Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Agnesia Dinda Asyla
"ix ABSTRAK Nama : Agnesia Dinda Asyla Program Studi : Profesi Ners Ilmu Keperawatan Judul : Asuhan Keperawatan Pada Pasien Stroke Iskemik dengan Gangguan Menelan Melalui Penerapan Teknik Shaker Exercise Untuk Meningkatkan Kekuatan Otot Menelan. Disfagia adalah gangguan menelan yang merupakan salah satu prognosis yang buruk pada pasien stroke. Insiden terjadinya gangguan menelan sebanyak 34-80% dan dampak yang umum ditemukan setelah terjadinya stroke. Penanganan gangguan menelan yang tertunda akan berpengaruh pada pemunuhan kebutuhan dasar seperti dehidrasi, malnutrisi dan meningkatkan risiko aspirasi. Tujuan dari karya ilmiah ini adalah menganalisis pemberian intervensi teknik shaker exercise untuk meningkatkan kekuatan otot menelan. Teknik shaker exercise merupakan terapi menelan yang meningkatkan kekuatan otot menelan sehingga meningkatkan fungsi menelan. Pengkajian gangguan menelan dilakukan dengan The Gugging Screening Scale (GUSS). Intervensi yang dilakukan adalah latihan dengan teknik shaker exercise sebanyak 3 kali dalam satu hari. Hasil evaluasi menunjukan adanya peningkatan fungsi menelan yang dinilai dengan Tes GUSS (Gugging Screening Scale). Skor GUSS sebelum intervensi adalah 7 yang menandakan disfagia berat dan skor GUSS setelah intervensi adalah 15 yang menandakan disfagia ringan dan kekuatan otot menelan pasien semakin baik. Berdasarkan hal tersebut terjadi perubahan yang signifikan terhadap kekuatan otot menelan pasien. Oleh karena itu, teknik shaker exercise dapat menjadi salah satu intervensi yang dilakukan perawat untuk meningkatkan kekuatan otot menelan pada pasien stroke.
Dysphagia is a swallowing disorder which is one of the poor prognoses in stroke patients. The incidence of swallowing disorders is 34-80% and the effects are commonly found after a stroke. Delayed treatment of swallowing disorders will affect the fulfillment of basic needs such as dehydration, malnutrition and increase the risk of aspiration. The aim of this scientific work is to analyze the provision of shaker exercise technique intervention to increase swallowing muscle strength. The shaker exercise technique is a swallowing therapy that increases swallowing muscle strength thereby improving swallowing function. Swallowing disorders are assessed using The Gugging Screening Scale (GUSS). The intervention carried out was training using the shaker exercise technique 3 times a day. The evaluation results showed an improvement in swallowing function as assessed by the GUSS Test (Gugging Screening Scale). The GUSS score before the intervention was 7 which indicated severe dysphagia and the GUSS score after the intervention was 15 which indicated slight dysphagia and the patient's swallowing muscle strength was getting better. Based on this, there was a significant change in the patient's swallowing muscle strength. Therefore, the shaker exercise technique can be one of the interventions carried out by nurses to increase swallowing muscle strength in stroke patients."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
PR-PDF
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Agnesia Dinda Asyla
"Henti jantung merupakan kegawatdaruratan mengancam nyawa yang memerlukan penanganan yang cepat dan tepat. Penanganan yang dilakukan berupa prosedur Bantuan Hidup Dasar. Pengetahuan terkait Bantuan Hidup Dasar sangat penting dimiliki oleh masyarakat, terutama masyarakat awam khusus seperti mahasiswa Rumpun Ilmu Kesehatan yang merupakan calon tenaga kesehatan di masa mendatang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan antara tingkat pengetahuan dengan sikap terkait Bantuan Hidup Dasar pada mahasiswa. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional dengan melibatkan 111 responden yang didapatkan melalui teknik stratified purposive sampling. Tingkat pengetahuan dinilai dengan menggunakan kuesioner Tingkat Pengetahuan Bantuan Hidup Dasar sedangkan sikap dinilai dengan menggunakan kuesioner Sikap Terkait Bantuan Hidup Dasar yang dibuat berdasarkan indikator American Heart Association 2020. Hasil analisis menggunakan uji Chi-Square menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dengan sikap terkait Bantuan Hidup Dasar dengan nilai p value = 0,005 (p value < 0,05). Dalam meningkatkan sikap positif yang dimiliki, mahasiswa dapat terlebih dahulu meningkatkan pengetahuan yang dimilikinya sehingga dapat yakin dan percaya diri ketika menemukan kasus atau korban yang membutuhkan pertolongan dan dapat melakukan tindakan secara cepat dan tepat.
Cardiac arrest is a life-threatening emergency that requires prompt and appropriate treatment. Handling is carried out in the form of Basic Life Support procedures. Knowledge related to Basic Life Support is very important for the community, especially the general public, such as students of the Health Sciences Cluster who are future health worker candidates. The purpose of this study was to identify the relationship between the level of knowledge and attitudes related to Basic Life Support among college students. The research design used was cross-sectional, involving 111 respondents obtained through stratified purposive sampling techniques. The level of knowledge was assessed using the Basic Life Support Knowledge Level questionnaire, while attitudes were assessed using the Attitudes Related to Basic Life Support questionnaire, which was made based on the American Heart Association 2020 indicators. The results of the analysis using the Chi-Square test showed that there was a significant relationship between the level of knowledge and related attitudes about basic life support, with a p value of 0.005 (p value < 0.05). In improving their positive attitude, students can first increase their knowledge so that they can be confident when they find cases or victims who need help and can take action quickly and precisely."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library