Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 120086 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tubagus Rifqi Hanif
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh business viability, trust, project attachment, liking, financial return, dan age terhadap intensi investor untuk memindahkan dana investasi dari deposito, saham, maupun obligasi pada equity crowdfunding oleh investor di Indonesia. Penelitian ini berfokus pada faktor-faktor tersebut yang masih sedikit diteliti dalam konteks negara berkembang seperti Indonesia. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode survei, responden sebanyak 114 investor equity crowdfunding di Indonesia berhasil dikumpulkan. Pengolahan data menggunakan regresi linear berganda menunjukkan bahwa trust secara signifikan memiliki pengaruh positif terhadap intensi investor untuk memindahkan dana investasi dari deposito, saham, maupun obligasi pada equity crowdfunding. Sedangkan financial return secara signifikan memiliki pengaruh positif terhadap intensi investor untuk memindahkan dana investasi dari deposito pada equity crowdfunding.

This study aims to identify the effect of business viability, trust, project attachment, liking, financial return, and age on investors' intentions to transfer investment funds from deposits, stocks, and bonds to equity crowdfunding of investors in Indonesia. This study focuses on these factors which few have studied in the context of developing countries such as Indonesia. Data collection was carried out using a survey method, the responses of 114 equity crowdfunding investors in Indonesia were collected. Data processed using multiple linear regression shows that trust has a significant positive effect on investors' intentions to move investment funds from deposits, stocks, and bonds to equity crowdfunding. Meanwhile, financial return has a significant positive effect on investors' intentions to move investment funds from deposits to equity crowdfunding."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irma Saufi Haz
"Artikel ini membahas mengenai pemanfaatan media sosial sebagai saluran iklan bagi crowdfunding platform Kitabisa.com untuk menjangkau khalayak sasarannya yang disebut sebagai Orang Baik. Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang didukung dengan maraknya penggunaan internet menjembatani lahirnya penggalangan dana berbasis online ini. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, artikel ini mencoba untuk menjelaskan beberapa contoh iklan dari masing-masing media sosial yang digunakan. Instagram, Facebook, Twitter, dan Youtube merupakan media sosial yang dipilih untuk menyampaikan pesan iklan kepada khalayaknya. Penggunaan masing-masing media sosial diperlakukan dengan cara berbeda dan menyesuaikan dengan fitur yang ada di dalamnya. Mengadaptasi dan  memanfaatkan emotional appeal, menekankan pada emosi, baik kata-kata dan gambar yang dipilih, Kitabisa.com berhasil menarik perhatian para khalayak sasarannya untuk berdonasi melalui platform miliknya. Penggunaan emotional appeal ini bertujuan agar para sasarannya dapat merasakan kondisi seseorang yang sedang membutuhkan bantuan tersebut. Pada akhirnya, hal tersebut dapat memotivasi mereka untuk melakukan penggalangan dana melalui Kitabisa.com.
This article discusses about the use of social media as an advertising channel for the crowdfunding platform of Kitabisa.com to reach its target audience called Orang Baik. The development of communication and information technology that is supported by the rise of internet usage is bridging the birth of-based online fundraising. By using descriptive qualitative methods, this article tries to explain some examples of advertisements from each of the social media used. Instagram, Facebook, Twitter and Youtube are social media chosen to deliver advertising messages to their audience. The use of each social media is treated differently and in accordance with the features in it. Adapting and utilizing emotional appeal, emphasizing emotions, both the words and images chosen, Kitabisa.com managed to attract the attention of its target audience to donate through its platform . The use of emotional appeal is intended so that the target can feel the condition of someone who is in need of such assistance. In the end, it can motivate them to do fundraising through Kitabisa.com.

