Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 398 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Duski Samad
Depok: PT RajaGrafindo Persada, 2017
297.4 DUS k
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Kalabadzi, Abu Bakr M
Jakarta: Hikmah, 2002
297.4 KAL m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Maharddhika
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas pengunaan metafora yang berhubungan dengan gagasan
sufistik dalam Kacapiring karya Danarto. Teori yang digunakan untuk
menganalisis data adalah teori metafora konseptual Lakoff dan Johnson.
Penelitian ini juga memaknai penggunaan metafora pada Kacapiring dengan
menempatkannya dalam konstelasi sastra Indonesia pascareformasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada ranah sasaran, hal-hal yang
dimetaforakan adalah pengalaman religius seperti kematian, malaikat, dan Tuhan.
Di ranah sumber, konsep yang melekat pada kata pohon digunakan untuk
mewakili pengalaman religiusnya. Metafora-metafora ini adalah strategi
pengucapan dan penafsiran baru atas dakwah agama. Metafora-metafora ini
menawarkan cinta dan spiritualitas dalam hati. Metafora-metafora ini menantang
wacana posmodern dalam karya-karya sastra Indonesia pascareformasi

ABSTRACT
This research discusses about the using of Sufism metaphor in Kacapiring written
by Danarto. The theory used to analyze the data is conceptual metaphor theory by
Lakoff and Johnson. This research is also shows the meaning of metaphor by
putting them in constellation of Indonesian literature after reformation.
The result of this research shows that in target domain, religious experiences like
death, angel, and God appear in metaphorical expression. In source domain, tree
is used to present different religious experiences. These metaphors are strategy to
express a new interpretation about religious endeavor. These metaphors
emphasize love and spiritual. These metaphors challenge postmodern expressions
in works of Indonesian Literature after reformation era."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42164
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Wilcox, Lynn
Jakarta: Pustaka Cendekiamuda, 2007
297.261 WIL pt
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ayis Mukholik
"Penelitian ini ingin mengeksplorasi pemikiran sufistik Nashruddin Hodja. Peneliti menfokuskan kajiannya dengan menganalisis pesan-pesan moral dan spiritual yang terkandung di dalam sastra hikayat jenakanya. Tujuannya adalah mengetahui corak pemikiran tasawuf pada tokoh Hodja. Hasilnya dapat dirumuskan sebagai pendekatan baru dalam tasawuf yaitu mensucikan jiwa dan membina akhlak dengan nuansa jenaka esoteric, sehingga ketakwaan kepada Tuhan meningkat. Secara umum pemikiran sufistik terbagi menjadi dua; tasawuf sunni yakni mengkaji tentang pensucian jiwa dan pembinaan akhlak dan tasawuf falsafi yang berbasis pada filsafat.
Ajaran tasawuf sering ditemukan di dalam karya sastra. Sastra dan tasawuf adalah dua hal yang berhubungan. Nashruddin Hodja, sufi dari Turki telah mengimplementasikan ilmu tasawufnya di dalam sastra jenaka. Ia menggunakan pendekatan ini untuk mengedukasi masyarakat serta mengkritik penguasa yang zalim pada saat invasi Mongol abad ke 13 M di Turki. Maka rumusan masalahnya adalah bagaimana nilai-nilai sufistik Hodja yang terkandung di dalam hikayatnya? Dan bagaimana corak pemikiran sufistik Hodja? Peneliti menggunakan metode kualitatif yang dianalisis menggunakan pendekatan hermeneutika Schleirmacher, yaitu interpretasi gramatikal dan interpretasi psikologis.
Hasil penelitian ini adalah Nashruddin Hodja memiliki pemikiran sufistik Sunni ditinjau dari teks dan psikologisnya. Tasawuf ini berorientasi pada moral dan berbasis pada Al-Quran dan Hadits. Topik-topik yang diangkat adalah sikap manusia terhadap Tuhan, etika manusia secara individual dan sosial. Contohnya bersyukur kepada Allah, empati, berbuat adil kepada sesama, larangan ghibah dan zina dan lain sebagainya.

