Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 191887 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Verens Elvira
"Inovasi telah menjadi hal vital dalam menjaga keberlangsungan organisasi dalam jangka panjang. Dalam menciptakan inovasi, perguruan tinggi berperan sebagai aktor utama dalam memberikan hasil penelitian dan inovasi dari sumberdaya unggul yang dimilikinya. Sebagai Universitas yang menyandang nama bangsa, UI memiliki tanggung jawab besar untuk berkontribusi dalam penciptaan inovasi di Indonesia. Dalam rangka meningkatkan inovasi di UI, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor pendorong dan penghambat yang mempengaruhi proses inovasi khususnya inovasi produk di UI agar dapat merumuskan strategi dalam peningkatan inovasi.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui teknik pengumpulan data mixed method dengan survey dan wawancara kepada aktor inovasi di Universitas Indonesia yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan tenaga  kependidikan.  Penelitian ini menemukan bahwa faktor pendorong proses inovasi yang paling tinggi dirasakan adalah kebebasan dalam berinovasi, munculnya unit khusus terkait inovasi, dan dukungan dalam bentuk pelatihan dan pengembangan keterampilan. sedangkan faktor penghambat proses inovasi yang paling tinggi dirasakan adalah praktik manajemen inovasi yang berbeda di tiap fakultas, birokrasi pemerintah yang rumit dan tidak transparan, serta budaya organisasi di UI yang terlalu birokratis.

Innovation has become crucial in maintaining the long-term sustainability of organizations. In creating innovation, universities play a key role as the main actors in providing research results and innovations from their excellent resources. As a university bearing the nation's name, Universitas Indonesia has a great responsibility to contribute to the creation of innovation in Indonesia. In order to enhance innovation at UI, this research aims to analyze the driving factors and barriers that influence innovation process, especially product innovation at UI, to formulate strategies for enhancing innovation. This study utilized quantitative approach with mixed method data collecting method through surveys and interviews to innovation actors at the University of Indonesia, including students, lecturers, and educational staff. The study found that the highest perceived drivers of innovation process are freedom in innovation, the emergence of specialized units related to innovation, and support in the form of training and skill development. Meanwhile, the highest perceived barriers to innovation barriers are differing innovation management practices in each faculty, complex and non-transparent government bureaucracy, and an overly bureaucratic organizational culture at UI.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aldio Ramadhan Marzuki
"Tesis ini membahas tentang bagaimana inovasi yang dilakukan oleh perusahaan startup dapat memberikan pengaruh kepada Venture Capital berminat untuk memberikan dana kepada perusahaan startup tersebut. Perusahaan startup di Indonesia saat ini banyak yang berbasis teknologi.. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan melalui Interview. Sampel penelitian ini adalah 4 perusahaan startup yang didanai oleh Venture Capital yang terdiri dari Tech in Asia, Pedals.id, Taralite, dan perusahaan yang tidak dapat disebutkan namanya (perusahaan XYZ). Interview dilakukan di berbeda waktu dan tempat oleh masing-masing narasumber dari perusahaan tersebut. Hasil penelitian yang didapat adalah jika perusahaan startup mengimplementasikan inovasinya dengan melibatkan banyak pihak di perusahaan tersebut, maka semakin tinggi juga minat dari perusahaan Venture Capital dalam memberikan pendanaan dan pendampingan manajemen berupa pemantauan dan saran yang dapat membuat perusahaan startup tersebut dapat berkembang.
.....This thesis concerns analysis of the innovation process given by Indonesian Start-ups Invested by Venture Capital Firms or Angel Investor, whether or not the intention of Venture Capital invest, including the requirement from Venture Capitals to the start-ups in order to get the next stage of financing. As awareness of the importance of technology increased, many Indonesian start-ups was established, most of them are technology-based companies. These companies’ needs of funding are not something very easy to met. Therefore, approachment to Venture Capital or Angel Investor can be met as all the startups in order to develop and compete with others in long term. Innovation should be required in the process and could make a consideration for Venture Capital and Angel Investor to fund. This research uses qualitative method by conducting in-depth interviews. The unit of analysis are Indonesian start-ups funded by Venture Capıtals or Angel Investor. Object of analysis are 4 (four) Indonesian startups. Participants of the study are four representatives of four start-ups who occupy a strategic position to be able to understand the innovation process of each start-ups. We found that Indonesian start-ups financed by Venture Capıtals or angel investor implement their innovation by involving all of company’s stakeholder that can trigger willingness of Venture Capıtal or Angel Investor to give advice in all aspects."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yurry Mohammad Razy
"'Makerspace' adalah ruang komunitas untuk kreatifitas, kolaborasi, belajar dengan membuat dan pendidikan sains informal. Makerspace tumbuh dalam jumlah banyak di amerika dan menyebar ke seluruh dunia seperti pergerakan.
