Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 182692 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Haykal Yogaswara
"Persaingan pada sektor bisnis global saat ini semakin tinggi, yang membuat para pelaku bisnis berlomba-lomba untuk meningkatkan keunggulan bersaingnya. Pengetahuan menjadi hal penting, di mana ketika pengetahuan digunakan dengan benar dengan menerapkan manajemen pengetahuan, maka akan menghasilkan suatu keunggulan bersaing dalam bentuk tacit knowledge atau sesuatu yang sulit ditiru. Manajemen pengetahuan juga dapat menjadi salah satu metode yang membantu perusahaan untuk menghasilkan inovasi produk secara cepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh knowledge management terhadap competitive advantage melalui product innovation sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara daring kepada 380 perusahaan manufaktur berorientasi ekspor di Kota Tangerang, di mana kuesioner yang kembali dan datanya layak untuk dianalisis lebih lanjut yaitu sebanyak 93 responden. Data selanjutnya dianalisis menggunakan metode SEM-PLS (Structural Equation Modelling-Partial Least Square) dan proses pengolahan data menggunakan software IBM SPSS Statistics 25 dan SmartPLS 4.0.9.8. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) knowledge management memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap product innovation; (2) knowledge management memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap competitive advantage; (3) product innovation memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap competitive advantage; dan (4) product innovation mampu memediasi hubungan antara knowledge management dan competitive advantage secara positif dan signifikan.

Competition in the current global business sector is increasingly intense, prompting business entities to strive for enhancing their competitive advantages. Knowledge plays a crucial role, where its effective application through knowledge management can lead to a competitive edge in the form of tacit knowledge or something difficult to imitate. Knowledge management can also serve as a method to assist companies in rapidly generating product innovations. This research aims to analyze the influence of knowledge management on competitive advantage through product innovation as a mediating variable. The study adopts a quantitative approach by distributing online questionnaires to 380 export-oriented manufacturing companies in Tangerang City. From this sample, 93 respondents returned eligible questionnaires for further analysis. The data were subsequently analyzed using the Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS) method, and data processing was conducted using IBM SPSS Statistics 25 and SmartPLS 4.0.9.8 software. The findings of this research indicate that: (1) knowledge management has a positive and significant influence on product innovation; (2) knowledge management has a positive but not significant influence on competitive advantage; (3) product innovation has a positive and significant influence on competitive advantage; and (4) product innovation positively and significantly mediates the relationship between knowledge management and competitive advantage."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aurelia Frederica
"Persaingan sektor startup teknologi yang semakin ketat di Indonesia menuntut peningkatan kinerja startup untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan memberikan dampak yang berkelanjutan. Indigo sebagai salah satu inkubator bisnis di Indonesia, masih memiliki tantangan terkait kinerja sebagian besar startup-nya yang buruk. Knowledge management menjadi salah satu elemen penting yang dapat membantu startup dalam mengelola pengetahuan yang dimilikinya agar kinerja mereka dapat meningkat, terutama di tengah tantangan risiko kegagalan. Manajemen pengetahuan yang dikelola dengan baik mampu menciptakan nilai tambah bagi startup, salah satunya bagi inovasi startup yang sering kali membawa risiko besar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh knowledge management terhadap organizational performance melalui innovation sebagai variabel mediasi pada startup aktif yang pernah/masih berada di bawah naungan Indigo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik penarikan sampel total sampling dengan menyebarkan kuesioner secara online kepada kurang lebih 189 C-level startup Indigo, di mana dari jawaban kuesioner tersebut terdapat sebanyak 80 responden yang datanya layak untuk dianalisis. Data tersebut dianalisis menggunakan metode PLS-SEM (Partial Least Squares Structural Equation Modeling) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS versi 4.1.0.9 dan IBM SPSS Statistics 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) knowledge management memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap organizational performance; (2) knowledge management memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap innovation; (3) innovation memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap organizational performance; dan (4) knowledge management memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap organizational performance melalui variabel mediasi innovation. Penelitian ini memberikan implikasi manajerial bagi startup Indigo untuk mengoptimalkan penerapan knowledge management guna meningkatkan kinerjanya, meningkatkan efektivitas inovasi melalui pendekatan strategi yang lebih terarah, serta mempertimbangkan faktor atau variabel lain yang dapat memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja startup. Dengan demikian, startup Indigo dapat lebih memperkuat daya saing mereka dalam menghadapi tantangan di pasar global.

