Ditemukan 95313 dokumen yang sesuai dengan query
Valentino Herdyan Permadi
"Perkembangan teknologi saat ini sudah mampu menunjang kegiatan belajar mengajar secara daring. Salah satu metode yang digunakan untuk melakukan kegiatan tersebut adalah secara asinkronus. Umumnya, materi yang disampaikan secara asinkronus menggunakan video pemelajaran. Pengajar mengunggah video pemelajaran pada sebuah layanan Learning Management System (LMS) dan siswa menggunakan video tersebut sebagai bahan belajar. Siswa tunarungu mengalami kesulitan mengikuti kegiatan pemelajaran dengan media tersebut karena kurangnya fitur aksesibilitas pada LMS yang digunakan. Fasilkom UI sebelumnya sudah mengembangkan modul pengubah suara menjadi teks dengan Automatic Speech Recognition (ASR) dan pengubah teks menjadi animasi bahasa isyarat (Text-to-Gesture). LMS yang digunakan adalah Moodle. Pada penelitian ini, dikembangkan suatu layanan yang bisa mengintegrasikan modul ASR dengan aplikasi Text-to-Gesture. Penelitian ini mengembangkan sebuah Application Programming Interface (API) yang bisa menerima hasil ASR dan mengirimkannya ke aplikasi Text-to-Gesture. Animasi dibangkitkan dengan aplikasi Text-to-Gesture yang di saat bersamaan direkam dan kemudian diproses menggunakan FFmpeg. Hasil prosesnya kemudian dikirimkan kembali ke Moodle untuk disajikan sebagai bahan ajar. Pada penelitian ini disimpulkan pengembang dapat membuat sebuah API yang bisa menghubungkan modul ASR pada Moodle dengan aplikasi Text-to-Gesture. API yang dibuat juga bisa dihubungkan dengan aplikasi lain selain Moodle selama mengikuti format yang sama dengan modul ASR.
The current technology development has been able to support online learning activities. One of the methods used for such activities is asynchronous learning. Typically, asynchronous learning materials utilize instructional videos. Educators upload instructional videos to a Learning Management System (LMS), and students use these videos as learning materials. Deaf students face difficulties in following the learning activities with these media due to the lack of accessibility features in the LMS being used. Previously, Fasilkom UI has developed modules to convert speech into text using Automatic Speech Recognition (ASR) and to convert text into sign language animations (Text-to-Gesture). The LMS used in this research is Moodle. In this study, a service was developed to integrate the ASR module with the Text-to-Gesture application. An Application Programming Interface (API) was developed to receive ASR results and send them to the Text-to-Gesture application. The animations that are generated using the Text-to-Gesture application are recorded and then processed using FFmpeg. The processed results are then sent back to Moodle to be presented as teaching materials. This research concludes that developers can create an API to connect the ASR module in Moodle with the Text-to-Gesture application. The created API can also be connected to other applications as long as they follow the same format as the ASR module."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Evando Wihalim
"Dengan berkembangnya pengetahuan di bidang teknologi, kegiatan belajar mengajar tidak hanya dapat dilakukan secara tatap muka. Kegiatan belajar mengajar ini dapat didukung dengan memanfaatkan suatu learning management system (LMS) berbasis web. LMS biasanya mampu untuk menyimpan video pemelajaran baik itu rekaman kelas maupun rekaman materi yang disampaikan oleh pengajar. Video pemelajaran pada LMS ini dapat diakses oleh semua orang termasuk para pelajar tunarungu. Video pemelajaran biasanya terdiri atas kumpulan gambar dan suara. Suara ini sulit didengar oleh penyandang tunarungu sehingga mereka mengalami kesulitan dalam memahami isi video pemelajaran. Untuk melawan keterbatasan pendengaran, penyandang tunarungu kerap menggunakan komunikasi total dalam keseharian mereka. Komunikasi total adalah komunikasi yang tidak hanya melibatkan mulut dan telinga namun juga mata, gerakan bibir, gerakan tangan, dan lain-lain. Untuk menghadirkan komunikasi total pada video pemelajaran, dibutuhkan suatu sistem yang dapat mengubah video menjadi gerakan animasi bahasa isyarat. Fasilkom UI telah mengembangkan modul untuk mengubah teks menjadi animasi bahasa isyarat. Dengan demikian, diperlukan suatu sistem yang dapat mengubah video menjadi teks. Pada penelitian ini, dikembangkan sistem pengubah video menjadi teks yang dapat diintegrasikan dengan LMS khususnya Moodle. Pada penelitian ini juga dibahas mengenai perbandingan dua model Automatic Speech Recogniton (ASR), yakni: Google Speech-to-Text dan Wav2Vec2-Large-XLSRIndonesian. Pada penelitian ini didapatkan kesimpulan bahwa pengembang dapat membuat sebuah modul aktivitas Moodle yang dapat diintegrasikan dengan LMS Moodle dan layanan lain di luar LMS. Tak hanya itu, berdasarkan hasil analisis yang dilakukan pada penelitian ini, model Google Speech-to-Text terbukti mampu memberikan rata-rata hasil transkripsi video pemelajaran yang lebih akurat dan lebih cepat daripada model Wav2Vec2-Large-XLSR-Indonesian.
