Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ida Ayu Gede Jyotidiwy
"ABSTRAK
Penelitian bertujuan untuk mendapatkan gambaran postur yang berisiko penggunaan mobile phone pada lansia di PSTW Ria Pembangunan Tahun 2019 dengan melihat gambaran faktor
individu dan faktor pemakaian terhadap keluhan subjektif gejala gangguan otot rangka dan mata pada lansia pengguna mobile phone. Desain penelitian ini adalah cross sectional. Penilaian postur berisiko dilakukan melalui observasi dan pengukuran pada lansia pengguna mobile phone (n = 20) yang diukur dengan metode REBA. Gambaran faktor individu, faktor pemakaian, keluhan subjektif
gejala gangguan otot rangka, dan gejala gangguan mata didapatkan dari pengisian kuesioner dengan responden lansia pengguna mobile phone (n = 20). Hasil penelitian menunjukkan postur paling berisiko saat menggunakan mobile phone adalah duduk dengan penopang (skor REBA 9)
dan berbaring (skor REBA 9). Sebesar 55% responden menghabiskan waktu < 30 menit/hari untuk menggunakan mobile phone, 75% menggunakan mobile phone < 5 kali/hari, dan 60% responden telah menggunakan mobile phone > 6 tahun. Keluhan subjektif gangguan otot rangka dialami 80%
lansia pada pinggang (30%), jari tangan kanan dan kiri (20%), dan pergelangan tangan kanan dan kiri, serta bahu kanan (15%). Keluhan subjektif gejala gangguan mata dialami 90 % lansia dengan keluhan mata lelah (40%), mata sensitif terhadap cahaya (35%), dan mata berair setelah melihat layar (35%)

ABSTRACT
The aim of this study is to depict a risky posture description of the use of mobile phones in the elderly at Ria Pembangunan PSTW in 2019 by looking at an overview of individual factors and usage factors for subjective complaints of musculoskeletal symptoms and eye symptoms in elderly mobile phone users. This study design is descriptive studies with quantitative approach. Assessment of risky postures is done through observation and measurement of elderly mobile phone users (n = 20) as measured by the REBA method. The description of individual factors, factors of use, subjective complaints of musculoskeletal symptoms, and eye symptoms were obtained from filling out questionnaires by elderly mobile phone user respondents (n = 20). The results showed that the riskiest postures when using a mobile phone were sitting with a crutch (REBA score 9) and lying down (REBA score 9). 55% of respondents spend <30 minutes / day using mobile phones, 75% use mobile phones <5 times / day, and 60% of respondents have been using mobile phones> 6 years. Subjective complaints of musculoskeletal symptoms are experienced by 80% of the elderly at waist (30%), right and left hands fingers (20%), right wrist, left wrist and right shoulder (15%). Subjective complaints of eye symptoms experienced by 90% of the elderly with complaints of tired eyes (40%), light sensitive eyes (35%), and watery eyes after seeing the screen (35%)."
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ida Ayu Gede Jyotidiwy
"Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran postur yang berisiko penggunaan handphone pada lansia di PSTW Ria Pembangunan Tahun 2019 dengan melihat gambaran faktor individu dan faktor penggunaan untuk keluhan subjektif gejala gangguan tulang dan mata pada lansia mobile pengguna telepon. Desain penelitian ini adalah cross sectional. Penilaian postur berisiko dilakukan melalui observasi dan pengukuran lansia pengguna handphone (n=20) yang diukur dengan metode REBA. Deskripsi faktor individu, faktor penggunaan, keluhan subjektif gejala gangguan otot rangka, dan gejala gangguan mata diperoleh dari pengisian kuesioner pada responden lansia menggunakan handphone (n = 20). Hasil penelitian menunjukkan bahwa postur tubuh yang paling berisiko saat menggunakan ponsel adalah duduk dengan penyangga (skor REBA 9) dan berbaring (skor REBA 9). 55% responden menghabiskan waktu < 30 menit/hari menggunakan ponsel, 75% menggunakan ponsel < 5 kali/hari, dan 60% responden telah menggunakan ponsel selama > 6 tahun. Keluhan subjektif gangguan otot rangka dialami oleh 80% lansia pada bagian pinggang (30%), jari tangan kanan dan kiri (20%), serta pergelangan tangan kanan dan kiri, serta bahu kanan (15%). Keluhan subjektif gejala mata dialami 90% lansia dengan keluhan mata lelah (40%), mata sensitif terhadap cahaya (35%), dan mata berair setelah melihat layar (35%)
This study aims to obtain an overview of postures that are at risk of using mobile phones in the elderly at PSTW Ria Pembangunan in 2019 by looking at the description of individual factors and usage factors for subjective complaints of symptoms of bone and eye disorders in elderly mobile phone users. The design of this research is cross sectional. Assessment of risky posture was carried out through observation and measurement of elderly mobile phone users (n=20) as measured by the REBA method. Descriptions of individual factors, usage factors, subjective complaints of symptoms of skeletal muscle disorders, and symptoms of eye disorders were obtained from filling out questionnaires to elderly respondents using mobile phones (n = 20). The results showed that the most risky body postures when using mobile phones were sitting with a support (REBA score 9) and lying down (REBA score 9). 55% of respondents spend < 30 minutes/day using cell phones, 75% use cell phones < 5 times/day, and 60% of respondents have used cell phones for > 6 years. Subjective complaints of skeletal muscle disorders were experienced by 80% of the elderly in the waist (30%), right and left fingers (20%), and right and left wrists, and right shoulders (15%). Subjective complaints of eye symptoms experienced by 90% of the elderly with complaints of tired eyes (40%), sensitive eyes to light (35%), and watery eyes after looking at the screen (35%)."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ida Ayu Gede Jyotidiwy
