Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 82119 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Irene Zefanya Dinaria Fau
"Loyalitas pelanggan terhadap Green Hotel di Indonesia masih menjadi isu penting di tengah berkembangnya industri perhotelan yang semakin berfokus pada keberlanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan terhadap hotel ramah lingkungan, dengan menggunakan pendekatan Structural Equation Modeling (SEM) dan Necessary Condition Analysis (NCA). Dalam penelitian ini, tiga variabel independen, Attitude Towards Behavior (ATB), Subjective Norms (SN), dan Perceived Behavioral Control (PBC), dievaluasi pengaruhnya terhadap dua variabel dependen utama, yaitu Continued Intention to Use (CIU) dan Intention to Recommend (IR). Data diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada pelanggan yang telah menginap di hotel ramah lingkungan. Hasil SEM menunjukkan bahwa ATB, SN, dan PBC berpengaruh signifikan terhadap CIU dan IR. Selanjutnya, NCA mengidentifikasi bahwa ketiga variabel tersebut berfungsi sebagai kondisi yang diperlukan untuk mencapai loyalitas pelanggan yang lebih tinggi, dengan ATB menjadi faktor dominan untuk CIU, sementara PBC berperan lebih besar dalam mendorong IR. Penelitian ini juga menemukan perbedaan pengaruh berdasarkan kelompok jenis kelamin, di mana ATB lebih berpengaruh terhadap CIU pada wanita dibandingkan pria.

Tourist loyalty towards Green Hotels in Indonesia remains a significant issue amidst the growing hospitality industry, which is increasingly focused on sustainability. This study aims to identify the factors influencing tourist loyalty towards eco-friendly hotels, using the Structural Equation Modeling (SEM) and Necessary Condition Analysis (NCA) approaches. In this research, three independent variables, Attitude Towards Behaviour (ATB), Subjective Norms (SN), and Perceived Behavioural Control (PBC), are evaluated for their impact on two primary dependent variables, namely Continued Intention to Use (CIU) and Intention to Recommend (IR). Data was collected through a questionnaire distributed to tourists who had stayed at eco-friendly hotels. SEM results show that ATB, SN, and PBC have a significant influence on both CIU and IR. Furthermore, NCA identifies that these three variables serve as necessary conditions for achieving higher levels of tourist loyalty, with ATB being the dominant factor for CIU, while PBC plays a larger role in driving IR. The study also finds gender-based differences in influence, where ATB has a greater impact on CIU for women compared to men. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fatia Noor Anissa
"Skripsi ini membahas mengenai pengaruh kualitas pelayanan yang dirasakan pelanggan hotel Sofyan saat proses service encounter terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan, serta citra merek yang terbentuk di benak pelanggan. Kualitas pelayanan terdiri dari dimensi wujud nyata, keandalan, ketanggapan, jaminan dan kepastian, dan empati. Untuk menjaga relevansi penelitian terhadap kasus yang diamati, peneliti menambahkan dimensi Islamic value factors pada variabel laten kualitas pelayanan. Sejumlah 200 responden tamu pada unit Hotel Sofyan Betawi dan Sofyan Inn Tebet yang minimal pernah menginap 1 malam. Pengolahan data menggunakan Structural Equation Modeling dengan program LISREL 8.5.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan secara langsung. Pengaruh kualitas pelayanan sangat lemah terhadap citra merek, namun berpengaruh kuat secara tidak langsung melalui kepuasan pelanggan. Maka dari itu, penting untuk membangun citra merek sebagai unique value proposition di tengah persaingan industri perhotelan yang didominasi hotel konvensional.

This research investigates the effect of service quality on customer satisfaction, customer loyalty and brand image of Hotel Sofyan as a Sharia Compliant Hotel. Service quality consists of dimensions: tangible, reliability, responsiveness, assurance and empathy. In order to keep the relevancy of the research, researcher adding up Islamic Value Factors as a dimension of service quality. The 200 respondents are guests at Hotel Sofyan Betawi and Sofyan Inn Tebet. Structural Equation Modeling with LISREL 8.5 has been used to process the data.
The results show that hotel service quality affect directly to customer satisfaction and customer loyalty. Direct effect of service quality to brand image is relatively weak, however the indirect effect indicating a strong effect mediated by customer satisfaction. Therefore, building brand image of Sharia Compliant Hotel as an unique value proposition have greater importance to deal with the hotel and accomodation industry competition that dominated by conventional hotel-base."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S46835
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2006
S4712
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syavira Usman Putri
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi green marketing mix, green image, green satisfaction, dan green trust pada green customer loyalty di pasar green cosmetics lokal Indonesia. Model pengukuran dibuat berdasarkan tanggapan valid dan reliabel dari kuesioner online pelanggan produk green cosmetics terkait green marketing mix, green image, green satisfaction, green trust, dan green customer loyalty menggunakan 6-poin Skala Likert dengan bantuan PLS-SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa green product memiliki pengaruh positif pada green image dan green satisfaction. Green price memiliki pengaruh positif pada green image, green satisfaction, dan green customer loyalty. Green place memiliki pengaruh positif pada green image, green satisfaction, dan green trust. Green promotion memiliki pengaruh positif pada seluruh dimensi green brand equity dimana green public relation menunjukkan peran besar dalam penentuan hubungan antar keduanya. Green image memiliki pengaruh positif pada green satisfaction dan green trust. Green satisfaction memiliki pengaruh positif pada green trust dan green customer loyalty. Green trust memiliki pengaruh positif pada green customer loyalty.

