Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 227729 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kinanthi Galih Utami
"Dukungan universitas sangat diperlukan dalam upaya meningkatkan intensi kewirausahaan mahasiswa. Hal ini merupakan salah satu solusi atas permasalahan rendahnya tingkat kewirausahaan Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dukungan universitas terhadap intensi kewirausahaan mahasiswa melalui efikasi diri sebagai variabel mediasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan melakukan survei terhadap 300 mahasiswa. Data diolah dengan metode Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) menggunakan tools SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan universitas berpengaruh positif intensi kewirausahaan mahasiswa, baik secara langsung maupun melalui mediasi efikasi diri. Selain itu, efikasi diri juga diketahui memberikan pengaruh yang positif terhadap intensi kewirausahaan mahasiswa.

University support is essential in an effort to increase student entrepreneurial intention. It is one of the solutions to Indonesia's low level of entrepreneurship. The study aims to analyze the impact of university support on student entrepreneurial intention through self-efficacy as a mediation variable. The approach used in this study is a quantitative approach by conducting surveys of 300 students. Data is processed using the Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) method using SmartPLS 4 tools. Research results show that university support has a positive impact on student entrepreneurial intention, both directly and through self-efficiency mediation. In addition, self-efficiency is also known to have a positive influence on student entrepreneurial intention."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rois Baidhowi
"ABSTRACT
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh entrepreneurship education terhadap entrepreneurial intention mahasiswa dengan self-efficacy sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari data primer melalui penyebaran kuesioner dengan responden sebanyak 195 mahasiswa program studi bisnis atau manajemen di Universitas Indonesia, Universitas Prasetya Mulya, dan Universitas Bina Nusantara dengan menggunakan teknik quota sampling. Penelitian ini menggunakan analisis causal-step dan sobel test untuk mengguji pengaruh langsung dan pengaruh mediasi di antara variabel-variabel kunci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa entrepreneurship education mempengaruhi entrepreneurial intention mahasiswa secara signifikan, dimana self-efficacy memediasi secara parsial hubungan entrepreneurship education terhadap entrepreneurial intention mahasiswa. Temuan ini dapat membantu Pemerintah Indonesia merumuskan kebijakan dan program guna mendorong mahasiswa untuk mengejar karir kewirausahaan, yang mana dapat mengurangi ketergantungan besar mereka pada pekerjaan konvensional dan dengan demikian mengurangi pengangguran. Temuan ini juga bermanfaat bagi universitas dan lembaga pendidikan tinggi lainnya, dimana universitas dan institusi pendidikan tinggi dapat mempertimbangkan untuk merancang kurikulum, program, dan mata kuliah kewirausahaan.

ABSTRACT
This study aims to analyze the effect of entrepreneurship education on student entrepreneurial intention with self-efficacy as a mediation variable. This study uses a quantitative approach. The research data are obtained from primary data through questionnaires with respondents as many as 195 students majoring in business or management of University of Indonesia, Prasetya Mulya University, and Bina Nusantara University by using the quota sampling technique. This study uses causal-step and sobel tests to examine the direct and mediation influence among key variables. The results of the study show that entrepreneurship education influences student entrepreneurial intention significantly, where self-efficacy partially mediates the relationship between entrepreneurship education and student entrepreneurial intention. This finding can help the Government of Indonesia to formulate policies and programs that encourage students to pursue entrepreneurial careers, which can reduce their large dependence on conventional jobs and thereby reduce unemployment. This finding is also beneficial for universities and other higher education institutions, where universities and higher education institutions can consider designing curriculum, program, and entrepreneurship courses."
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Syafira Abdullah
"Entrepreneurial intention merupakan langkah awal dalam menciptakan lapangan kerja baru, mendorong inovasi, memperkuat ekonomi, dan menciptakan nilai tambah bagi masyarakat serta meningkatkan daya saing suatu negara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh university support dan university climate terhadap entrepreneurial intention mahasiswa di Universitas Indonesia dan Universitas Bina Nusantara. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui kuesioner yang diberikan kepada lebih dari 300 mahasiswa dan kuesioner yang terisi sebanyak 300 responden. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan menggunakan Software IBM SPSS Statistics 26 dan SmartPLS 4 untuk menguji hubungan antara variabel-variabel yang diteliti. Hasil penelitian menunjukan bahwa university support tidak mempengaruhi secara signifikan terhadap entrepreneurial intention, namun university climate memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap entrepreneurial intention mahasiswa. Selain itu, university climate juga ditemukan memediasi hubungan antara university support dengan entrepreneurial intention mahasiswa. Implikasi manajerial dari temuan ini adalah bahwa universitas perlu mengembangkan programprogram dan kebijakan-kebijakan yang mendukung pengembangan entrepreneurial intention mahasiswa dan menciptakan university climate yang positif di lingkungan kampus.

