Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 69040 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Bernadeth Ophelia Ruth
"Isu antara remaja dan seksualitas ditampilkan pada film asal Prancis dengan judul Jeune et Jolie. Film ini mengangkat kisah seorang gadis remaja dalam menemukan dirinya melalui pengalaman seksualitas dengan menjadi pelacur. Salah satu hal yang menonjol pada film ini yaitu pembagian film dengan musim yang diiringi dengan lagu-lagu Françoise Hardy sebagai soundtrack film. Untuk memahami perjalanan seksualitas tokoh akan dilakukan pengkajian film dengan menggunakan teori kajian film oleh Boggs dan Petrie (2018) terkait strategi naratif dan sinematografis. Kajian mengenai segi naratif akan disempurnakan dengan teori strukturalisme milik A.J. Greimas dalam menganalisis penokohan serta alur cerita. Kemudian, untuk memahami soundtrack akan digunakan konsep musik dalam film oleh Kathryn Kalinak (2010). Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi signifikansi soundtrack film dalam merepresentasikan perjalanan seksualitas tokoh utama. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara soundtrack, musim, dan aspek naratif dalam mengkonstruksi keseluruhan film. Pilihan lagu Hardy sebagai soundtrack merupakan representasi dari tokoh-tokoh yang terlibat dalam perjalanan seksualitas tokoh utama. L’amour d’un garçon merupakan representasi dari tokoh Felix, À quoi ça sert ? merupakan representasi dari tokoh Georges, Première rencontre representasi dari tokoh Alex, dan Je suis moi merupakan representasi tokoh Isabelle.

The French film Jeune et Jolie addresses the complexity of adolescent transition period through the depiction of a young girl’s exploration of her own sexuality by engaging in prostitution. This film stands out due to its organization into segments representing different seasons, accompanied by songs by Françoise Hardy as the film’s soundtrack. To analyze the character’s sexual journey, the study of this film will employ the theories of Boggs and Petrie (2018) on narrative and cinematographic strategies. The analysis of the narrative aspect will be enhanced using A.J. Greimas’s structuralism theory, which examines characterization and storyline. Furthermore, Kathryn Kalinak's concept of music in films (2010) will be utilized to have deeper comprehension about the role of the soundtrack. The objective of this research is to explore the significance of film soundtracks in representing the main character’s sexual exploration. The findings of this study highlight the interplay between the soundtrack, seasonal segments, and narrative elements in constructing the overall film. The selection of Hardy’s songs as the soundtrack serves as a representation of the characters involved in the main character’s sexual journey. For example, L’amour d’un garçon represents the character Felix, À quoi ça sert ? represents Georges, Première rencontre represents Alex, and Je suis moi represents Isabelle."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Jessica Wulandea
"[ABSTRAK
Makalah ini membahas kebebasan tokoh Isabelle dalam film Jeune et Jolie (2013) yang dikaitkan dengan konsep kebebasan yang dicetuskan oleh Jean-Paul Sartre. Kebebasan Sartre merupakan bagian dari teori utamanya: eksistensialisme. Analisis data difokuskan pada tindakan tokoh Isabelle dan konsekuensinya, baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain. Tindakan Isabelle memberi konsekuensi bagi dirinya baik dari segi psikologis, biologis, ekonomis, dan sosial.ABSTRACT This paper examines the figure Isabelle on Jeune et Jolie (2013), using the freedom concept by Jean-Paul Sartre. Freedom is a part of the existensialism theory. The data analysis is focused on Isabella?s actions and its consequence for herself and others. Her actions give the impact for her mental, health, economy and social life.;This paper examines the figure Isabelle on Jeune et Jolie (2013), using the freedom concept by Jean-Paul Sartre. Freedom is a part of the existensialism theory. The data analysis is focused on Isabella?s actions and its consequence for herself and others. Her actions give the impact for her mental, health, economy and social life., This paper examines the figure Isabelle on Jeune et Jolie (2013), using the freedom concept by Jean-Paul Sartre. Freedom is a part of the existensialism theory. The data analysis is focused on Isabella’s actions and its consequence for herself and others. Her actions give the impact for her mental, health, economy and social life.]"
