Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 117399 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Juni Fransisca Onggani Winata
"Industri manufaktur merupakan salah satu penggerak utama perekonomian Indonesia, dengan target kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional sebesar 28% pada tahun 2045. Namun, perkembangan industri ini masih menghadapi berbagai kendala, khususnya terkait dengan performa logistik nasional yang belum kompetitif di tingkat internasional, terutama dalam aspek ketepatan waktu (timeliness). Permasalahan ini semakin diperburuk oleh meningkatnya disrupsi logistik pada era pascapandemi dan tantangan dalam rantai pasok global. Kurangnya pemahaman dan pembekalan pengetahuan mengenai konsep ketahanan rantai pasok di tingkat perguruan tinggi maupun industri, serta tingginya risiko finansial dalam upaya peningkatan ketahanan tersebut, menjadi hambatan utama dalam memperkuat ketahanan logistik sektor manufaktur di Indonesia. Menanggapi permasalahan tersebut, penelitian ini mengembangkan sebuah serious simulation game bertajuk MilkRun sebagai media pembelajaran yang berfokus pada ketahanan sistem transportasi logistik dalam sektor industri manufaktur susu. Permainan ini dikembangkan dalam bentuk permainan papan analog yang bertujuan untuk menjembatani kesenjangan kompetensi melalui pendekatan pembelajaran praktis dan berbasis pengalaman. Permainan ini memungkinkan pemain untuk mempelajari dan mengimplementasikan konsep ketahanan logistik secara langsung dalam konteks dunia nyata. Berdasarkan uji coba terhadap 11 responden, permainan, MilkRun dinilai efektif sebagai media pembelajaran yang mampu memodelkan kompleksitas pengambilan keputusan dalam manajemen transportasi logistik, sekaligus meningkatkan partisipasi dan minat terhadap proses pembelajaran.

The manufacturing industry serves as a key driver of Indonesia’s economy, with a targeted contribution of 28% to the national Gross Domestic Product (GDP) by 2045. However, the sector’s development is hindered by the country’s uncompetitive logistics performance on an international scale, particularly in terms of timeliness. This challenge is further exacerbated by increasing logistics disruptions in the post-pandemic era and within global supply chains. A lack of knowledge and training on supply chain robustness—both in higher education and in industry practice—along with the high monetary risks associated with improving said robustness, remain significant barriers to strengthening Indonesia’s manufacturing logistics. In response, this study presents the development of a serious simulation game titled MilkRun as an educational tool aimed at enhancing understanding of transport system robustness within the dairy manufacturing sector. Designed as an analog board game, MilkRun bridges the competence gap by offering a practical, experience-based learning medium. The game enables players to directly engage with and apply supply chain robustness concepts in a realistic yet low-risk environment. Trial sessions conducted with 11 participants indicate that MilkRun is an effective learning tool, capable of modeling the complexity of decision-making in logistics transportation management while also fostering high levels of engagement and interest among learners."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cannon-Bowers, Janis A.
Hershey, PA: Information Science Reference, 2010
794.8 CAM s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Shara Marcheline
"Dalam merealisasikan prioritas pembangunan, perlu dilakukan strategi kebijakan untuk meningkatkan daya saing industri maritim nasional, salah satunya adalah membangun klaster industri terintegrasi maritim atau klaster pelabuhan di beberapa lokasi strategis di Indonesia. Namun, untuk bisa mengembangkan klaster pelabuhan, Indonesia menghadapi beberapa tantangan seperti kompleksitas rantai pasokan dan pengambilan keputusan yang melibatkan banyak aktor sosio-politik dengan berbagai tujuan yang saling bergantung satu sama lain. Untuk membantu memahami dan membangun strategi kebijakan yang tepat untuk mengembangkan klaster pelabuhan, serious simulation game diusulkan sebagai solusi yang dapat menjadi media pembelajaran yang mendalam dan dapat mengakomodasi dampak langsung terhadap setiap keputusan yang diambil tanpa risiko.
Penelitian ini mencoba melihat bagaimana serious simulation game dapat membantu melihat dan mengeksplor kebijakan dan strategi yang mungkin diambil dalam sebuah klaster pelabuhan untuk dapat meningkatkan perekonomian, yaitu GDP, sebelum nantinya dapat diimplementasikan ke dunia nyata. Permainan dirancang untuk membantu melihat perbedaan pada efek multiplier yang terjadi pada setiap strategi yang diambil dalam pengembangan klaster pelabuhan, sehingga bentuk koordinasi, waktu, dan level pengembangan yang harus dilakukan dapat ditentukan . Melalui 2 fase permainan, evaluasi mengindikasikan perbedaan keluaran GDP untuk strategi dan kebijakan yang berbeda. Lebih lanjut lagi perbedaan dalam strategi dan kebijakan tersebut dipengaruhi pula oleh perbedaan kepentingan dari aktor yang terlibat.