Entrepreneurial intention is the first step in creating new jobs, encouraging innovation, strengthening the economy, and creating added value for society and increasing a country's competitiveness. This research aims to analyze the influence of university support and university climate on student entrepreneurial intention at the University of Indonesia and Bina Nusantara University. This research uses quantitative methods by collecting data through questionnaires given to more than 300 students and questionnaires filled out by 300 respondents. The collected data was analyzed using Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) analysis using IBM SPSS Statistics 26 and SmartPLS 4 software to test the relationship between the variables studied. The research results showed that university support did not significantly influence entrepreneurialism. intention, but the university climate has a positive and significant influence on students' entrepreneurial intention. Apart from that, university climate was also found to mediate the relationship between university support and students' entrepreneurial intention. The managerial implication of these findings is that universities need to develop programs and policies that support the development of student entrepreneurial intention and create a positive university climate in the campus environment."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shidqia Ahmad Fauzani
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara entrepreneurial self-efficacy dan proactive personality pada entrepreneurial intention dengan attitude toward entrepreneuship dan perceived behavioural control sebagai variabel mediasi. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif untuk menjawab tujuan penelitian. Partisipan dalam penelitian ini adalah mantan pekerja migran Indonesia di Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur (n=352). SPSS dan LISREL digunakan untuk menganalisis data kuantitatif meliputi statistik deskriptif, reliabilitas, validitas, dan SEM. Hasilnya, terdapat hubungan positif dan signifikan antara proactive personality terhadap attitude toward entrepreneurship dan perceived behavioural control. Selain itu, ada hubungan positif dan signifikan yang ditemukan antara attitude toward entrepreneurship dan entrepreneurial intention. Attitude toward entrepreneurship memiliki efek mediasi antara proactive personality dan entrepreneurial intention. Jumlah responden yang lebih banyak diharapkan dapat memberikan hasil analisis yang lebih baik dan akurat. Temuan penelitian ini harus divalidasi kembali melalui penelitian lebih lanjut dalam berbagai konteks, karena generalisasi hasil dalam penelitian ini hanya didasarkan pada sampel responden yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Dengan menggunakan hasil penelitian ini, pemerintah dapat mendorong dengan menciptakan ekosistem dan membuat instrumen kebijakan yang tepat sasaran seperti memberikan pelatihan kewirausahaan dan literasi digital untuk mendukung kegiatan kewirausahaan. Mantan pekerja migran perlu memiliki inisiatif, selalu ingin belajar hal baru, menjaga perilaku kepeloporan dan mengenali peluang.

The purpose of this paper is to examine the relationship between entrepreneurial self-efficacy and proactive personality on entrepreneurial intention with attitude toward entrepreneurship and perceived behavioural control as mediation variabel. This study adopts a quantitative approach to address the research objectives. The participants in this study were former Indonesian migrant workers in the province of West Nusa Tenggara and East Nusa Tenggara (n=352). SPSS and LISREL was used to analyze the quantitative data including descriptive statistics, reliability, validity, and SEM. In the results, there is a positive and significant relationship between proactive personality on attitude toward entrepreneurship and perceived behavioral control. In addition, there is a positive and significant relationship was found between attitude toward entrepreneurship and entrepreneurial intention. Attitude toward entrepreneurship has a mediating effect between proactive personality and entrepreneurial intention. A larger number of respondents is expected to provide better and more accurate analysis results. The findings of this study must be re-validated through further research in various contexts, because the generalization of the results in this study is based only on a sample of respondents who are in the provinces of West Nusa Tenggara and East Nusa Tenggara. Using the results of this study, the government can encourage by creating an ecosystem and making targeted policy instruments such as providing entrepreneurship training and digital literacy to support entrepreneurial activities. Former migrant workers need to have initiative, always want to learn new things, maintain pioneering behavior and recognize opportunities."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ismi Robbi
"Entrepreneurial education sangat diperlukan dalam upaya meningkatkan entrepreneurial mindset mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh entrepreneurial education terhadap entrepreneurial mindset mahasiswa dengan self-efficacy sebagai variabel mediasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan melakukan survei terhadap 300 mahasiswa di Universitas Indonesia. Data diolah dengan metode Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) menggunakan tools SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa entrepreneurial education berpengaruh positif terhadap entrepreneurial mindset mahasiswa, baik secara langsung maupun melalui mediasi self-efficacy. Selain itu, self- efficacy juga diketahui memberikan pengaruh yang positif terhadap entrepreneurial mindset mahasiswa.

