Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 180674 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Adelia Septiani
"Penelitian ini membahas tentang Pemanfaatan Sistem Otomasi Berbasis Senayan Library Management System (SLiMS) di Perpustakaan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Banjarmasin. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan dan kendala yang dihadapi pustakawan dalam menerapkan Senayan Library Management System (SLiMS) di Perpustakaan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian adalah dua orang pengelola teknis perpustakaan. Teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, sebagian besar menu yang disediakan di SLiMS sudah digunakan, dari delapan menu yang disediakan sudah enam menu yang dimanfaatkan. Kendala yang dihadapi adalah dari segi sumber daya manusia (SDM) dan masalah jaringan (Network)."
Yogyakarta: Institut Seni Indonesia Yogyakarta, 2024
020 JPK 4:1 (2024)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Yanuar Yoga Prasetyawan
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pemaknaan yang dilakukan oleh
Komunitas SLiMS Yogyakarta terhadap SLiMS yang mendasari mereka bertindak
membangun Komunitas SLiMS Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian
kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan
pemaknaan SLiMS oleh Komunitas SLiMS Yogyakarta diperoleh dari proses
yang panjang melalui interaksi dan interpretasi yang berulang-ulang oleh para
individu anggota inti Komunitas SLiMS Yogyakarta. Pemaknaan yang diberikan
adalah; SLiMS dimaknai sebagai software yang berkembang karena adanya
keterlibatan para pengguna dan pengembangnya; SLiMS dimaknai sebagai
software yang memiliki kekuatan; SLiMS dimaknai sebagai software yang perlu
disebarluaskan. Makna yang diberikan oleh para anggota inti Komunita SLiMS
Yogyakarta terhadap SLiMS merupakan dasar bertindak mereka dalam
berinteraksi membangun Komunitas SLiMS Yogyakarta. Interaksi tersebut
merupakan arena bagi mereka untuk saling berbagi pengetahuan, membangun
hubungan kekeluargaan, membangun sikap saling toleran, dan menciptakan nilai
yang dijunjung bersama, sehingga menciptakan dan menyempurnakan pemaknaan
mereka terhadap SLiMS. SLiMS telah menyatukan pustakawan dan profesi lain
yang berkaitan dengan dunia perpustakaan dalam sebuah ikatan kekeluargaan.
Melalui ikatan keluarga tersebut para anggota inti Komunitas SLiMS Yogyakarta
menggunakan SLiMS sebagai media untuk menunjukkan eksistensi profesi
pustakawan dan pembangunan reputasi identitas pustakawan sebagai agen
perubahan kondisi perpustakaan di Indonesia.

ABSTRACT
The aim of this research is to reveal the interpretation carried by the Yogyakarta’s
SLiMS Community toward SLIMS itself. This research is a qualitative study with
a phenomenological approach. The result of this study shows that the
interpretation of SLiMS by Yogyakarta’s SLiMS Community was obtained from
the long process through repetitive interaction and interpretation by individual
core members. Interpretations given are : SLiMS is defined as a software that
develops due to the involvement of users and developers; SLiMS is defined as a
software that has power; and, SLiMS is defined as a software that needs to be
disseminated. The interpretation given by the core member of Yogyakarta’s
SLiMS Community is the basis of their acting in establishing the Yogyakarta’s
SLiMS Community. This interaction is an arena of knowledge sharing, family
relationships building, sense of tolerance building, and a shared values creation
that upheld together, so they can create and refine their interpretation toward the
SLiMS. SLiMS itself has united the librarians and other professions related to the
world of library in a familial ties. Through this familial ties, the core member of
Yogyakarta’s SLiMS Community uses SLiMS as a medium to show the existence
of professional librarian and develops reputation of librarian’s identity as an agent
of Indonesia’s Library change."
2013
T34911
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aqilla Nanda Viary
"Penelitian ini membahas mengenai penerapan fungsi manajemen dalam manajemen perpustakaan yang dilakukan oleh Perpustakaan BNN. Sebagai perpustakaan yang berdiri dalam suatu instansi pemerintah perlu adanya manajemen yang baik dalam mengelola perpustakaan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dengan menggunakan dasar teori menurut George R. Terry mengenai Fungsi Manajemen (POAC) diharapkan dapat menjadi gambaran bagaimana penerapan fungsi manajemen perpustakaan yang dilakukan oleh Perpustakaan BNN. Penelitian ini menggunan metode wawancara dengan pustakawan di Perpustakaan BNN mengenai manajamen perpustakaan yang dilakukan berdasarkan fungsi manajemen perpustakaan. Hasilnya menunjukkan bahwa hanya fungsi pelaksanaan yang dipraktikkan dengan baik, namun fungsi manajemen perpustakaan lain seperti perencanaan, penggerak dan pengendalian di Perpustakaan BNN belum dilakukan secara efektif.