Makalah ini mengesplorasi bagaimana Makedonia dari yang hanya menawarkan ruang 'bekerja-bersama' diproyeksikan untuk mengadaptasi budaya makerspace dengan ruang lingkungan bengkel, fasilitas membuat prototype dengan cepat, aktivitas sains informal untuk 'innovasi bersama' dan 'Komersialisasi bersama' dengan jaringan komunitas 'makerspace' dan 'Crowd Innovation'.
Makalah ini merekonstruksi element model bisnis menggunakan 'Menemukan ulang model bisnis' yang dikembangkan oleh Johnson Christensen dan Kagermann. Beberapa element adalah keterkaitan antara 'customer value proposition' dari 'makerspace', proses penting dari rekrutmen anggota, sumber daya penting manusia dan peralatan teknologi serta rumusan profit.

Maker space is open community workshop bench for creativity, collaborative learning by making and informal science of education. Maker space grows in a huge number in America and spread worldwide make like a movement.
This paper explore on how Makedonia from offering the co-working space projected to adopt the maker space culture with the workshop environment space, rapid prototyping facility, informal science activities for co-development and cocommercialization with networking the maker space community and crowd innovation.
This paper re-constructs the business model the elements of business model using Reinventing business model develop by Johnson Christensen and Kagermann. The elements are interconnected the dot of customer value proposition of maker space, key process of recruiting member , key resources of people and technological equipment needed and profit formula
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
Yenti Aprianti
"Tesis ini membahas mengenai inovasi citarasa. Inovasi citarasa terjadi melalui proses yang panjang dimana manusia membentuk dan memanfaatkan citarasa baru sesuai dengan perkembangan pengetahuan, teknik, dan nilai yang ia dapat dari interaksinya di masyarakat. Pengetahuan, teknik, dan nilai baru sendiri lahir dari tanggapan manusia terhadap peristiwa-peristiwa yang terjadi di lingkungannya yang menyebabkan citarasa lama tak lagi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana inovasi citarasa bakso Solo dilakukan oleh pedagang bakso dari Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo di daerah migrasi mereka di Dramaga Tegal Loceng, Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat, Bogor. Penelitian dilakukan sekitar Dramaga, Bogor, pada Desember 2010 hingga Mei 2011 menggunakan metode etnografi.

This Thesis discusses innovation of taste. The innovation of taste occurs through process in which humans create and exploit new taste in accordance with the development of knowledge, techniques, and values --which he got from their interactions in society-- due to the response he gave to the occurrences in the environment that makes the old taste no longer suitable to the needs.
The purpose of this study is to determine process and factors of taste innovation of Bakso Solo is made by vendors From Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo in their host place at Dramaga Tegal Loceng, Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat, Bogor. The Research done in Dramaga, Bogor since December 2010 until May 2011, using ethnography method.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2011
T 28965
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Alfan Ihsanuddin
"Semakin tingginya kompetisi bisnis, mendorong perusahaan untuk terus melakukan inovasi, bahkan inovasi telah berkembang menjadi salah satu kunci keunggulan bersaing. Merujuk pada rerangka konseptual rantai nilai inovasi, proses inovasi dipandang sebagai tiga tahap yang sifatnya sekuensial yaitu penggalian ide, pengembangan ide dan penyebaran ide. Keberhasilan inovasi suatu organisasi sangat ditentukan oleh kesesuaian antara kapabilitas esensi rantai nilai inovasi yang dimiliki dengan strategi inovasi yang dipilih, apakah sebagai need seekers, market readers atau technology drivers. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan penulis akan kurangnya inovasi di PT SW yang menyebabkan perusahaan tersebut sulit bersaing di industri teknologi informasi. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi permasalahan pada rerangka rantai nilai inovasi dan mengajukan usulan solusi pemecahan atas permasalahan tersebut. Solusi yang diajukan merujuk pada rerangka konseptual strategi inovasi, rantai nilai inovasi dan manajemen inovasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT SW secara umum lemah dalam proses inovasi perusahaan di mana rantai nilai paling lemah terletak pada tahap pengembangan ide. Tahap pengembangan ide menjadi bottleneck yang membatasi kemampuan inovasi perusahaan. Kapabilitas esensial rantai nilai inovasi yang dimiliki perusahaan juga belum mendukung strategi inovasi market readers. Permasalahan utama yang berhasil diidentifikasi adalah ketatnya seleksi proyek, lemahnya analisis untuk menerjemahkan kebutuhan konsumen dalam proses pengembangan produk, kurangnya akses teknologi dari prinsipal dan terakhir adalah kurangnya kemampuan manajemen proyek. Permasalahan tersebut menyebabkan terbatasnya ide yang bisa direalisasikan, lambatnya peluncuran produk dan kualitas produk yang kurang memenuhi kebutuhan konsumen. Usulan solusi ditujukan untuk mengatasi secara spesifik permasalahan yang terjadi. Disamping itu, penulis juga mengajukan usulan dengan mengacu pada prinsip-prinsip manajemen inovasi yang mendukung keberhasilan inovasi secara menyeluruh.