Entrepreneurial education plays a crucial role in fostering entrepreneurial mindset among students. This study aims to examine the impact of entrepreneurial education on students' entrepreneurial mindset, with self-efficacy serving as a mediating variable. Employing a quantitative approach, the research surveyed 300 students at University of Indonesia and applied Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) using SmartPLS 4 software for data analysis. The findings reveal that entrepreneurial education positively influences students' entrepreneurial mindset, both directly and indirectly through the mediation of self-efficacy. Furthermore, self-efficacy is identified as exerting a positive influence on students' entrepreneurial mindset."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yolanda Novianti
"Entrepreneurial Intention (EI) akan menjadi langkah pertama untuk mulai mengembangkan usaha dan terkadang membutuhkan proses panjang dalam penciptaan usaha. Dalam mendukung hal tersebut, perguruan tinggi sebagai lembaga yang mendidik para lulusan baru perlu mengarahkan mahasiswa untuk menumbuhkan minat berwirausaha sehingga diperlukan kegiatan kewirausahaan yang memberdayakan mahasiswa untuk berwirausaha. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh experiential learning terhadap entrepreneurial intentions mahasiswa di Universitas Indonesia dan Universitas Bina Nusantara, serta menganalisis pengaruh entrepreneurial self-efficacy sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner. Sampel pada penelitian merupakan mahasiswa/i dari program studi bisnis yang pernah mengikuti kegiatan kewirausahaan yang diselenggarakan oleh universitas/fakultas/program studi. Setelah penyebaran kuesioner, diperoleh data dari 407 responden. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan pendekatan Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh experiential learning terhadap entrepreneurial intention mahasiswa di Universitas Indonesia dan Universitas Bina Nusantara memiliki pengaruh yang tidak signifikan atau berhubungan negatif. Sebaliknya, pengaruh experiential learning terhadap entrepreneurial intentions melalui entrepreneurial self-efficacy sebagai variabel mediasi pada mahasiswa di Universitas Indonesia dan Universitas Bina Nusantara memiliki pengaruh yang signifikan atau berhubungan positif.

Entrepreneurial intention will be the first step to start developing a business and sometimes need a long process in business creation. In supporting this, universities as institutions that educate new graduates need to direct students to develop an interest in entrepreneurship so that entrepreneurial activities are needed that empower students to become entrepreneurs. The aim of this research is to analyze the influence of experiential learning on students' entrepreneurial intentions at the Universitas Indonesia and Universitas Bina Nusantara, as well as to analyze the influence of entrepreneurial self-efficacy as a mediating variable. This research uses a quantitative approach by distributing questionnaires. The research samples were business study program students who had participated in entrepreneurial activities. After distributing the questionnaire, data was obtained from 407 respondents. This research uses descriptive data analysis and inferential statistical analysis techniques with the PLS-SEM approach. The results show that the influence of experiential learning on entrepreneurial intentions of students at the Universitas Indonesia and Universitas Bina Nusantara has an insignificant influence. In contrast, the influence of experiential learning on entrepreneurial intentions through entrepreneurial self-efficacy as a mediating variable for students at the Universitas Indonesia and Universitas Bina Nusantara has an influence significant."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indah Pertiwi
"ABSTRAK
Usaha Mikro dan Kecil UMK memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia. Pertumbuhan dan perkembangan UMK menjadi perhatian banyak institusi, termasuk instansi pemerintah. Pemerintah menyediakan berbagai dukungan, termasuk bantuan keuangan, untuk mendukung pengembangan UMK. Studi ini menyelidiki peran dukungan pembiayaan pemerintah sebagai moderator kendala keuangan dan efek self-efficacy kewirausahaan terhadap inovasi UMK. Penelitian ini menggunakan teknik Structural Equation Model untuk menguji sampel yang terdiri dari 750 UMK. Hasilnya menemukan bahwa kendala finansial UMK dapat membatasi inovasi UMK, dan self-efficacy mereka meningkatkan inovasi. Lebih penting lagi, penelitian ini menegaskan bahwa dukungan pembiayaan pemerintah merupakan strategi efektif untuk memfasilitasi inovasi UMK. Makalah ini memberikan kontribusi dalam mengklarifikasi peran penting bantuan keuangan pemerintah sebagai moderator terhadap inovasi UMK.