This study aims to examine the impact of green marketing mix, green image, green satisfaction, and green trust on green customer loyalty in Indonesia’s local green cosmetics market. A measurement model created based on valid and reliable responses from online questionnaire from sustainable cosmetics product’s customer for green marketing mix, green image, green satisfaction, green trust, and green customer loyalty using 6-point Likert Scale with the help of PLS-SEM. The results of this study indicate that green product has a positive effect on green image and green satisfaction. Green price has a positive influence on green image, green satisfaction, and green customer loyalty. Green place has a positive influence on green image, green satisfaction, and green trust. Green promotion has a positive influence on all dimensions of green brand equity where the green public relations show a large role in determining the relationship between the two. Green image has a positive influence on green satisfaction and green trust. Green satisfaction has a positive effect on green trust and green customer loyalty. Green trust has a positive influence on green customer loyalty."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nabila Deananda
"The purpose-driven strategy telah menjadi salah satu keunggulan kompetitif yang digunakan oleh bisnis untuk menarik pasar. Meningkatnya minat terhadap produk yang berkelanjutan dan ramah lingkungan terlihat dalam perilaku konsumen, menunjukkan kesadaran mereka yang semakin meningkat terhadap fenomena terkini. Studi saat ini meneliti pengaruh green marketing awareness, perceived innovation, dan perceived price terhadap niat beli pelanggan dengan mempertimbangkan perceived value dari produk sebagai mediator di industri peralatan rumah tangga. Hipotesis yang diajukan diuji dengan menggunakan pendekatan structural equation modeling (PLS-SEM) terhadap total 282 responden yang dikumpulkan menggunakan teknik purposive sampling dan convenience sampling. Temuan menunjukkan bahwa green marketing awareness dan perceived innovation memiliki hubungan positif dengan niat beli konsumen melalui nilai yang dirasakan. Namun, hasilnya juga menyiratkan bahwa persepsi konsumen tentang harga produk peralatan rumah tangga hijau tidak memiliki hubungan dengan niat beli konsumen. Studi ini menawarkan wawasan praktis bisnis dalam mengembangkan strategi pemasaran hijau sebagai langkah strategis.

The purpose-driven strategy has become one of the competitive advantages employed by businesses to attract the market. The increasing interest in sustainability and eco-friendly products is perceptible in the behavior of consumers, indicating their growing awareness of recent phenomena. The current study examined the effect of green marketing awareness, perceived innovation, and perceived price towards customer's purchase intention by considering consumers' perceived value of a product as the mediator in the home appliances industry. The proposed hypothesis was tested using the structural equation modelling (PLS-SEM) approach on a total of 282 respondents who were collected using both purposive and convenience sampling techniques. The findings indicated that the green marketing awareness and perceived innovation have a positive relationship with consumers purchase intention through perceived value. However, the result also implies that consumer's perception of green home appliances products' pricing has no relation to consumers purchase intention. This study offers businesses practical insights in developing a green marketing strategy as a strategic move."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reihana Muryani
"Pertumbuhan pesat hotel butik dan lokal merubah persaingan dalam industry perhotelan. Meskipun grup hotel internasional memiliki merek atau brandname yang lebih kuat, hotel butik dan hotel lokal menyediakan fasilitas yang baik dan konsep yang unik, namun dengan harga yang lebih murah. Sehingga grup hotel internasional kini harus memiliki dan mengembangkan strategi untuk menjaga loyalitas pelanggannya.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan terhadap merek hotel, dengan melihat sisi identitas sosial yang dimiliki merek hotel tersebut, yaitu menganalisa pengaruh identifikasi merek oleh pelanggan terhadap loyalitas terhadap merek, melalui faktor kualitas jasa, nilai yang dirasakan, dan kepercayaan terhadap merek. Sampel penelitian ini adalah WNI yang pernah menginap di hotel kelas atas atau mewah yang terdaftar pada STR Global Hotel Chain Scales 2015. Data diolah dengan menggunakan metode Structural Equation Modelling.
Hasil pelitian menunjukkan bahwa identifikasi merek oleh pelanggan tidak signifikan berpengaruh secara positif terhadap loyalitas merek. Namun, nilai yang dirasakan, dan kepercayaan terhadap merek, memediasi secara sepenuhnya pengaruh identifikasi merek oleh pelanggan terhadap loyalitas merek hotel.

