Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 44151 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nabilla Nurul Fathan
"Dalam upaya mewujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Direktorat Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri membentuk Aplikasi Sistem Informasi Database Pejabat Dukcapil Daerah (SIDARA) sebagai amanat Permendagri No. 76 Tahun 2015 yang kemudian digantikan dengan Permendagri No. 60 Tahun 2021. Aplikasi tersebut tidak hanya berfungsi sebagai database Pejabat Dukcapil Daerah tapi juga bermanfaat dalam proses pengangkatan dan pemberhentian pejabat pada unit kerja yang membidangi administrasi kependudukan di Provinsi dan Kabupaten/Kota. Semenjak SIDARA aktif beroperasi pada tahun 2020 belum ada sama sekali studi untuk mengevaluasi tingkat keberhasilan SIDARA. Penelitian ini melakukan analisis terhadap tingkat keberhasilan implementasi SIDARA dengan menggunakan model evaluasi HOT (Human, Organization and Technology) Fit yang dikemukakan oleh Jinying Xu dan Weisheng Lu (2022). Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivist, dengan teknik pengumpulan data primer melalui wawancara mendalam dan data sekunder melalui studi literatur. Hasil analisis menunjukkan bahwa SIDARA dapat memfasilitasi kolaborasi dan komunikasi yang baik antara pemerintah daerah dan pusat, merampingkan struktur organisasi di tingkat pusat, serta mampu mengefesiensikan proses organisasi terkait pengusulan pejabat dari manual menjadi online. Namun, perlu upaya perbaikan khususnya dalam hal sosialisasi lanjutan bagi user di daerah dan terhadap resistensi di tingkat daerah untuk melakukan update profil pejabat dan unggah berita acara pelantikan. Selain itu, secara teknis, anggaran yang terbatas untuk pengembangan aplikasi, bias pemerintah daerah terhadap salah satu calon yang diusulkan, verifikasi data masih sepenuhnya dilakukan manusia, serta belum meratanya pembaruan perangkat keras untuk mengoperasikan SIDARA menjadi hambatan tersendiri.

To realize an Electronic-Based Government System (SPBE), the Directorate of Population and Civil Registration of the Ministry of Home Affairs established the Database Information System for Regional Population and Civil Registry Officials (SIDARA) as mandated by Permendagri No. 76 of 2015 which was later replaced by Permendagri No. 60 of 2021. This application not only functions as a database for Regional Dukcapil Officials but is also useful in the process of appointing and dismissing officials in work units in charge of population administration in Provinces and Regencies/Cities. Since SIDARA was actively operating in 2020, there have been no studies to evaluate SIDARA's success rate. This research analyzes the success of SIDARA implementation using the HOT (Human, Organization and Technology) Fit evaluation model by Jinying Xu and Weisheng Lu (2022). This research uses a post-positivist paradigm, with primary data collection techniques through in-depth interviews and secondary data through literature studies. The results of the analysis show that SIDARA can facilitate good collaboration and communication between regional and central governments, streamline the organizational structure at the central level, and be able to streamline organizational processes related to nominating officials from manual to online. However, improvement efforts are needed, especially in terms of further socialization for users in the regions and against resistance at the regional level to updating official profiles and uploading news of inauguration events. Apart from that, technically, the limited budget for application development, local government bias towards one of the proposed candidates, data verification is still completely carried out by humans, and the uneven distribution of hardware updates to operate SIDARA are the obstacles."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dabutar, Yodaimer Tsedeqia
"Penerapan e-government melalui Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) bertujuan untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan transparansi layanan administrasi kependudukan. Penelitian ini mengevaluasi efektivitas penerapan SIAK di Kabupaten Toba dengan fokus pada dimensi kecepatan layanan, akurasi data, ketersediaan layanan, infrastruktur, dan kepuasan pengguna. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksplanatif. Data dikumpulkan melalui survei, wawancara, dan analisis dokumen, kemudian dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan SIAK secara umum telah memberikan dampak positif terhadap layanan administrasi kependudukan di Kabupaten Toba, terutama dalam hal kecepatan layanan dan akurasi data. Namun, terdapat kendala signifikan pada aspek infrastruktur dan keterampilan sumber daya manusia (SDM) yang masih memerlukan peningkatan. Selain itu, partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan sistem ini perlu ditingkatkan melalui sosialisasi dan edukasi yang lebih efektif. Penelitian ini memberikan rekomendasi strategis berupa pengembangan infrastruktur teknologi, pelatihan SDM, dan peningkatan literasi digital masyarakat. Implementasi hasil penelitian ini diharapkan dapat mengoptimalkan manfaat SIAK dalam mendukung tata kelola pemerintahan yang lebih baik di Kabupaten Toba.