ABSTRACT
Micro and Small Enterprises MSEs have important roles in Indonesian economy. The growth and development of MSEs is a concern of many institutions, including government agencies. Government provides various supports, including financial aids, to sustain the development of MSEs. This study investigates the role of government financing support as a moderator of financial constraint and entrepreneurial self efficacy effect toward MSEs innovation. This research applies Structural Equation Model technique to examine a sample consists of 750 MSEs. The results find that MSEs rsquo financial constraint might limit the MSEs rsquo innovation, and their self efficacy improve the innovation. More importantly, the research confirms that the government financing support is an effective strategy to facilitate MSEs rsquo innovation. This paper contributes in clarifying the importance roles of government financial aid as moderator to MSEs rsquo innovation. "
2018
T50278
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Munadhillah
"Mahasiswa yang berada pada tingkat akhir memiliki tingkatan stress yang lebih tinggi dibandingkan mahasiswa pada tahun pertama. Mereka tidak hanya dihadapkan pada tuntutan yang tinggi terkait dengan akademis tetapi juga pada keputusan karirnya setelah kelu \lusan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara optimisme dan efikasi diri pengambilan keputusan karir pada mahasiswa tingkat akhir Universitas Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara langsung kepada 365 mahasiswa tingkat akhir Universitas Indonesia yang telah memperoleh jumlah credit tidak kurang dari 96 credit. Optimisme diukur dengan menggunakan alat ukur Life Orientation Test-Revised (LOT-R) yang dikembangkan oleh Scheier, Carver dan Bridges (1994) yang diadaptasi oleh Tasha (2011). Sedangkan efikasi diri dalam pengambilan keputusan karir diukur dengan menggunakan alat ukut Career Decision Self Efficacy-Sort Form (CDSE-SF) yang dikembangkan oleh Taylor dan Betz (1996) dan telah diadaptasi oleh Sawitri (2008). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara optimisme dengan efikasi diri pengambilan keputusan karir (r = +.306,p< .01). Dalam analisis tambahan juga ditemukan skor CDSE pada mahasiswa laki laki lebih tinggi daripada perempuan. Akan tetapi, tidak ditemukan perbedaan antara skor optimisme berdasarkan jenis kelamin dan rumpun ilmu pengetahuan.

The stress levels of senior year college students are higher than first-year students. Seniors are not only stressed with higher demands of academic responsibility but also the career decision making after graduating. They are given transition demands of graduation and job placement. Thus, this research was conducted to examine the correlation between optimism and career decision making self efficacy among senior year college students. In study, 365 senior year college students of University Indonesia who has achieved not less than 96 credit were assessed by using self report quesionaire. Optimism was measured by Life Orientation Test-Revised (LOT-R) constructed by Scheir, Carver and Brudges and adapted by Tasha (2011). While Career decision making self efficacy was measured by Career Decision Making Self Efficacy-Short Form (CDSE-SF) constructed by Taylor and Betz (1996) and adapted by Sawitri (2008) . The result indicated significant positive correlation between optimism and career decision making self efficacy (r = .306, p< .01). Furthermore, another result also revealed that male students obtained higher score on career decision making self efficacy than female students. However, there is no significant mean differences of optimism found on gender and department of study.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
S61954
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Putri Dewanti
"Penelitian yang dilakukan kepada siswa kelas 9 ini bertujuan untuk melihat pengaruh pendidikan
dan keselarasan dukungan orang tua terhadap efikasi diri dalam keputusan karier. Pengukuran
pendidikan orang tua dilihat melalui form data demografis partisipan, keselarasan dukungan orang
tua diukur menggunakan alat ukur adolescent-parent career congruent, dan efikasi diri dalam
keputusan karier diukur menggunakan alat ukur Career Decision Self-Efficacy Short Form (CDSE-
SF). Partisipan penelitian ini berjumlah 200 partisipan kelas 9 yang berasal dari SMP Negeri di
Jakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara
keselarasan dukungan orang tua terhadap efikasi diri dalam keputusan karier. Sedangkan
pendidikan orang tua tidak memiliki pengaruh terhadap efikasi diri dalam keputusan karier. Oleh
karena itu, keselarasan dukungan orang tua penting bagi siswa dalam menentukan keputusan karier.
Penelitian mengenai pendidikan orang tua terhadap efikasi diri dalam keputusan karier tidak
konsisten seperti penelitian sebelumnya. Penelitian yang akan datang disarankan menggunakan
alat ukur pendidikan orang tua yang konsisten.