Highly business competition leads firms to leverage their innovation, and furthermore innovation has become a firm`s competitive advantage. The innovation value chain, view presents innovation as a sequential, three-phase process that involves idea generation, idea development and the diffusion of developed concept. Successful innovations in such organizations depend on the alignment between essential capabilities at every stage of the innovation value chain and the innovation strategies such as need seekers, market readers or technology drivers. The underlying background of this research based on the lack of innovation in PT. SW that leads the firm struggle in competing with other competitors in the information technology industry. The purpose of this research was to identify the problems referring to the innovation value chain concept and to propose solutions. The proposed solution referred to conceptual framework of innovation strategic, innovation value chain and innovation management. This research showed that the overall innovation process indicate a weakness condition and the firm categories as conversion-poor company, the weakest link in the innovation value chain lies on idea development phase. There is no alignment between essential capabilities and the market readers strategic innovation. The main problems identified in this research were: tights selection process policy in term of budget allocation, lack of business requirement analyzes into product development, lack of principal technology access, and lack of project management skills. These problems caused a limited number of project realization, bring products slowly to the market, and the product quality was under customer expectation. The proposed solution tends to overcome the problems. We also propose solutions which refer to the innovation management concepts in order to support the overall firm`s performance."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T26606
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ginting, Christie Sonia
"ABSTRAK
Pengukuran dan penilaian kinerja inovasi merupakan hal yang abstrak karena tidak dapat ditentukan outputnya. Menurut beberapa ahli, untuk menilai kinerja inovasi harus merumuskan terlebih dahulu tujuan dari inovasi itu sendiri. Penelitian ini ingin meneliti faktor ndash; faktor inovasi apa saja yang ada di universitas dan menilai kinerja inovasi faktor tersebut di Universitas Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode Analytic Network Process ANP untuk mengetahui bobot kepentingan setiap faktor dan menggunakan pendapat dari expert dengan menggunakan metode rating scale sebagai penilaian kinerja inovasi di Universitas Indonesia. Berdasarkan penelitian ini, dihasilkan lime kriteria dengan 8 subkriteria yang akan dijadikan faktor inovasi pada universitas, selain itu dihasilkan juga rekomendasi faktor inovasi apa yang harus ditingkatkan di Universitas Indonesia. Kriteria terpenting adalah inovasi dalam teknologi dengan bobot 26 . Dan penilaian untuk faktor ini sudah cukup tinggi. Faktor yang menjadi rekomendasi adalah faktor kerjasama riset dengan industry karena nilai untuk faktor ini sangat rendah sementara bobot kepentingan faktor ini cukup tinggi.

ABSTRACT
Measurement and assessment of innovation performance is abstract because the output can not be determined. According to some experts, to assess the performance of innovation, it must be formulated the purpose of the innovation itself. In this study, the authors want to examine number of innovation factors in universities and assess the performance of innovation factors in University of Indonesia. This study uses the Analytic Network Process ANP method to determine the importance weight of each factor and the interrelation among the factors, then use the expert opinion by using the rating scale as the assessment of innovation performance in University of Indonesia. Based on this study, there are five criteria with 8 sub criteria that will be used as innovation factors in universities, in addition to that there will be also some recommendations on what innovation factors that must be improved at University of Indonesia. The most important criterion is the innovation in technology with weighs of twenty six percent. And the assessment of this factor is quite high. The recommendation factor for University of Indonesia is a research collaboration with industry since the value of this factor is very low while the importance of this factor is significant. "
2014
S66593
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dudi Hendrakusuma Syahlani
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti peran konteks internal terhadap proses inovasi manajemen dan pengaruhnya pada kinerja perusahaan. Konteks internal organisasi diteliti dari beberapa variabel yang terdiri dari enacted environment, kepemimpinan inovasi, strategi bisnis, disain organisasi, dan kapabilitas organisasi. Penelitian ini berargumen bahwa proses inovasi manajemen dapat memberikan pengaruh kepada kinerja perusahaan dengan dukungan peran konteks internal organisasi dengan menggunakan konsep dan kerangka kerja inovasi manajemen yang dikembangkan oleh Birkinshaw, Hamel dan Mol (2008) dan inovasi manajemen dipercaya akan meningkatkan kinerja perusahaan dan menciptakan keunggulan sumber daya saing.