"
2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Vito Lay
"Kinerja residential estate di Indonesia sangat terdampak oleh pandemi Covid-19 selama 2 tahun terkahir ini. Walaupun demikian pembagunan residential estate di Indonesia terus berjalan dengan pesat. Menurut Bank Indonesia Penerapan teknologi informasi di keuangan atau yang biasa dikenal dengan financial technology sangat membantu gaya hidup sosial yang dulu manual dan membutuhkan waktu lama dalam bentransaksi menjadi otomatis dan tidak membutuhkan waktu yang lama lagi, salah satu produk dari fintech ini adalah crowdfunding. Crowdfunding pada residential estate memungkinkan investor untuk terlibat dalam industri tersebut. Crowdfunding pada residential estate mungkin dapat merevolusi industri properti yang lagi mengalami dampak negatif dari pandemi Covid-19 serta yang konservatif dan tidak likuid dengan standar yang tinggi untuk terjun kedalam bisnis tersebut dikarenakan modal yang diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor apa saja yang mempengaruhi masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam implementasi skema equtiy crowdfunding sebagai alternatif pembiayaan pada residential estate. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa faktor prioritas dalam penentuan proyek residential estate pada equity crowdfunding berurutan dari yang prioritas adalah legalitas platform, ekspektasi keuntungan yang ditawarkan, jumlah keberhasilan investasi pada platform, informasi proyek, dan strategi rencana investasi.

The performance of residential estates in Indonesia has been greatly affected by the Covid-19 pandemic for the past 2 years. However, residential estate development in Indonesia continues to progress rapidly. According to Bank Indonesia, the application of information technology in finance or commonly known as financial technology really helps social lifestyles that used to be manual and require a long time in transactions to become automatic and don't take long. One of the products from this fintech is crowdfunding. Crowdfunding on residential estate allows investors to get involved in the industry. Crowdfunding in residential estate may be able to revolutionize the property industry, which is experiencing a negative impact from the Covid-19 pandemic as well as conservative and illiquid ones with high standards to enter the business due to the capital required. This study aims to examine what factors influence the community to participate in the implementation of the equity crowdfunding scheme as an alternative financing for residential estate. From the research results, it is found that the priority factors in determining residential estate projects in equity crowdfunding sequentially from priority are the legality of the platform, the expected benefits offered, the number of successful investments on the platform, project information, and investment plan strategies."
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Akbar Imanulrachman
"ABSTRAK
Agrikultur memiliki peran penting dalam mendukung perekonomian Indonesia. Keterbatasan akses untuk mendapatkan pinjaman modal melalui perbankan dan koperasi bukan lagi menjadi kendala untuk berkembang karena saat ini banyak perusahaan rintisan berbasis crowdfunding yang memberikan peluang untuk pembiayaan proyek agrikultur. Meski demikian, tidak semua crowdfunding platform dapat menggalang dana sejumlah yang diajukan oleh peminjam secara penuh dan sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keinginan investor untuk menanamkan modal atau berinvestasi pada sektor melalui crowdfunding platform yang relevan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan PLS-SEM dengan alat bantu SmartPLS 3.2.7 untuk melakukan analisis data terhadap 201 responden. Penelitian ini menggunakan theory of planned behavior sebagai dasar penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan attitude atau sikap merupakan faktor paling signifikan yang mempengaruhi keinginan investor untuk berinvestasi, di samping subjective norms. Attitude dipengaruhi oleh faktor perceived accreditation, perceived ease of use, dan perceived benefit, dan perceived behavior control. Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi attitude suatu individu terhadap crowdfunding platform, maka semakin meningkat keinginannya untuk berinvestasi di platform tersebut.

ABSTRACT
Agriculture has an important role in supporting Indonesia's growth. Limited access to loans through banking and cooperatives institutions is no longer an obstacle to the agricultural sector for development because currently there are many crowdfunding-based pilot companies that provide opportunities for financing agricultural projects. However, not all crowdfunding platforms can raise funds provided by the borrower and are met with the given deadline. This study studies what factors influence the desire of investors to invest or invest in the agricultural sector through relevant crowdfunding platforms in Indonesia. This study uses PLS-SEM with a SmartPLS 3.2.7 tool to conduct a data analysis of 201 respondents. This study uses the theory of planned behavior as the basis of research. The results of this study indicate that attitudes are the most significant factors that influence the desire of investors to invest, in addition to subjective norms. Attitudes are influenced by several factors which are perceived accreditation, perceived ease of use, and perceived benefits, and perceived behavioral control. Based on the research, it can be concluded that the higher the individual's attitude towards crowdfunding platforms, their intention to invest in the platform will increases.