The growth in boutique and local hotels has changed the competition of the hotel industry. Although international hotel groups posses a stronger brand, boutique and local hotels can offer the prime facilities and unique concepts at a lower price. Therefore, international hotel groups must now have and develop strategies to maintain customer loyalty.
This study aims to analyze factors that effect customer loyalty towards a hotel brand, through a social identity perspective, by analyzing the effect of customer-brand identification towards brand loyalty through its known antecedents, which are service quality, perceived value, and brand trust. The data for this research was collected from Indonesian citizens who have stayed at an upscale or luxury hotel listed in STR Global Hotel Chain Scales 2015 in the last six (6) months. Data was then analyzed using Structural Equation Modeling.
The results of this study show that customer-brand identification does not have a significant effect on hotel brand loyalty. Meanwhile, perceived value, and brand trust proved to fully mediate the effect of customer-brand identification towards hotel brand loyalty.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S59114
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aniza Octoviani
"Konsep green marketing tumbuh seiring dengan tuntutan masyarakat yang semakin sadar akan perlindungan terhadap lingkungan hidup. Sehingga mulai banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk menarik perhatian konsumen dengan mangangkat hal-hal yang terkait dengan lingkungan. Dengan demikian dalam penelitian ini peneliti membahas pengaruh dari strategi green marketing yang digunakan oleh The Body Shop dalam mempengaruhi loyalitas pelanggannya dengan menggunakan metode survey. Peneliti berusaha untuk melihat persepsi pelanggan terhadap nilai-nilai yang dianut oleh The Body Shop . dengan hasil penelitian yaitu strategi green marketing mempengaruhi loyalitas dari pelanggan, terutama pada nilai protect our planet. Dengan demikian peneliti menyarankan untuk melakukan promosi dan penanaman kepada pelanggan terutama mahasiswa tentang kebijakan dan kegiatan yang telah dilakukan oleh The Body Shop. Sehingga akan tertanam pada mahasiswa pentingnya penggunaan produk yang berbasis lingkungan.

The concept of green marketing growing with the demands of society is increasingly aware of environmental protection. So, began many companies are vying to attract consumers? attention by raising matters related to the environment. Thus researchers strategies used by The Body Shop in influencing customer loyalty by using the survey method. Researchers attempted to see the customer's perception of the values espoused by The Body Shop. With the results of green marketing strategies affect the loyalty of customers, especially on the value of protect our planet. Thus researches suggest to do the promotion and cultivation to the customers mainly students about policies and activities that have been done by The Body Shop. So, that will be embedded in the students the importance of using environmentally-based product."
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2011
T28900
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nadheatul Arifa
"Dampak terhadap lingkungan yang semakin tinggi menuntut industri untuk mengintegrasikan pemikiran lingkungan ke dalam manajemen rantai pasok. Salah satunya dengan memiliki pemasok berwawasan lingkungan, karena pemasok memiliki peran yang sangat penting dalam rantai pasok. Penelitian ini bertujuan untuk menilai pemasok pada salah satu hotel di Bogor, Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk memperoleh bobot kriteria penilaian pemasok, dan Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) untuk memperoleh nilai akhir dari setiap pemasok yang akan menjadi dasar dalam mensegmentasi pemasok berdasarkan dimensi kemampuan dan dimensi kesediaan. Hasil dari penelitian ini adalah pengelompokkan 31 pemasok hotel ke dalam empat segmen berbeda, serta rekomendasi strategi pengelolaan yang sesuai untuk setiap segmen pemasok.