With the growth of technology, teaching and learning activities are no longer limited to classroom. Now teaching and learning activities can be supported by utilizing Learning Management System (LMS). LMS often have the feature to store recordings, be it class session recordings or learning materials video. These recordings could be accessed by anyone, from normal students to students with hearing impairment. These learning videos are composed of images and sounds. Students with hearing impairment would have trouble with hearing those sounds. To combat their hearing problems, students with hearing impairment would use total communication in their everyday lives. Total communication is a communication that not only involves the mouth and the ears, but also eyes, lips, hand movements, and so on. To bring this total communication into the video, a system that could convert the video into sign language animation is needed. Fasilkom UI have developed a system that could convert text into a sign language animation. And so, a system that could convert the video into a text. In this research a system that could convert video into text that could be integrated with LMS, especially Moodle, will be developed. This research also discusses the comparison between two Automatic Speech Recognition (ASR) models, one from Google, and one being a community-developed open-source project. This research managed to develop a Moodle activity module that could be integrated with the LMS itself and other remote services. And also, this research founds that, based on our analysis, the Google Speech-to-text model could give better and faster transcription results of the learning videos compared to Wav2Vec2-Large-XLSR-Indonesian model."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Evando Wihalim
"
Dengan berkembangnya pengetahuan di bidang teknologi, kegiatan belajar mengajar tidak hanya dapat dilakukan secara tatap muka. Kegiatan belajar mengajar ini dapat didukung dengan memanfaatkan suatu learning management system (LMS) berbasis web. LMS biasanya mampu untuk menyimpan video pemelajaran baik itu rekaman kelas maupun rekaman materi yang disampaikan oleh pengajar. Video pemelajaran pada LMS ini dapat diakses oleh semua orang termasuk para pelajar tunarungu. Video pemelajaran biasanya terdiri atas kumpulan gambar dan suara. Suara ini sulit didengar oleh penyandang tunarungu sehingga mereka mengalami kesulitan dalam memahami isi video pemelajaran. Untuk melawan keterbatasan pendengaran, penyandang tunarungu kerap menggunakan komunikasi total dalam keseharian mereka. Komunikasi total adalah komunikasi yang tidak hanya melibatkan mulut dan telinga namun juga mata, gerakan bibir, gerakan tangan, dan lain-lain. Untuk menghadirkan komunikasi total pada video pemelajaran, dibutuhkan suatu sistem yang dapat mengubah video menjadi gerakan animasi bahasa isyarat. Fasilkom UI telah mengembangkan modul untuk mengubah teks menjadi animasi bahasa isyarat. Dengan demikian, diperlukan suatu sistem yang dapat mengubah video menjadi teks. Pada penelitian ini, dikembangkan sistem pengubah video menjadi teks yang dapat diintegrasikan dengan LMS khususnya Moodle. Pada penelitian ini juga dibahas mengenai perbandingan dua model Automatic Speech Recogniton (ASR), yakni: Google Speech-to-Text dan Wav2Vec2-Large-XLSRIndonesian. Pada penelitian ini didapatkan kesimpulan bahwa pengembang dapat membuat sebuah modul aktivitas Moodle yang dapat diintegrasikan dengan LMS Moodle dan layanan lain di luar LMS. Tak hanya itu, berdasarkan hasil analisis yang dilakukan pada penelitian ini, model Google Speech-to-Text terbukti mampu memberikan rata-rata hasil transkripsi video pemelajaran yang lebih akurat dan lebih cepat daripada model Wav2Vec2-Large-XLSR-Indonesian.
