Ditemukan 90512 dokumen yang sesuai dengan query
Daffa Wibisono Krisrashmansyah
"Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membuat media berpotensi untuk memengaruhi pola pikir dan kebudayaan masyarakat. Kekuatan visual diandalkan oleh media untuk menarik perhatian pengguna serta mempermudah dalam penyampaian pesan. Hal tersebut telah menyebabkan terbentuknya realitas baru yang tidak berkaitan dengan dunia nyata atau disebut dengan hiperrealitas. Hiperrealitas sendiri merupakan suatu kondisi di mana realitas dengan hal-hal fiksi menjadi sulit untuk dibedakan. Penelitian ini menganalisis bagaimana film Suzume no Tojimari (2023) membentuk hiperrealitas. Studi ini juga meninjau bagaimana keterkaitan hiperrealitas yang dibentuk dengan konteks peningkatan pemahaman dan kesadaran audiens terhadap bencana alam. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, serta menggunakan teori hiperrealitas dan simulakra oleh Jean Baudrillard untuk memahami apa saja kumpulan simulakra (elemen-elemen fantasi) yang dapat memungkinkan timbulnya hiperrealitas pada film Suzume no Tojimari. Penelitian berargumen bahwa anime ini berpotensi menimbulkan hiperrealitas karena adanya pembauran antara elemen-elemen fantasi dengan simbol-simbol replikasi dari dunia nyata. Hiperrealitas yang dibentuk dalam Suzume no Tojimari juga berkemungkinan untuk menjadi alat bantu jika benar-benar dikaitkan dengan tujuan Shinkai Makoto selaku pembuat anime ini yaitu meningkatkan pemahaman dan kesadaran penonton terhadap bencana alam. Hiperrealitas terjadi ketika elemen-elemen fantasi seolah-olah menjadi lebih nyata dan berpotensi untuk memengaruhi realitas itu sendiri, dan representasi dari bencana alam pada anime ini dibalut oleh elemen-elemen fantasi tersebut.
The development of Information and Communication Technology has given media a powerful influences in changing societal mindsets and culture. Media often relies on strong visual elements to grab attention and make messages easier to understand. This influence has led to the creation of a new kind of reality that is not connected to the real world, known as hyperreality. Hyperreality itself is a condition where reality and fiction become difficult to distinguish. This study analyses how hyperreality that related to the causes of natural disasters is constructed in the Suzume no Tojimari (2023) movie. It also examines how this portrayal can help improve viewers in understanding and awareness of natural disasters. This study using a descriptive qualitative approach and also applies Jean Baudrillard’s theory of hyperreality and simulacra to identify the various fantasy elements in Suzume no Tojimari that can shape a sense of hyperreality. This study finds that this anime has the potential to shape hyperreality due to the blending of fantasy elements with symbol that replicated from reality. The hyperreality that constructed in Suzume no Tojimari also has the potential to be an effective tool if the movie if it aligns with Shinkai Makoto’s Goal of increasing audience understanding and awareness of natural disasters. Hyperreality is shaped when fantasy elements seem more real than reality itself, and the natural disasters that represented in Suzume no Tojimari are wrapped in these fantasy elements."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Siagian, Henri Salomo
"
ABSTRAKPencitraan sudah menjadi sesuatu yang lazim di era pemilihan secara langsung. Padahal, pencitraan tidak lain hanya sebuah gambaran atau ilusi ideal atau sebuah hiperrealitas mengenai politisi yang dikonstruksikan oleh para konsultan politik profesional.
Hiperrealitas dalam politik, atau hiperpolitik, membuat publik tidak bisa mengetahui sesuatu yang riil. Masyarakat hanya melihat ilusi politik yang tidak memiliki akar realita melalui berbagai kanal media massa.
Penelitian ini menyajikan hiperrealitas karya filsuf posmodernisme, Jean Baudrillard, dan disandingkan dengan pemasaran politik yang ditawarkan oleh Avraham Shama. Dan persinggungan antarpemikiran itu digunakan dalam melihat pencitraan Joko Widodo dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014.