This study discusses the application of management functions in library management carried out by the BNN Library. As a library that stands in a government agency, it is necessary to have good management in managing the library to achieve the desired goals. By using the theoretical basis according to George R. Terry regarding Management Functions (POAC) it is hoped that it can be an illustration of how the implementation of library management functions carried out by the BNN Library. This study uses an interview method with librarians at the BNN Library regarding library management which is carried out based on the library management function. The results show that only the implementation function is well practiced, but other library management functions such as planning, organizing and controlling at the BNN Library have not been carried out effectively."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Stueart, Robert D.
Littleton : Libraries Unlimited , 1981
025.1 STU l
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Lina Rosidinawati
"Skripsi ini membahas mengenai pengembangan layanan multimedia yang terdapat di Perpustakaan Bank Indonesia dilihat dari pengembangan koleksi, fasilitas dan perangkat pendukung, sumber daya manusia, pengelolaan koleksi, dan sistem layanan yang diterapkan. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan analisis dokumen. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Unit dari Perpustakaan Umum dan Perpustakaan Riset serta para petugas perpustakaan yang memberikan layanan multimedia.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa pengembangan layanan multimedia telah dilaksanakan oleh Perpustakaan Bank Indonesia baik dari sisi pengembangan koleksi, fasilitas dan perangkat pendukung , pengelolaan koleksi, maupun sistem layanan. Namun penyediaan sumber daya manusia untuk menunjang pemberian layanan belum dilaksanakan oleh perpustakaan Bank Indonesia.

This research discusses the development of multimedia services in the Library of Bank Indonesia focused on the collection development, facilities and supporting devices, human resources, collection management, and the system services implementation. This study is a qualitative research with case study method.
Data collection methods used in this study were interviews, observation and document analysis. The informants in this study were the Head Unit of the Public Library and Research Libraries and the librarians who work for multimedia services.
The survey results revealed that the development of multimedia services have been implemented by Bank Indonesia Library in terms of collection development, facilities and supporting devices, collection management, and system services. However, the provision of human resources to support the provision of library services have not been implemented by Bank Indonesia Library.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46132
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reisky Randanovian
"Penelitian ini membahas tentang proses pengolahan bahan perpustakaan, dan penerapan unsur dan fungsi manajemen pada proses tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat penerapan unsur dan fungsi manajemen pada proses tersebut, melakukan analisis, dan kemudian memberikan kesimpulan dan saran. Penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan menggunakan metode kualitatif, dan pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara. Untuk informan dalam tahap wawancara adalah pihak yang berkaitan dengan proses tersebut.

This research discusses about library materials processing, and applications element and function of management in that process. The purpose from this research is for seeing applications element and function of management in that process, doing analysis, and then give conclusion and suggestion. This research is case study uses qualitative methods, and collecting data with observation and interview. For informant in interview is who related with that process."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46712
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gregory, Vicki L., 1950-
New York: Neal-Schuman , 2011
025GREC001
Multimedia  Universitas Indonesia Library
cover
Mohamad Rifqi Farhan Anwar
"Kualitas layanan perpustakaan merupakan bagian utama dari manajemen perpustakaan karena kualitas merupakan faktor penting dalam kepuasan pengguna dalam mendukung keberhasilan layanan perpustakaan. Oleh karena itu, perlu juga menjaga kualitas layanan yang diberikan oleh perpustakaan; salah satu caranya adalah dengan mengevaluasi layanan perpustakaan. Evaluasi layanan perpustakaan berdasarkan perspektif pengguna diperlukan karena kualitas layanan harus dinilai oleh mereka yang menerima layanan (service is in the eyes of the beholder). Selain itu, dengan adanya pandemi saat ini, pustakawan dituntut untuk lebih berhati-hati dalam memberikan pelayanan dengan mengutamakan keselamatan dan kesehatan pengguna. Penelitian ini menggunakan LIBQUAL+TM untuk mengevaluasi layanan yang diberikan oleh Perpustakaan Universitas Indonesia. LIBQUAL+TM adalah metode yang dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan perpustakaan dari sudut pandang pengguna; hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan yang diberikan oleh Perpustakaan Universitas Indonesia masih di bawah harapan 104 pengguna. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan yang dapat digunakan pustakawan untuk meningkatkan pelayanannya