With the growth of technology, teaching and learning activities are no longer limited to classroom. Now teaching and learning activities can be supported by utilizing Learning Management System (LMS). LMS often have the feature to store recordings, be it class session recordings or learning materials video. These recordings could be accessed by anyone, from normal students to students with hearing impairment. These learning videos are composed of images and sounds. Students with hearing impairment would have trouble with hearing those sounds. To combat their hearing problems, students with hearing impairment would use total communication in their everyday lives. Total communication is a communication that not only involves the mouth and the ears, but also eyes, lips, hand movements, and so on. To bring this total communication into the video, a system that could convert the video into sign language animation is needed. Fasilkom UI have developed a system that could convert text into a sign language animation. And so, a system that could convert the video into a text. In this research a system that could convert video into text that could be integrated with LMS, especially Moodle, will be developed. This research also discusses the comparison between two Automatic Speech Recognition (ASR) models, one from Google, and one being a community-developed open-source project. This research managed to develop a Moodle activity module that could be integrated with the LMS itself and other remote services. And also, this research founds that, based on our analysis, the Google Speech-to-text model could give better and faster transcription results of the learning videos compared to Wav2Vec2-Large-XLSR-Indonesian model."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Amalia Hanisafitri
"Pada era pandemi COVID-19 seperti ini, sistem pembelajaran dialihkan menjadi pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan secara online, tak terkecuali dengan kegiatan ujian. Sistem pembelajaran jarak jauh membutuhkan berbagai sarana teknologi yang dapat mendukung proses penilaian keseluruhan pembelajaran seperti sistem Computer-Based Test (CBT). Salah satu sarana yang mendukung dalam pengukuran pemahaman siswa yaitu dengan concept map. Penilaian pada concept map biasanya sulit dilakukan karena tidak ada batasan bagaimana concept map harus dibangun. Oleh karena itu, terdapat pendekatan alternatif lain yaitu framework Kit-Build concept map. Saat ini, sudah ada plugin question type pada Moodle untuk jawaban berupa concept map, namun belum terdapat plugin question type pada Moodle berupa concept map yang menerapkan metode Kit-Build. Penelitian ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dosen dan mahasiswa terkait pelaksanaan ujian online dengan menciptakan plugin question type pada Moodle berupa concept map dengan metode Kit-Build. Penelitian ini menggunakan metode Software Development Life Cycle (SDLC) Waterfall untuk pengembangan dan User-Centered Design untuk perancangan desain antarmuka. Dengan ini, penelitian menghasilkan plugin question type pada Moodle dengan metode Kit-Build untuk dosen dan mahasiswa. Selanjutnya, dilakukan evaluasi untuk menilai usability perancangan desain secara kualitatif dengan usability testing dan kuantitatif melalui kuesioner System Usability Scale. Selain itu, dilakukan functional test untuk melakukan validasi apakah kebutuhan fungsional yang dikembangkan sudah terpenuhi atau tidak. Hasil perhitungan dari evaluasi SUS menunjukkan skor 86.428 dengan predikat A yang artinya sudah cukup baik.
