Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 56610 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Felicia
"Squid Game (2021) merupakan drama karya Hwang Dong Hyuk, menggambarkan orang-orang yang berjuang untuk memenangkan permainan-permainan dan rela mati demi mendapatkan hadiah uang yang besar jika menang. Drama ini juga memperlihatkan realita masyarakat Korea kontemporer dan secara implisit menunjukkan adanya sistem meritokrasi. Sistem ini menghadirkan kesempatan yang sama terhadap masing-masing individu dalam masyarakat untuk menggapai suatu posisi berdasarkan bakat atau prestasi. Pendekatan deskriptif dan kualitatif merupakan metode penelitian yang digunakan dalam menganalisis meritokrasi dalam drama Squid Game. Melalui teori semiotik Roland Barthes, penulis menemukan bahwa meritokrasi dalam drama Squid Game terjadi pada latar belakang, kostum, peran, dan permainan. Denotasi yang ditunjukkan pada para tokoh pada adegan drama Squid Game, memperlihatkan adanya gerak tubuh, katakata, dan tindakan kepercayaan pada meritokrasi. Sedangkan secara konotasi, terdapat sistem yang tergambarkan dalam drama Squid Game yang menunjukkan meritokrasi. Terakhir, di bagian mitos, terdapat wacana yang merupakan narasi tentang neoliberalisme dan dampak kapitalisme global.

Squid Game (2021) is a drama by Hwang Dong Hyuk, depicting people who struggle to win games and are willing to die in order to get a big prize money if they win. This drama also shows the reality of contemporary Korean society and implicitly shows the existence of a meritocracy system, a social system that gives someone the opportunity to lead not because of wealth or social class but based on talent or achievement. This system provides equal opportunity to all individuals in society to occupy a position. A qualitative descriptive approach is a research method used in analyzing meritocracy in this drama Squid Game. Through Roland Barthes' semiotic theory, the writer finds that meritocracy in Squid Game takes place in the background, costumes, roles, and games. The denotation shown to the characters in the Squid Game drama scene shows the gestures, words, and actions of belief in meritocracy. Meanwhile, connotatively, there is a system depicted in the drama Squid Game which shows meritocracy. Finally, in the myth section, there is discourse which is a narrative about neoliberalism and the impact of global capitalism."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Binar Candra Auni
"Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang membahas strategi penerjemahan Gottlieb (1992) dan tingkat graduation (Martin & White, 2005) pada drama Squid Game. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis strategi yang digunakan oleh penerjemah dalam menerjemahkan ungkapan tabu dari bahasa Korea ke dalam bahasa Indonesia serta menganalisis tingkat graduation ungkapan tabu dalam terjemahan. Penelitian ini menggunakan teori strategi penerjemahan takarir dari Gottlieb (1992) dan teori tentang graduation (Martin & White, 2005) dalam teori appraisal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ungkapan tabu paling banyak diterjemahkan dengan strategi parafrasa (73,20%), lalu disusul oleh transfer (17,53%), penghapusan (8,25%), dan angkat tangan (1,03%). Hasil analisis terhadap tingkat graduation menunjukkan bahwa penerapan strategi penerjemahan mengakibatkan kenaikan, penurunan, dan persamaan tingkat graduation pada ungkapan tabu. Kenaikan graduation terjadi pada 8 ungkapan tabu (14,29%) yang diterjemahkan dengan strategi parafrasa. Persamaan tingkat graduation terjadi pada 3 ungkapan tabu (7,14%) yang diterjemahkan dengan strategi transfer. Sementara itu, penurunan tingkat graduation terjadi pada 86 ungkapan tabu (78,57%) yang diterjemahkan dengan parafrasa, transfer, penghapusan, dan angkat tangan.

