Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 232829 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Manurung, Georgia Stephany Loemongga
"Penelitian ini bertujuan untuk meneliti peran dari kepercayaan konsumen pada sumber informasi dan kepercayaan pada produk susu cair di Indonesia. Penelitian ini mendapatkan sebanyak 298 partisipan warga negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Indonesia dengan rentang usia 18-24 tahun (dewasa awal) yang setidaknya pernah mengonsumsi susu cair sekali sebulan dalam 3 bulan terakhir. Penelitian ini berupa non-eksperimental dengan desain penelitian merupakan cross-sectional study. Data penelitian ini dianalisis dengan analisis deskriptif dan regresi berganda dengan perangkat IBM SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan konsumen pada sumber-sumber informasi dan kepercayaan pada produk susu cair secara bersamaan dapat memprediksi intensi membeli susu cair, sedangkan jika dilihat secara terpisah kepercayaan konsumen pada produk susu cair tidak secara signifikan memprediksi intensi konsumen untuk membeli susu cair. Dengan kata lain, konsumen yang memiliki rasa percaya pada sumber-sumber informasi terkait susu cair dan pada produk susu cair dapat meningkatkan intensi membeli susu cair, hanya saja jika dilihat secara terpisah, konsumen yang memiliki rasa percaya pada produk susu cair tidak dapat memprediksi intensi membeli susu cair. Penelitian ini bermanfaat untuk kesadaran konsumen mengenai pentingnya mengonsumsi susu cair dan bagaimana produsen dapat meningkatkan intensitas konsumsi susu cair di Indonesia.

This research is purposed on researching the role of trust in sources of information and trust in liquid milk in Indonesia. The research receive 298 participants of Indonesians who lives in Indonesia with age gap of 18-24 years old (early adulthood) which at least consumes milk once a month in the last 3 months. The research is a non-experimental with cross-sectional study as its research design. Research data is analyzed with descriptive analysis and multiple regression with IBM SPSS 25th version software. The results showed that consumer trust in sources of information and trust in liquid milk products could simultaneously predict the intention to buy liquid milk, whereas if viewed separately, consumer trust in liquid milk did not significantly predict consumer intentions to buy liquid milk. In other words, consumers who have trust in sources of information about liquid milk and trust in liquid milk can increase their intention to buy liquid milk, but when viewed separately, consumers who have trust in liquid milk cannot predict liquid milk buying intentions. The research is useful for consumers awareness on how important it is to consume milk and how producers can increase consumption intensity of milk in Indonesia."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mustangimah
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas sistem temu-kembali informasi yang diaplikasikan pada dokumen bidang nuklir berbahasa Indonesia, dan untuk mengetahui dokumen yang ditemukan mempunyai hubungan bibliografi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan Sistem Temu Kembali Informasi yang dikembangkan di Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan dokumen bidang nuklir sebanyak 630 cantuman dalam basis data bibliografi. Pertanyaan (query) yang digunakan berasal dari pemakai (user) berupa judul penelitian dalam bidang nuklir. Pertanyaan terdiri dari 10 pertanyaan sederhana dan 10 pertanyaan kompleks. Pencarian dilakukan dengan pembangunan faset dari istilah yang terkandung dalam pertanyaan dengan memanfaatkan operator Boolean, dan penilaian relevansi terhadap dokumen yang ditemukan dilakukan oleh pakar subjek dalam masing-masing pertanyaan. Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini yaitu : ada perbedaan efektivitas temu-kembali informasi pada pertanyaan sederhana dan pertanyaan kompleks, dan semakin tinggi kekuatan pasangan bibliografi semakin tinggi tingkat relevansi dua dokumen. Pengujian hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney dengan paket program statistik Kwikstat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem temu-kembali informasi mempunyai ketepatan temu-kembali di atas 50%, dan tidak menunjukkan perbedaan yang nyata antara pertanyaan sederhana dengan pertanyaan kompleks. Analisis pasangan bibliografi (bibliographic coupling) terhadap dokumen yang ditemukan menunjukkan bahwa bibliografi memberikan kontribusi yang lemah (0,15) terhadap pemasangan dokumen. Bila dokumen relevan dipasangkan dengan dokumen lain, kekuatan pasangan bibliografi tidak berpengaruh terhadap tingkat relevansi dokumen kedua. Akan tetapi bila dokumen relevan mar]inal dipasangkan dengan dokumen lain, kekuatan pasangan bibliografi dapat meningkatkan tingkat relevansi dokumen kedua. Hal ini menunjukkan adanya keterhubungan dokumen walaupun bukan keterhubungan subjek yang diindikasikan oleh pasangan bibliografi. Berdasarkan hasil tersebut, bibliografi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan efektivitas sistem temu-kembali informasi yaitu untuk meningkatkan penemuan dokumen yang berguna (pertinent document) dengan penggabungan pencarian berdasarkan istilah dan pencarian berdasarkan sitasi.