ABSTRACTImage has become something common in the era of direct election. Though, image is nothing but an illusion or an ideal picture, or a hyperreality, of the politician who constructed by professional political consultants.Hyperreality in politics, or hyperpolitics, making the public can not know something real. The public only see the political illusion that has no roots reality through various mass media channels.This study presents the works of postmodernism philosophers, Jean Baudrillard, hyperreality and juxtaposed with political marketing offered by Avraham Shama. And the intersection of the concepts used in imaging Joko Widodo in Presidential Election in 2014."
2015
T43855
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Perry, Nick
London: Routledge Press , 1998
306.21 PER h
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Betrianis
"Model is a representation of a system. Through model, it can be easier to forecast and control the changing of each element system. Electricity distribution is also a system. Losses are general problem that exist in a distribution network system. But with the right methods, specifically technical energy losses can be reduced in order to increase the efficiency. By making model of the distribution network, the value of technical energy losses in the whole network as well as in every line can be observed. Simulation can also be used to see all losses reduction alternatives. By comparing results from each alternatives, the best alternative, which gives best result can be decided and implemented."
Depok: Lembaga Penelitian Universitas Indonesia, 2006
AJ-Pdf
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
"Penelitian ini bertujuan untuk membahas fenomena budaya pariwisata virtual yang berkembang melalui virtual tour. Virtual tour merupakan simulasi lokasi atau objek wisata dengan menggunakan rangkaian video atau gambar beserta tambahan musik, efek suara, teks, dan narasi. Studi sebelumnya menemukan bahwa virtual tour muncul karena adanya perkembangan teknologi, kebutuhan promosi objek wisata, dan kebutuhan penjagaan warisan budaya. Berdasarkan pemikiran Baudrillard, kondisi hyperreality merupakan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi dan pandemi Covid-19 yang menguatkan kehidupan cyberspace. Namun peneliti berargumen bahwa tidak serta merta kondisi hyperreality dapat terjadi, khususnya dalam virtual tour yang dikelola oleh perusahaan A. Peneliti berargumen bahwa terdapat kompleksitas tersendiri untuk menciptakan kondisi hyperreality. Penelitian ini berusaha untuk menjelaskan apakah virtual tour yang dikelola oleh perusahaan A merupakan sebuah kondisi hyperreality pada industri pariwisata di era digital. Penelitian ini menemukan bahwa hyperreality tidak tercipta dalam virtual tour yang dikelola oleh perusahaan A. Terdapat beberapa komponen hyperreality sesuai pemikiran Baudrillard, yaitu model simulasi, seperti simulasi rute perjalanan, simulasi visual, simulasi narasi, dan simulasi interaksi. Namun masih terdapat keterbatasan yang menghalangi terciptanya kondisi hyperreality pada virtual tour. Menurut wisatawan, virtual tour merupakan inovasi yang menarik, namun mereka belum sepenuhnya menikmati perjalanan wisata virtual.
This study aims to discuss the phenomenon of virtual tourism culture that develops through virtual tours. A virtual tour is a simulation of a location or tourist attraction using a series of videos or images along with additional music, sound effects, text, and narration. Previous studies have found that virtual tours arise because of technological developments, the need for promotion of tourist objects, and the need for preserving cultural heritage. Based on Baudrillard's thinking, the hyperreality condition is a logical consequence of technological developments and the Covid-19 pandemic that strengthens cyberspace life. However, the researcher argues that hyperreality does not necessarily occur, especially in a virtual tour managed by company A. The researcher argues that there is a distinct complexity to creating hyperreality conditions. This study seeks to explain whether the virtual tour managed by company A is a hyperreality condition in the tourism industry in the digital era. This study finds that hyperreality is not created in a virtual tour managed by company A. There are several components of hyperreality according to Baudrillard's thinking, namely simulation models, such as travel route simulations, visual simulations, narrative simulations, and interaction simulations. However, there are still limitations that prevent the creation of hyperreality conditions on virtual tours. According to tourists, virtual tours are an interesting innovation, but they have not fully enjoyed virtual travel."