Information System (SIAK) aims to enhance the effectiveness, efficiency, and transparency of population administration services. This study evaluates the effectiveness of SIAK implementation in Toba Regency by focusing on service speed, data accuracy, service availability, infrastructure, and user satisfaction dimensions. A quantitative approach with an explanatory design was employed. Data were collected through surveys, interviews, and document analysis, and analyzed using descriptive and inferential statistical techniques. The results indicate that the implementation of SIAK has generally had a positive impact on population administration services in Toba Regency, particularly in terms of service speed and data accuracy. However, significant challenges remain in the areas of infrastructure and human resource (HR) capacity, which require improvement. Furthermore, public participation in utilizing this system needs to be increased through more effective outreach and education efforts. This study provides strategic recommendations, including the development of technological infrastructure, HR training, and enhancing public digital literacy. The implementation of these findings is expected to optimize the benefits of SIAK in supporting better governance in Toba Regency. "
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hery Hermawanto
"Sistem Informasi Pendidikan Tenaga Kesehatan (Man Power of Health Education Information System) telah dikembangkan lebih dari 5 (lima) tahun yang lalu. Sistem informasi tersebut diimpiementasikan di 3 (tiga) tingkatan yaitu tingkat pusat, tingkat propinsi, dan tingkat institusi. Pada awalnya sistem tersebut dimulai dari laporan secara manual hingga pada 5 (lima) tahun yang lalu telah dibangun dalam basis komputer. Program aplikasi (software) yang dikembangkan diletakkan di Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan, Dinas Kesehatan Propinsi dan Institusi Pendidikan Tenaga Kesehatan.
Hasil penelitian yang dilakukan di DKI Jakarta (1998) dan di Padang, Sumatera Barat (2000) menunjukkan bahwa 34% institusi output software tidak sesuai dengan kebutuhan institusinya, dan setiap periode laporan (Maret-September) masih terjadi keterlambatan dan ketidaklengkapan laporan dari sejumlah institusi. Selain itu sering terjadi kegagalan dalam proses installing software dan kegagalan fungsi-fungsi yang ada dalam software dimaksud. Masih terdapat kelemahan software yang lain yaitu sulit untuk melakukan editing dan tampilan antar muka (interface) yang kurang menarik.
Untuk mempelajari sistem tersebut dilakukan wawancara mendalam yang dilakukan di salah satu institusi pendidikan tenaga kesehatan tertua di Indonesia yaitu Akademi Kesehatan Lingkungan Jakarta. Hasil wawancara tersebut menunjukkan bahwa secara umum software yang dikembangkan selama ini tidak banyak membantu dalam hal pengelolaan data di institusi. Hal tersebut terbukti bahwa di akaderni tersebut data yang ada belum terorganisir dengan baik, belum terintegrasi dan masih banyak duplikasi. Data input software tersebut belum memuat nilai per mata kuliah sehingga untuk menyiapkan daftar prestasi akademik diperlukan waktu 2 - 3 bulan. Untuk mencetak output software tersebut diperlukan printer khusus yaitu printer besar. Selain itu untuk melakukan penyiapan data maupun pencarian data dibutuhkan langkah yang panjang dan waktu yang relatif lama. Kelemahan lain yang dirasakan adalah tidak menariknya tampilan antar muka, installing program yang tidak selalu berhasil dengan baik, serta langkah editing data yang tidak praktis.
Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dua hal yang perlu disempurnakan yaitu software pengelola data dan rancangan basis data yang ada di tingkat institusi. Untuk penyempurnaan tersebut makna software harus mampu mengintergrasikan data yang ada dan memuat nilai per mata kuliah, memiliki langkah operasional yang sederhana, mampu memproduksi output dalam waktu yang relatif singkat. Kelebihan (feature) lain yang diperlukan antara lain adalah mampu mencari data dengan cepat, output dapat dicetak di berbagai jenis printer, memiliki tampilan interface yang menarik, memiliki langkah editing data yang praktis dan memiliki tingkat kegagalan install yang rendah. Software yang menjadi solusi perrnasalahan tersebut adalah Program Aplikasi Basis Data yang dibangun dengan menggunakan Paradox 7.0 dan bahasa pemorgraman Borland Delphi 6.0. Dengan program aplikasi tersebut diharapkan dapat menunjang sistem informasi akademi kesehatan (Health Academy Information System).

Information System Design of 2001 Database Based Health AcademyManpower of Health Education Information System has 'been developed since 5 years ago. The information system has been implemented in 3 levels, namely central, provincial and institution levels. At first, such system was initiated from report manually until 5 years ago and since then a computer based system was developed. Application program (software) that was developed is resided at the Center for Manpower of Health Education, Health Agent of Provinces and Educational Institution of Manpower of Health.
The result of research conducted in Special Capital City of Jakarta (1998) and Padang, West Sumatera (2000) indicated that 34% of output software institution did not meet the needs of the institutions. And every report period (-March - September) still undertakes late and report incompleteness from a number of institutions. Besides, failure often occurred in installing software process and functions in concerned software. There were still many software weaknesses, difficulty in carrying out editing and less interesting interface performance.
To study such system, an in-depth interview was carried out in one of the oldest education institutions of manpower of health in Indonesia, the Academy of Environmental Health of Jakarta. The result of the interview indicated that in general the software developed up to now has not helped managing data in institution. It was proofed that in that institution the existing data have not yet been organized and integrated well and much duplication still could be found. The data input software has not covered the grades of subject of course so that to prepare academic achievement lists needs time of 2 - 3 months. To print the output software needs special printer, a large printer. In addition, to carry out data preparing or data searching needs long step and relatively long time. Other weaknesses found were the less interesting interface performance, installing program that did not always succeed well, and editing data that was unpractical.
From the results above, it can be concluded that two matter need to be perfected, namely software of data processing and database plan existing in the institutional levels. To solve these weaknesses the software should be able to integrate the existing data and cover grades for each course subject; have simple operational steps; able to produce output in relatively short time. Other necessary features are ability to search data fast, output can be printed in any types of printers, which possess an interesting interface performance; has practical editing steps and low level of installation failure. The software that can become the solution is Database Application Program developed by using Paradox 7.0 and the language programof Borland Delphi 6.0.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2001
T10681
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eki Rahmadian
"Skripsi ini membahas tentang perancangan sistem informasi untuk diaplikasikan pada sistem perparkiran. Sistem informasi ini terhubung dengan alat-alat tambahan, yaitu modul Radio Frequency Identification (RFID) dan kamera web. RFID berperan sebagai tanda pengenal otomatis, dan kamera web dipergunakan untuk sistem pengawasan sederhana. Pada sistem ini, RFID reader sebagai terminal pembaca RFID tag melakukan komunikasi secara serial dengan PC, dengan standar RS-232. Dengan menggunakan Java API untuk komunikasi serial, maka RFID terhubung dengan PC. Selanjutnya dengan Java Database Connectivity (JDBC), aplikasi berbasis bahasa pemrograman Java tersebut dapat terhubung ke sebuah sistem basis data, yang dalam skripsi ini digunakan basis data MySQL. Untuk menampilkan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh pengguna dan operator parkir, dipergunakan antarmuka web yang dibangun dengan bahasa pemrograman web dinamis Java Server Pages (JSP). Sistem informasi ini diharapkan mampu memberikan informasi yang cukup bagi setiap individu yang mengaksesnya, serta dapat membantu operator dalam hal pendataan dan keamanan.