"
2019
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Taqiuddin Majid
"Skripsi ini membahas mengenai skema equity crowdfunding dapat menjadi alternatif pembiayaan UMKM yang telah dilegalkan oleh OJK sejak tahun 2018. Perkembangan equity crowdfunding sangat signifikan pada tahun 2020 hingga 2021, dengan persentase peningkatan investor sebesar 319,56%. Dengan adanya trust issue, penelitian ini bertujuan untuk menentukan determinan atau faktor yang menentukan minat investasi pada platform equity crowdfunding di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan metode SEM-PLS menggunakan SmartPLS. Secara keseluruhan, variabel network externalities, perceived informativeness, perceived accreditation, structural assurance, third-party seal, dan social interactian ties mempengaruhi willingness to invest pada equity crowdfunding. Dengan dimediasi oleh platform trust, variabel network externalities, perceived informativeness, perceived accreditation, structural assurance, third-party seal, dan social interaction ties mempengaruhi minat investasi pada platform equity crowdfunding. Dengan dimediasi oleh fundraiser trust, variabel perceived informativeness, third-party seal, dan social interactian ties mempengaruhi minat investasi pada platform equity crowdfunding. 

This thesis discusses the scheme regarding equity crowdfunding which can be an alternative for MSME financing which has been legalized by the OJK since 2018. The development of equity crowdfunding is very significant from 2020 to 2021, with an increase in the proportion of investors of 319.56%. Given the existence of a trust issue, this study aims to determine the determinants or factors that determine interest in investing in equity crowdfunding platforms in Indonesia. This research was conducted using the SEM-PLS method using SmartPLS. Overall, variable network externalities, perceived informativeness, perceived accreditation, structural guarantees, third-party seals, and bonds of social interaction influence willingness to invest in equity crowdfunding. By being mediated by platform trust, variable network externalities, perceived informativeness, perceived accreditation, structural assurance, third-party seals, and social interaction ties influence investment interest in equity crowdfunding platforms. Mediated by fundraiser trusts, perceived informativeness, third-party seal, and social interaction ties variables influence investment interest in equity crowdfunding platforms."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ria Octaviani
"ABSTRAK
Mobilisasi pengumpulan dana sebagai wujud perilaku prososial, yang dilakukan melalui media sosial dan platform crowdfunding online semakin marak ditengah masyarakat yang semakin rasional khususnya di perkotaan. Hal ini menarik karena di sisi lain solidaritas sosial dalam urbanized society justru merenggang. Berbagai penelitian mengenai perilaku prososial dilatari pada perspektif psikologi sosial yang berfokus pada faktor internal individu seperti motivasi, altruisme dan empati. Studi sebelumnya tidak menggunakan konteks media sosial dan platform crowdfunding online. Berbeda dengan penelitian terdahulu, studi ini menekankan bagaimana peran teknologi di dalam perilaku prososial khususnya masyarakat perkotaan yang akrab dengan teknologi. Studi ini dilakukan pada 85 responden di Jakarta. Sampel penelitian dijaring secara snowball. Temuan dalam studi ini bahwa ternyata masyarakat urban kurang memiliki kecenderungan berperilaku prososial dalam menyumbang melalui media sosial dan platform crowdfunding online meski pemanfaatan teknologi digital menjadi keseharian mereka.