The research conducted on 9th grade students aims to see the influence of parental education and
support congruent for Career Decision Self-Efficacy. The measurement of parental education was
seen through the participant demographic data form, parental support congruent was measured
using the measure of adolescent-parent career congruent, and career decision self-efficacy was
measured using the Career Decision Self-Efficacy Short Form (CDSE-SF). The participants of this
study were 200 9th grade students who came from junior high schools in Jakarta. The results of this
study indicate that there is a significant effect of parental support congruent for career decision
self-efficacy. Parental education does not have an influence on career decision self-efficacy.
Therefore, parental support congruent is important for students in determining career decisions.
Research of parental education on self-efficacy in career decisions is not consistent as in previous
studies. Future research is suggested to use a measuring tool that includes consistent with parental education.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anggi Septiana
"Quarter life crisis merupakan fenomena yang terjadi pada usia 20-an dalam masa krisis yang mencakup ketidakstabilan yang ekstrem, perubahan terus menerus, ketidakberdayaan, ketidaktahuan, terisolasi, ragu pada kemampuan diri sendiri, dan takutnya akan kegagalan. Individu dengan self efficacy yang baik akan memiliki keyakinan yang kuat dalam menyelesaikan masalah, percaya dengan kemampuan diri, tidak takut gagal, senang dengan tantangan, dan senang dengan situasi baru. Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self efficacy dengan quarter life crisis pada mahasiswa S1 reguler tingkat akhir. Sampel penelitian ini berjumlah 101 mahasiswa tingkat akhir RIK UI dengan teknik non-probability sampling dan pendekatan accidental sampling. Desain penelitian ini berupa deskriptif korelasional, pendekatan kuantitatif, dan rancangan cross-sectional. Penilaian ini menggunakan instrument The General Self Efficacy Scale (GSE) dan Quarter life Crisis Scale. Hasil penelitian melalui Uji Chi Square ditemukan adanya hubungan signifikan antara self efficacy dengan quarter life crisis pada mahasiswa S1 reguler tingkat akhir Rumpun Ilmu Kesehatan Universitas Indonesia (nilai p< 0,000: α =0,05). Berdasarkan hasil penelitian, peneliti merekomendasikan mahasiswa untuk awareness terkait dengan kesehatan mental terutama memperhatikan pikiran, motivasi, suasana hati, dan kesehatan jasmani maupun rohani seseorang untuk mengatasi permasalahan yang ada guna mencapai suatu tujuan.

Quarter life crisis is a phenomenon that occurs in the 20s during a crisis that includes extreme instability, continuous change, helplessness, ignorance, isolation, self-doubt, and fear of failure. Individuals with good self-efficacy will have strong beliefs in solving problems, believe in their own abilities, are not afraid of failure, are happy with challenges, and are happy with new situations. This study aims to determine the relationship between self-efficacy and quarter life crisis in final year regular undergraduate students. The sample of this research was 101 final year students of RIK UI with non-probability sampling technique and accidental sampling approach. The research design is a correlational descriptive, quantitative approach, and cross-sectional design. This assessment uses the instrument The General Self Efficacy Scale (GSE) and the Quarter life Crisis Scale. The results of the study using the Chi Square Test found that there was a significant relationship between self-efficacy and quarter life crisis in regular undergraduate students at the end of the University of Indonesia Health Sciences Cluster (p value <0.000: α =0.05). Based on the research results, researchers recommend students to raise awareness related to mental health, especially paying attention to one's thoughts, motivation, mood, and physical and spiritual health to overcome existing problems in order to achieve a goal."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>