Ditemukan 174457 dokumen yang sesuai dengan query
Dian Insan Imani
"Ekonomi berbagi merupakan sistem ekonomi yang menyediakan pemanfaatan sumber daya secara kolaboratif dengan tujuan meningkatkan pemanfaatan aset secara optimal. Perpustakaan menjadi contoh historikal dari penerapan ekonomi berbagi. Praktik ekonomi berbagi di perpustakaan belum disadari secara signifikan oleh pengguna meskipun perpustakaan telah mengimplementasikan layanan terkait. Studi ini dilakukan untuk menganalisis persepsi pemustaka terkait peran perpustakaan umum pada era ekonomi berbagi serta memberikan preferensi nilai yang dianggap relatif lebih penting bagi Perpustakaan Umum di Provinsi DKI Jakarta. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan penyebaran survei kepada 248 responden di lima perpustakaan umum di Provinsi DKI Jakarta, yakni Perpustakaan Cikini, Perpustakaan Kota Administrasi Jakarta Timur, Perpustakaan Kota Administrasi Jakarta Pusat, Perpustakaan Kota Administrasi Jakarta Barat, dan Perpustakaan Kota Administrasi Jakarta Utara. Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) juga digunakan untuk mengidentifikasi nilai dan peran prioritas dari setiap perpustakaan dengan menghitung bobot tertimbang dari setiap jawaban responden. Penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas pemustaka tidak mengetahui konsep ekonomi berbagi, tetapi menilai adanya kesamaan konsep yang ditawarkan antara perpustakaan umum dan ekonomi berbagi. Karakteristik personal pemustaka seperti frekuensi kunjungan dan wilayah perpustakaan turut mempengaruhi persepsi atas konsep dan peran perpustakaan umum di era ekonomi berbagi. Secara keseluruhan kelima Perpustakaan Umum di Provinsi DKI Jakarta memiliki tingkatan persepsi berbeda-beda terhadap implementasi peran perpustakaan umum pada era ekonomi berbagi.
The sharing economy is an economic system that facilitates the collaborative utilization of resources to optimize asset usage. Libraries represent a historical example of the application of the sharing economy. Despite libraries implementing related services, users have not fully realized the significance of sharing economy practices in libraries. This study was conducted to analyze library users' perceptions regarding the role of public libraries in the era of the sharing economy and to determine the relative value preferences considered necessary for Public Libraries in the DKI Jakarta Province. The research method employed a quantitative approach with surveys distributed to 248 respondents across five public libraries in the DKI Jakarta Province, including Cikini Library, East Jakarta City Administration Library, Central Jakarta City Administration Library, West Jakarta City Administration Library, and North Jakarta City Administration Library. The Analytic Hierarchy Process (AHP) method was also utilized to identify each library's priority values and roles by calculating the weighted scores of each respondent's answers. The study reveals that most library users are unaware of the concept of a sharing economy. Yet, they recognize the similarities between the offerings of public libraries and the sharing economy. Personal characteristics of library users, such as visit frequency and location, influence their perceptions of the concept and role of public libraries in the sharing economy era. Overall, the five Public Libraries in DKI Jakarta Province exhibit varying levels of perception towards implementing the public library's role in the era of the sharing economy."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Muhammad Dary Ammar
"Penelitian ini membahas tentang promosi Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta kepada pemustaka anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kegiatan promosi yang dilakukan perpustakaan kepada pemustaka anak di Perpustkaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara secara mendalam dan kajian dokumen.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan promosi yang dilakukan oleh perpustakaan sesuai dengan yang mereka pahami dan teori cara melakukan promosi yaitu kegiatan. Peneliti menyarankan perpustakaan perlu mengetahui bagaimana ukuran kesuksesan tujuan dari promosi kepada pemustaka anak itu dikatakan berhasil.
Hasil dari penelitian ini adalah Perpustakaan Umum Daerah provinsi DKI Jakarta dalam kegiatan promosi telah menetapkan tujuan, cara mencapai tujuan dan mengetahui kebutuhan pemustaka supaya mendapatkan hal yang ingin dicapai dari kegiatan promosi yang mereka lakukan.