The increasing impact on the environment requires the industry to integrate environmental issues into their supply chain. One of them by having green supplier, because suppliers play a key role in the supply chain. This study aims to evaluate supplier in one of the hotel in Bogor, Indonesia. The method used in this study is Analytical Hierarchy Process (AHP) to obtain the weight of supplier evaluation criteria, as well as Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) to obtain the final score of each supplier which will be the basis for segmenting suppliers based on capabilities and willingness dimensions. The result of this study are classifying 31 suppliers of hotel into four different segments, and recommendations of suitable action plans for each segment."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rafli Ammari Hertandri
"Inisiasi dan praktek green hotel sedang mengalami perkembangan baik di dunia maupun di Indonesia diiringi dengan minat konsumen semakin meningkat dalam memilih produk yang lebih ramah lingkungan. Dalam rangka meraih pasar konsumen yang lebih luas green hotel juga perlu memperhatikan faktor-faktor lain yang dapat menarik minat konsumen untuk membeli kamar di green hotel salah satunya adalah electronic word-of-mouth. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word-of-mouth terhadap willingness to purchase juga melihat peran kepedulian lingkungan sebagai moderator pada pembelian kamar pada green hotel. Penelitian ini menggunakan desain eksperimental terhadap 193 partisipan berusia 18 tahun ke atas yang pernah memesan hotel dalam 1 tahun terakhir menggunakan aplikasi pemesanan hotel. Manipulasi yang diberikan adalah electronic word-of-mouth (eWOM) jenis positif atau negatif secara acak kepada partisipan yang diikuti dengan pengukuran variabel kepedulian lingkungan dan willingness to purchase. Hasil menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan antara kelompok eWOM jenis positif dan negatif. Kepedulian lingkungan juga tidak terbukti sebagai moderator, namun memiliki pengaruh langsung terhadap willingness to purchase pada green hotel.

Green hotel initiatives and practices are developing both in the world and in Indonesia accompanied by increasing consumer interest in choosing products that are more environmentally friendly. In order to reach a wider consumer market, green hotels also need to pay attention to other factors that can attract consumers to buy rooms at green hotels, one of which is electronic word-of-mouth. Therefore, this study aims to determine the effect of electronic word-of-mouth on willingness to buy and to see the role of environmental concern as a moderator in purchasing rooms at green hotels. This study used an experimental design on 193 participants aged 18 years and above who had booked a hotel in the last 1 year using a hotel booking application. The manipulation given is an electronic word-of-mouth (eWOM) type of positive or negative randomly to the participants, followed by the measurement of environmental concern variables and willingness to purchase. The results showed that there was no significant difference between the positive and negative types of eWOM groups. Environmental concern is also not proven as a moderator, but has a direct influence on willingness to buy in green hotels."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Soeryo Soemirat
"Dalam pembahasan mengenai bisnis perhotelan, terdapat jenis hotel yang disebut sebagai green hotel. Green hotel merujuk pada hotel yang dalam pengelolaan dan karakter bangunannya mengadaptasi konsep yang ramah lingkungan dan konservasi sumber daya energi. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah sikap, norma subjektif, kontrol perilaku yang dirasakan secara posotif berpengaruh terhadap niat konsumen dalam melakukan kunjungan ulang di green hotel ini. Penelitian juga meneliti apakah pengetahuan mengenai green hotel dapat menjadi variabel moderasi pada pengaruh ketiga variabel tersebut sikap, norma subjuktif dan kontrol perilaku terhadap niat kunjungan ulang di green hotel tersebut.
Desain penelitian ini adalah konlusif deskriptif dan metode pengumpulan datanya dengan survey menggunakan5 kuesioner. Metode sampling yang digunakan adalah judgemental sampling dengan kriteria bahwa reponden pernah menginap di green hotel serta mengetahui dan memahami konsep green hotel. Kuesioner dibagikan pada pengunjung Hotel Borobudur Indonesia sebanyak 100 orang. Kemudian, data dianalisis dengan metode regresi liner berganda multiple regression dan menggunakan software SPSS6 terbukti berpengaruh positif terhadap intensi kunjungan ulang di green hotel. Sementara itu, penelitian menemukan bahwa variabel pengetahuan tidak berhasil menjadi variabel moderasi pada pengaruh sikap, norma subjektif dan kontrol perilaku pada niat kunjungan ulang di green hotel.

In the discussion of the hospitality business, there is a type of hotel called a green hotel. Green hotels refer to hotels that in their management and building character adapt concepts that are environmentally friendly and conservation of energy resources. This study aims to examine whether attitudes, subjective norms, behavioral controls that are perceived positively influence the intention of consumers to make a repeat visit on the green of this hotel. Research also examines whether knowledge of green hotels can be a moderating variable on the influence of these three variables attitudes, subjective norms and behavioral control on the intention of revisiting the green hotel.
The design of this research is a descriptive and descriptive method of data collection with survey using 5 questionnaires. The sampling method used is judgmental sampling with the criteria that respondents have stayed at the green hotel and know and understand the concept of green hotel. Questionnaires were distributed to visitors of Hotel Borobudur Indonesia as many as 100 people. Then, the data were analyzed by multiple regression method and using SPSS6 software proved to have a positive effect on the intention of a repeat visit at the green hotel. Meanwhile, the study found that knowledge variables did not succeed in being a moderating variable on the influence of attitudes, subjective norms and behavioral control on the intention of a repeat visit at the green hotel.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>