaruh signifikan purchase intention, namun product knowledge secara negatif mempengaruhi attitude dan secara positif signifikan mempengaruhi purchase intention. PCE secara positif mempengaruhi attitude tetapi tidak mempengaruhi purchase intention. Sesuai hipotesis, social media marketing secara positif mempengaruhi subjective norm, PCE, product knowledge, dan purchase intention. Social media marketing secara positif mempengaruhi price consciousness sementara perceived behavioral control tidak memiliki pengaruh terhadap price consciousness. Sebagai variabel moderasi, environmental knowledge secara positif memoderasi hubungan antara attitude, subjective norm, dan perceived behavioral control dengan purchase intention. Penelitian ini memberikan manfaat bagi marketer di sektor industri kosmetik untuk membuat strategi pemasaran yang lebih efektif agar memiliki keunggulan kompetitif dan dapat bersaing dengan kompetitor. ......This study was to examine the relationship among social media marketing, perceived consumer effectiveness (PCE), product knowledge, price consciousness, subjective norm, perceived behavioral control, and attitude toward and intentions to purchase green skincare products. Furthermore, this study aims to further understand the role of environmental knowledge as moderating variable that influences consumers’ intentions. Research data was collected using an online questionnaire survey from 356 respondents in Indonesia and data analysis was performed using the Amos 26.0 software package. The empirical results suggest that attitude and perceived behavioral control positively affect purchase intention, while subjective norm showed no significant relationship towards the purchase intention of green skincare products. Price consciousness also showed no significant effect on purchase intention. Moreover, product knowledge negatively influence attitude, while positively affect purchase intention. PCE positively affect attitude but showed no significant relationship towards purchase intention. As expected, social media marketing positively affects subjective norm, PCE, product knowledge, and purchase intention. Furthermore, social media marketing positively influence price consciousness while perceived behavioral control showed no significant relationship with price consciousness. As a moderating variable, environmental knowledge positively moderates the relationship between attitude, subjective norm, and perceived behavioral control with purchase intention. This study may benefit the marketers of green skincare industry in developing an effective marketing strategy to gain a better competitive edge from the competitors.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rosediana Shanti
Abstrak :
ABSTRAK
Resveratrol 3,5,4-Trihidroksistilben merupakan senyawa polifenol alami yang terdapat di kulit kacang tanah Arachis hypogaea L. serta memiliki manfaat bagi kesehatan, diantaranya sebagai kardioprotektif, antioksidan, dan anti-kanker. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan optimasi kondisi ekstraksi dengan pre-treatment urea menggunakan pelarut cairan ionik, 1-Butil-3-metilimidazolium Bromida [bmim]Br berbasis Microwave-Assisted Extraction MAE. Lima konsentrasi urea 5, 10, 15, 20, dan 25 digunakan untuk pre-treatment dan dipilih konsentrasi urea 15 b/v. Optimasi kondisi ekstraksi dilakukan dengan beberapa parameter: konsentrasi pelarut, rasio pelarut-sampel, dan waktu ekstraksi terhadap kadar resveratrol dilakukan menggunakan RSM dengan desain Box-Behnken. Kadar resveratrol ditetapkan dengan Kromatografi Cair Kinerja Tinggi KCKT dengan fase gerak asetonitril:air 75:25 v/v dan dideteksi pada panjang gelombang 306 nm. Kadar resveratrol yang diperoleh dari optimasi kondisi ekstraksi dengan pre-treatment urea sebesar 0,2900 g/gram serbuk dan tanpa pre-treatment urea sebesar 0,1572 g/gram serbuk. Sedangkan, maserasi memberikan perolehan kadar resveratrol terbesar yaitu 223,6692 g/gram serbuk.
ABSTRACT
Resveratrol is a polyphenolic compound found in peanut hull Arachis hypogaea L. and has known for many biological activities including anti cancer, antioxidant, and cardio protective. This research aimed to optimize extraction condition using an ionic liquid, 1 Butyl 3 methylimidazolium Bromide bmim Br based microwave assisted extraction MAE with urea pre treatment. Sample was pre treated at five levels of urea concentration 5, 10, 15, 20, and 25 and urea 15 w v was chosen. Extraction parameters including solvent concentration, liquid solid ratio, and extraction time for resveratrol content were optimized using response surface methodology RSM , based on Box Behnken design BBD . Resveratrol content was determined using High Performance Liquid Chromatography HPLC with acetonitrile water 75 25 v v as mobile phase and detection wavelength was 306 nm. Under optimized condition with urea pre treatment, the resveratrol value was 0,2900 g gram and without pre treatment was 0,1572 g gram. However, maceration method gave the highest value of resveratrol, 223,6692 g gram.
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rosediana Shanti
Abstrak :
Praktik Kerja Profesi di Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan, Apotek Kimia Farma No. 375, dan PT Integrated Healthcare Indonesia Periode Bulan Januari - April 2019
Internship at The South Jakarta Administration City Health Office, Apotek Kimia Farma No. 375 and PT Integrated Healthcare Indonesia Period January - April 2019
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2019
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library