This research discusses the promotion of the Public Library of DKI Jakarta Province to children. The purpose of this research is to identify the promotional activities of the library to children at the Public Library of DKI Jakarta Province. This research used case study method. The data collecting with observation, depth interview and analysis document. The conclusion is promotional activities library accordance with they understand and theory of promotion is that activity. Researchers suggest the library needs to know how to measure the success of the purpose of promotion to children successful. The result is that the library has set goals, ways to achieve goals and has identified user needs to fulfill the goals from its promotional activities."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S64378
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Yanni Karina
"Skripsi ini membahas persepsi pemustaka perpustakaan Universitas Indonesia yang merupakan mahasiswa D3, S1 dan S2 Universitas Indonesia angkatan 2010 - 2013 tentang kinerja OPAC. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif. Pemustaka ternyata memiliki persepsi bahwa OPAC adalah alat penelusuran yang berfungi mempercepat penelusuran dibandingkan dengan menggunakan metode lain, dan karena itu menuntut agar OPAC menyediakan fitur yang sesuai untuk mempercepat penelusuran. Hasil penelitian menyarankan agar koneksi internet di perpustakaan UI ditingkatkan kekuatannya, pembaharuan dan penyederhanaan interface OPAC, adanya pelatihan penggunaan OPAC selain pada orientasi perpustakaan, adanya pustakawan di daerah komputer OPAC, dan sinkronisasi data koleksi yang ada dengan jajaran koleksi.
The focus of this study is to explain the preception of the user of Ilbrary of Universitas Indonesia have about OPAC. The user consist of the vocation, undergraduate and graduate student from 2010 – 2013 batch. This is a quantitative research with descriptive approach. The user perceive the OPAC as an helpful tools to fasten the process of searching the information they need compared to other methods, and therefore demand for the suitable feature to fasten search result in OPAC. The result suggest that the library strenghten the internet connection inside the library, redesigning and simplifying of OPAC interface, conduct OPAC guidance class other than library orientation, providing librarians around OPAC, and synchronizing OPAC’s collection data with the collection in shelves."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57537
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Lucky Astarani
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pesanpromosi dan saluran promosi terhadap loyalitas pemustaka perpustakaan keliling di Perpustakaan Umum DKI Jakarta.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskripsi analitik dan analisis bivariat.Variabel penelitian ini terdiri dari 2 variabel bebas yaitu desain pesan promosi dan saluran promosi serta 1 variabel terikat yaitu loyalitas pemustaka.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemustaka perpustakaan keliling pada Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta merasa pesan promosi dan saluran promosi yang disajikan dan digunakan sudah cukup sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pemustaka. Selain itu, diketahui pula bahwa pesan promosi dan saluran promosi memiliki pengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pemustaka.
Penelitian juga dapat menunjukkan pola loyalitas pemustaka perpustakaan keliling pada Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta antara perpustakaan dan pemustaka.Pengolahan dan analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi pengolah data.
This study aims to determine the effect promotional messages and promotional channels in the usersloyalty of Public Library mobile library in Jakarta.This study uses a quantitative approach to research method analytical description and analysis bivariat.Variabel this study consisted of two independent variables, promotional messages and promotional channels and one dependent variable is usersloyalty. These results indicate that pemustaka Public Library mobile library in Jakarta felt message promotions and promotional channels that are presented and used is sufficient in accordance with the needs and desires pemustaka. In addition, note also that the promotional messages and promotional channels have a significant positive effect on loyalty pemustaka. Research also shows patterns of loyalty pemustaka Public Library mobile library in Jakarta between the library and users. The data analysis in this study using the technique of multiple linear regression analysis with data processing applications."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2015
T44183
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Mega Apriyanti
"Skripsi ini membahas kemampuan literasi informasi pemustakadi Perpumda DKI Jakarta. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi kemampuan literasi informasi pemustaka yang ada di Perpumda DKI Jakarta dan mengidentifikasi penerapan literasi informasi pemustaka dalam menunjang kegiatannya sehari-hari. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemustaka tergolong cukup baik dalam melakukan literasi informasi di Perpumda DKI Jakarta dan mereka melakukan 11 indikator kinerja dari 22 indikator kinerja yang terdapat dalam 5 komponen ACRL (Information Literacy Competency Standard for Higher Education). Penelitian ini menyarankan kepada pemustaka untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan literasi informasi; dan kepada Perpumda DKI Jakarta agar mengadakan pelatihan literasi informasi sehingga membantu pemustaka dalam mengembangkan dirinya.