ABSTRACT
The objectives of this research are to determine to what extent the information retrieval system effectiveness which applied to nuclear documents collection in Indonesian language, and to determine to what extent the documents retrieved have bibliographic relationship to one another. This research is using the Information Retrieval System developed by Computer Science Faculty, University of Indonesia.
This investigation is using 630 documents in the bibliographic database. The queries come from the real user, consist of 10 simple queries and 10 complex queries. The searching was performed by building facet and combined using Boolean operators, then the subject experts determine relevance judgement of document retrieved for each query. Hypothesis are tested: there exists a difference of information retrieval effectiveness between simple and complex queries, and the higher bibliographic coupling strength between two documents more relevant the two documents. The hypothesis are tested using Mann-Whitney procedure using Kwikstat program package.
The results show that the information retrieval system yielded precision result more than 50% and there is no significance difference between simple and complex queries. Bibliographic coupling analysis shows that the bibliography made a weak contribution to the pairing of documents. If the relevant documents have paired with the other documents, bibliographic strength has not effected the second document relevance level. but if the marginally relevant documents have paired with the other documents, bibliographic strength can increase the second document relevance level. These characteristic shows that there exist document relatedness although there are not subject relatedness. Based on this result, bibliography can be used to improve the information retrieval effectiveness by increasing the pertinent document retrieved using citation-based searching as a complement to term-based searching.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1998
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Imam Hidayat
"Penipuan atau kecurangan (fraud) adalah suatu kategori kejahatan yang umum, melibatkan perorangan atau kelompok individu yang dengan curang memperoleh properti atau beberapa keuntungan keuangan dengan melakukan penipuan. fraud mempengaruhi dan menjadi perhatian tertentu karena hal tersebut akan mengakibatkan kerugian yang besar bagi korbannya. Strategi atau teknik yang digunakan untuk mengatasi penipuan atau kecurangan bermacam-macam. Pengembangan claim bidang teknologi telah membuat teknik yang memungkinkan pendeteksian penipuan proaktif yang bare. Satu pendekatan yang meaggunakan teknologi yang nampak lebih efektif dalam mendeteksi kecurangan terhadap organisasi adalah suatu kombinasi dari pertimbangan yang deduktip dan teknologi.
Dalam penulisan tesis ini coba dikembangkan dan diterapkan suatu sistem informasi untuk mendeteksi dan mencegah terjadinya fraud pada suatu sistem inventori, yang dalam hal ini terdapat pada suatu industri pengepakan. Dalam pembentukan sistem informasi ini diterapkan langkah-langkah strategi untuk pendeteksian fraud yang terdiri atas pemahaman terhadap sistem atau unit, pengidentifikasian terhadap fraud yang mungkin terjadi, mengumpulkan gejala-gejala dari fraud dalam suatu daftar, pengumpulan data-data yang yang terkait dengan gejala fraud tersebut, dan pembuatan suatu program komputer yang merupakan basil akhir, yang dapat menganalisis secara otomatis untuk mendeteksi terjadinyafraudtersebut.