This qualitative research examines Gottlieb's (1992) translation strategies and graduation rates (Martin & White, 2005) in the translation of taboo expressions in the subtitle of the drama Squid Game. This study aims to analyze the strategies used by translators in translating taboo expressions from Korean into Indonesian and to analyze the graduation rates of the taboo expressions found in the translated text. This study uses Gottlieb's (1992) theory of subtitle translation strategies and the theory of graduation (Martin & White, 2005) in appraisal theory. The result shows that most taboo expressions are translated using the paraphrasing strategy (73.20%), followed by transfer (17.53%), deletion (8.25%), and resignation (1.03%) strategies. The result of the analysis of the graduation rate reveals that there are raised, lowered, and neutral graduation levels due to the implementation of translation strategies. There are 8 taboo expressions (14.29%) with rising graduation rates translated using the paraphrasing strategy and 3 taboo expressions (7.14%) with maintained graduation rates translated using the transfer strategy. Also, it was found that there are 86 taboo expressions (78.57%) with lower graduation rates translated by paraphrasing, transferring, deleting, and resignation strategies."
2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rifky Ferdiansyah
"ABSTRAK
Cumi-cumi merupakan salah satu sumberdaya ikan yang bernilai ekonomis.
Kapal penangkap cumi (kapal lampu) dengan alat tangkap jaring yang digunakan oleh
beberapa nelayan skala kecil di kabupaten Cirebon membutuhkan stabilitas kapal yang
baik. Selain stabilitas yang baik, kapal tersebut juga membutuhkan nilai hambatan yang
rendah agar dapat menghemat konsumsi BBM yang harganya terus naik. Untuk
mendapatkan kedua hal diatas, muncul ide untuk menggunakan portable cadik yang
mampu memberikan stabilitas yang baik dan hambatan yang yang kecil karena dapat
dipasang atau dilepaskan sesuai dengan kebutuhan. Dari penelitian ini terlihat bahwa
terdapat selisih nilai koefisien total hambatan sebesar 0.02 dan 0.01 untuk metode
eksperimental dan numerik. Nilai koefisien hambatan total terbesar tercapai ketika harga
Fn ≈ 0.5 pada kondisi cadik terpasang.

Abstract
The squid is one of the economically valuable fish resources. Squid fishing
vessels (light ships) with net fishing gear used by some small-scale fishermen in the
district Cirebon requires good stability of the vessel. In addition to good stability, the
vessel also requires a low resistance value in order to save on fuel consumption which
price continues to rise. To get both of the above, the idea to use a portable outrigger is
able to provide good stability and barriers that are small as it can be installed or removed
as needed. From this study shows that there is a difference in the coefficient of total
resistance of 0.02 and 0.01 for the experimental and numerical methods. Highest total
resistance coefficient value is reached when the value Fn ≈ 0.5 on an outrigger attached
conditions.;"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43319
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fadia Laras Sati
"Reinkarnasi adalah salah satu konsep dalam kebudayaan Korea yang sering diangkat menjadi tema dalam drama selama beberapa tahun terakhir. Konsep reinkarnasi telah dipercaya oleh sebagian besar masyarakat Korea sejak masa Kerajaan Goguryeo hingga saat ini. Penelitian mengangkat drama dengan tema reinkarnasi berjudul Death Game sebagai objek penelitian. Tujuan dari penelitian adalah untuk memaparkan konsep reinkarnasi yang dialami oleh tokoh utama Choi Yi Jae dengan memperhatikan perubahan sikap tokoh utama setelah reinkarnasi. Tokoh utama dalam drama mengalami reinkarnasi dengan cara yang berbeda dengan penggambaran reinkarnasi lainnya. Choi Yi Jae mengalami reinkarnasi sebanyak 12 kali yang berujung pada kematian sebagai bentuk hukuman atas penghinaannya terhadap kematian. Hasil penelitian menemukan bahwa reinkarnasi yang dialami tokoh Choi Yi Jae bertujuan untuk menebus karma buruk dari tindakan bunuh diri dan penghinaannya terhadap kematian. Penggambaran reinkarnasi dalam drama mengandung unsur Buddhisme dan perspektif modern. Melalui penggambaran proses reinkarnasi yang dialami oleh Choi Yi Jae, pengarang menyampaikan pesan bahwa bunuh diri adalah tindakan egois yang meninggalkan rasa bersalah, kesedihan, dan penderitaan mendalam bagi keluarga.