This paper discusses information literacy theskills of the users of Perpumda DKI Jakarta. The purposeof this research is to identify information literacy the skills of the users of Perpumda DKI Jakarta adnd to identify of implementation of information literacy to support their daily activities. This study is a qualitative research using case study design. The result shows that users are quite good in implementing information literacy in Perpumda DKI Jakarta and users have applied 11 performance indicators from 22 performance indicators of 5 components ACRL Information Literacy Competency Standard for Higher Education. This study suggest that users develop and increase their information literacy skills; and also suggests that Perpumda DKI Jakarta implement information literacy training program to help library users in developing themselves."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2010
S15588
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Nabilah Shabrina
"
ABSTRAKTujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui motivasi intrinsik dan ekstrinsik membaca anak dan peran Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta dalam memotivasi anak untuk membaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga aspek yang menonjol dalam motivasi membaca anak yaitu aspek curiosity (keingintahuan anak terhadap bahan bacaan), recognition (pengakuan atas kegiatan membaca), dan compliance (adanya keinginan atau tujuan tertentu dalam membaca). Selain itu, Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta memiliki peran dalam memotivasi anak. Perpustkaan telah berupaya memotivasi anak untuk membaca melalui penyedian fasilitas, layanan dan kegiatan untuk anak. Namun, fasilitas dan layanan perpustakaan belum sepenuhnya mendukung ketiga aspek utama motivasi membaca anak.
ABSTRACTThe purpose of this study is to understand children’s intrinsic and extrinsic reading motivation and the role of Jakarta Public Library in motivating children to read. This research is qualitative research using the case study method. This study shows, there are three aspects that stand out in the children's reading motivation. They are curiosity (children's curiosity to the reading material), recognition (recognition of the reading activities), and compliance (the existence of a specific goal or desire in reading). In addition, Jakarta Public Library has been playing in motivating children to read. Public library has been attempted to motivate children to read by provide facilities, services and activities for children. However, the library services hasn’t yet to fully support the three predominant aspects of children reading motivation"
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57455
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Galuh Ayu Puspita
"Penelitian ini membahas persepsi pemustaka terhadap layanan perpustakaan di Peprustakaan Ali Alatas Kementerian Luar Negeri RI. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Dimensi kuesioner untuk mengetahui persepsi pemustaka adalah dengan mengukur persepsi terhadap layanan perpustakaan, persepsi terhadap koleksi perpustakaan, persepsi terhadap sumber daya manusia perpustakaan,dan persepsi terhadap gedung dan fasilitas.
Hasil penelitian menyatakan bahwa 30 responden berpersespi baik, dengan nilai 2,94, terhadap keseluruhan layanan perpustakaan di Perpustakaan Ali Alatas berdasarkan pada penghitungan yang dilakukan. Persepsi pemustaka terhadap layanan perpustakaan adalah baik dengan nilai 2,79, persepsi pemustaka terhadap koleksi perpustakaan adalah baik dengan nilai 2,78, persepsi pemustaka terhadap sumber daya manusia adalah sangat baik dengan nilai 3,28, dan persepsi pemustaka terhadap gedung dan fasilitas perpustakaan adalah baik dengan nilai 2,9.
This study discusses library users’ perception of library services at Ali Alatas Library of Ministry of Foreign Affairs of Republic of Indonesia. This research is quantitative research by using survey method. The dimension of questionnaire is to know library users perception by measuring perception of library services, library collection,human sources at library, and perception of its building and facilities. The result of this research states that 30 respondens have good perception, with score 2,94, to overall library services at Ali Alatas Library based on calculation done. Users perception of library services is good with score 2,79, users perception of library collection is good with score 2,78, users perception of human sources at library is very good with score 3,28, and users perception of its’ building and facilities is good with score 2,9."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46298
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Munadhilah Ummahat
"Skripsi ini membahas mengenai bagaimana kegiatan promosi yang dilakukan oleh Perpumda Provinsi DKI Jakarta dari tahun 2010 sampai dengan 2012. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kegiatan promosi yang dilakukan oleh Perpumda Provinsi DKI Jakarta dan mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi kegiatan promosi tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perpumda Provinsi DKI Jakarta melakukan kegiatan promosi dengan metode periklanan, penjualan perseorangan, publisitas, dan promosi penjualan. Selain itu, faktor yang mempengaruhi kegiatan promosi di Perpumda Provinsi DKI Jakarta adalah dana, SDM, letak ruang Perpumda Provinsi DKI Jakarta, dan kurangnya perhatian dari Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta. Saran yang dapat diberikan adalah sebaiknya selain media cetak dan media luar ruang, Perpumda Provinsi DKI Jakarta dapat memanfaatkan media internet untuk beriklan, meningkatkan hubungan dengan media massa, memperluas penyebaran brosur, dan melakukan penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh promosi terhadap jumlah pemustaka.