In the realization of development priority, it is necessary to adopt a policy strategy to increase the competitiveness of national maritime industries, one of which is to build a maritime integrated industry cluster or port cluster at several strategic locations in Indonesia. However, to be able to develop the port cluster, Indonesia faces several challenges such as the complexity of the supply chain and decision making involving many actors with different objectives which are interdependent on each other. To help understand and build appropriate policy strategies to develop port clusters, serious simulation game is proposed as a solution whereby it can become an immersive learning media and can accommodate immediate responds of any decision taken without risks.
This research aims to see how serious simulation game can help to see and explore the policies and strategies that might be taken in a port cluster to improve the economy, in which GDP, before it can be implemented in the real world. The game is designed to help see the differences in multiplier effects that occur in each strategy taken in the development of the port cluster, so that the form of coordination, timing, and level of development applied in the cluster can be determined. Through two game phases, evaluation indicates different outcomes GDP for different strategies and policies. Furthermore, differences in strategies and policies are also influenced by the different interests of the actors involved.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Girindra Chaska Wardana Nimpuno
"Penelitian ini menjelaskan mengenai perancangan serious simulation game sebagai sarana pelatihan dan pendidikan untuk koordinasi organisasi mengenai manajemen logistik penanggulangan bencana untuk lembaga swadaya masyarakat. Logistik penanggulangan bencana adalah kontributor terbesar biaya operasi tanggap bencana. Akan tetapi, kinerja operasionalnya masih belum efisien karena terdapat masalah koordinasi dalam lembaga-lembaga. Beberapa akar masalah adalah adanya kesenjangan kesadaran koordinasi dalam lembaga-lembaga ini dan disebabkan oleh beberapa mentalitas organisasional yang buruk, meliputi mentalitas silo dan fire fighting, bersama dengan fakta bahwa lembaga swadaya masyarakat memiliki tingkat turnover sumber daya manusia yang tinggi, sehingga mengurangi retensi pengetahuan dan pengalaman. Untuk meningkatkan tingkat kesadaran yang cukup dalam lembaga, diusulkan sebuah media pembelajaran menggunakan serious simulation game. Merancang serious simulation game yang memberikan representasi sistem secara realistis dan simulasi pengalaman yang akurat sangat penting dalam merancang permainan simulasi serius yang signifikan. Permainan ini didasarkan Triadic Game Design yang dikemukakan Harteveld dan dibangun melalui kerangka kerja Duke untuk merancang serious simulation game. Penelitian ini menghasilkan rancangan awal Humanitarian Logistics Management Game.