Dan penerapan program yang dibuat (secara simulasi) kepada sistem yang ada pads industri yang diuji, maka didapat beberapa gejala fraud yang terdeteksi yang dapat dianggap sebagai fraud yang berupa: Perencanaan pembelian atas material yang jarang digunakan, sehingga nantinya material tersebut akan menjadi deadstock dan dijual dengan harga yang rendah. Penghapusan material yang bernilai dan masih berguna akibat adanya kesalahan pencatatan material yang sudah rusak (deadstock) kesalahan pengambilan stok material, dan tidak melakukan penyesuaian terhadap arsip dari material tersebut. Pemberian insentif yang tidak seharusnya, karena adanya kesalahan perhitungan waste. Sistem ini nantinya dapat digunakan secara periodik yang berfungsi untuk mendeteksi kesalahan-kesalahan yang merupakan gejala sebelum fraud yang dapat menimbulkan kerugian yang besar terjadi.

Fraud is a common crime involving individual or group of individual who illegally obtain properties or financial benefit by mean of deception. This crime has caused siginificant losses to both private companies and especially goverment companies. Although a lot techniques and strategies have been developed and implemented to deal with this crime, it is perfectly clear that a new proactive technology-based strategy is still desperately needed.
In this paper, we tried to develop a new information system capable of detecting and preventing fraud in an inventory system, which in this case is a packaging industry. Several steps and strategies are implemented in this fraud detection system: a firm understanding of implemented unit or system, identification of all possible fraud, identification of sign of fraud (symptoms), listing of claim associated with the sign of fraud, and finally a development of a computer program capable of automatically detecting the fraud.
In the simulation of this system in the tested industry, several signs of frauds were detected: Planning to purchase very varely used materials, so that materials will be considered deadstock and sold at much lower price, Unlisting of valuable stock Iesulting from mistake in the listing of dcadstock, Incorrect stock material taking, due to inaccurate material archieves, Inappropriate incentive due to mistake in waste calculation. This system will be used periodically to detect and prevent fraud before it significant losses.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
T24298
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
"Ekstraksi informasi merupakan sebuah tahap awal dari proses analisis data tekstual. Ekstraksi informasi diperlukan untuk mendapatkan informasi dari data tekstual sehingga dapat digunakan untuk proses analisis seperti misalnya klasifikasi dan kategorisasi. Data tekstual
sangat dipengaruhi oleh bahasa, jika sebuah data tekstual berbahasa Arab maka karakter yang digunakan adalah karakter arab.
Knowledge dictionary merupakan sebuah kamus yang dapat digunakan untuk mengekstraksi informasi dari data tekstual. Informasi yang diekstraksi menggunakan knowledge dictionary adalah konsep.
Knowledge dictionary biasanya dibangun secara manual oleh seorang pakar yang tentunya membutuhkan waktu yang lama dan spesifik untuk
setiap masalah. Pada penelitian ini diusulkan sebuah metode untuk membangun knowledge dictionary secara otomatis. Pembentukan
knowledge dictionary dilakukan dengan cara mengelompokkan kalimat yang memiliki konsep yang sama, dengan asumsi kalimat yang memiliki konsep yang sama akan memiliki nilai simi laritas yang tinggi. Konsep yang telah diekstraksi dapat digunakan sebagai fitur untuk proses komputasi berikutnya misalnya klasifikasi ataupun kategorisasi.
Dataset yang digunakan dalam penelitian ini adalah dataset teks Arab. Hasil ekstraksi diuji dengan menggunakan mesin klasifikasi
decision tree dan didapatkan nilai presisi tertinggi 71,0% dan nilai recall tertinggi 75,0%.