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Iyolla
"Penelitian ini mengeksplorasi hukum mengenai pembatasan dan pengesampingan hak cipta terkait soundtrack film yang diumumkan secara digital, dengan perbandingan antara hukum Indonesia dan Amerika Serikat. Setelah implementasi Perjanjian TRIPS yang menetapkan standar minimum untuk perlindungan kekayaan intelektual secara global, masing-masing negara memiliki fleksibilitas sehingga tingkat perlindungannya bervariasi. Di Indonesia, hukum hak cipta utamanya diatur dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Penelitian ini mendalami hak ekonomi dan hak moral sebagaimana diatur dalam undang-undang Indonesia, dan membandingkannya dengan kerangka hukum Amerika. Studi ini meneliti bagaimana format digital mempengaruhi penegakan dan pembatasan hak-hak tersebut, dengan mempertimbangkan konvensi internasional seperti Konvensi Bern dan TRIPS. Melalui analisis data doktrinal dan non-doktrinal, termasuk ketentuan undang-undang, yurisprudensi, dan wawancara dengan pemangku kepentingan, penelitian ini mengidentifikasi perbedaan kunci dalam batasan perlindungan dan pengesampingan hak cipta terhadap soundtrack film yang diumumkan secara digital. Temuan ini menyoroti tantangan dan potensi reformasi yang diperlukan untuk menyelaraskan undang-undang hak cipta, memastikan perlindungan yang lebih baik dan keseimbangan antara hak pencipta tanpa membatasi akses publik di era digital saat ini. Analisis perbandingan ini bertujuan untuk berkontribusi pada pemahaman teoritis dan penerapan praktis hukum hak cipta dalam sarana digital.

This study explores the legal nuances of copyright limitations and waivers concerning digitally announced film soundtracks, comparing Indonesian and United States laws. Following the implementation of the TRIPS Agreement, which set minimum standards for intellectual property protection globally, individual countries retain flexibility, leading to varying levels of protection. In Indonesia, copyright law is primarily governed by Law No. 28 of 2014 on Copyrights. This research delves into economic and moral rights as outlined in Indonesian legislation, contrasting these with the American framework. It examines how digital formats affect the enforcement and limitation of these rights, considering international conventions like the Berne Convention and TRIPS. By analyzing both doctrinal and empirical data, including statutory provisions, case law, and stakeholder interviews, the study identifies key differences in how copyright protection towards film sountracks that are digitally announced is limited and waived. The findings highlight the challenges and potential reforms needed to harmonize copyright laws, ensuring better protection and balance between creators' rights and public access in the digital era. This comparative analysis aims to contribute to the theoretical understanding and practical application of copyright law in digital media."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Daniyah
"Film Les Garçons et Gillaume, à Table ! menceritakan tentang seorang anak laki-laki bernama Guillaume, yang dibesarkan oleh keluarganya untuk dijadikan sebagai seorang perempuan. Guillaume mengalami krisis identitas sebelum membangun pemahaman diri yang kuat mengenai siapa dirinya karena perlakuan keluarga dan masyarakat di sekitarnya. Tulisan ini membahas tahapan yang dilalui tokoh utama dalam mengkonstruksikan identitas seksualnya. Film ini dianalisis dengan melihat aspek naratif dan sinematografisnya. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemahaman diri sangat penting dalam perkembangan identitas seksual dan bahwa identitas seksual adalah hasil konstruksi sosial.