In the era of the COVID-19 pandemic, the systems of learning that we normally use has shifted towards a more online and distance learning, an example of this is the implementation of online exam activities held through zoom. Distance learning systems require various technological tools that can support the overall learning assessment process such as the Computer-Based Test (CBT) system. One of the tools that supports the measurement of student understanding is the concept map. Assessment of a concept map is usually difficult because there are no limits as to how the concept map should be constructed. However, there is an alternative approach to solve this issue which is through the Kit-Build concept map framework. Currently, there is a question type plugin on Moodle for answers in the form of concept maps, but there is no question type plugin on Moodle in the form of concept maps that apply to the Kit-Build method. This study aims to meet the needs of lecturers and students regarding the implementation of online exams by creating a question type plugin on Moodle in the form of a concept map using the Kit-Build method. This research uses the Waterfall Software Development Life Cycle (SDLC) method for development and User-Centered Design for interface design. With this, the research resulted in a question type plugin on Moodle with the Kit-Build method for lecturers and students. Furthermore, an evaluation was carried out to assess the usability of the design qualitatively through usability testing and quantitatively through the System Usability Scale questionnaire. In addition, a functional test is conducted to validate whether the functional requirements developed have been met or not. Using the SUS evaluation, we also managed to accumulate a score of 86,428 with an A predicate, this number indicates an excellent result."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Amalia Hanisafitri
"Pada era pandemi COVID-19 seperti ini, sistem pembelajaran dialihkan menjadi pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan secara online, tak terkecuali dengan kegiatan ujian. Sistem pembelajaran jarak jauh membutuhkan berbagai sarana teknologi yang dapat mendukung proses penilaian keseluruhan pembelajaran seperti sistem Computer-Based Test (CBT). Salah satu sarana yang mendukung dalam pengukuran pemahaman siswa yaitu dengan concept map. Penilaian pada concept map biasanya sulit dilakukan karena tidak ada batasan bagaimana concept map harus dibangun. Oleh karena itu, terdapat pendekatan alternatif lain yaitu framework Kit-Build concept map. Saat ini, sudah ada plugin question type pada Moodle untuk jawaban berupa concept map, namun belum terdapat plugin question type pada Moodle berupa concept map yang menerapkan metode Kit-Build. Penelitian ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dosen dan mahasiswa terkait pelaksanaan ujian online dengan menciptakan plugin question type pada Moodle berupa concept map dengan metode Kit-Build. Penelitian ini menggunakan metode Software Development Life Cycle (SDLC) Waterfall untuk pengembangan dan User-Centered Design untuk perancangan desain antarmuka. Dengan ini, penelitian menghasilkan plugin question type pada Moodle dengan metode Kit-Build untuk dosen dan mahasiswa. Selanjutnya, dilakukan evaluasi untuk menilai usability perancangan desain secara kualitatif dengan usability testing dan kuantitatif melalui kuesioner System Usability Scale. Selain itu, dilakukan functional test untuk melakukan validasi apakah kebutuhan fungsional yang dikembangkan sudah terpenuhi atau tidak. Hasil perhitungan dari evaluasi SUS menunjukkan skor 86.428 dengan predikat A yang artinya sudah cukup baik.
In the era of the COVID-19 pandemic, the systems of learning that we normally use has shifted towards a more online and distance learning, an example of this is the implementation of online exam activities held through zoom. Distance learning systems require various technological tools that can support the overall learning assessment process such as the Computer-Based Test (CBT) system. One of the tools that supports the measurement of student understanding is the concept map. Assessment of a concept map is usually difficult because there are no limits as to how the concept map should be constructed. However, there is an alternative approach to solve this issue which is through the Kit-Build concept map framework. Currently, there is a question type plugin on Moodle for answers in the form of concept maps, but there is no question type plugin on Moodle in the form of concept maps that apply to the Kit-Build method. This study aims to meet the needs of lecturers and students regarding the implementation of online exams by creating a question type plugin on Moodle in the form of a concept map using the Kit-Build method. This research uses the Waterfall Software Development Life Cycle (SDLC) method for development and User-Centered Design for interface design. With this, the research resulted in a question type plugin on Moodle with the Kit-Build method for lecturers and students. Furthermore, an evaluation was carried out to assess the usability of the design qualitatively through usability testing and quantitatively through the System Usability Scale questionnaire. In addition, a functional test is conducted to validate whether the functional requirements developed have been met or not. Using the SUS evaluation, we also managed to accumulate a score of 86,428 with an A predicate, this number indicates an excellent result."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Wandi Barasa
"Manfaat yang dirasakan dengan adanya e-learning pada teknologi informasi sekarang ini perlu dirasakan juga dalam pendidikan pesantren. e-Pesantren merupakan bentuk pengembangan e-learning yang dirancang berdasarkan metode pembelajaran yang ada di pesantren yang dibangun dari LMS opensource Moodle sehingga sistem yang dibuat dapat mengakomodasi kebutuhan pesantren. Paltform ini dikembangkan dengan penggunaan dan penambahan modul-modul pada Moodle yang disesuaikan dengan metode pembelajaran pada pesantren, seperti sorogan, hafalan, bandongan dan halaqah. Selain itu, aspek lainnya seperti bahasa, peran, optimalisasi antarmuka dan integrasi komponen pendukung juga mengalami penyesuaian, yang pada akhirnya didapat komposisi baru e-Pesantren yang siap untuk diimplementasikan di pesantren.