This research wants to explore the sufistic thoughts of Nashruddin Hodja. Researcher focused his study to the moral and spiritual messages analyze which contained in the works of comical tales. The aim is to find out feature of sufistic thought of Hodja rsquo s figure. Then the result can be formulated as a new approach in Sufism likes purifying the soul and fostering morals with an esoteric humorous nuance, so the piety for God increases. Generally, Sufistic thought is divided into two Sunni tasawuf is reviewing the purification of the soul and moral guidance and philosophy tasawuf which based philosophy.
Sufism is often found in literature. Literature and Sufism are two related things. Nashruddin Hodja, the Sufi from Turkey has implemented his tasawuf science in humorous literary. He used this approach to educate the public and criticize the unjust rulers at the time of the 13th century Mongol invasion of Turkey. So the research question is how Hodja 39 s sufistic values are contained in his humour literature And what is thought characteristic of Hodja Researcher used qualitative methods that were analyzed using Schleiermacher hermeneutic approach, are grammatical interpretation and psychological interpretation.
The result of this research is Nashruddin Hodja has Sunni sufistic thought in terms of text and his psychology. This sufism orienteering on moral and based on Al Quran and Hadith. The topics raised are human attitudes to God, individual and social ethics. It rsquo s like grateful, empathy, do justice to others, prohibition of Ghibah and adultery etc.
"
Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2017
T49190
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Abu Zaid merasa resah pada kondisi umat yang terjebak dalam dua wacana ekstrim yang saling bertentangan. Ada yang mendukung rasionalisme dengan mengabaikan spiritualisme, juga ada yang mengusung spiritualisme seraya melupakan rasionalisme. Sebab itu, harus ada wacana yang dikemas dengan sentuhan-sentuhan nasionalisme plus spiritualisme. Ia pengagum Ibn Rusyd dan sekaligus Ibn Arabi, sehingga ia menjadi titik temu antara wacana diskursif [burhani] dan intuitif [irfani]. Sebagai pemikir filsafat yang Ibn Arabian dan juga pengkaji tasawuf yang Ibn Rusydian, ia memajukan ide-ide filsafati yang mempunyai semangat sufistik dan membela epistemologi sufistik dengan nuansa filosofis. Kerangka epistemologinya bertolak dari empirisme dan berujung pada spiritualisme. Epistemologinya sebagai kelanjutan dari epistemologi Ibn Rusyd sehingga bersifat pinggiran tetapi berevolusi ke arah garis tengah" hingga lebih populis. Kitabnya Hakazha Takallam Ibn Arabi [begitulah kata Ibn Arabi] menjadi saksi betapa ia ingin menghadirkan tasawuf sebagai sitem pengetahuan alternatif detengan dominasi sistem-sitem pengetahuan yang dogmatik-doktrinal dan rasional-positivistik. Namun, pada kenyataannya tasawuf tidak bisa berbuat banyak. Watak masyarakat modern yang rasional telah menghalangi tasawuf untuk berperan maksimal."
JTW 1:1 (2012)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Zeni Afifah
"Penelitian ini membahas gagasan dan simbol-simbol sufistik dalam enam cerpen M. Fudoli Zaini. Untuk menganalisis gagasan sufistik digunakan konsep maqam dan untuk menganalisis simbol sufistik digunakan konsep simbol dari penyair-penyair sufi Parsi dan Melayu. Sumber data yang digunakan yaitu enam cerpen berjudul "Rindu Hujan", "Burung Putih", "Batu-batu Setan", "Burung Kembali ke Sarang", "Kemarau", dan "Pintu Gerbang". Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerpencerpen Fudoli Zaini mengandung ajaran-ajaran tasawuf yang terdiri dari delapan maqam, yaitu tobat taubat, melawan nafsu mujahadah, tawakal tawakkal, zuhud zuhd, sabar shabr, syukur syakara, cinta mahabbah, dan penyatuan ittihad. Selain itu, cerpen-cerpen Fudoli Zaini juga banyak memunculkan simbol berupa tokoh, peristiwa, dan benda-benda yang secara simbolis menyampaikan serta menguatkan gagasan tasawuf tersebut.

This research deals with ideas and sufism symbols in six short stories of M. Fudoli Zaini rsquo s. Theory and approach that be used on analyzing ideas sufism is mysticism theories which are maqam and sufism symbols used concept of a symbol of Persian Sufi poets and Malay. Data that be used are sourced from six short stories each of them titled ldquo Rindu Hujan rdquo, ldquo Burung Putih rdquo, ldquo Batu batu Setan rdquo, ldquo Burung Kembali ke Sarang rdquo, ldquo Kemarau rdquo, and ldquo Pintu Gerbang rdquo. The results shows that Fudoli Zaini rsquo s six short stories contained mysticism theories that consists of eight maqams, they are repentance taubat, against lust mujahadah, tawakal tawakkal, zuhud zuhd, patience shabr, gratitude syakara, love mahabbah, and fusion ittihad. Moreover, Fudoli Zaini rsquo s short stories are also providing symbols such as characters or figures, occurrence, objects that symbolically conveyed and strengthened those mysticism theories."
Depok: Universitas Indonesia, 2016
S66055
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Sachiko, Murata
Yogyakarta: Pustaka Sufi 2003,
297.4 SAC ct
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Netton, Ian Richard
London: Curzon, 2000
297.4 NET s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>