Penelitian yang dilakukan kepada siswa kelas 9 ini bertujuan untuk melihat pengaruh pendidikan
dan keselarasan dukungan orang tua terhadap efikasi diri dalam keputusan karier. Pengukuran
pendidikan orang tua dilihat melalui form data demografis partisipan, keselarasan dukungan orang
tua diukur menggunakan alat ukur adolescent-parent career congruent, dan efikasi diri dalam
keputusan karier diukur menggunakan alat ukur Career Decision Self-Efficacy Short Form (CDSE-
SF). Partisipan penelitian ini berjumlah 200 partisipan kelas 9 yang berasal dari SMP Negeri di
Jakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara
keselarasan dukungan orang tua terhadap efikasi diri dalam keputusan karier. Sedangkan
pendidikan orang tua tidak memiliki pengaruh terhadap efikasi diri dalam keputusan karier. Oleh
karena itu, keselarasan dukungan orang tua penting bagi siswa dalam menentukan keputusan karier.
Penelitian mengenai pendidikan orang tua terhadap efikasi diri dalam keputusan karier tidak
konsisten seperti penelitian sebelumnya. Penelitian yang akan datang disarankan menggunakan
alat ukur pendidikan orang tua yang konsisten.
The research conducted on 9th grade students aims to see the influence of parental education andsupport congruent for Career Decision Self-Efficacy. The measurement of parental education wasseen through the participant demographic data form, parental support congruent was measuredusing the measure of adolescent-parent career congruent, and career decision self-efficacy wasmeasured using the Career Decision Self-Efficacy Short Form (CDSE-SF). The participants of thisstudy were 200 9th grade students who came from junior high schools in Jakarta. The results of thisstudy indicate that there is a significant effect of parental support congruent for career decisionself-efficacy. Parental education does not have an influence on career decision self-efficacy.Therefore, parental support congruent is important for students in determining career decisions.Research of parental education on self-efficacy in career decisions is not consistent as in previousstudies. Future research is suggested to use a measuring tool that includes consistent with parental education.