Abstract
Information extraction is an early stage of a process of textual data analysis. Information extraction is required to get information from textual data that can be used for process analysis, such as classification and categorization. A textual data is strongly influenced by the language. Arabic is gaining a significant attention in
many studies because Arabic language is very different from others, and in contrast to other languages, tools and research on the Arabic language is still lacking. The information extracted using the knowledge
dictionary is a concept of expression. A knowledge dictionary is usually constructed manually by an expert and this would take a long time and is specific to a problem only. This paper proposed a method for automatically building a knowledge dictionary. Dictionary knowledge is formed by classifying sentences having the same concept, assuming that they will have a high similarity value. The concept that has been extracted can be used as features for subsequent computational process such as classification or categorization. Dataset used in this paper was the Arabic text dataset. Extraction result was tested by using a decision tree classification engine and the highest precision value obtained was 71.0% while the highest recall value was 75.0%. "
[Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Fakultas Teknologi Informasi], 2012
pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ishak
"Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menggambarkan kebutuhan informasi mahasiswa PPDS Angkatan 2004 FK-UI dalam memenuhi tugas journal reading. Identifikasi tersebut mengenai subjek yang dipilih, manfaat informasi, jenis koleksi, format informasi, sumber informasi dan layanan perpustakaan yang dibutuhkan. Penelitian ini bersifat deskriptif dan dilakukan terhadap 35 mahasiswa yang tersebar pada 24 program studi pendidikan dokter spesialis FK-UI dengan cara menyebarkan kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek yang dipilih dalam memenuhi tugas journal reading umumnya berhubungan dengan program studi responden. Jenis koleksi yang dibutuhkan adalah jurnal ilmiah. Buku, laporan penelitian, tesis/disertasi, dan abstrak juga dibutuhkan mahasiswa sebagai bahan pendukung. Penelitian ini juga dapat menggambarkan bahwa mahasiswa PPDS FK-UI angkatan 2004 cenderung menggunakan jurnal elektronik. Informasi yang diperoleh umumnya dimanfaatkan untuk mengetahui perkembangan ilmu pengetahuan atau sebagai fungsi aktualisasi informasi (current awareness), khususnya dibidang kedokteran.
Internet merupakan salah satu sumber informasi yang dimanfaatkan mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan informasi, khususnya untuk tugas journal reading. Untuk memenuhi kebutuhan informasi, mahasiswa PPDS memanfaatkan perpustakaan program studi dan perpustakaan FK-UI. Selain itu mereka juga memanfaatkan perpustakaan di luar FK UI, diantaranya perpustakaan Bristol Myers dan Eikman.
Layanan perpustakaan FK-UI yang paling diminati adalah layanan fotokopi dokumen dan layanan penelusuran informasi. Umumnya mahasiswa datang langsung ke perpustakaan FK-UI untuk mencari informasi yang dibutuhkannya. Fasilitas seperti e-mail, telepon dan faksimili tidak pernah digunakan sebagai sarana pencarian infomnasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kebutuhan informasi mahasiswa PPDS Angakatan 2004 dalam memenuhi tugas journal reading berbeda antara satu responden dengan responden lainnya, sehingga berpengaruh pada sumber informasi dan jenis koleksi yang dipilih. Fotokopi dokumen dan layanan penelusuran informasi di perpustakaan merupakan layanan penting bagi mahasiswa dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

The objective of this research is to identify and describe the information need of postgraduate medical students, group 2004, Faculty of Medicine, University of Indonesia, in supporting journal reading assignment This research tries to identify selected subject, information use, type of collections, information format, information resources, and the library service needed. This research was conducted to 35 students from 24 specialist education programs in medical by giving questionnaires.
The result of this research denotes that subject selected in supporting journal reading, generally, related to study program of respondents. To fulfill the assignment, respondents need scientific journal. Students also need the type of collection, such as book, research report, thesisldisertation, and abstract as supported reading. This research also describes that most students of the medical program use electronic journal. Generally, the information got from this research is used to know development of medical science, or as current awareness.