Penelitian ini merupakan penelitian level organisasional dan menguji hipotesisnya pada salah satu perusahaan media penyiaran televisi nasional di Indonesia dengan menggunakan teknik sequential equitation methodology (SEM). Selain itu penelitian ini juga menggunakan analisis kualitatif melalui forum group discussion (FGD) dan wawancara kepada pihak eksternal.
Kontribusi penelitian ini adalah menjelaskan fenomena proses inovasi manajemen yang terjadi di perusahaan yang memiliki two sided market serta peningkatan salah satu kinerjanya yang belum beriringan di Indonesia. Melalui penelitian ini ditemukan bahwa proses inovasi manajemen berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan dan konteks internal organisasi enacted environment, kepemimpinan dan kapabilitas organisasi berperan dan memberikan pengaruh positif terhadap proses inovasi manajemen, namun konteks internal strategi bisnis dan disain organisasi terbukti belum memberikan pengaruh yang positif terhadap proses inovasi manajemen di unit analisis penelitian ini.
Berdasarkan telaah lebih lanjut melalui FGD, interview dengan pihak eksternal serta tinjauan pustaka lebih lanjut, ditemukan bahwa faktor korporat memiliki peran atas pengaruh konteks internal organisasi terhadap proses inovasi manajemen. Pada penelitian ini diduga bahwa faktor korporat menjadi penghambat peran konteks internal organisasi strategi bisnis dan disain organisasi terhadap keberlangsungan proses inovasi manajemen di dalam unit analisis penelitian, sehingga belum memberikan dampak optimal pada peningkatan dua kinerja perusahaan two sided market secara beriringan.

ABSTRAK
The Research was meant to study the role of internal context on the management innovation process and its influence on the company performance. The Organisation?s internal context was analysed through several variables namely: enacted environment, innovation leadership, business strategy, organisational design, and organisational capabilities. The Research argued that the management innovation process can influence the company performance through the support of the role of organisation?s internal context based on the concept and framework developed by Birkinshaw, Hamel, and Mol (2008). Management innovation is believed will increase company performance and create competitive advantage.
The Research is an organisational level research and tests its hypotheses on one of national broadcasting television media company in Indonesia utilising sequential equitation methodology (SEM), qualitative analysis through forum group discussion (FGD) and interviews with external parties.
The Research?s contributions are to give explanation on the phenomenon of management innovation process in a two-sided market company in Indonesia with and the rise of performance in only one of its market. The finding of the Research is the management innovation process positively influences the company?s performance while the internal context of the organisation namely the enacted environment, organisational leadership and capabilities positively influence the management innovation process. However the business strategy and organisational design internal contexts are proven to not give a positive influence on the management innovation process in this Research?s analysis unit.
A further research through FGD, interviews with external parties, and library studies shows the corporate factor plays a role in determining how the organisational internal contexts give effects to the management innovation process. In this Research, it is assumed that the corporate factor is the limiting factor which hinder the role of business strategy and organisational design internal contexts in the continuation of management innovation process in the Research?s analysis unit, therefore yielding a less optimal effect on the side-by-side performance increase of a two-sided market company."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
D1495
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indra Utoyo
"Disrupsi digital meningkatkan risiko manajemen inovasi pada perusahaan-perusahaan mapan. Studi ini mengkaji variabel-variabel utama untuk meningkatkan kinerja inovasi di lingkungan yang terdisrupsi dengan menerapkan strategic entrepreneurship process, yang menggabungkan kegiatan opportunity-seeking activities (OSA) dan advantage-seeking activities (ASA). Model penelitian mengadopsi kerangka input-process-output/outcome dari Hitt et al. (2011). Studi ini mengambil sampel dari 118 manajer dibidang inovasi dari TELKOM dan Bank BRI, dua perusahaan terbesar di industri telekomunikasi dan perbankan di Indonesia. Setiap sampel berisi data dari 131 item kuesioner. Data ini dianalisis menggunakan SPSS untuk analisis varians (ANOVA) dan menggunakan SmartPLS untuk pengukuran dan analisis model struktural.