ABSTRACT
Mobilization of fundraising as a form of prosocial behavior, conducted through social media and crowdfunding online platform increasingly rampant amid increasingly rational society, especially in urban areas. This is interesting because on the other hand social solidarity in urbanized society is stretched. Various studies on prosocial behavior are based on a social psychology perspective focusing on individual internal factors such as motivation, altruism and emphathy. Previous studies did not use the context of social media and crowdfunding online platform. Unlike previous research, this study emphasizes how the role of technology in prosocial behavior, especially urban communities are familiar with technology. This study was conducted on 85 respondents in Jakarta. The study sample was collected by snowball. The findings in this study show that urban communities lack the tendency of prosocial behavior to donate through social media and crowdfunding online platforms despite the utilization of digital technology into their daily lives."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 20187
T50194
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Liao Baoru
"Sejak tahun 1960-an pasar Private Equity telah berkembang pesat di seluruh dunia. Baru-baru ini
bertahun-tahun, dengan lebih banyak perhatian yang ditarik ke China, PE Internasional juga telah menemukan jalannya ke pasar China. Sementara itu, dana ekuitas swasta lokal juga berkembang pesat, yang mendorong peningkatan investasi PE. PE memiliki pengaruh yang besar dalam mendorong peningkatan struktur industri, mengembangkan pasar modal multi-level, mengoptimalkan struktur manajemen perusahaan dan meningkatkan pengembangan usaha kecil dan menengah bersama dengan teknologi baru dan tinggi.
Tujuan dari penelitian ini adalah meringkas karakteristik PE China dan membandingkannya dengan PE internasional, dengan menggunakan alat analisis berupa studi kasus dan analisis sampel pada GEM Bursa Efek Shenzhen (Growth Enterprise Market).
Artikel ini pertama kali dimulai dengan pengantar singkat tentang PE. Kemudian sejarah pasar PE internasional dan domestik masing-masing disebutkan. Setelah itu melalui studi kasus PE dalam negeri didapatkan lima karakteristik yaitu pengelolaan dana, investor dana, fitur investasi, pengelolaan setelah investasi dan penarikan dana, serta perbandingan awal internasional. Berikut ini, melalui analisis sampel 195 kasus investasi yang dipilih secara acak dari 86 emiten yang terdaftar di GEM Bursa Efek Shenzhen dan melibatkan Private Equity Investment, dilakukan investigasi berdasarkan kategori berdasarkan data terkait. Selain itu, diperoleh beberapa kesimpulan lain dari perbandingan internasional. Akhirnya, saran-saran konstruktif dan inovatif untuk pengembangan PE diberikan berdasarkan kesimpulan studi kasus dan analisis sampel.

Since 1960s Private Equity market has been developing rapidly all over the world. In recent
years, with more attention being drawn to China, International PE has also found its way to China’s market. In the meantime, local private equity fund has been flourishing as well, which brought an upsurge of PE’s investment. PE has great effect on promoting upgrade of the industrial structure, cultivating multi-level capital market, optimizing the company management structure and enhancing development of small and medium enterprises along with new- and-high technologies.
The purpose of this research is to summarize the characteristics of Chinese PE and make comparison with international PE, using analysis tools such as case study and sample analysis on the Shenzhen Stock Exchange GEM (Growth Enterprise Market).
This article firstly began with a brief introduction regarding to PE. Then history of international and domestic PE markets was respectively mentioned. Afterwards through the case study on domestic PE, five characteristics – fund management, fund investor, investment feature, management after investment and fund withdraw – were elicited, along with the initial international comparison. In the followings, through sample analysis of 195 investment cases random selected from 86 listed companies which are listed in the Shenzhen Stock Exchange GEM and involve the Private Equity Investment, investigation was conducted by categories based on the related data. In addition, some other conclusions of international comparison were obtained. At last, constructive and innovative suggestions of development of PE were given based on the conclusions of case study and sample analysis.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eric Septian Wicaksono
"Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi Return on Investment (ROI) pada UKM di Indonesia yang menggunakan equity crowdfunding sebagai metode pendanaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tujuan mendeskripsikan hubungan antara variabel-variabel yang diteliti, yaitu hubungan antara equity crowdfunding dan kinerja keuangan UKM di Indonesia. Populasi dalam penelitian ini mencakup semua UKM di Indonesia yang telah melakukan equity crowdfunding hingga tahun 2023. Sampel sebanyak 31 UKM dipilih untuk penelitian ini. Teknik analisis data melibatkan pengujian model penelitian untuk memastikan penerimaan dan menghasilkan temuan yang valid serta dapat diandalkan. Proses pengujian ini meliputi beberapa langkah penting, yaitu uji asumsi klasik, uji F, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa durasi kampanye dalam equity crowdfunding memiliki hubungan yang signifikan dengan Return on Investment (ROI) yang diperoleh oleh UKM. Variabel 'Skor Durasi Kampanye' menunjukkan hubungan yang signifikan secara statistik, mendukung hipotesis bahwa semakin lama durasi kampanye, semakin tinggi ROI yang dapat dicapai. Ini menunjukkan bahwa kampanye yang lebih lama memberikan waktu lebih banyak bagi investor untuk melakukan penelitian dan membuat keputusan investasi yang lebih baik, yang pada akhirnya meningkatkan tingkat kepercayaan dan potensi ROI. Jumlah dana yang terkumpul selama kampanye equity crowdfunding tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan ROI yang diperoleh oleh UKM. Variabel 'Log Dana Terhimpun' tidak menunjukkan signifikansi statistik, menantang asumsi bahwa jumlah dana yang terkumpul merupakan faktor kunci dalam menentukan ROI. Ini menunjukkan bahwa faktor lain seperti penggunaan dana yang efisien, strategi bisnis pasca-pendanaan, dan kondisi pasar mungkin memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap kesuksesan keuangan UKM setelah crowdfunding. Sektor industri di mana UKM beroperasi memiliki dampak signifikan terhadap ROI. Variabel 'Skor Industri' menunjukkan dampak negatif yang signifikan terhadap ROI, terutama untuk UKM di sektor Restoran/Makanan & Minuman dibandingkan dengan sektor lainnya. Hal ini menekankan pentingnya konteks industri dalam menentukan kinerja keuangan setelah memperoleh pendanaan melalui equity crowdfunding. Sektor Restoran/Makanan & Minuman mungkin menghadapi tantangan tambahan seperti persaingan yang ketat, margin keuntungan yang lebih rendah, dan fluktuasi permintaan konsumen, yang dapat mengurangi potensi ROI.

This research aims to investigate the factors influencing Return on Investment (ROI) in SMEs in Indonesia utilizing equity crowdfunding as a funding method. This research employs a quantitative approach with the aim of describing the relationship between the variables under examination, namely the relationship between equity crowdfunding and the financial performance of SMEs in Indonesia. The population in this study includes all SMEs in Indonesia that have engaged in equity crowdfunding up to the year 2023. A sample of 31 SMEs was selected for the study. Data analysis techniques involved testing the research model to ensure its acceptance and produce valid and reliable findings. This testing process included several essential steps, namely classic assumption tests, F-tests, and t-tests. The results of the study indicate that the campaign duration in equity crowdfunding has a significant relationship with the Return on Investment (ROI) obtained by SMEs. The variable 'Campaign Duration Score' shows a statistically significant relationship, supporting the hypothesis that the longer the campaign duration, the higher the ROI that can be achieved. This suggests that longer campaigns provide investors with more time to research and make better investment decisions, ultimately increasing trust levels and potential ROI. The amount of funds raised during the equity crowdfunding campaign does not have a significant relationship with the ROI obtained by SMEs. The variable 'Log Raised Funds' does not show statistical significance, challenging the assumption that the amount of funds raised is a key factor in determining ROI. This indicates that other factors such as efficient fund usage, post-funding business strategies, and market conditions may have a greater influence on SMEs' financial success post-crowdfunding. The industry sector in which SMEs operate has a significant impact on ROI. The variable 'Industry Score' shows a significant negative impact on ROI, especially for SMEs in the Restaurant/Food & Beverage sector compared to other sectors. This emphasizes the importance of industry context in determining financial performance after obtaining funding through equity crowdfunding. The Restaurant/Food & Beverage sector may face additional challenges such as intense competition, lower profit margins, and consumer demand fluctuations, which can reduce ROI potential."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Equity crowdfunding dapat menjadi salah satu alternatif untuk memenuhi kebutuhan pendanaan UKM. Equity crowdfunding memberikan kesempatan kepada investor untuk secara berkala menerima dividen dari keuntungan bisnis. Equity crowdfunding juga memiliki risiko tersendiri. Proyek dapat menyebabkan kerugian total dana investasi dan likuiditas pasar sekunder yang rendah. Investor mendapatkan informasi yang terbatas dari emiten melalui platform yang menyebabkan asimetri informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, pencegah, kepercayaan dan risiko terhadap keputusan masyarakat Indonesia untuk berinvestasi pada equity crowdfunding. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengumpulkan 154 kuesioner kepada responden yang memiliki akun di platform equity crowdfunding yang diizinkan OJK. Sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan metode convenience sampling karena keterbatasan sumber daya. Analisis dilakukan dengan menggunakan model penelitian terdahulu. Penelitian ini menggunakan analisis partial least squares (PLS)-SEM. Analisis menggunakan program SmartPLS dalam mengukur data dan struktur model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan pencegah berpengaruh terhadap kepercayaan dan kepercayaan mempengaruhi masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi dalam proyek equity crowdfunding. Risiko yang dirasakan tidak terbukti secara negatif mempengaruhi masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi dalam equity crowdfunding.