Internet is one of information resources used by the students to fulfill their information needs in supporting journal reading. To fulfill the information, medical students use both the library of Department and Faculty.
Beside that, they also use the library outside the Faculty, such as Bristol Myers Squibb Indonesia and Eijkmen Library.
The need interesting library services of the Medical Faculty are photocopying and information searching. In general, the students visit the library to get information that they need. In searching information, the students never use e-mail, telephone and facsimile. The conclusion in this research is that the information need of postgraduate medical students, group 2004 in supporting their journal reading assignment is different among respondents. So, it influences the choice of information resources and type of collection. The library services, such as photocopy and information searching are important for students in getting information that they need.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2005
T15350
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmi Rivalina
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pencarian informasi mahasiswa ketika menelusur di Internet. Acuan yang digunakan dalam penelitian adalah model pencarian informasi di lingkungan elektronik yang dikemukakan oleh Marchionini.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survai dengan pendekatan analisis kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik kuesioner, dengan pengolahan data secara deskriptif. Populasi penelitian adalah mahasiswa pascasarjana program magister angkatan 2001 yang sedang menyusun tesis dan menggunakan Internet sebagai sumber informasi. Responden terdiri dari 331 mahasiswa yang berasal dari 12 fakultas dan program pascasarjana.
Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini adalah: 1) hubungan antara frekuensi menelusur dengan pengetahuan mengenai cara menelusur, 2) perbedaan keberhasilan masing-masing tahap penelusuran berdasarkan frekuensi menelusur, dan 3) perbedaan keberhasilan masing-masing tahap penelusuran berdasarkan pengetahuan mengenai cara menelusur. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji statistik Chi-Square dan Kolmogorov-Smirnov. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa 1) tidak ada hubungan antara frekuensi menelusur dengan pengetahuan mengenai cara menelusur mahasiswa, 2) tidak ada perbedaan keberhasilan masing-masing tahap penelusuran berdasarkan frekuensi menelusur, dan 3) tidak ada perbedaan keberhasilan masing-masing tahap penelusuran berdasarkan pengetahuan mengenai cara menelusur mahasiswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa pola pencarian informasi mahasiswa yang diamati dalam penelitian ini tidak sesuai dengan model pencarian informasi Marchionini. Dalam melakukan pencarian informasi mahasiswa cenderung menggunakan teknik browsing dan berdasarkan karakteristiknya mahasiswa dapat dikelompokkan sebagai pengguna pemula.

Information Seeking Pattern at Internet for Postgraduate Master Program Students of 2001 at University of Indonesia Who Wrote ThesisThe objective of this research is to determine information seeking pattern of students while searching at Internet. This research was conducted based on information seeking model on electronic environment found by Marchionini.
The research was done by using survey method with quantitative analysis approach. The data were collected by using questionnaire technique and analyzed by using the descriptive analysis. The population was postgraduate master program students of 2001 who were writing thesis and using Internet as a source information. The respondents of this research were 331 students came from 12 faculties and postgraduate programs.
Hypothesis tested were: 1) relationship between searching frequency and searching knowledge, 2) difference the achievement of each step of information seeking based on searching frequency, and 3) difference the achievement of each step of information seeking based on searching knowledge. It was tested using Chi-Square test and Kolmogorov-Smirnov test. The results of hypothesis testing indicate that: 1) there is no significant relationship between searching frequency and searching knowledge, 2) there is no significant difference the achievement of each step of information seeking based on searching frequency, 3) there is no significant difference the achievement of each step of information seeking based on searching knowledge. The result of analysis showed that the information seeking for observed students were not matched with Marchionini model. In the information seeking, students tend to apply browsing technique and based on their characteristics they are regarded as novice users.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2004
T11220
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Wirastri
"Penelitian ini bertujuan menelaah penerapan sistem informasi manajemen yang efektif dalam menunjang peningkatan pelayanan konsumen di Perusahaan Daerah Air Minum Kotamadya Bandung. Kajiannya diorientasikan untuk memperoleh temuan dari sistem informasi manajemen yang saat ini diterapkan dalam mekanisme pelayanan konsumen, sehingga dapat dikemukakan pemikiran konseptual untuk mewujudkan sistem informasi manajemen yang lebih efektif dalam menunjang peningkatan pelayanan konsumen.