Reincarnation is a concept in Korean culture that has frequently been featured as a theme in dramas over the past several years. The concept of reincarnation has been widely believed by the Korean people from the Goguryeo Kingdom era to the present day. This study examines a reincarnation-themed drama titled “Death Game” as its object of analysis. The research aims to explore the concept of reincarnation experienced by the main character, Choi Yi Jae, focusing on the changes in the protagonist's attitude after undergoing reincarnation. The main character in the drama undergoes reincarnation in a way that differs from other portrayals of reincarnation. Choi Yi Jae experiences twelve cycles of reincarnation, each ending in death, as a punishment for his contempt toward death. The study found that the reincarnation experienced by Choi Yi Jae serves as a means of atoning for his bad karma resulting from suicide and his disdain for death. Furthermore, the depiction of reincarnation in the drama contains elements of Buddhism and a modern perspective. Through the portrayal of the reincarnation process experienced by Choi Yi Jae, the author conveys the message that suicide is a selfish act that leaves behind guilt, sorrow, and profound suffering for the family left behind."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2025
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Bella Homario
"Serial drama You Are My Glory (你是我的荣耀) disutradarai oleh Wang Zhi (王之) dan ditayangkan pada tahun 2021 lalu dengan total 32 episode. Penelitian ini menganalisis 14 episode pertama yang menghadirkan popularitas game Honor of Kings (王者荣耀) melalui interaksi dan dialog antar dua tokoh utama yaitu Yutu (于途) dan Qiao Jingjing (乔晶晶). Penggabungan game online HoK yang sedang populer di masa kini dengan serial drama You Are My Glory yang dimainkan oleh aktor dan aktris papan atas merupakan strategi baru yang menarik untuk dikaji lebih lanjut. Analisis dilakukan secara intrinsik yang bersumber dari penokohan dua tokoh utama dalam serial drama You Are My Glory, dan secara ekstrinsik berupa gambaran realitas sosial masyarakat urban Cina masa kini. Penelitian ini menemukan analisis penghadiran popularitas game HoK melalui interaksi dan dialog antar dua tokoh utama merefleksikan kondisi Cina di masa kini. Aspek-aspek yang merefleksikan tentang kondisi Cina di masa kini yaitu, game online HoK sangat populer di kalangan anak muda perkotaan Cina; popularitas game online HoK menjadi gambaran kemajuan pembangunan teknologi informasi; dan, penghadiran popularitas game online HoK melalui penokohan menjadi strategi kesuksesan serial drama You Are My Glory. Strategi ini mendukung inti tujuan Dua Seratus Tahun dan isi pidato Xi Jinping, serta sebagai penguatan pembangunan budaya lingkup lokal Cina dan penyebaran kekuatan budaya lunak Cina secara global.

The drama series You Are My Glory (你是我的荣耀) was directed by Wang Zhi (王之) and aired in 2021 with total 32 episodes. This research analyzes the first 14 episodes which present the popularity of the Honor of Kings Game (王者荣耀) through interactions and dialogue between the two main characters, namely Yutu (于途) and Qiao Jingjing (乔晶晶). Combining the online game HoK which is currently popular with the drama series You Are My Glory played by top actors and actresses is an interesting new strategy to study further. The analysis was carried out intrinsically based on the characterization of the two main characters in the drama series You Are My Glory and extrinsically in the form of a description of the social reality of China urban society. This research found that the analysis of the popularity of the HoK game through interaction and dialogue between the two main characters reflects the conditions in China today. Aspects that reflect the current condition of China, namely, the online game HoK is very popular among China young urban; the popularity of the HoK online game is an illustration of the progress of information technology development; presenting the popularity of the online game HoK through characterization is a strategy for the success of the drama series You Are My Glory. This strategy of combining the online game HoK with the drama series You Are My Glory supports the core goals of the Two Hundred Years and the content of Xi Jinping's speech. This new China strategy is to strengthen China's local cultural development and spread China's soft cultural power globally."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Noviyani Prih Handayani
"Penelitian ini berfokus pada bentuk nilai keluarga, hubungan peran antar anggota keluarga, dan perubahannya yang tercermin dalam film dan drama televisi Kazoku Game. Bentuk nilai dan hubungan peran anggota keluarga ini diketahui melalui identifikasi sikap, perilaku, peran, dan permasalahan yang terjadi dalam keluarga. Penelitian ini bersifat kualitatif dan menggunakan konsep keluarga oleh Goode dan konsep AGIL oleh Parsons dalam menganalisis data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk nilai keluarga yang terdapat di dalam film tidak sama dengan yang tercermin dalam drama televisi. Selain itu, hubungan peran antar anggota keluarga yang tercermin dalam drama televisi tidak berjalan baik bila dibandingkan dengan hubungan peran yang tercermin dalam film. Hal ini disebabkan karena adanya sifat egois dari masing-masing anggota keluarga.