This research paper explains the construction of a serious simulation game as a means of training and education for organizational coordination in humanitarian logistics management within humanitarian non governmental organizations. Humanitarian logistics is the majority cost of humanitarian operations however, its operational performance is still inefficient due to coordination issues within these responsible humanitarian organizations. The underlying problem is the presence of a coordination awareness gap within these organizations and is caused by several apparent dysfunctional organizational mentalities, which include the fire fighting and silo mentality, along with the fact that humanitarian organizations have a high human resource turnover rate, thus decreasing knowledge and experience retention. To raise sufficient awareness, an experiential learning platform is proposed using a serious simulation game. Constructing a serious simulation game that provides a representation of experiential simulations within the game, is vital in designing a significant serious simulation game. The game is based on Harteveld's Triadic Game Design and is constructed through Dukes framework of designing a serious simulation game. This research results in the design of the Humanitarian Logistics Management Game.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hasibuan, Rachel Giovani
"Pemahaman dan kepedulian masyarakat terhadap isu lingkungan dan sosial kini menjelma menjadi tuntutan bagi perusahaan untuk berfokus pada sustainability keberlanjutan . Hal tersebut menjadi salah satu tantangan terbesar saat ini di mana perusahaan diharapkan tidak hanya berfokus pada keuntungan secara ekonomi, tetapi juga ramah lingkungan dan mengayomi sosial masyarakat. Rantai pasokan yang memperhatikan ketiga unsur tersebut ekonomi, lingkungan, dan sosial dikenal dengan sebutan Rantai Pasokan Berkelanjutan. Mengambil keputusan yang tepat pada situasi tertentu merupakan kemampuan yang dibutuhkan untuk memperoleh Manajemen Rantai Pasokan Berkelanjutan yang lebih hijau, lebih peduli, dan tentunya dalam sudut pandang perusahaan, dengan tidak meningkatkan risiko dan mengurangi keuntungan. Untuk mengembangkan kemampuan tersebut, baik akademisi maupun praktisi perlu memahami kompleksitas dari rantai pasokan berkelanjutan dan memetakan gambaran besar dari rantai pasokan tersebut.
Hasil dari penelitian ini adalah mendapatkan rancangan sebuah Serious Simulation Game SSG sebagai media pembelajaran aktif Manajemen Rantai Pasokan Berkelanjutan, yang berfokus pada fungsi pengadaan, produksi, penjualan, dan keuangan, dengan menggunakan studi kasus pabrik minyak kelapa sawit PMKS dan user interface berbasis spreadsheet. SSG yang dibuat terbukti dapat membantu pemain memahami konsep dan kompleksitas, serta variabel yang mempengaruhi di dalam Manajemen Rantai Pasokan Berkelanjutan.

Community understanding and awareness of environmental and social issues has now become a demand for companies to focus on sustainability. It is one of the biggest challenges today where companies are expected not only to focus on economic benefits, but also to be environmentally friendly and socially responsible. The supply chain that pays attention to these three elements economic, environmental, and social is known as the Sustainable Supply Chain. Making the right decision in a given situation is a necessary capability to acquire a greener and more caring Sustainable Supply Chain Management in the company 39 s point of view, with no increased risk and reduced profits. To develop these capabilities, both academics and practitioners need to understand the complexities of the sustainable supply chain and map out the big picture of the supply chain.
The result of this study is to obtain the design of Serious Simulation Game SSG as an active learning medium for Sustainable Supply Chain Management, which focuses on purchasing, production, sales, and finance functions, using case studies of crude palm oil mills with user interfaces based on spreadsheet. SSG made proven to help players understand the concept and complexity, as well as the variables that influence the Sustainable Supply Chain Management.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
T48169
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Martin, Scott M.
"Serious Games in Personalized Learning investigates game-based teaching and learning at a time when learning and training systems are increasingly integrating serious games, machine-learning artificial intelligence models, and adaptive technologies. Game-based education provides rare data for measuring, assessing, and evaluating not just a game’s effectiveness but the acquisition of information and knowledge that a student may gain through playing a learning game. This book synthesizes contemporary research, frameworks, and models centered on the design and delivery of serious games that truly personalize the learning experience. Scholars of educational technology, instructional design, human performance, and more will find a comprehensive guide to the history, practical implications, and data-collection potential inherent to these fast-evolving tools."
New York: Routledge, 2021
e20559626
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
M. Rizky Nur Iman
"Walaupung fungsinya sangat penting, banyak praktisi dalam dunia procurement dan purchasing di berbagai belahan dunia masih memiliki kendala dalam mengembangkan sebuah strategi yang baik terhadap sourcing. Banyak masih menganggap bahwa pendekatan sourcing adalah untuk mendapatkan harga terendah dan melupakan potensi sesungguhnya dalam sourcing. Sourcing sudah tidak lagi sebatas fungsi transaksional, tetapi sudah menjadi fungsi yang strategis yang terintegrasi dengan strategi perusahaan. Ini merupakan sebuah masalah dan lebih lagi mengingat bahwa tantangan dalam sourcing akan terus meningkat seiringan dengan meningkatnya tren global sourcing.
Untuk membantu para sumber daya yang bergerak di bidang sourcing dalam memahami proses pengembangan strategi sourcing, sebuah serious simulation game diaujukan sebagai alternatif solusi. Serious simulation game telah digunakan untuk tujuan pedagogi dalam berbagai bidang seperti rantai pasokan, simulasi bisnis, kesehatan, dan militer. Lingkungan permainan yang ditawarkan memberikan media pembelajaran yang immersive dan dapat meningkatkan proses pembelajaran pesertanya. Permainan yang telah dirancang dalam penelitian kali ini membuktikan sebuah indikasi bahwa serious simulation game dapat digunakan untuk tujuan pedagogi. Selain itu, serious simulation game juga dilihat sebagai media pembelajaran yang cocok untuk generasi millennial.