Rising competition in Indonesia’s technology startup sector requires enhanced startup performance to support economic growth and generate sustainable impact. Indigo, as one of Indonesia’s business incubators, still faces challenges related to the poor performance of most of its startups. Knowledge management has become a crucial element that can help startups manage their knowledge to improve their performance, especially amid the challenges of failure risks. Well-managed knowledge management can create added value for startups, particularly for startup innovation which often carries significant risks. This research aims to analyze the influence of knowledge management on organizational performance through innovation as a mediating variable in active startups that have been or are still under Indigo’s supervision. This research employs a quantitative approach and total sampling technique by distributing online questionnaires to approximately 189 Indigo C-level startup executives, from which 80 respondents provided data suitable for analysis. The data was analyzed using PLS-SEM (Partial Least Squares Structural Equation Modeling) method with SmartPLS version 4.1.0.9 and IBM SPSS Statistics 20 software. The results of this research indicate that (1) knowledge management has a positive and significant influence on organizational performance; (2) knowledge management has a positive and significant influence on innovation; (3) innovation has a positive but insignificant influence on organizational performance; and (4) knowledge management has a positive but insignificant influence on organizational performance through innovation as a mediating variable. This research provides managerial implications for Indigo’s startups to optimize the implementation of knowledge management to improve their performance, enhance innovation’s effectiveness through refined strategic approaches, and consider other factors or variables that can provide positive and significant influences on startup performance. Thus, Indigo’s startups can strengthen their competitiveness in facing global market challenges."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shafira Azzahra
"Persaingan e-commerce untuk mendapatkan pelanggan membuat pelaku industri online memerlukan nilai unggul dan berbagai upaya untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan agar tercipta loyalitas terhadap e-commerce. Penelitian ini bertujuan meneliti customer relationship management terhadap competitive advantage dan customer loyalty sebagai variabel mediasi pada Shopee sebagai e-commerce dengan pengunjung terbanyak di Indonesia. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada 130 responden menggunakan teknik non-probability sampling berupa purposive dan dianalisis menggunakan SPSS dan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi customer relationship management yaitu customer orientation memiliki pengaruh positif terhadap customer loyalty, sedangkan customer knowledge dan technology capabilities memiliki pengaruh negatif terhadap customer loyalty. Pada variabel competitive advantage ditemukan technology capabilities memiliki hubungan yang positif, sedangkan pada customer knowledge dan customer orientation ditemukan hubungan yang negatif. Ditemukan juga bahwa customer loyalty tidak memiliki pengaruh terhadap competitive advantage. Dan juga customer loyalty tidak memediasi hubungan antara customer relationship management dan competitive advantage.