Pengujian performa dilakukan dengan metode load testing pada 4 halaman sampel dengan jumlah beban yang divariasikan dan dilakukan dalam jaringan lokal atau LAN. Hasilnya menunjukkan bahwa response time terbesar yang didapat oleh e-Pesantren adalah 4,946 detik untuk halaman kuis. Hasil load testing ini menunjukkan bahwa response time dari aplikasi web e-Pesantren berada dalam taraf nyman. Selain itu, pengujian secara subyektif dengan survei menunjukkan bahwa secara keseluruhan aspek-aspek seperti kemudahan, kelengkapan fitur, antarmuka dan beberapa aspek lainnya dapat dicapai.
The perceived benefits with the existence of e-learning in information technology this day needs to be felt also in the e-learning education. e-Pesantren is a form of e-learning development that is designed based on existing learning methods in pesantren which are built from open source Moodle LMS so that the system created to accommodate the needs of pesantren. This platform was developed with the use and addition of modules in Moodle based on learning methods in pesantren, such as sorogan, hafalan, bandongan and halaqah. Besides, other aspects such as language, role, optimizing the interface and integration of supporting components is also experiencing an adjustment, which eventually built a composition of e-Pesantren that is ready to be implemented at pesantren. Performance test conducted in Local Area Network using the load testing method on 4 page sample with variation in amount of load. The results show that the largest response time obtained by e-Pesantren is 4.946 seconds for the quiz page. This result show that response time of this web application performance is in the level of comfort. Besides that, test based on subjective using survey indicate that overall aspects such as ease of use, completeness of features, interface and some other aspects can be achieved. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S718
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Cut Syifa Salvira
"Bahasa yang dapat diakses anak tunarungu secara natural adalah bahasa isyarat. Pada usia kritis, anak perlu secara reguler medapat pemaparan bahasa yang dapat diakses atau anak akan mengalami kendala dalam berbahasa yang berujung pada kendala lain. Namun, banyak orang tua mendengar yang belum menyadari sepenuhnya metode yang baik dalam mengajarkan dan berkomunikasi dengan bahasa isyarat. Penelitian ini bertujuan memberikan solusi bagi para orang tua anak tunarungu mempelajari bahasa isyarat agar dapat mendidik dan berkomunikasi dengan anak melalui bahasa yang dapat diakses anak tunarungu. Pengembangan desain antarmuka solusi aplikasi ini menggunakan metode user-centered design. Pengumpulan masalah dan kebutuhan dilakukan dengan melakukan wawancara dengan orang tua anak tunarungu dan wawancara dengan psikolog. Setelah desain antarmuka dibuat dalam bentuk prototipe, dilakukan evaluasi kualitatif dengan usability testing dan kuantitatif dengan System Usability Scale (SUS). Berdasarkan hasil evaluasi yang diberikan pengguna, aplikasi pembelajaran bahasa isyarat untuk orang tua memiliki usability yang cukup baik dan memiliki skor SUS yang cukup tinggi.