Tujuh hipotesis diverifikasi. Dua dari tujuh hipotesis tidak terdukung. Pada OSA, budaya kewirausahaan tidak berdampak langsung pada perumusan strategi inovasi. Sementara di ASA, inovasi kolaboratif tidak berdampak langsung pada konfigurasi kapabilitas inovasi inti. Entrepreneurial leadership sangat penting dalam merumuskan strategi inovasi. Variabel leadership ini memiliki multikolinearitas dengan entrepreneurial culture. Ini menunjukkan bahwa kedua variabel simbiotik. Sementara dalam menerapkan strategi inovasi, konfigurasi kapabilitas inovasi inti yang memadukan eksplorasi peluang dan eksploitasi keunggulan meningkatkan kinerja inovasi.  Namun, karena core rigidities dan perbedaan model bisnis, konfigurasi kapabilitas inovasi inti tidak dikonfigurasikan langsung dengan inovasi kolaboratif.
Dalam model alternatif, penelitian menunjukkan bahwa entrepreneurial culture memediasi entrepreneurial leadership dalam merumuskan strategi inovasi. Selain itu,  inovasi kolaboratif dengan start-ups dan konfigurasi kapabilitas inovasi inti merupakan dua sumber arus inovasi untuk meningkatkan kinerja inovasi perusahaan mapan di industri yang terdisrupsi. Studi ini memvalidasi bahwa bagi perusahaan mapan kedua aliran inovasi ini berjalan secara terpisah karena core rigidities, maturitas digital, dan perbedaan model bisnis. Pada akhirnya, keragaman pengetahuan dari aliran inovasi ganda ini dapat mengoptimalkan kinerja inovasi mereka dalam lingkungan yang terdisrupsi.
Dari penelitian ini, ada sejumlah kontribusi teoretis yang memperkaya teori-teori sebelumnya tentang strategic entrepreneurship dan collaborative innovation serta implikasi empiris bagi para manajer pada perusahaan mapan di industri yang terdisrupsi. Studi ini juga merekomendasi riset lanjutan dalam mengeksplorasi aliran transformasi ganda.

Digital disruption leads to high-level risk in innovation management on established firms in disrupted industries. This study investigates the key variables to enhance innovation performance in a disruptive environment by applying strategic entrepreneurship process, which combines opportunity-seeking activities (OSA) and advantage-seeking activities (ASA). The proposed research model adopts the input-process-output/outcome framework from Hitt et al. (2011). This study sampled from 118 innovation-related managers of TELKOM and Bank BRI, the two largest established firms in the telecommunication and banking industries in Indonesia. These samples allow us to obtain data from 131 items of the questionnaire. This data was analyzed using SPSS for analysis of variance (ANOVA) and using SmartPLS for measurement and structural model analyses.
Seven hypotheses were verified. Two out of seven are not supported. In OSA, entrepreneurial culture has no direct impact on formulating innovation strategy. While in ASA, collaborative innovation has no direct impact on configuring core innovation capabilities. The entrepreneurial leadership is essential in formulating innovation strategy. This leadership variable has multicollinearity with that of entrepreneurial culture. It indicates that both variables are symbiotic. While in implementing the innovation strategy, the configuring core innovation capabilities that combine exploring the opportunity and exploiting the firms advantage enhance the innovation performance. However, due to core rigidities and different nature of innovation speed, this configuring core innovation capabilities should not be configured with collaborative innovation.
In the alternative model, the study shows that in OSA, entrepreneurial culture mediates the entrepreneurial leadership in formulating the innovation strategy. The study also found that collaborative innovation with start-ups along with configuring core innovation capabilities is the dual-source of innovation streams to enhance the innovation performance of an established firm in a disrupted industry. The study validates that for established firms, due to core rigidities, digital maturity, and business model differences, these dual innovation streams run as separate streams. In the end, both transformation paths altogether confirm that diversity of knowledge on dual innovation streams can optimize their innovation performance in a disruptive environment.
From the study, there are a number of theoretical contributions that enrich the previous theories on Strategic Entrepreneurship and Collaborative Innovation as well as empirical implications for managers in established firms of disrupted industries. Further study is proposed to explore critical success factors on running the dual transformation streams as well as critical elements to successfully link both transformations.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
D2727
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>