E-commerce competition to get customers means that online industry players need superior value and various efforts to improve relationships with customers to create loyalty to e-commerce. This research aims to examine customer relationship management regarding competitive advantage and customer loyalty as mediating variables in Shopee as the e-commerce with the most visitors in Indonesia. The research was carried out with a quantitative approach by distributing questionnaires to 130 respondents using a non-probability sampling technique in the form of purposive and analyzed using SPSS and SmartPLS. The results of the research show that the customer relationship management dimension, namely customer orientation, has a positive influence on customer loyalty, while customer knowledge and technology capabilities have a negative influence on customer loyalty. For the competitive advantage variable, technology capabilities were found to have a positive relationship, while for customer knowledge and customer orientation a negative relationship was found. It was also found that customer loyalty has no influence on competitive advantage. And also customer loyalty does not mediate the relationship between customer relationship management and competitive advantage."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agnes Betresia
"Sektor UMKM menjadi salah satu penopang utama terhadap perekonomian di Indonesia dimana sektor tersebut didominasi oleh sektor Usaha Mikro dan Usaha Kecil. Kedua sektor tersebut didominasi oleh industri yang bergerak di bidang penyedia makanan yang memiliki tingkat pertumbuhan yang cepat. Hal tersebut mendorong tingkat persaingan yang tinggi, khususnya di wilayah Jabodetabek sebagai pusat perkekonomian dan pembangunan di Indonesia, serta menjadi kawasan pasar potensial dengan tingkat persaingan bisnis yang ketat. Untuk dapat mempertahankan keberlangsungan dan mengembangkan bisnisnya, para pelaku usaha tersebut dituntut untuk memiliki keunggulan kompetitif sehingga dapat meningkatkan daya saing dibandingkan pesaing. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisa pengaruh strategic orientation yang terdiri dari entrepreneurial orientation, market orientation, dan learning orientation terhadap digitalisasi dan apakah digitalisasi memiliki pengaruh terhadap keunggulan kompetitif berkelanjutan pada usaha kecil makanan dan minuman di Jabodetabek. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 120 responden secara online dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa entrepreneurial orientation tidak berpengaruh terhadap digitalisasi maupun keunggulan kompetitif berkelanjutan (sustainable competitive advantage) pada Usaha Kecil Makanan dan Minuman di Jabodetabek. Sedangkan, market orientation dan learning orientation memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap sustainable competitive advantage pada Usaha Kecil Makanan dan Minuman di Jabodetabek.

The MSME sector is one of the main pillars supporting Indonesia’s GDP where it is dominated by Micro and Small Business. Both sectors are dominated by food and beverages industry which have rapid growth rates and drives high level of competition, especially in Jabodetabek, as the center of economy and infrastructure development. This makes Jabodetabek as a potential market area with intense business competition. Therefore, in order to maintain business sustainability and development, the entrepreneurs are required to create competitive advantage to increase competitiveness among their competitors. This research aims to analyze the effect of strategic orientation, consisting of entrepreneurial orientation, market orientation, and learning orientation, on sustainable competitive advantage, and whether digitalisation has an impact on sustainable competitive advantage. This research was conducted using a quantitative approach. Data was collected by distributing questionners to 120 respondents online using purposive sampling technique. The results of indicates that entrepreneurial orientation has no effect on digitalisation or sustainable competitive advantage in small food & beverages business in Jabodetabek. Meanwhile, market orientation and learning orientation have a positive but not significant effect on sustainable competitive advantage in small food & beverages business in Jabodetabek."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadhifa Rizqy Audeta
"Tingginya tingkat persaingan bisnis di Indonesia sebab semakin banyak alternatif brand skincare. Generasi Z dinilai memiliki daya beli yang lebih rendah dibandingkan generasi sebelumnya, yang membuat mereka lebih sadar akan harga dan mengurangi nilai loyalitas terhadap suatu merek. Penelitian ini fokus pada pengaruh Customer Perceived Value (X1) dan Competitive Advantage (X2) terhadap Customer Loyalty (Y) dengan Trust (M) sebagai mediasi pada Generasi Z pengguna brand Skintific di Indonesia. Dengan menggunakan metode kuantitatif dan kuesioner kepada 220 responden, hasil analisis Structural Equation Modelling-Partial Least Square (SEM-PLS) menunjukkan bahwa Customer Perceived Value dan Competitive Advantage berpengaruh positif dan signifikan terhadap Customer Loyalty melalui peran Trust sebagai mediasi. Temuan ini memberikan pemahaman mendalam tentang faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas pelanggan, khususnya pada Generasi Z di dalam pasar skincare, memberikan pandangan yang berharga bagi perkembangan merek Skintific.