"Transportasi publik seperti bus, kereta, pesawat, dan lain sebagainya merupakan fasilitas transportasi yang seharusnya dapat diakses oleh semua kalangan, termasuk disabilitas. Infrastruktur dan moda transportasi publik harus mengedepankan konsep Universal Design Principle agar dapat mengakomodir seluruh jenis penumpang. Universal Design Principle adalah pendekatan dalam desain yang memastikan infrastruktur dan moda transportasi dapat diakses, digunakan, dan dinikmati oleh sebanyak mungkin orang, termasuk mereka yang disabilitas. Penelitian ini membahas tentang pengaruh aksesibilitas infrastruktur dan moda transportasi terhadap tingkat penggunaan transportasi publik pada penyandang disabilitas di Stasiun Manggarai. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis karakteristik penyandang disabilitas, menganalisis tingkat aksesibilitas, dan faktor-faktor apa yang saja yang mempengaruhi aksesibilitas infrastruktur dan moda transportasi bagi penyandang disabilitas di Stasiun Manggarai. Penelitian ini menggunakan desain studi cross sectional, dengan metode mixed method yang dilakukan pada Juni-Juli 2024. Adapun variabel yang diteliti adalah karakteristik responden (usia, jenis kelamin, dan jenis disabilitas), tingkat aksesibilitas dan faktor-faktor yang mempengaruhi mengacu pada universal design principle dengan cara pengisian kuesioner secara daring dan luring serta observasi dan pengukuran. Data diolah menggunakan SPSS versi 24. Hasilnya, didapati mayoritas penyandang disabilitas yang menggunakan infrastruktur dan moda transportasi KRL di Stasiun Manggarai berusia 31-35 tahun (31; 30,4%), berjenis kelamin perempuan (65; 63,7%), dan disabilitas berupa tuna wicara (36; 35,3%). Tingkat aksesibilitas infrastruktur dan moda transportasi KRL bagi penyandang disabilitas di Stasiun Manggarai tergolong tinggi yaitu 94 responden (92,15%) merasa infrastruktur dan moda transportasi KRL di Stasiun Manggarai cukup memenuhi kebutuhan mereka. Apsek infrastruktur maupun transportasi KRL berdasarkan Universal Design yang paling tinggi adalah Equitable Use dimana 96 responden (94,11%) merasa cukup dan paling rendah adalah Size and Space for Approach and Use dimana hanya 72 responden (70,58%) merasa cukup. Seluruh faktor Universal Design berpengaruh signifikan terhadap tingkat penggunaan moda transportasi KRL. Faktor yang paling dominan mempengaruhi tingkat penggunaan moda transportasi KRL adalah Low Physical Effort, sedangkan aspek yang paling lemah mempengaruhi adalah Size and Space for Approach and Use.

Public transportation such as buses, trains, planes, and other modes of transport are facilities that should be accessible to all groups, including people with disabilities. Public transportation infrastructure and modes must prioritize the Universal Design Principle concept to accommodate all types of passengers. The Universal Design Principle is an approach in design that ensures infrastructure and modes of transportation can be accessed, used, and enjoyed by as many people as possible, including those with disabilities. This research discusses the influence of infrastructure and transportation mode accessibility on the level of public transportation use by people with disabilities at Manggarai Station. The objectives of this study are to analyze the characteristics of people with disabilities, analyze the level of accessibility, and identify factors that affect the accessibility of infrastructure and transportation modes for people with disabilities at Manggarai Station. This research uses a cross-sectional study design, with a mixed-method approach conducted in June-July 2024. The variables studied include respondent characteristics (age, gender, and type of disability), level of accessibility, and influencing factors based on the universal design principle. Data collection methods include online and offline questionnaires, as well as observation and measurement. Data is processed using SPSS version 24. The results show that the majority of people with disabilities using the infrastructure and KRL (electric rail) transportation at Manggarai Station are aged 31-35 years (31; 30.4%), female (65; 63.7%), and have speech impairments (36; 35.3%). The level of accessibility of infrastructure and KRL transportation for people with disabilities at Manggarai Station is considered high, with 94 respondents (92.15%) feeling that the infrastructure and KRL transportation at Manggarai Station adequately meet their needs.The highest-rated aspect of KRL infrastructure and transportation based on Universal Design is Equitable Use, where 96 respondents (94.11%) feel it is adequate. The lowest-rated aspect is Size and Space for Approach and Use, where only 72 respondents (70.58%) feel it is sufficient. All Universal Design factors significantly influence the level of KRL transportation use. The most dominant factor influencing the level of KRL transportation use is Low Physical Effort, while the weakest aspect influencing it is Size and Space for Approach and Use."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library