The film Les Garçons et Guillaume, à Table ! tells a story about a boy named Guillaume who was raised to be a girl by his family. Guillaume had to go through an identity crisis before he developed a strong sense of who he is because of how his family and society treated him. This paper discusess the stages that the lead character went through to construct his sexual identity. Film was analyzed through its narrative and cinematographic?s aspect. The analysis shows that sense of self plays a critical role in the development of sexual identity and that sexual identity is a social construct."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Shina Ratna Yunita
"ABSTRAK
Identitas terdapat dalam konteks yang berbeda-beda, seperti psikologi, sosial, dan budaya, dengan artinya masing-masing. Dalam konteks sosiokultural, pembentukan identitas meliputi masyarakat maupun individu. Masyarakat memiliki peran yang penting dalam membentuk identitas di mana masyarakat memposisikan individu berdasarkan konteks sosial. Namun, individu juga memiliki peranan penting dalam pembentukan identitas di mana pilihan mereka dalam hidup mempengaruhi identitas mereka. Film-film dystopia seperti Trilogi Divergent seringkali menampilkan gagasan identitas dalam hubungannya dengan konteks sosiokultural. Trilogi tersebut menggambarkan latar belakang historis individu dalam konteks sosiokultural, yang meliputi pilihan hidup, hilangnya nilai-nilai tradisional, dan keunikan, yang mempengaruhi perubahan identitas individu. Di dalam trilogi tersebut ditampilkan bagaimana individu dibedakan dengan individu lainnya tetapi tetap ada hubungan di antara identitas individu yang satu dengan yang lainnya. Jurnal ini menyampaikan representasi dari identitas dalam konteks sosiokultural sebagai proses yang terus berkelanjutan, yang memfokuskan pada perjalanan hidup pemeran utama dalam trilogi tersebut, Divergent 2014 , Insurgent 2015 , dan Allegiant 2016 .

ABSTRACT
AbstractIdentity exists in many different contexts, such as psychological, social, and cultural, with each of different meaning. In sociocultural context, the formation of identity involves both the societies and individuals. Societies play a signifiant role in shaping identity in which they position the individuals regarding the social context. Individuals, though, also play a role in shaping identity in which their personal choices influence their identities. Dystopian films like The Divergent Trilogy often presents the idea of identity in relationship with sociocultural context. It depicts the historical backgrounds of the individual in the sociocultural context, including one rsquo s choice, loss of traditional values, and uniqueness, that influence the changes of individual identity. In the trilogy, it presents how the individual is distinguished from others, but there is also a relationship between the individual identity with others. This paper addresses the representation of identity in sociocultural cotext as an ongoing process, which focuses on the lead character rsquo s life journey throughout the trilogy, Divergent 2014 , Insurgent 2015 , and Allegiant 2016 . "
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Ratna Asih Setyaningrum, axaminer
"ABSTRAK
Tesis ini membahas perbedaan sudut pandang dalam melihat India sebagai bagian dari identitas diaspora yang digambarkan dalam novel The Namesake 2003 karya Jhumpa Lahiri dan film adaptasinya 2007 yang disutradarai oleh Mira Nair. Baik penulis novel maupun sutradara film merupakan migran keturunan India, namun berasal dari dua generasi yang berbeda. Lahiri merupakan migran generasi kedua sementara Nair adalah migran generasi pertama. Dengan menggunakan perspektif esensialis dan non-esensialis dalam konsep identitas, perbandingan antara novel dan film adaptasi menunjukkan dua kutub yang berbeda dalam melihat India sebagai akar budaya yang direpresentasikan melalui tokoh-tokoh di dalamnya. Analisis menunjukkan bahwa novel menekankan identitas sebagai sesuatu yang cair, dapat berubah dan bertransformasi, sesuai dengan sudut pandang non-esensialis. Sementara itu, film adaptasi justru menekankan bahwa identitas India dimaknai sebagai identitas yang stabil, tidak berubah dari waktu ke waktu, yang mencerminkan perspektif esensialis. Meski demikian, seluruh upaya sutradara untuk memperlihatkan India sebagai akar identitas dalam film adaptasi tetap tidak dapat mengelak dari tuntutan bahwa identitas budaya akan selalu mengalami perubahan sesuai dengan konteks ruang dan waktu yang didiami oleh subjek diaspora.