With a surge in skincare brand alternatives, Indonesia's business landscape witnesses heightened competition. Generation Z, characterized by lower purchasing power, prioritizes price consciousness, leading to reduced brand loyalty. This study focuses on examining the influence of Customer Perceived Value (X1) and Competitive Advantage (X2) on Customer Loyalty (Y) among Generation Z users of the Skintific brand in Indonesia, with Trust (M) serving as a mediating factor.Through a quantitative method involving 220 respondents and questionnaire analysis, Structural Equation Modelling- Partial Least Square (SEM-PLS) reveals that Customer Perceived Value and Competitive Advantage significantly and positively impact Customer Loyalty, mediated by Trust. These findings provide a comprehensive understanding of factors influencing customer loyalty, particularly within the Generation Z skincare market, offering valuable insights for the development of the Skintific brand."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bella Nafissa Bagjana
"Pengetahuan adalah landasan penting bagi setiap bisnis dalam berinovasi. Perolehan, penyebaran, dan penerapan pengetahuan, atau yang disebut proses knowledge management, memudahkan terciptanya gagasan untuk berinovasi. Perubahan signifikan pada produk, proses, atau pasar dari hasil inovasi tersebut selanjutnya dapat berdampak pada kinerja bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa implementasi knowledge management pada tingkat Usaha Kecil Menengah (UKM), di Kabupaten Gunungkidul untuk melihat pengaruhnya
terhadap business perfomance melalui innovation sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, berjenis eksplanatif melalui
penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang merupakan pemilik dan manajer pada UKM di Kabupaten Gunungkidul menggunakan teknik sampel non probability yakni purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara knowledge management terhadap business performance melalui innovation pada UKM. Umur UKM yang mayoritas cenderung baru serta jumlah
karyawan yang sedikit membuat UKM lebih banyak memperoleh pengetahuan secara internal. Para UKM juga mampu merespon perkembangan teknologi, melakukan perbaikan kecil pada produk yang ada, serta membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggannya sehingga mampu meningkatkan laba bersih dan pertumbuhan penjualannya selama 2 tahun terakhir (2018-2019). Oleh karena itu, pelaksanaan knowledge management pada UKM di Gunungkidul mendorong terciptanya innovation yang memengaruhi business performance UKM tersebut.

Knowledge is an important foundation for every business to innovate. The acquisition, dissemination, and application of knowledge, or called knowledge
management process, facilitates the creation of ideas for learning. Significant changes in products, processes or markets resulting from these innovations can further impact its business performance. This study aims to analyze the implementation of knowledge management at the level of Small and Medium
Enterprises (SMEs), in Gunungkidul Regency to see its effect on business performance through innovation as an intervention variable. This study uses a quantitative approach, the type of spread is explanatory through a questionnaire to 100 respondents who are owners and managers of SMEs in Gunungkidul Regency using a non-probability sampling technique, namely purposive. The results show that there is an influence between knowledge management on business performance through innovation in SMEs. The age of the majority of SMEs tend to be new and the number of employees who are few makes more SMEs obtained
knowledge internally. SMEs are also able to respond to technological
developments, make small improvements to existing products, and build stronger
relationships with their customers so as to increase net profit and product sales
growth for the last 2 years from 2018-2019. Therefore, it is the implementation of
knowledge management in SMEs in Gunungkidul that encourages the creation of
innovations that affect the business performance of these SMEs.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Moh. Alfin Asshiddiqi
"Previous studies found that culture significantly affects innovation in different settings. Nevertheless, the extensive body of literature places greater emphasis on the presumption that a country's culture is unified across the nation. Hence, the examination of this research holds particular significance within the context of Indonesia, a multicultural nation comprises of numerous distinct ethnicities and sub-ethnicities. The aim of this study is to examine the influence of Hofstede’s cultural dimension on the entrepreneurial innovativeness (EI) of East Javanese and Sundanese entrepreneurs. This study applies Hofstede's cultural dimensions: power distance, masculinity, uncertainty avoidance, collectivism, long-term orientation, and indulgence on entrepreneurs. Using the sub-ethnicities East Javanese and Sundanese as cases in point, the data from online survey were analyzed using simple regression technique for partial influence and multiple regression for the simultaneous influence of the six dimensions. To have a more comprehensive outlook of the findings, the Mann-Whitney U test and crosstabs were applied to each sub-ethnicity cultural dimension.