Dari sistem yang telah dibuat, dilakukan tiga jenis pengujian. Pengujian ini dilakukan pada perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan. Pengujian fungsional sistem menunjukkan bahwa modul RFID mampu membaca tag kartu dengan baik, kemudian modul kamera membutuhkan jeda waktu minimal 0,5 detik untuk mengambil foto berdasarkan pergerakan objek, dan semakin besar objeknya, semakin sensitif kamera dalam mendeteksi pergerakan objek. Pengujian kompatibilitas menunjukkan bahwa dari kelima web browser yang digunakan, dua di antaranya kurang kompatibel dengan sistem informasi yang dibuat. Selain itu dari pengujian performa halaman web diperoleh rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk melakukan load setiap halamannya, yaitu berkisar pada 6000 sampai 18000 mikrosekon bergantung pada browser yang digunakan.

This final assignment discusses the design of an information system to be applied in parking system. This information system is connected with several devices including Radio Frequency Identification (RFID) module and web cameras. The RFID module is used as an automatic identification whereas the web cameras are used for simple surveillance system. The RFID reader which is used as the reader for RFID tag communicates with the PC using the serial port with an RS-232 standard. Using Java API for serial communication the RFID is connected to PC. Furthermore, Java Database Connectivity (JDBC) connects application to the database. To deliver informations which are needed by its user, a web interface built with dynamic web programming language -Java Server Pages (JSP) in this case- is developed. This information system is expected to deliver any kind of information required by anyone who is accessing it, and could help the operators and users in terms of physical security.
Three kinds of tests have been performed on hardware and software part of the system. System's functionality tests showed that the RFID module run well and read the tag properly. The cameras need minimum 0.5 seconds to capture photos based on motion detection. The bigger the object, the more sensitive the camera in detecting the motion of object. System's compatibility tests show that among five web browsers, two of them are not compatible with the information system. System's performance tests show that the average time which is needed to load every page is ranging from 6000 to 18000 microseconds subject the type of the browsers.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S51388
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Prothro, Vivian C.
New York: Mason/Petro-Charter Pub., 1976
005.74 PRO i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998
S39413
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Achmad Ghifari Taufiqurrochman
"Pejabat pengelola informasi dan dokumentasi atau PPID adalah sistem layanan informasi publik yang dimiliki oleh Kementerian Luar Negeri RI atau Kemlu RI. PPID bertugas melaksanakan kegiatan penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan pelayanan informasi publik. PPID merupakan implementasi Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP). Website PPID Kementerian Luar Negeri dapat diakses melalui tautan berikut https://e-ppid.kemlu.go.id/. Tetapi berdasarkan evaluasi singkat terhadap desain antarmuka website PPID Kemlu RI masih terdapat kekurangan pada aspek user experience. Berdasarkan landasan desain yang kami pakai yaitu Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface Design masih terdapat kekurangan dalam poin offer informative feedback, cater to universal usability, strive for consistency. Adanya penelitian ini ditujukan untuk memperdalam pemahaman mengenai permasalahan yang dirasakan oleh pengguna. Dari pemahaman tersebut akan diberikan output berupa desain alternatif website PPID Kemlu RI yang di desain dengan pendekatan User Centered Design (UCD). Selain itu, terdapat pula evaluasi desain antarmuka atau User Interface (UI) dan usability dengan metode usability testing dan contextual interview. Penelitian ini menghasilkan rancangan desain antarmuka yang memiliki skor evaluasi yang baik, dengan rata-rata success rate pada usability testing sebesar 97,8%. Penelitian ini kemudian ditutup dengan saran yang dapat diterapkan pada penelitian selanjutnya.