Equity crowdfunding can be an alternative to meet the funding needs of SMEs. Equity crowdfunding provide an opportunity for investor to periodically receive dividend from business profits. Equity crowdfunding also has its own risk. Project may cause total loss of investment fund and secondary market liquidity is low. Investor get limited information from the issuer through platform which cause asymmetry information. This study aims to determine the effect of motivation, deterrents, trust and risk on Indonesian people's decisions to invest in equity crowdfunding. This study uses a quantitative method to collect 154 questionnaires to respondents who have account in an equity crowdfunding platform that is licensed by the OJK. The sample taken in this study used the convenience sampling method due to limited resources. The analysis was carried out using existing research model. The research uses partial least squares (PLS)-SEM analysis. The analysis uses the SmartPLS program in measuring data and model structures. The results showed that motivation and deterrents had an effect on trust and trust influence Indonesian people to participate in equity crowdfunding project. The perceived risk is not proven to negatively influence the Indonesian people to participate in equity crowdfunding."
[Jakarta, Jakarta, Jakarta, Jakarta, Jakarta]: [Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia], 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Purna Lala Alfaradhea
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perceived sacrifice, perceived risk, perceived benefit, dan perceived quality terhadap perceived purchased equity dan intention pembelian group order dalam studi kasus kolektor merchandise K-pop. Desain penelitian ini adalah konslusif deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan survei dengan menyebarkan kuesioner secara online menggunakan Google Form melalui sosial media. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan 399 responden yang memenuhi kualifikasi, yaitu kolektor merchandise K-pop yang berusia 15 hingga 29 dari seluruh Indonesia dengan ketentuan pernah melakukan pembelian melalui group order. Data dianalisis menggunakan Covariance based Structural Equation Modeling (CB-SEM) dengan LISREL 8.80. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel perceived sacrifice, perceived benefit, perceived quality berpengaruh signifikan terhadap perceived purchased equity. Sementara itu, variabel perceived risk tidak berpengaruh signifikan terhadap perceived purchased equity. Kemudian, variabel perceived purchased equity berpengaruh signifikan terhadap group order intention.

The purpose of this research is to analyze the effect of perceived sacrifice, perceived risk, perceived benefit, and perceived quality on perceived purchased equity and group order purchase intention on study of K-pop merchandise collectors. The research design is descriptive conclusive. The data were collected though questionnaires using Google Forms and distributed via social media. The sampling method used was purposive sampling with 399 qualified respondents, that are K-pop merchandise collectors aged 15 to 29 from all over Indonesia with the provision that they had made a purchase through a group order. Data were analyzed using Covariance based Structural Equation Modeling (CB-SEM) with LISREL 8.80. The results showed that the variables perceived sacrifice, perceived benefit, perceived quality have significant effect on perceived purchased equity. Meanwhile, perceived risk has no significant effect on perceived purchased equity. Then, the variable perceived purchased equity has a significant effect on group order intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>