The quality of library services is an integral part of library management because quality is an essential factor in user satisfaction in supporting the success of library services. Therefore, it is also necessary to maintain the quality of services provided by the library; one way is by evaluating library services. Evaluation of library services based on the user’s perspective is necessary because the quality of service must be assessed by those who receive the service (service is in the eyes of the beholder). Furthermore, due to the current pandemic, librarians are required to be more careful in providing services by prioritizing the safety and health of users. This study uses LIBQUAL+TM to evaluate the services provided by Universitas Indonesia Library. LIBQUAL+TM is a method that can identify the strengths and weaknesses of a library from the user’s perspective; the study results show that the services provided by the Universitas Indonesia Library are still below the 104 user’s expectations. Thus, this study provides input that librarians can use to improve their services."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Muthia Nurhayati
"Pada era reformasi birokrasi saat ini, perpustakaan selaku unit kerja yang mendukung tujuan lembaga induknya dituntut untuk menghasilkan kinerja yang optimal, lantas bagaimana seharusnya pengukuran kinerja pada perpustakaan khusus di kementerian/LPNK sebaiknya dilakukan. Balanced scorecard (BSC) merupakan salah satu management tools yang tidak hanya sekedar melakukan pengukuran kinerja pada perkembangannya. Rintisan implementasi BSC telah dilakukan oleh Kementerian Keuangan dan menjadi inspirasi bagi kementerian Keuangan dan menjadi inspirasi bagi kementerian/LPNK lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi BSC di perpustakaan khusus di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif sebagai upaya penggambaran implementasi BSC, dengan pengumpulan data terutama melalui studi literatur terhadap beberapa penelitian sebelumnya mengenai implementasi BSC di perpustakaan dan juga wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi BSC di perpustakaan sudah lama diterapakan di luar Indonesia terutama di perpustakaan perguruan tinggi, adapun implementasi BSC bagi perpustakaan khusus di Indonesia belum berdiri sendiri dalam artian masih bergabung dengan implementasi BSC lembaga induknya."
Jakarta: Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi, 2018
020 VIS 20:2 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Paulus Suparmo
"Sesuatu dapat dikatakan berkualitas jika memenuhi persyaratan-persyaratan kualitas yang telah ditentukan. Kualitas dapat diukur berdasarkan sebuah standar (acuan) yang diikutinya. Kualitas sebuah perpustakaan perguruan tinggi dapat diukur berdasarkan suatu standar pengelolaan perpustakaan yang dapat diimplementasikan oleh perpustakaan tersebut. Acuan standar yang dapat diimplementasikan oleh perpustakaan perguruan tinggi dalam mencapai kualitas yaitu Standar Nasional Perguruan Tinggi SNI 7330:2009 atau Standar Nasional Perpustakaan SNP 010:2011. Acuan standar lainnya yang dapat diimplementasikan oleh perpustakaan perguruan tinggi yakni ISO 11620:2008. Selain acuan standar tersebut per-pustakaan perguruan tinggi juga dapat mengimplementasikan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 sebagai standar manajemen mutu yang diakui secara internasional. Suatu acuan standar yang diimplementasikan oleh perpustakaan perguruan tinggi akan sangat berdaya guna jika dalam implementasinya diikuti dengan akreditasi yang dilakukan oleh lembaga independen."
Jakarta: Perpustakaan Nasional RI, 2012
020 VIS 14:3 (2012)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>