Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 23 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Melani Bernadette
"ABSTRACT
Penelitian ini membahas mengenai implementasi teknologi transformasi klien dalam sebuah organisasi pelayanan kemanusiaan berbasis anak, Yayasan Bandungwangi. Implementasi teknologi transformasi klien dapat dilihat dari tahapan intervensi yang dilakukan Bandungwangi terhadap anak korban ESKA. Selain itu penelitian ini juga membahas mengenai faktor-faktor yang mendorong pemilihan teknologi transformasi klien dalam menjawab kebutuhan anak korban ESKA di Yayasan Bandungwangi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Penelitian ini berjenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, studi dokumen dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Bandungwangi mengimplementasikan teknologi transformasi klien berupa people changing dan people-processing yang dapat dilihat melalui tahapan intervesi terhadap klien. Tahapan tersebut terdiri dari tahap penjangkauan, pendampingan, intervensi lanjutan, monitoring dan evaluasi, dan terminasi. Selain itu terdapat pula beberapa faktor yang mendorong pemilihan teknologi tersebut. Faktor-faktor tersebut adalah faktor penyesuaian dengan work plan proyek Down to Zero, pengetahuan dan pengalaman sumber daya manusia, karakteristik klien, ketersediaan akses layanan dan keterbatasan sumber dana dan waktu. Penelitian ini menyarankan agar pihak Bandungwangi meningkatkan pelayanan sosial dan intervensi yang dilakukan kepada anak korban ESKA agar kebutuhan anak korban ESKA dapat terjawab atau terpenuhi.

ABSTRACT
This study discusses the implementation of client transformation technology in a child based humanitarian service organization, Yayasan Bandungwangi. Implementation of client transformation technology can be seen from the stage of the intervention conducted Bandungwangi against child victims of CSEC. In addition, this study also discusses the factors that encourage the selection of client transformation technology in answering the needs of child victims of CSEC in Bandungwangi. The research approach used is qualitative. This research is a descriptive type. Data collection is done by conducting interviews, document studies, and observation. Based on the result of research, it can be concluded that Bandungwangi implements client transformation technology in the form of people changing and people processing which can be seen in the intervention stages of the client. These stages consist of outreach, mentoring, advanced intervention, monitoring and evaluation, and termination. In addition, there are also several factors that encourage the selection of these technologies. These factors are adjusting factors with Down to Zero project work plans, human resource knowledge, and experience, client characteristics, availability of service access and limited funding and time resources. This research suggests that Bandungwangi improves social services and interventions conducted for CSEC victims so that the needs of CSEC victims can be answered or fulfilled."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agata Terra Febriana
"Skripsi ini membahas mengenai stress pada petugas pramu sosial yang merangkap sebagai pekerja sosial dan dampaknya terhadap pelayanan Warga Binaan Sosial (WBS) di PSAA Putra Utama 3 Tebet. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa petugas pramu sosial yang merangkap sebagai pekerja sosial mengalami stress karena beratnya beban pekerjaan yang mereka miliki serta adanya hambatan yang dihadapi seperti keterbatasan waktu, adanya stigma negatif dari anak asuh, perbedaan prinsip dengan lembaga, tugas luar mendadak, hubungan yang kurang baik dengan penyelia serta adanya dilemma peran.
Hasil penelitian ini menyarankan untuk melakukan pembagian beban kerja secara adil dan merata dengan mempertimbangkan tugas dan sifat pekerjaan serta tujuan organisasi atau melakukan workload analysis. Selain itu, penelitian ini juga memberikan saran kepada para penyeliauntuk melakukan supervisi yang mencakup supervisi administratif, supervisi edukasi, dan supervisi dukungan kepada petugas pramu sosial yang merangkap sebagai pekerja sosial karena mereka merupakan garda terdepan dalam proses pemberian layanan di organisasi.

This thesis discusses the stress of Social Pramu who also work as Social Workers and their impact on the services of Social Assisted Citizens (WBS) at PSAA Putra Utama 3 Tebet. The approach used in this study is a qualitative approach with descriptive research with the result showed that Social Pramu who also work as Social Workers experience stress due to the heavy workload they have and the obstacles they face such as time constraints, the negative stigma of foster children, differences in principle with institutions, sudden outside assignments, poor relationship with supervisors, and role dilemmas.
The results of this study suggest that the distribution of workloads should be fair and equitable by considering the tasks and nature of work and organizational goals or do the workload analysis. In addition, this study also provides suggestions to supervisors to conduct supervision that includes administrative supervision, educational supervision, and support supervision to social pramu who also work as social worker because they are the front-line worker in the service delivery process in the organization.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia , 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gayatri Meilinawati
"Layanan sosial terpadu dalam bentuk single window services (SWS) merupakan salah satu inisiatif kebijakan yang dikembangkan oleh Kementerian Sosial. Intervensi pemerintah dalam bentuk layanan sosial terpadu ini adalah upaya mengatasi dugaan fragmentasi pada pelayanan sosial dan penyaluran bantuan sosial. Hasil penelitian sebelumnya memperlihatkan model kebijakan layanan terpadu diklaim dapat menghasilkan tiga keunggulan komparatif: integrasi multi layanan, efisien dalam implementasi dan kepuasan pelayanan masyarakat. Namun dalam implementasinya masih ditemui banyak kendala pada aspek input sampai dengan aspek proses/kegiatan pada pelaksanaan program. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang berusaha melihat efektivitas dan relevansi sistem layanan dan rujukan terpadu (SLRT). Dalam mengevaluasi program SLRT digunakan pendekatan kualitatif melalui teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan penelusuran dokumen, dengan kerangka pemikiran penelitian yang diadaptasi dari model evaluasi Dale. Untuk mendukung model evaluasi Dale penulis melakukan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan, pertama dominan ego sektoral antarlembaga dan mis-persepsi dan komunikasi antara keduanya, sehingga mengurangi mutu efektivitas program. Kedua, belum optimalnya akses penerima manfaat (masyarakat miskin dan rentan miskin, serta penyandang masalah sosial lainnya) dengan layanan-layanan sosial yang ada di pusat dan daerah, sehingga mengurangi mutu relevansi program. Ketiga, masih minimnya supplementary services (layanan tambahan) program. Keempat, minimnya instrumen di tingkat implementasi program.

The integrated social services in the form of Single Window Services (SWS) is one of the policy initiatives that developed by the Ministry of Social Affairs. The government intervention in the form of integrated social services was an effort to overcome the alleged fragmentation of social services and the distribution of social assistance. The result of previous researches showed that the integrated service policy model was claimed to produce three comparative advantages: multi-service integration, efficient implementation and satisfaction of community services. However, in its implementation, there were still many obstacles encountered in the aspects of input to the process/activity aspects of the program implementation. This research was evaluation research which tried to see the effectiveness and relevance of the integrated referral services and systems (SLRT). In evaluating the SLRT program, a qualitative approach was used by using the technique of data collection, namely interview, observation and document search, with a research framework which adapted from the Dale evaluation model. To support Dale's evaluation model, the researchers conducted SWOT analysis. The results of this research indicated that the first was sectoral ego was dominant between institutions and misperception and communication between them; therefore it reduced the quality of program effectiveness. Second, the access of beneficiaries (poor and vulnerable poor, as well as people with other social problems) has not been optimal with social services available at the central and regional levels, therefore it reduced the quality of program relevance. Third, the lack of supplementary services (additional services) programs. Fourth, it was about the lack of instruments at the level of program implementation."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 >>