Penelitian dilakukan atas dasar survei deskriptif analitis, yakni untuk mengidentifikasi kondisi sebenarnya, sehingga dapat menggambarkan faktual mengenai tingkat efektivitas sistem informasi manajemen yang ada dalam upaya meningkatkan pelayanan konsumen di PDAM Kotamadya Bandung.
Sistem Informasi Manajemen sebagai independent variable, secara operasional diukur dari indikator: komponen fisik; fungsi pengolahan data; fungsi keluaran informasi bagi pemakai; jaringan kerja informasi; pemenuhan kebutuhan informasi pada fungsi operasional, kegiatan manajemen, dan jenis pengambilan keputusan; serta struktur sistem informasi berdasarkan fungsi organisasi dan pengendalian manajemen. Sedang pelayanan konsumen sebagai dependent variable, diukur dari penilaian atas kualitas pelayanan, menurut dimensi: tangible; reliability; responsiveness; assurance; dan empathy.
Penentuan sampel berpedoman pada Nomogram Harry King, dengan tingkat kepercayaan 90% besarnya sampel adalah 7,5% dari populasi, sehingga sampel Pegawai: 7,5% x 925= 69 responden. Sedangkan sampel konsumen diambil secara area sampling dan setiap wilayah diambil 30 sehingga besarnya sampel konsumen 120 responden. Jawaban responden dibuat tabulasi distribusi frekuensi guna mencari nilai persentase untuk diinterpretasikan secara kualitatif.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan tingkat efektivitas sistem informasi manajemen dalam mendukung peningkatan pelayanan konsumen di PDAM Kotamadya Bandung, secara umum ternyata masih termasuk dalam klasifikasi kurang baik. Sehingga perlu pembenahan disain berbagai subsistem fungsional untuk mewujudkan efektivitas jaringan informasi guna memperlancar setiap tahap dan bagian kegiatan dalam proses pelayanan konsumen. Hal tersebut dibuktikan pula dengan penilaian konsumen terhadap kualitas pelayanan PDAM Kotamadya Bandung yang secara umum masih dinilai termasuk dalam klasifikasi kurang baik."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1998
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yans Sukma Pratama
"Dokumen legal Indonesia memiliki karakteristik yang membedakannya dengan dokumen umum. Karakteristik tersebut ada yang kasat mata seperti struktur penulisan dan ada pula yang tidak kasat mata seperti frekuensi kata dan sebaran kata dalam dokumen. Adanya karakteristik tersebut membuat perolehan informasi pada dokumen legal berbeda dengan dokumen teks biasa, misalnya isu pemanfaatan struktur dokumen legal sebagai unit perolehan informasi dan penggunaan stopwords khusus dokumen legal. Dalam penelitian tugas akhir ini, dikembangkan sistem perolehan informasi untuk dokumen legal Indonesia. Sistem yang dikembangkan mencakup tiga komponen utama dalam perolehan informasi, yakni pengindeksan, pencarian, dan pemeringkatan hasil. Pengindeksan dilakukan dengan menggunakan dua buah pendekatan: pengindeksan elemen terbesar dan pengindeksan elemen yang dianggap berharga sebagai unit perolehan informasi, yaitu elemen bab dan elemen pasal. Pendekatan ini diambil dengan tujuan memanfaatkan struktur penulisan pada dokumen legal. Untuk itu, dalam penelitian ini digunakan koleksi dokumen legal yang sudah ditandai dengan tag XML. Isu penggunaan stopwords khusus dokumen legal tidak ditangani dalam penelitian ini, mengingat kata-kata yang umum muncul dalam dokumen legal direpresentasikan dengan tag-tag XML. Sejumlah ujicoba dilakukan untuk mengevaluasi sejauh mana kinerja setiap jenis pendekatan. Data yang digunakan sebagai ujicoba adalah undang-undang Republik Indonesia yang diundangkan mulai tahun 1983 hingga 2009. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa elemen terbesar, yakni elemen undang-undang merupakan unit perolehan informasi terbaik dibanding elemen bab dan elemen pasal. Sementara itu, elemen pasal merupakan elemen yang memiliki dokumen relevan terbanyak dalam hasil pencarian.