The language that deaf children can naturally access is sign language. At the critical age, children need to start learning their accessible language otherwise children will have language deprivation that can leads to other cognitive problems. However, many hearing parents do not understand good methods on how to teach children and communicating with sign language. This research provides a solution for parents of deaf children to learn basic of language that is accessible for deaf children, sign language. The interface of this application was designed using user-centered design approach. Requirement gathering was done by conducting interviews with parents of deaf children and interview with a psychologist. After the prototype was made, the design evaluated qualitatively by conducting usability testing and quantitatively using System Usability Scale (SUS). Based on the evaluation results, sign language learning application for parents have overall good usability and have a fairly high SUS score."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Aulia Astrico Pratama
"SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia) merupakan bahasa isyarat resmi yang digunakan oleh penyandang tunarungu di Indonesia untuk berkomunikasi sehari- hari baik dengan sesama penyandang tunarungu maupun orang non-tunarungu. Adanya aplikasi penerjemah gerakan Bahasa isyarat ke teks akan sangat membantu proses komunikasi antara tunarungu dan non-tunarungu. Salah satu fitur yang dibutuhkan untuk pengembangan model penerjemah SIBI adalah informasi kerangka manusia (skeleton). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metode ekstraksi fitur kerangka manusia dari citra video telepon pintar untuk melatih model pembelajaran mesin LSTM (Long Short-Term Memory) pengenal gerakan kata dasar SIBI. Metode ekstraksi fitur yang dikembangkan menggunakan Haar Cascade untuk identifikasi titik bahu, algoritma Lucas-Kanade untuk melacak titik tangan, dan menggunakan interpolasi antara titik bahu dan tangan untuk mengidentifikasi titik siku. Dari titik-titik skeleton tersebut, dihitung sudut antara bahu dan lengan atas, serta bahu dan lengan bawah. Hasil ekstraksi digunakan sebagai input untuk model pembelajaran mesin LSTM yang telah dikembangkan sebelumnya. Penelitian ini berhasil mengembangkan metode ekstraksi skeleton yang saat dimasukkan ke model LSTM menghasilkan model dengan akurasi terbaik hingga 84.64%. Model dengan akurasi terbaik tersebut adalah model LSTM 2 layer dan dilatih dengan parameter jumlah hidden unit 512, jumlah batch 100, dan iterasi training 1800 epoch.
SIBI (Indonesian Language Sign System) is the official sign language system used by deaf people in Indonesia to communicate with each other and with non-deaf people. An application that can translate the sign language movement from video to text would be very useful to help communication between deaf and non-deaf people. One of the features needed to develop a model to translate sign language gesture is the subject’s skeleton. This research aims to develop a method to extract skeleton feature from smartphone video image to be used to train an LSTM (Long Short-Term Memory) machine learning model to translate gestures of SIBI base words. The developed method used Haar Cascade to identify shoulder points, Lucas-Kanade Algorithm to track hand points, and interpolate elbow points based on the location of previously known shoulder and hand points. From those skeleton points, the angles between shoulder and upper arm, and the shoulder between upper and lower arm are computed. This extraction result is then fed into a previously- developed LSTM machine learning model as training data. This research successfully develops a skeleton extraction method that when fed into LSTM model resulted in a model that can achieve accuracy up to 84.64%. This best model is LSTM with 2 layers, and trained with 512 hidden units, 100 batch size, and 1800 training epoch."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2018
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Sianipar, Igor Lestin author
"Sebagai bentuk interaksi sosial, komunikasi menjadi salah satu hal yang tidak dapat dihindari. Komunikasi menjadi metode yang paling mudah untuk diterapkan oleh setiap orang untuk saling bertukar informasi. Informasi yang diperoleh akan sangat bergantung pada proses komunikasi yang berlangsung. Bagi teman tuli, komunikasi menjadi hal yang cukup sulit dilakukan apabila hendak berinteraksi dengan teman dengar. Begitu juga sebaliknya, teman dengar akan kesulitan apabila melakukan hal yang serupa. Terdapat salah satu aplikasi yang dapat mengatasi kesulitan interaksi bagi teman tuli, yaitu sistem aplikasi SIBI. Sistem aplikasi SIBI mampu membantu penggunanya untuk berkomunikasi kepada sesama pengguna dengan menerjemahkan bahasa isyarat SIBI menjadi teks bahasa Indonesia begitu juga sebaliknya. Namun ternyata sistem aplikasi ini dirasa belum cukup membantu penggunanya ditinjau dari sisi desain interaksinya. Melalui permasalahan tersebut, penelitian ini hadir untuk meningkatkan kualitas desain interaksi sistem aplikasi SIBI yang diharapkan kan berdampak pada meningkatnya kualitas komunikasi bagi teman tuli. Penulis merancang suatu alternatif desain untuk menjawab permasalahan yang ada dengan menerapkan user centered design. Hasil dari desain alternatif tersebut akan ditinjau ulang hingga akhirnya menghasilkan suatu rekomendasi desain sistem aplikasi SIBI yang merupakan hasil akhir dari penelitian ini.