Despite the importance of its functionality, research shows that many of the world procurement and purchasing specialist around the world are still having trouble in developing and implementing an effective strategy towards sourcing Some still perceive the approach in sourcing is to find the lowest cost and ignores the true potential of sourcing. Sourcing is no longer a transactional function, but is a strategic one which is integrated with the firm strategy. This is a problem as the challenge in sourcing will rise especially with the rising trend of global sourcing.
In order to help the professionals to gain a better understanding of sourcing strategy development process, a serious simulation game is presented as a solution. Serious simulation game has been used in many pedagogical purposes throughout different fields such as supply chain management, business simulation, medical and military. The gaming environment creates an immersive learning medium and therefore is able to improve the learning process of its participants. The game presented in this research proves another indication of a possible pedagogical use of a serious simulation game. Serious simulation game is seen as a suitable learning medium especially for the millennials
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S64008
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rajagukguk, Josia
"Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari kemungkinan adanya video game first-person shooter (FPS) sebagai simulasi dan representasi ruang. Video game yang digunakan adalah Counter- Pukulan: Serangan Global (CS:GO). Memahami medan permainan dalam video game FPS sebagai simulasi dan representasi elemen ruang. Kembangkan pemahaman video game sebagai simulacra dan pengguna harus mengalami simulacra ini, Penelitian ini membahas proses manusia memperoleh informasi spasial dari video game video melalui mekanisme penangkapan. Ketertarikan itu sendiri adalah mekanisme manusia pengalaman ketika berinteraksi dengan media yang kompleks seperti video game. Melalui daya pikat manusia dapat menerima informasi yang terdapat dalam video game. Akhirnya membahas proses pemikatan dalam memahami video game sebagai simulasi dan representasi ruang.

This study aims to study the possibility of a first-person shooter (FPS) video game as a simulation and representation of space. The video game used is Counter-Blow: Global Offensive (CS:GO). Understanding the playing field in FPS video games as a simulation and representation of space elements. Develop an understanding of video games as simulacra and users must experience this simulacra. This study discusses the human process of obtaining spatial information from video games through capture mechanisms. Interest is itself a mechanism human experience when interacting with complex media such as video games. Through the allure of humans can receive information contained in video games. Finally, it discusses the process of enthralling in understanding video games as simulations and representations of space."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maya Hashilah
"Untuk dapat bersaing diera yang serba cepat dan fleksibel, manajemen rantai pasokan menjadi salah satu kunci utama dalam menjalankan perusahaan. Hal ini menjadikan manajemen rantai pasokan sebagai ilmu yang perlu dikuasai oleh mahasiswa saat ini agar dapat siap dan bersaing didunia kerja. Namun, kompleksnya konsep manajemen rantai pasokan membuat mahasiswa dan profesional muda kesulitan dalam memahaminya. Hal ini meningkatkan kebutuhan akan media pembelajaran yang efektif terkait manajemen rantai pasokan.
Hasil dari penelitian ini adalah mendapatkan rancangan sebuah Serious Simulation Game (SSG) sebagai media pembelajaran aktif manajemen rantai pasokan, yang berfokus pada divisi pengadaan dan produksi karena banyaknya permasalahan yang sering terjadi pada bagian hulu. SSG yang dibuat terbukti dapat membantu peserta meningkatkan pemahaman mengenai konsep dan kompleksitas, serta variabel yang mempengaruhi dalam manajemen rantai pasokan.