Literatur yang ada telah menunjukkan bahwa budaya memiliki dampak yang signifikan terhadap inovasi pada suatu perusahaan atau negara. Namun, literatur yang ada lebih banyak fokus pada asumsi bahwa sebuah negara tersusun atas satu budaya yang sama. Oleh karena itu, penelitian ini menjadi menarik untuk diteliti di negara multikultural seperti Indonesia yang memiliki ratusan etnik dan budaya berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komparatif nilai budaya nasional terhadap entrepreneurial innovation (EI) pada pengusaha Jawa Timur dan Sunda. Penelitian ini menggunakan teori Hofstede yang meneliti kebudayaan nasional menggunakan enam dimensi, yaitu: power distance, masculinity, uncertainty avoidance, collectivism, long-term orientation, and indulgence. Dengan melakukan online survey pada para pengusaha Jawa Timur dan Sunda, data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknis analisis regresi sederhana untuk melihat pengaruh aspek budaya secara parsial dan regresi berganda untuk melihat pengaruh aspek budaya secara nersama-sama terhadap EI. Uji beda berdasarkan tes Mann-Whitney dan tabel silang dilakukan terhadap masing-masing kelompok responden untuk memberikan pemahaman terhadap hasil yang lebih baik."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Narayanan, V. K.
Upper Saddle River: Prentice Hall 2001, 2001
658.514 NAR m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Galuh Pramesti Wardani
"Peningkatan globalisasi dan keragaman budaya menuntut perusahaan multinasional untuk mengelola perbedaan budaya dan dinamika pengetahuan secara efektif, dengan dibantu oleh pemimpin dan juga adanya work engagement karyawan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh cultural intelligence dan knowledge-oriented leadership terhadap knowledge management success dengan work engagement sebagai variabel mediasi pada PT Bank DBS Indonesia, kantor pusat Jakarta. Dengan pendekatan kuantitatif dan desain cross-sectional, data dikumpulkan melalui survei daring terhadap 197 karyawan tetap dan kontrak. Teknik analisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cultural intelligence dan knowledge oriented leadership memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap knowledge management success. Selain itu, work engagement berperan sebagai mediator yang signifikan dalam hubungan antara variabel-variabel tersebut. Studi ini memberikan kontribusi praktis bagi perusahaan untuk meningkatkan knowledge management success melalui pengembangan pelatihan lintas budaya, knowledge-oriented leadership, dan strategi untuk meningkatkan work engagement karyawan. Implikasi akademis mencakup perluasan literatur terkait knowledge management dalam konteks multinasional, khususnya di Indonesia.

Increasing globalization and cultural diversity require multinational companies to manage cultural differences and knowledge dynamics effectively, with the help of leaders and the work engagement of company employees. This study aims to analyze the influence of cultural intelligence and knowledge-oriented leadership on knowledge management success with work engagement as a mediating variable at PT Bank DBS Indonesia, Jakarta head office. With a quantitative approach and cross-sectional design, data were collected through an online survey of 197 permanent and contract employees. The analysis technique used Structural Equation Modeling (SEM) to test the relationship between variables. The results showed that cultural intelligence and knowledge-oriented leadership positively and significantly influence knowledge management success. In addition, work engagement is a significant mediator in the relationship between these variables. This study provides practical contributions for companies to improve knowledge management success through developing cross-cultural training, knowledge oriented leadership, and strategies to increase employee work engagement. Academic implications include expanding the literature on knowledge management in a multinational context, especially in Indonesia."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Chase, Richard B.
Boston: McGraw-Hill, 2001
658.5 CHA o
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>