As a one of many forms of social interaction, communication is something that cannot be replaced. Communication is the easiest method for everyone to use to take and give the information. The information that obtained will be very useful based on the ongoing communication process before. For deaf peoples, communication becomes a difficult thing to do when they want to interact with a normal people and also a normal people will find it difficult to do the same thing. There is one application that can solve the difficulties, named SIBI application system. SIBI application system able to help the users to communicate with other users by translating the SIBI language into Indonesian text and vice versa. However, it turns out that this application system is not helpful enough to use in an interaction design point of view. Through this problem, this research is to improve the quality of the interaction design of the SIBI application system which is expected to have an impact on the quality of communication for deaf friends. The author will design an alternative design to answer the existing problems by implementing a user-centered design. The results of the alternative designs will be reviewed to finally produce a recommendation for the SIBI application system design which is the final result of this research."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Nara Brahma Pramodana
"Pada Skripsi ini akan dibahas mengenai penggunaan sebuah sistem penilaian esai otomatis dengan menggunakan metode Latent Semantic Analysis (LSA) pada sebuah media pembelajaran elektronik. Sistem penilaian esai yang digunakan adalah SIMPLE-O yang merupakan sistem penilaian esai otomatis yang menggunakan LSA.
Pada skripsi ini suatu bagian perhitungan esai yang ada pada SIMPLE-O diimplementasikan ke dalam sebuah Virtual Learning Environment (VLE) yang bernama Moodle. Dengan dilakukannya pengintegrasian SIMPLE-O dengan Moodle, suatu jawaban esai pelajar dapat dihitung nilainya dengan melalui VLE ini. Pada sistem ini, jawaban pelajar dihitung secara bersama-sama sehingga waktu prosesnya memiliki hubungan linier dengan banyaknya jawaban pelajar yang dihitung.
Kesimpulan dari skripsi ini yaitu aplikasi SIMPLE-O dapat berhasil diimplementasikan pada Moodle, jumlah attempt yang dihitung berbanding lurus dengan lama waktu pengeksekusian halaman perhitungan. Ratarata waktu yang dibutuhkan untuk memproses 5 attempt sebesar 32,983 detik, untuk 10 attempt sebesar 78,678 detik, dan untuk 15 attempt sebesar 113,752 detik.
This paper will present about the use of automated essay grading system with Latent Semantic Analysis (LSA) in an electronic leaning media. Essay grading system used the SIMPLE-O which is the automated essay grading using LSA. In this paper, an essay calculating part of the SIMPLE-O is implemented into a Virtual Learning Environment (VLE) called Moodle. By doing SIMPLE-O and Moodle integration, student essay answer can be calculated through this VLE. In this system, the student answer calculated together so that the processing time has a linear relationship with the number of student answers are counted. The conclusion of this paper is the SIMPLE-O can be successfully implemented on Moodle, the amount of calculated attempt is proportional to the execution time of the calculation pages. Average time required to process five attempts is 32.983 seconds, for ten attempts is 78.678 seconds, and for the fifteen attempts is 113.752 seconds."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51228
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library