To be able to compete in a fast-paced and flexible era, supply chain management is becoming one of the major key in running the company. It makes supply chain management as a knowledge that needs to be mastered by students at this time in order to be ready and compete in the world of work. However, the complexity of the concept of supply chain management to make student and young professional difficult in understanding it. This increases the need for an effective learning media related supply chain management.
The results of this research is to get a design of Serious Simulation games (SSG) as a medium of active learning for supply chain management, which focuses on procurement and production, because of the numerous problems that often occur in the suplly chain upstreams. SSG created proven to help players understand the concept and complexity, as well as variables in Supply Chain Management.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S63013
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Naufal Farras Fajar
"ABSTRAK
Perkembangan teknologi yang luar biasa memengaruhi pertumbuhan yang cepat dalam penggunaan perangkat dan layanan TIK. Namun, jumlah penggunaan perangkat yang meningkat telah meningkatkan Limbah Peralatan Elektronik dan Listrik. Studi sebelumnya telah menunjukkan bahwa transformasi sistem dari Rantai Pasok Lingkar Terbuka menuju Rantai Pasok Lingkar Tertutup dapat memecahkan berbagai permasalahan pada pengelolaan sampah elektronik. Namun, transformasi ini tidak mudah karena membutuhkan waktu, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah melalui edukasi. Di sisi lain, proporsi waktu studi Ekonomi Sirkuler dan Rantai Pasok Lingkar Tertutup di kelas perkuliahan sangat terbatas dan memiliki kompleksitas sistem tinggi sehingga dibutuhkan suatu metode yang lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa. Electriver game merupakan permainan simulasi yang dikembangkan dari konsep Rantai Pasok Lingkar Tertutup dalam konteks manajemen sampah elektronik. Permainan simulasi ini dapat membantu mahasiswa mendapatkan pengalaman edukasi yang lebih efektif, menyenangkan, dan mendalam dibandingkan pembelajaran secara tradisional di dalam kelas. Permainan simulasi ini dikembangkan dengan rangkaian proses desain, eksekusi, serta proses evaluasi menggunakan survei persepsi dan uji pemahaman pra dan pasca permainan kemudian dilakukan uji signifikansi menggunakan Mann-Whitney Test. Dengan dilakukannya penelitian ini, diharapkan penulis turut berkontribusi dalam transformasi sistem industri menuju rantai pasok yang lebih berkelanjutan.

ABSTRACT
Exceptional technological developments affect rapid growth in the use of ICT devices and services. However, the increasing device uses has increased the Waste of Electronic and Electrical Equipment. Previous studies have shown that a system transformation from the Open-Loop to the Closed-Loop Supply Chain can solve various problems in E-waste management. However, this transformation is not easy because it takes time, one way that can be done is through education. On the other hand, the proportion of study time for Circular Economy and Closed-Loop Supply Chain in-class lectures is very limited and has high system complexity so needed to improve student understanding by the more effective method. Electriver game is a Serious Simulation Game developed from the concept of Closed-Loop Supply Chain in the context of E-waste management. This game can help students get educational experiences that are more effective, fun, and deeper than traditional learning in the classroom. This game was developed with scientific method from design, execution, and evaluation using attitudinal survey and pre-post knowledge test and the significance test was carried out using Mann-Whitney Test. By conducting this research, the author expected will contribute to the transformation of the industrial system towards a more sustainable supply chain.

 

"
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>