This research focused on the form of family value, the relationship of roles among family members and the changes reflected in the film and television drama Kazoku Game. This form of value and the relationship of roles of family members are known through the identification of attitudes, behaviors, roles, and problems that occur in the family. This research is qualitative research uses the concept of family by Goode and AGIL concept by Parsons in analyzing the data.
The results of this research indicate that the form of family value contained in the movie is not the same as that reflected in the TV drama. In addition, the role relationships among family members reflected in the TV drama did not go well compared to a role relationship that is reflected in the movie. This is due to the egoism of each family member.
"
Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2018
T51374
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dahliyah Hayati
"ABSTRAK
Kemajuan teknologi komunikasi dewasa ini berkembang dengan sangat pesat.
Kontrol keamanan komunikasi jaringan tidak bisa ditawar lagi untuk memastikan
sirkulasi data dan informasi berjalan dengan baik dan benar, begitupun standar yang
disyaratkan ISO 27001 : 2015 (Standar Internasional Sistem Manajemen Keamanan
Informasi) pada bagian Annex A ISO 27001 : 2015 mewajibkan adanya kontrol
kemanan jaringan yang memadai untuk menunjang kelancaran proses bisnis.
Permasalahannya adalah keamanan jaringan informasi tidaklah cukup hanya sekedar
menggunakan password dan username saja, oleh karena itu dibutuhkan sistem
keamanan yang lebih canggih lagi. Pada penelitian ini penulis mencoba untuk
menghadirkan sebuah alternatif sistem gratis yang handal untuk memenuhi Annex A
ISO 27001 : 2015, yaitu Squid Proxy System. Dari hasil penelitian dan analisa yang
dilakukan oleh penulis, bisa diambil kesimpulan bahwa Sistem Squid Proxy ini
cukup mumpuni dan layak untuk diterapkan di dunia industri sebagai salah satu
alternatif kontrol untuk keamanan komunikasi jaringan dengan beberapa persyaratan
yaitu antivirus yang handal, membuat jadwal dan SOP (Standard Operation
Procedure) mengenai pemeliharaan jaringan (termasuk semua aplikasi yang ada,
contohnya: email, software-software, dll) dan melakukan pengawasan terhadap
pelaksanaan jadwal dan SOP yang telah ditetapkan, memilih provider jaringan yang
terbaik dan memastikan tenaga ahli IT tersedia, baik yang direkrut secara langsung di
dalam organisasi dan atau menggunakan jasa konsultan IT

ABSTRACT
Advances in communications technology today are growing rapidly. Security
controls for network communication are not negotiable to ensure an adequate flow of
data and information to run properly, as well as the standard requirements of ISO
27001: 2015 (International Standard Information Security Management System) in
the Annex A of ISO 27001: 2015 require an adequate control network security to
support the business process. The problem is the security of information networks is
not enough to simply use the password and username only, therefore the system
needs more advanced security control. In this study, the authors tried to present a free
reliable alternative system to meet Annex A of ISO 27001: 2015, the Squid Proxy
System. From the research and analysis conducted by the authors, it can be
concluded that the Squid Proxy system is quite qualified and eligible to apply in the
industrial world as an alternative control for the security for network
communications with some conditions which should be applied, such as: providing a
reliable antivirus, providing network maintenance SOP (Standard Operation
Procedure) and schedule (including maintenance for all application to be used, for
example: email, software, etc.) also conducting monitoring for the implementation of
SOP and maintenance schedule, selecting the best network provider, ensuring that
reliable IT experts are available, either recruited directly in the organization and or
use IT consultants."
2016
T45746
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwininta Widyastuti
"ABSTRAK
Saat ini popularitas program acara televisi sedang meningkat. Program hiburan ini menarik perhatian pemirsa karena didominasi oleh permainan dan biasanya
melibatkan aktivitas fisik peserta kompetisi game show. Lokasi acara syuting juga bervariasi, termasuk destinasi wisata bertema petualangan yang melibatkan keindahan alam. Penelitian ini menggunakan studi eksperimen untuk mengukur intensi perilaku pemirsa game show terhadap wisata petualangan yang tayang dalam program tersebut. Penelitian ini membuktikan jika hubungan keterlibatan pemirsa dan intensi perilaku untuk melakukan perjalanan ke destinasi wisata dimediasi oleh citra kogntif dan citra afektif. Secara khusus, citra kogntif dapat secara signifikan berkorelasi dengan citra
afektif, dan keduanya menyebabkan dengan intensi perilaku. Media televisi berkaitan dengan keberjalanan proses psikologis, sehingga ditemukan bahwa keterlibatan penonton menyebabkan intensi perilaku pemirsa. Sementara itu, gambar destinasi wisata memediasi hubungan ini, yaitu gambar yang memberikan persepsi citra kogntif dan citra afektif, sehingga kedua variabel ini ditemukan menjadi mediator penting. Oleh karenanya, pengelolaan program televisi sebagai media penyampai pesan perlu fokus pada penciptaan lebih banyak lagi gambaran peristiwa yang positif, yang nantinya menyebabkan pada pembentukan citra afektif yang positif pula terhadap lokasi destinasi wisata. Semakin tinggi citra destinasi wisata untuk pemirsa maka akan menyebabkan
intensi perjalanan yang lebih tinggi pula di masa mendatang.

