Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 193440 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nadia Rahmawati
"Aplikasi mobile yang dikembangkan perusahaan bertujuan meningkatkan pelayanannya. PLN Mobile merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan listrik negara Indonesia. Studi ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi continuance intention Aplikasi PLN Mobile menggunakan perspektif self regulation framework dari Bagozzi dan UTAUT-2 extended model. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebar secara online kepada 358 responden. Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) digunakan untuk menganalisis data. Hasil studi menunjukkan bahwa trust, epistemic value, satisfaction dan habit mempengaruhi continuance intention. Kesimpulan yang diperoleh penelitian ini meningkatkan pemahaman tentang faktor-faktor yang menentukan continuance intention aplikasi PLN Mobile di perusahaan listrik milik negara Indonesia.

The company-developed mobile application aims to enhance its services. PLN Mobile is an app created by the state electricity company of Indonesia. This study analyzes factors influencing the continuance intention of the PLN Mobile application using the self- regulation framework by Bagozzi and the UTAUT-2 extended model. Data were collected through online questionnaires from 358 respondents. Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) was employed for data analysis. The results indicate that trust, epistemic value, satisfaction, and habit influence continuance intention. This study enhances understanding of determinants of PLN Mobile app continuance intention in the Indonesian state-owned electricity company."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Situmorang, Jacob Marulitua Ido
"Cepatnya perkembangan teknologi mendorong masyarakat untuk dapat beradaptasi dengan perubahan, salah satunya dalam menggunakan e-wallet sebagai metode pembayaran digital. Populernya penggunaan e-wallet didorong dari berbagai faktor, seperti manfaat dan risiko yang dirasakan oleh pengguna. Terdapat beberapa aplikasi e-wallet yang tersedia dengan manfaat, risiko, serta kepuasan yang berbeda-beda. Hal tersebut memungkinkan pengguna untuk beralih dari menggunakan satu e-wallet ke e-wallet lain, atau bahkan terus menggunakan e-wallet yang sama. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang memengaruhi niat penggunaan berkelanjutan e-wallet saat bertransaksi pada mobile commerce. Penelitian ini menggunakan dua teori, yaitu benefit-risk framework sebagai teori yang merepresentasikan keuntungan dan risiko yang dirasakan oleh pengguna, serta expectancy confirmation theory yang merepresentasikan kepuasan yang dapat memengaruhi niat berkelanjutan pengguna. Penelitian ini dilakukan terhadap 543 responden yang pernah menggunakan e-wallet pada mobile commerce. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode covariance-based structural equation model dengan aplikasi AMOS 26. Pada penelitian ini ditemukan adanya pengaruh signifikan dari perceived benefits dan satisfaction terhadap continuance intention. Faktor-faktor yang memengaruhi perceived benefits meliputi perceived ease of use, economic benefits, seamless transaction, dan convenience. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi penyedia layanan e-wallet untuk mengevaluasi layanan sehingga e-wallet tersebut dapat digunakan secara berkelanjutan oleh pengguna.