[Depok;Depok, Depok]: [Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia;Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia], 2021
S-pdf;S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Aloysia Razita Da Lopez
"Penelitian ini menganalisis bentuk hiperrealitas melalui simulasi pada sequen film antiperang Soviet dengan judul Иди и смотри (Idi i smotri) Datang dan Lihatlah. Film ini disutradarai oleh Elem Klimov dan rilis pada tahun 1985. Secara garis besar, film ini berfokus pada okupasi Nazi Jerman di wilayah Belarusia dengan peristiwa-peristiwa yang diceritakan melalui pengalaman seorang partisan remaja bernama Flyora. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk hiperrealitas, melalui analisis sequen dengan 4 fase simulasi. Hasil dari penelitian ini adalah mengidentifikasi bentuk hiperrealitas berdasarkan teori hiperrealitas Jean Baudrillard dalam film Иди и смотри (Idi i smotri) Datang dan Lihatlah.
This research analyzes the form of hyperreality through simulation in the scenes of the Soviet anti-war film Иди и смотри (Idi i smotri) Come and See. The film was directed by Elem Klimov and released in 1985. In general, the film focuses on the Nazi German occupation of Belarusian territory with events told through the experiences of a teenage partisan named Flyora. The purpose of this research is to find out the form of hyperreality, by analyzing the scenes with 4 phases of simulation. The result of this research is to identify the form of hyperreality based on Jean Baudrillard’s theory of hyperreality in the movie Иди и смотри (Idi i smotri) Come and See."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Dina Andriani
"
ABSTRAKTayangan televisi merupakan sebuah bentuk hiburan yang ditonton setiap harinya oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Namun sesungguhnya tayangan televisi merupakan bagian dari hiperrealitas, sebuah lapisan kehidupan dimana batas antara kenyataan dan kepalsuan menjadi kabur. Sadar atau tidak sadar, tayangan televisi menjadi produk yang terus dikonsumsi oleh masyarakat sehingga produksi tayangan televisi pun semakin berkembang. Dengan tuntutan tersebut, tayangan televisi dibuat dengan berbagai metode untuk menghasilkan tontonan yang menarik. Arsitektur memiliki peran dalam produksi tayangan televisi. Melalui desain set, arsitektur disimulasikan sehingga dapat membangun dan memperkuat tayangan televisi yang diproduksi.
ABSTRACTTelevision show is a form of entertainment watched everyday by most Indonesians. However, television shows actually belong to hyperreality, a layer where the border between reality and artificiality is blurred. Conciously or not, television show becomes a product that keeps being consumed by people, thus developing the production of television shows. With that kind of demand, television shows must be produced in various methods to have interesting results. Architecture plays a role in television production. Through set design, architecture is simulated so it can build and strengthen television products."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S62128
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Sadhu Mahardhika
"
ABSTRAKPertumbuhan industri pasar modal di Indonesia dapat dinilai dari meningkatnya nilai transaksi bursa efek harian. Peningkatan nilai transaksi bursa efek harian ini mengakibatkan semakin tinggi risiko pada transaksi bursa. Salah satu alat yang digunakan untuk meminimalisir risiko tersebut adalah Dana Jaminan, dimana KPEI sebagai Lembaga Kliring dan Penjaminan penyelesaian Transaksi Bursa wajib melakukan pengukuran atas Dana Jaminan yang dikelola KPEI. Di sisi lainnya, Anggota Kliring sebagai pelaku pasar melihat bahwa Dana Jaminan yang dikelola oleh KPEI sudah cukup besar sehingga pungutan atas Dana Jaminan sebaiknya sudah tidak dilakukan. Namun, pada kenyataannya Dana Jaminan yang dikelola oleh KPEI belum cukup untuk menutupi risiko pasar. Oleh sebab itu, Penulis melakukan analisis atas kecukupan Dana Jaminan dengan melakukan stress testing atas faktor pendorong risiko (transaksi harian bursa efek, return IHSG, efisiensi netting, agunan/jaminan dan pangsa pasar Anggota Kliring dengan menggunakan Montecarlo Simulation. Sehingga, melalui analisis tersebut Penulis dapat mengetahui besarnya Dana Jaminan yang dibutuhkan oleh KPEI. Hasil yang diperoleh Penulis melalui Montecarlo Simulation menunjukkan bahwa Dana Jaminan yang dikelola oleh KPEI masih belum mencukupi untuk menutupi risiko pasar. Oleh sebab itu, hingga saat ini pungutan atas Dana Jaminan atas setiap transaksi bursa yang dilakukan oleh Anggota Kliring masih masih berlaku.