ABSTRACT
Currently the popularity of the show television programs is on the rise. This
entertainment program attracts viewers' attention because it is dominated by games and usually involves the physical activity of the participants of the game show competition. The location of the shooting event also varied, including adventure-themed tourism destinations involving natural beauty. This study uses an experimental study to measure the behavior intentions of game show viewers of adventure tours that aired in the program. This study proves that the relationship of audience involvement and behavioral intentions to travel to tourist destinations is mediated by cognitive and affective imagery. In particular, cognitive imagery can be significantly effects affective imagery, and both cause with behavioral intentions. Television media deals with psychological process travel, so it is found that audience involvement leads to audience behavior intentions. Meanwhile, the image of a tourist destination mediates this relationship, the image that gives the perception of the cognitive image and the affective image, so that these two variables are found to be important mediators. Therefore, the management of television programs as media messengers need to focus on creating more positive picture of adventure-themed tourism destinations, which will lead to the formation of positive affective image also to the location. The higher the image of the
tourist destination for the viewers will lead to higher travel intentions in the future."
2018
T51275
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
""Game of Thrones versus History: Written in Blood is a collection of thought-provoking essays by medieval historians who explore how the enormously popular HBO series and fantasy literature of George R. R. Martin are both informed by and differ significantly from real historical figures, events, beliefs, and practices of the medieval world. From a variety of perspectives, the authors delve into Martin's plots, characterizations, and settings, offering insights into whether his creations are historical possibilities or pure flights of fantasy.""
Hoboken, NJ : John Wiley & Sons, 2017
791.457 2 GAM
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Tobing, Hotmauli Priscilla L.
"Kemunculan arena perbelanjaan di berbagai wilayah mengakibatkan ikut berkembangnya arena rekreasi dan hiburan keluarga. Hal ini berakibat ke maraknya perkembangan komunitas game itu sendiri. Perkembangan komunitas, seiring dengan munculnya arena rekreasi hiburan keluarga, membuat antusiasme anggota komunitas akan informasi yang mendukung semakin meningkat. Melihat peluang tersebut majalah TimezoneMagz mencoba menjadi penyedia informasi seputar kegiatan anggota komunitas. Sebagai perintis majalah yang mengkhususkan pada informasi kegiatan permainan arcade di Indonesia, TimezoneMagz mencoba menyajikan informasi dari kegiatan, perlombaan, teknik-teknik bermain, sampai promo-promo yang diadakan oleh Timezone. Tidak hanya itu, majalah ini juga diperuntukkan bagi seluruh pelanggan Timezone karena majalah ini akan menjadi sarana komunikasi Timezone dengan para pelanggannya.

The many emergences of shopping arena in many areas contribute to the development of game centers. Interestingly, this has somehow taken part in the establishment of some arcade gamers communities. As the game centers develop, growing communities find themselves become enthusiastic and in need of source of information regarding the latest game centers and other related matters. Having opportunities to become the resource of information for these communities, TimezoneMagz attempts to be the first in market of its kind to specialize in providing information on arcade gaming in Indonesia. TimezoneMagz tries to provide information such as events, tournaments, game tips, and various promotions held by Timezone and not only for gamer communities in the game center, but also for all Timezone?s customers."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2011
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>