The rapid development of technology encourages people to be able to adapt to changes, one of which is using e-wallet as a digital payment method. The popularity of using e-wallet is driven by various factors, such as the benefits and risks perceived by the user. There are several e-wallet applications available with their own benefits, risks, and satisfactions. This allows users to switch from using one e-wallet to another, or even continue to use the same e-wallet. Therefore, this study aims to analyze what factors influence the continuance intention to use e-wallet for mobile commerce transaction. This study uses two theories – the benefit-risk framework as a theory that represents the benefits and risks perceived by the user, and the expectancy confirmation theory which represents the satisfaction that can affect the user’s continuance intention. This research was conducted on 543 respondents who ever used e-wallet on mobile commerce. The data obtained and then analyzed using the covariance-based structural equation model method with AMOS 26. In this study, it was found that there was a significant effect of perceived benefits and satisfaction on continuance intention. This research is expected to contribute to e-wallet service providers to evaluate services so that the e-wallet can be used further by users"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Selvia Ligar Utami
"ABSTRAK
Perkembangan mobile commerce dalam bidang travel sudah berkembang semakin marak, namun performa aplikasi mobile maskapai masih tertinggal dibandingkan online travel agent. Studi literatur dilakukan untuk mengetahui variabel apa yang mempengaruhi minat penggunaan aplikasi mobile maskapai. Kemudian, variabel tersebut dinilai dan dipilih oleh 7 orang ahli. Variabel laten dan indikator yang telah dinilai oleh ahli kemudian diuji menggunakan metode SEM Structural Equation Modeling dan Importance-Performance. Hasil pengujian model SEM terhadap 400 pengguna menghasilkan nilai yang dirasakan dan kegunaan yang dirasakan pelanggan sebagai variabel yang mempengaruhi minat penggunaan secara langsung dan positif. Hasil analisis Importance- Performance menghasilkan indikator yang perlu dilakukan perbaikan oleh perusahaan adalah kecepatan waktu akses, kebebasan akan error, kecepatan proses pemesanan tiket, kelengkapan dan keterbaruan informasi dalam aplikasi.

ABSTRACT<>br>
The development of mobile commerce in the field of travel has grown more rapidly, but the performance of airline mobile applications are still lagging behind the online travel agent. The literature study was conducted to find out what factors influence intention to use airline mobile applications. Then, these factors were assessed and selected by 7 experts. The latent variables and indicators that have been assessed by the expert are then tested using SEM Structural Equation Modeling and Importance Performance Analysis. The result of SEM model of 400 users produces perceived value and perceived usefulness as the variables that have positive direct effect on intention to use. The result of Importance Performance Analysis produces indicators that still need improvement by the company are the speed of access time, freedom of error, speed of ticket booking process, completeness and up to date information on the mobile application."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irene Novita
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh bolak balik antara status kegiatan ekonomi istri terhadap keterlibatan suami bekerja dalam mengurus rumah tangga, serta dampak yang lebih besar dari pengaruh bolak-balik tersebut. Karena adanya hubungan timbal balik dan isu endogenitas, maka penelitian ini akan menggunakan model persamaan simultan untuk menjawab tujuan penelitian. Hasil persamaan simultan menemukan adanya istri yang bekerja memiliki pengaruh lebih besar terhadap keterlibatan suami bekerja dalam mengurus rumah tangga dibandingkan pengaruh sebaliknya, sehingga dapat dikatakan bahwa pekerjaan rumah tangga tidak dapat terabaikan ketika tinggal dengan istri yang bekerja. Selain itu, penelitian ini juga melihat adanya asisten rumah tangga mengurangi keterlibatan suami bekerja dalam pekerjaan rumah tangga. Namun adanya balita di rumah tangga tidak menggeser peran suami dalam pengasuhan anak

This study aims to find reciprocal effect between wives’ economic activity status and working husbands’ involvement in household production, and the greater effect of those two. Because of reciprocity and endogeneity issues, this study will be tackled by simultaneous equation system. The result suggests that working wives and working husbands’ involvement in household production has greater effect than the otherwise. It argues that household production cannot be overlooked so that husband will allocate their time when lives with working wife. Besides, this study finds that existence of household assistant less likely effects on working husband’s involvement in household production. However, fathers cannot get rid of caring child(ren) under 5 years old in the household."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Akhmad Diponegoro Widodo
"Cepatnya perkembangan teknologi mendorong masyarakat untuk dapat beradaptasi dengan perubahan, salah satunya dalam menggunakan e-wallet sebagai metode pembayaran digital. Populernya penggunaan e-wallet didorong dari berbagai faktor, seperti manfaat dan risiko yang dirasakan oleh pengguna. Terdapat beberapa aplikasi e-wallet yang tersedia dengan manfaat, risiko, serta kepuasan yang berbeda-beda. Hal tersebut memungkinkan pengguna untuk beralih dari menggunakan satu e-wallet ke e-wallet lain, atau bahkan terus menggunakan e-wallet yang sama. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang memengaruhi niat penggunaan berkelanjutan e-wallet saat bertransaksi pada mobile commerce. Penelitian ini menggunakan dua teori, yaitu benefit-risk framework sebagai teori yang merepresentasikan keuntungan dan risiko yang dirasakan oleh pengguna, serta expectancy confirmation theory yang merepresentasikan kepuasan yang dapat memengaruhi niat berkelanjutan pengguna. Penelitian ini dilakukan terhadap 543 responden yang pernah menggunakan e-walletpada mobile commerce. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode covariance-based structural equation model dengan aplikasi AMOS 26. Pada penelitian ini ditemukan adanya pengaruh signifikan dari perceived benefits dan satisfaction terhadap continuance intention. Faktor-faktor yang memengaruhi perceived benefits meliputi perceived ease of use, economic benefits, seamless transaction, dan convenience. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi penyedia layanan e-wallet untuk mengevaluasi layanan sehingga e-wallet tersebut dapat digunakan secara berkelanjutan oleh pengguna.