ABSTRACTThe Indonesian capital market industry growth can be observed through the increase of daily stock exchange transaction value. This impacts to the rise of risk exposure of stock exchange transaction. Guarantee funds is a tool to minimize this risk. KPEI, as an Clearing and Guarantee Institution for Exchange Transaction, is obligated to take measurements over the guarantee funds it manages. On the other hand, Clearing Members, as capital market participants, notice that the guarantee fund shares owned by KPEI is sufficiently large so the charges for guarantee funds should be eliminated, while in fact, the guarantee fund have is not sufficient to cover the risks. For this reason, the writer conducted an analysis with stress testing in Risk Factors (daily transaction value, JCI index returns, netting efficiency, collateral / guarantees, and market shares of Clearing Members) using the Montecarlo Simulation. Through this analysis, the writer obtained the amount of the guarantee fund required by KPEI. The result of the analysis is that the guarantee funds are still not sufficient to cover the market risks. For this reason, the guarantee fund charges for each clearing member transaction are still needed."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Law, Averill M.
Boston: McGraw-Hill, 2007
003 LAW s
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
M. Muamar Faruq
"Heat Recovery Steam Generator atau yang disebut HRSG merupakan salah satu penemuan di bidang pembangkit yang berfungsi untuk memanfaatkan entalpi yang terkandung dalam gas sisa buangan gas turbine. Sistem HRSG yang dibangun haruslah memiliki Effectiveness yang tinggi tanpa menambah biaya yang besar, dengan kata lain, harus meningkatkan Overall Heat Transfer Sistem HRSG tersebut.
Berdasarkan studi literatur, ternyata material yang digunakan pada umumnya memiliki konduktivitas termal yang tidak besar seperti CS (Carbon Steel) maupun SS (Stainless Steel). Tembaga memiliki konduktivitas termal yang tinggi sehingga sangat cocok untuk aplikasi perpindahan panas. Dari analisis menggunakan CFD (Computational Fluid Dynamic), tembaga terbukti efektif dalam memindahkan kalor sehingga dapat memangkas biaya material. Di samping itu, bentuk pipa spiral, meningkatkan bilangan Reynold pada gas buang sehingga menambah laju perpindahan panas.
Heat Recovery Steam Generator or HRSG that is called is one of the discoveries in the field of power which function to use the enthalpy contained in the gas turbine waste gas. HRSG system that is built must have a high Effectiveness without adding a huge cost, in other words, should increase the Overall Heat Transfer System for the HRSG. Based on literature study, was the material used in generally have thermal conductivity is not large, such as CS (Carbon Steel) and SS (Stainless Steel). Copper has high thermal conductivity so it is suitable for heat transfer applications. From the analysis using CFD (Computational Fluid Dynamics), copper proved to be effective in removing heat so as to cut material costs. In addition, the shape of a spiral pipe, increasing the number Reynold in the flue gas thereby increasing the heat transfer rate."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S50898
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library