ABSTRACT
This research investigates the different point of view in seeing India as part of diasporic identity portrayed in The Namesake 2003 , a novel written by Jhumpa Lahiri, and its film adaptation which goes by the same name 2007 directed by Mira Nair. Both the novel rsquo s author and the film rsquo s director are Indian descendants who come from different generations. Lahiri belongs to the second generation migrant whereas Nair comes from the first generation. By using essentialist and non essentialist perspectives in the concept of identity, the comparison between the novel and the film adaptation shows two different perspectives in seeing India as the root of identity as depicted through the characters. The analysis denotes that the novel stresses identity as a fluid notion that always undergoes changes and transformations representing the non essentialist point of view. Meanwhile, its film adaptation accentuates India as the essence of diasporic identity that is unchanged, timeless, and stable from time to time, reflecting the essentialist point of view. However, the director rsquo s efforts to show India as the root of identity in the film adaptation cannot escape from the fact that cultural identity will always undergo changes according to the space and time inhabited by the subject of diaspora."
2016
T47402
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Febriana Santoso
"Skripsi ini bertujuan untuk mengkaji korelasi gender dan perumahan dengan melihat identitas gender yang dapat terefleksikan dalam rumah. Refleksi ini dapat dilihat dari dua sisi. Sisi pertama membahas bagaimana ideologi gender masyarakat di ruang domestik dapat mempengaruhi rancangan rumah sebagai upaya untuk memahami perilaku, keinginan, dan kebutuhan penghuni dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan gender mereka. Sisi kedua membahas bagaimana identitas gender juga dapat tercermin dari proses menghuni. Ditemukan bahwa dengan adanya kedua refleksi identitas gender ini, seseorang dapat mempunyai preferensi perumahan terkait gender. Pada akhirnya adanya gender dalam kehidupan kita dapat memiliki pengaruh besar dalam mengalami dan memandang perumahan.

This paper aims to discuss the correlation between gender and housing by looking at gender identities that can be reflected in homes. These reflections will be seen from two sides. The first side discusses how the gender ideology of society in the domestic space can influence the design of a house as an effort to understand the behavior, desires, and needs of the occupants in daily life based on their gender.The second side discusses how gender identity can also be reflected in the process of inhabiting. It was found that with these two reflections of gender identity, a person can eventually gain a gender-related housing preference. In the end, the presence of gender in our lives has a huge influence on how we experience and perceive housing."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fatma Bandar Alkhaldi
"Iklan memiliki peran sentral dalam merefleksikan dan mengonstruksi realitas masyarakat. Di Indonesia, iklan seringkali menampilkan bias gender yang berimplikasi negatif pada langgengnya kultur patriarki di masyarakat. Meskipun telah ada upaya hukum dan etika periklanan, permasalahan ini masih berlanjut karena budaya patriarki terus diproduksi dan direproduksi melalui iklan, media, dan masyarakat. Penulis melihat pentingnya sarana untuk meminimalisasi bias gender yang terjadi, salah satunya melalui penerapan pedagogi feminis bagi calon pengiklan. Sejumlah studi di negara-negara maju menunjukkan bahwa pedagogi feminis dapat menjadi instrumen kunci untuk mewujudkan kesetaraan gender dalam praktik periklanan, terutama sebagai sarana sosialisasi preventif.

Advertising plays a central role in reflecting and constructing societal reality. In Indonesia, advertisements often portray gender bias, negatively impacting the perpetuation of patriarchal culture. Despite legal and ethical efforts in advertising, the issue persists as patriarchal culture continues to be produced and reproduced through advertisements, media, and society. The author recognizes the importance of tools to minimize gender bias, including the application of feminist pedagogy for prospective advertisers. Numerous studies in developed countries indicate that feminist pedagogy can be a key instrument in achieving gender equality in advertising practices, particularly as a preventive socialization tool.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Aubrey Charissa Bhrawardhana
"Penerjemahan dapat mengalami kesulitan karena adanya perbedaan dalam budaya. Untuk mengatasi masalah tersebut, digunakan prosedur penerjemahan. Penelitian ini menganalisis prosedur penerjemahan pada istilah budaya menggunakan teori prosedur penerjemahan dan teori identifikasi budaya oleh Newmark (1988). Data yang dianalisis adalah takarir bahasa Indonesia dan Belanda film Bumi Manusia (2019). Data dianalisis menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini menghasilkan identifikasi istilah budaya dan prosedur penerjemahan serta frekuensi penggunaannya. Simpulan temuan penelitian ini adalah terdapat 74 istilah budaya dengan masing-masing klasifikasi prosedur penerjemahannya, yaitu transferensi, modulasi, padanan kultural, couplet, terjemahan resmi, parafrase, padanan deskriptif, padanan fungsional, dan through-translation. Selain prosedur-prosedur tersebut, terdapat data yang tidak diterjemahkan. Dengan melihat penggunaan prosedur tersebut, penelitian menyimpulkan bahwa terjemahan istilah budaya telah menyampaikan makna istilah meski dengan keterbatasan kata dalam takarir.