The information and documentation management officer or PPID is a public information service system owned by the Indonesian Ministry of Foreign Affairs or the Indonesian Ministry of Foreign Affairs. PPID is tasked with carrying out storage, documentation, provision and service of public information. PPID is an implementation of Law no. 14 of 2008 concerning Openness of Public Information (UU KIP). The PPID Ministry of Foreign Affairs website can be accessed via the following link https://e- ppid.kemlu.go.id/. However, based on a brief evaluation of the interface design of the Indonesian Ministry of Foreign Affairs' PPID website, there are still deficiencies in the user experience aspect. Based on the design basis that we use, namely Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface Design, there are still deficiencies in the points of offering informative feedback, catering to universal usability, striving for consistency. This research is aimed at deepening understanding of the problems felt by users. From this understanding, output will be provided in the form of an alternative design for the Indonesian Ministry of Foreign Affairs' PPID website which is designed using a User Centered Design (UCD) approach. Apart from that, there is also an evaluation of the interface design or User Interface (UI) and usability using the usability testing and contextual interview methods. This research produced an interface design that had a good evaluation score, with an average success rate in usability testing of 97.8%. This research then closes with suggestions that can be applied in further research."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Meutia Khalbi Yuventa
"Pejabat pengelola informasi dan dokumentasi atau PPID adalah sistem layanan informasi publik yang dimiliki oleh Kementerian Luar Negeri RI atau Kemlu RI. PPID bertugas melaksanakan kegiatan penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan pelayanan informasi publik. PPID merupakan implementasi Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP). Website PPID Kementerian Luar Negeri dapat diakses melalui tautan berikut https://e-ppid.kemlu.go.id/. Tetapi berdasarkan evaluasi singkat terhadap desain antarmuka website PPID Kemlu RI masih terdapat kekurangan pada aspek user experience. Berdasarkan landasan desain yang kami pakai yaitu Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface Design masih terdapat kekurangan dalam poin offer informative feedback, cater to universal usability, strive for consistency. Adanya penelitian ini ditujukan untuk memperdalam pemahaman mengenai permasalahan yang dirasakan oleh pengguna. Dari pemahaman tersebut akan diberikan output berupa desain alternatif website PPID Kemlu RI yang di desain dengan pendekatan User Centered Design (UCD). Selain itu, terdapat pula evaluasi desain antarmuka atau User Interface (UI) dan usability dengan metode usability testing dan contextual interview. Penelitian ini menghasilkan rancangan desain antarmuka yang memiliki skor evaluasi yang baik, dengan rata-rata success rate pada usability testing sebesar 97,8%. Penelitian ini kemudian ditutup dengan saran yang dapat diterapkan pada penelitian selanjutnya.

The information and documentation management officer or PPID is a public information service system owned by the Indonesian Ministry of Foreign Affairs or the Indonesian Ministry of Foreign Affairs. PPID is tasked with carrying out storage, documentation, provision and service of public information. PPID is an implementation of Law no. 14 of 2008 concerning Openness of Public Information (UU KIP). The PPID Ministry of Foreign Affairs website can be accessed via the following link https://e- ppid.kemlu.go.id/. However, based on a brief evaluation of the interface design of the Indonesian Ministry of Foreign Affairs' PPID website, there are still deficiencies in the user experience aspect. Based on the design basis that we use, namely Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface Design, there are still deficiencies in the points of offering informative feedback, catering to universal usability, striving for consistency. This research is aimed at deepening understanding of the problems felt by users. From this understanding, output will be provided in the form of an alternative design for the Indonesian Ministry of Foreign Affairs' PPID website which is designed using a User Centered Design (UCD) approach. Apart from that, there is also an evaluation of the interface design or User Interface (UI) and usability using the usability testing and contextual interview methods. This research produced an interface design that had a good evaluation score, with an average success rate in usability testing of 97.8%. This research then closes with suggestions that can be applied in further research."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sulkhi
"ABSTRAK
Posisi geografis kepulauan Indonesia yang berada di daerah tropis merupakan wilayah yang mempunyai kepadatan sambaran petir yang cukup tinggi. Data petir merupakan hal penting dalam mendukung pembangunan suatu wilayah terkait keselamatan manusia, infrastruktur, sarana umum dan mitigasi bencana alam. Pengamatan petir termasuk dalam salah satu parameter geofisika potensial yang diamati oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dengan alat deteksi petir Lightning Detector Boltek Storm Tracker. Penelitian ini bertujuan untuk integrasi data petir dengan prinsip multistation dari hasil pengamatan 11 sensor yang berada di Pulau Jawa. Integrasi data petir dengan prinsip multistation adalah teknik yang akurat dalam penentuan lokasi sambaran petir dengan menggunakan machine learning algoritme Ordering Points to Identify the Clustering Structure (OPTICS). Integrasi data petir dengan klasterisasi menggunakan parameter input nilai MinPts 5 dan Epsilon 0,5 diperoleh nilai SSE yang mendekati 0 menandakan bahwa model klaster mempunyai komponen kesalahan acak kecil. Rata-rata nilai SSE sebesar 0,258. Data petir yang valid dan terintegrasi dimanfaatkan untuk analisis pemetaan informasi daerah rawan petir yang ditampilkan dalam bentuk dashboard website.

