Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Reni Nuryani
"Ansietas merupakan masalah psikososial yang dialami oleh anak dengan thalasemia, dan berdampak terhadap fungsi emosional anak. 56,52% anak usia sekolah dengan thalasemia di Rumah Sakit Sumedang mengalami masalah fungsi
emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Cognitive Behavior Play Therapy terhadap ansietas dan kemampuan mengatasi ansietas. Desain penelitian menggunakan Quasi experimental pre-post test non equivalent control group, jumlah sampel 42 orang kelompok intervensi dan 43 orang kelompok kontrol dengan consecutive sampling. Analisis data menggunakan uji t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ansietas klien yang mendapat cognitive behavior play therapy menurun lebih besar secara bermakna dari ansietas berat
menjadi tidak ansietas jika dibandingkan dengan kelompok yang tidak mendapatkan cognitive behavior play therapy. Kemampuan mengatasi ansietas klien yang mendapat cognitive behavior play therapy meningkat lebih tinggi secara bermakna dari kemampuan cukup menjadi kemampuan baik jika dibandingkan dengan kelompok yang tidak mendapatkan cognitive behavior play therapy. Faktor yang berkontribusi terhadap kemampuan mengatasi ansietas adalah usia dan lama sakit. Cognitive Behavior Play Therapy direkomendasikan untuk diberikan pada anak dengan masalah psikososial akibat penyakit fisik sebagai terapi spesialis.

Anxiety is a psychosocial problems experienced by children with thalassemia.
Anxiety affects child’s emotional function and 56,52% of school-age children with thalasemia who is admitted in Sumedang General Hospital experienced poor emotional function. The aims of this study is to determine the effect of Cognitive Behavior Play Therapy (CBPT) for reducing anxiety and uncreasing ability to
cope with anxiety. This study used Quasi-experimental research design with prepost-
test non-equivalent control group. Number of sample was 85 school-age children, taken by consecutive sampling technique and devided into two groups (42 children in intervention group and 43 children in control group). Data analysis used t test. The results showed that anxiety level in patient who received CBPT
were significantly decreased from severe to less anxiety compared to those who did not receive CBPT. Ability to cope with anxiety in patient who received CBPT was signficantly increase better than the group who did not receive CBPT. Factors that contribute to the ability to cope with anxiety are age and period of illness. This research suggests for implementing CBPT in children with psychosocial
problems due to physical illness as a specialist therapy.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013
T38261
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reni Nuryani
"Hipertensi dapat menyebabkan ansietas yang dapat mempengaruhi kualitas hidup dan beban bagi klien. Ansietas yang berkepanjangan menimbulkan perilaku maladaptif sehingga dapat menyebabkan ganggguan jiwa. Tujuan karya ilmiah akhir ini untuk memberikan gambaran tentang penerapan terapi suportif pada klien dengan hipertensi yang mengalami ansietas menggunakan pendekatan Social Support Theory. Terapi suportif diberikan kepada 15 klien hipertensi yang mengalami ansietas. Hasil penerapan terapi suportif ini menunjukan dapat menurunkan tanda dan gejala ansietas dan meningkatkan kemampuan klien dalam menggunakan sumber dukungan. Terapi suportif direkomendasikan sebagai terapi spesialis keperawatan untuk meningkatkan dukungan sosial dalam mengatasi ansietas.

Hypertension can caused anxiety and may influence patient’s quality of life. Anxiety can be burden to patient with hypertension. Prolong anxiety may cause maladaptive behavior which can create mental health issues. The purpose of this final report is to describe the implementation of support therapy on hypertension patient who experience anxiety using social support theory. Support therapy was given onto hypertension 15 patients who experience anxiety. The result shows that the supportive therapy could decrease level of anxiety symptoms of hypertension patient and increase patient's ability in using supporting system. It is recommended that support therapy become nursing specialist therapy to improve social support in treating anxiety.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2014
SP-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library