This small thesis is a research about library promotion that had been done at Perpumda Provinsi DKI Jakarta since 2010 till 2012. The purposes of this research are to describe Perpumda Provinsi DKI Jakarta’s promotion programme and to identify factors that influenced Perpumda Provinsi DKI Jakarta’s promotion programme. The approach used in this research is a qualitative approach with a case study method. Data are collected through interviews, observation, and study documents. The results show that Perpumda Provinsi DKI Jakarta's promotion programme used advertising, personal selling, publicity and sales promotion methods. Other factors that influenced Perpumda Provinsi DKI Jakarta’s promotion programme is fund, human resources, location and still had lack intention from government of DKI Jakarta. For advice, Perpumda Provinsi DKI Jakarta can utilize the internet media to advertise, improve relations with the mass media, expand the distribution of brochures, and conduct further research on the effect of promotions on the number of users."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S47020
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Nadiah Istiqomah
"Skripsi ini membahas persepsi pemustaka terhadap tata ruang di Perpustakaan Nasional RI khususnya pada ruang layanan anak (lantai 7) dan ruang koleksi umum terbuka (lantai 21 dan 22). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan melakukan penyebaran kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemustaka sudah merasa nyaman dengan tata ruang yang dilakukan oleh Perpustakaan Nasional RI namun masih ada beberapa hal yang harus diperbaiki seperti akses menuju lantai 22 dan informasi mengenai koleksi anak dalam rak.
The focus of this study is about users perception of interior design in National Library of Indonesia particularly in childrens room (7th floor) and open access book collection room (21st and 22nd floor). This research is using quantitative descriptive interpretive and questionnaire. The result of the study shows that users feel comfortable and satisfied with the interior design that used by National Library of Indonesia but there are still some flaws like access to 22nd floor and the information about children collection in the bookshelves."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fina Idamatussilmi
"Perpustakaan memiliki peluang untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi individu neurodivergen dan mempromosikan pentingnya akses inklusif ke semua orang di komunitas tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk fasilitas dan program yang telah disediakan oleh Perpustakaan Jakarta-Cikini yang dapat berperan dalam mengakomodasi kebutuhan anak-anak neurodivergen. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Informan dipilih melalui metode
purposive sampling. Penjaringan data dilakukan dalam kurun waktu empat bulan sejak bulan Maret 2023 sampai Juni 2023 dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah pustakawan layanan anak penanggung jawab layanan inklusi, dan pendamping anak neurodivergen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keberadaan fasilitas dan program di Perpustakaan Jakarta-Cikini sudah berperan dalam mengakomodasi kebutuhan anak neurodivergen. Akomodasi berbagai permainan yang ada di Bilik Bercerita dan pelaksanaan beberapa program di Bilik Bermain yang berkaitan dengan aktivitas sensorik dan motorik mendukung kebutuhan anak neurodivergen. Dilaksanakan pula pelatihan terhadap staf perpustakaan demi melayani pemustaka disabilitas mental dan intelektual. Hambatan yang dialami oleh Perpustakaan Jakarta-Cikini berupa anggaran untuk fasilitas yang dibutuhkan oleh pemustaka neurodivergen dan kesulitan menjadwalkan waktu pelatihan staf perpustakaan. Dengan ini, Perpustakaan Jakarta-Cikini diharapkan dapat memahami pentingnya akomodasi kebutuhan untuk anak neurodivergen sehingga dapat terus meningkatkan layanan.
Libraries have the opportunity to create a welcoming environment for neurodivergent individuals and promote the importance of inclusive access to everyone in the community. This research aims to identify the forms of facilities and programs that have been provided by the Jakarta-Cikini Library that can play a role in accommodating the needs of neurodivergent children. This research was conducted using a qualitative approach and case study method. Informants were selected through purposive sampling method. Data collection was carried out over a period of four months from March 2023 to June 2023 using observation, interview, and documentation techniques. The informants in this study are children's services librarians who are in charge of inclusion services, and neurodivergent children's assistants. The results of this study indicate that the existence of facilities and programs at the Jakarta-Cikini Library has played a role in accommodating the needs of neurodivergent children. The accommodation of various games in the Storytelling Room and the implementation of several programs in the Play Room related to sensory and motor activities support the needs of neurodivergent children. Training was also conducted for library staff to serve mentally and intellectually disabled users. Barriers experienced by Jakarta-Cikini Library include budget for facilities needed by neurodivergent users and difficulty scheduling library staff training time. With this, Jakarta-Cikini Library is expected to understand the importance of accommodating the needs of neurodivergent children so that it can continue to improve its services."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library