Indonesian legal documents have some characteristics that differs it from general documents. The characteristics can be classified into two types: characteristic that can be seen clearly and characteristic that can be detected only by using statistical linguistic methods. The structural writing of legal document is a subset of the first type characteristic while words frequency and words distribution among collection can be included into the second type. Existence of those characteristics made information retrieval in legal document has differences compare to retrieval in general text collection, such as using document structure as a retrieval unit and using special stopwords for legal document. In this undergraduate thesis, we developed information retrieval system for Indonesian legal document. The system employed three information retrieval main components: indexing, searching, and ranking. We used two approaches in indexing step: made biggest element and valuable element (chapter and article) as an indexing unit. The approaches taken have a purpose to exploit the structural writing of legal document. We used legal document which has been tagged with XML syntax to make it easier to afford the purpose. The issue of using special stopwords for document legal were omitted in this research because it has been replaced by XML syntax. Finally, we conducted some experiments to evaluate performance of each indexing types. We used Indonesian law documents which released from 1983 until 2009 as experiments data. We conclude that the biggest element is the best indexing unit among others. Beside that, we found that article element is the most frequent element which occur in search result lists."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2009
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Maudiah Dwi Oktari
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai analisis pelaksanaan Sistem Informasi
Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) dilihat dari aspek input, proses, dan output
di Biro Kepegawaian Kementerian Agama RI. Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif dengan desain deskriptif, dimana peneliti mencoba menggambarkan
fenomena atau gejala yang dalam hal ini adalah analisis pelaksanaan Sistem
Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) dilihat dari aspek input, proses,
dan output di Biro Kepegawaian Kementerian Agama RI. Hasil penelitian
menyebutkan pelaksanaan SIMPEG Biro Kepegawaian Kementerian Agama RI
belum sepenuhnya terlaksana dengan baik karena dari delapan indikator hanya
empat indikator yang dikategorikan baik. Empat indikator yang sudah
dikategorikan baik adalah indikator kualitas SDM, anggaran pelaksanaan
SIMPEG, SOP/pedoman, dan evaluasi/monitoring dan empat indikator lainnya
yang dikategorikan belum baik adalah indikator fasilitas pendukung, data
dasar/awal, pemeliharaan data, dan laporan akhir data SIMPEG.

ABSTRACT
This thesis about analysis of Implementation of Personnel Management
Information System (SIMPEG) viewed from the aspects of input, process, and
output at Bureau of Personnel Department of Religious. This is qualitative
research with descriptive design. Reseacher tried to describe phenomenon and fact
about analysis of Implementation of Personnel Management Information System
(SIMPEG) viewed from the aspects of input, process, and output at Bureau of
Personnel Department of Religious. The result is analysis of Implementation of
Personnel Management Information System (SIMPEG) viewed from the aspects
of input, process, and output at Bureau of Personnel Department of Religious have
not optimally yet because of from the eight indicators, four are categorized
as good, and the others are categorized as not good. Four Indicators categorized as
good are human resource quality, budget to implementation, Standard Operating
Procedure/SOP, evaluation/monitoring and four other indicators categorized as
not good are support facilities, database, data maintenance, and data SIMPEG
final report."
Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2011
S1188
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Yeni Nuraeni
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 1998
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>