Translation can be difficult due to cultural differences. To overcome these problems, translation procedures are used. This study analyzes the translation procedures on cultural terms using the theory of translation procedure and the theory of cultural identification by Newmark (1988). The data analyzed are the Indonesian and Dutch subtitles of Bumi Manusia (2019). The data were analyzed using qualitative method. This research results in the identification of cultural terms and translation procedures as well as the frequency of their use. This research concludes that there are 74 cultural terms with each classification of translation procedures, namely transference, modulation, cultural equivalent, couplet, official translation, paraphrase, descriptive equivalent, functional equivalent, and through-translation. In addition to these procedures, there are data that are not translated. By looking at the use of these procedures, the study concludes that the translation of cultural terms has conveyed the meaning of the term despite the word limitations in subtitling."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Yudistira Kurnia Ramadanu
"ABSTRAK
Memoirs of a Geisha 2005 adalah sebuah film drama romansa yang bercerita tentang kehidupan seorang gadis kecil yang tumbuh menjadi seorang geisha yang terkenal bernama Sayuri. Film ini menggambarkan perjuangan Sayuri dalam menjadi seorang geisha sejak pertama kali ia dijual ke okiya, sebutan untuk rumah geisha, sampai ia menjadi geisha yang paling terkenal. Film ini dapat dijadikan sumber analisis untuk mempelajari dikotomi dari geisha yang baik dan buruk dilihat melalui elemen visual dan naratif karakter-karakter dalam film. Khususnya, penelitian ini menganalisis beberapa bukti tekstual yang merepresentasikan dikotomi dari geisha yang baik dan buruk dengan menggunakan teori virgin/whore dichotomy oleh Bay-Cheng 2015 . Dalam menganalisis data, bukti-bukti tekstual tersebut kemnudian dibedakan menjadi dua kategori; penampilan fisik dan interaksi antarkarakter dalam film. Kategori-kategori tersebut kemudian digabungkan untuk menekankan dikotomi dari geisha yang baik dan buruk sepanjang film ini. Dari hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa dikotomi dari geisha yang baik dan buruk dari film Memoirs of a Geisha 2005 ditunjukkan dengan penampilan fisik dan karakteristik dari para karakter dari film ini.

ABSTRACT
Memoirs of a Geisha 2005 is a romance drama film about the life of a little girl who became a well-known geisha, Sayuri. This movie portrays Sayuri rsquo;s struggle in becoming a geisha since the first time she was sold to an okiya, a geisha house, until she became the most popular geisha. This movie can be used as a source of analysis to study the dichotomy of good and bad geisha by looking at the visual and narrative elements of the characters throughout the movie. In particular, the research analyzes several textual evidences representing the dichotomy of good and bad geisha by using Bay-Cheng rsquo;s theory of virgin/whore dichotomy. In analyzing the data, the textual evidences are divided into two categories; the physical appearances and the interaction of each characters in the movie. These categories are then combined to highlight the dichotomy of good and bad geisha throughout the movie. From the result of the analysis, it can be concluded that the dichotomy of good and bad geisha in the movie Memoirs of a geisha 2005 is pointed out by the physical appearance and the characteristic of the characters throughout the movie. "
2018
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>