ABSTRACT
The geographical position of the Indonesian archipelago is located in the tropics is a region that has a density high enough to lightning strikes. Lightning data is important in supporting regional development related human safety, infrastructure, public facilities and mitigation of natural disasters. Lightning observations are included in one of the potential geophysical parameters observed by the Climatology and Geophysics Meteorological Agency (BMKG) with Lightning Detector Boltek Storm Tracker Lightning Detector. This study aims at the integration of lightning data with the principles of observation multistation 11 sensors are located in Java. The integration of lightning data with the principle of multistation is an accurate technique in determining the location of lightning strikes using the machine learning algorithm Ordering Points to Identify the Clustering Structure (OPTICS). The integration of lightning data by clustering using input parameter values ​​5 and Epsilon 0.5 MinPts obtained SSE value close to 0 indicates that the model has a cluster of small random error component. The average SSE value is 0.258. Lightning data valid and integrated mapping used for the analysis of the information displayed lightning vurnerability areas in the form of dashboards website."
2020
T55284
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Teguh Mulyono
"ABSTRAK
Tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) dewasa ini menjadi tuntutan yang berkembang dari masyarakat. Pemerintah sebagai pelayan masyarakat memiliki kewajiban untuk mewujudkan harapan masyarakat tersebut. Salah satu bentuk upaya pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam proses penyelenggaraan pemerintahan atau yang dikenal dengan e-government yang kemudian diatur dalam peraturan presiden RI sebagai Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Dalam pengembangan SPBE tersebut diperlukan suatu perencanaan dan kebijakan strategis yang tepat agar manfaatnya betul-betul efektif dan mampu mendukung serta meningkatkan kinerja pemerintah di tengah berbagai kebijakan yang menuntut efisiensi dan transparansi anggaran. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun perencanaan strategis sistem informasi (PSSI) untuk Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Cirebon menggunakan metodologi Peppard dan Ward dengan mengkombinasikan beberapa alat analisis seperti Critical Success Factor, Value Chain Analysis dan SWOT untuk menghasilkan usulan rancangan strategis sistem informasi yang terdiri dari strategi SI, strategi TI, dan strategi manajemen SI/TI, sehingga pengembangan SI/TI bukan lagi sebagai cost center tetapi diposisikan sebagai pemungkin (enabler) yang memberikan nilai dan manfaat (value center) bagi organisasi dan pemerintah daerah. Dengan adanya PSSI ini diharapkan mampu memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi organisasi dalam menjalankan aktivitas bisnisnya.

ABSTRACT
Good governance today is a growing demand from the community. The government as a public servant has an obligation to realize the expectations of the community. One form of government efforts to improve service to the community and realize good governance is by utilizing information technology in the process of administering government, known as e-government, which is then regulated in the presidential regulation of Indonesia as an Electronic-Based Government System. In developing the Electronic-Based Government System, it is necessary to have appropriate strategic planning and policies so that the benefits are truly effective and able to support and improve government performance amid policies that demand budget efficiency and transparency. This study aims to develop an Information System Strategic Planning for Regional Civil Service and Training Agency of Cirebon using the Peppard and Ward methodology by combining several analytical tools such as the Critical Success Factor, Value Chain Analysis and SWOT to produce strategic design proposals information system consisting of IS strategies, IT strategies, and IS / IT management strategies, so that the development of IS / IT is no longer a cost center but is positioned as an enabler that provides value and benefit to organizations and local governments. With the information system strategic planning existence of , it is expected to be able to provide solutions to the problems faced by the organization in carrying out its business activities."
2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>