The rapid development of technology encourages people to be able to adapt to changes, one of which is using e-wallet as a digital payment method. The popularity of using e-wallet is driven by various factors, such as the benefits and risks perceived by the user. There are several e-wallet applications available with their own benefits, risks, and satisfactions. This allows users to switch from using one e-wallet to another, or even continue to use the same e-wallet. Therefore, this study aims to analyze what factors influence the continuance intention to use e-wallet for mobile commerce transaction. This study uses two theories – the benefit-risk framework as a theory that represents the benefits and risks perceived by the user, and the expectancy confirmation theory which represents the satisfaction that can affect the user’s continuance intention. This research was conducted on 543 respondents who ever used e-wallet on mobile commerce. The data obtained and then analyzed using the covariance-based structural equation model method with AMOS 26. In this study, it was found that there was a significant effect of perceived benefits and satisfaction on continuance intention. This research is expected to contribute to e-wallet service providers to evaluate services so that the e-wallet can be used further by users."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Situmorang, Batara Yehezkiel
"Perkembangan pesat aplikasi mobile telah menjadi bagian penting dalam mendukung berbagai aktivitas, termasuk di industri telekomunikasi. Perusahaan pada industri telekomunikasi di Indonesia sendiri memiliki tantangan dalam menjaga tingkat customer churn yang tinggi. Faktor utama penyebab tingginya customer churn pada industri telekomunikasi adalah rendahnya tingkat customer experience dan loyalitas pelanggan yang rendah. Meskipun berbagai fitur telah dihadirkan oleh aplikasi mobile telekomunikasi seperti MyTelkomsel sebagai upaya peningkatan customer experience dan loyalitas pelanggan, tingkat kehilangan pelanggan di industri ini masih tinggi, sehingga diperlukan pemahaman mendalam mengenai faktor-faktor kualitas layanan mobile. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh mobile service quality terhadap continuance intention pengguna aplikasi MyTelkomsel, yaitu aplikasi mobile telekomunikasi dari provider seluler dengan jumlah pengguna terbanyak di Indonesia. Dalam meneliti hal tersebut, tim peneliti menggunakan SERVQUAL theory, konstruk inertia, dan continuance intention yang diadaptasi dari berbagai penelitian terdahulu. Pengumpulan data kuantitatif dilakukan melalui kuesioner yang diisi oleh 487 responden dan data kualitatif melalui wawancara dengan 30 narasumber. Data kuantitatif dianalisis menggunakan metode Partial Least Square structural Equation Modelling (PLS-SEM) melalui perangkat lunak SmartPLS 4, sementara data kualitatif menggunakan metode content analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mobile service quality yang terdiri dari dua dimensi, yaitu application quality dan outcome quality berpengaruh terhadap continuance intention. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi penyedia layanan telekomunikasi, terkhusus pihak pengembang, mengenai aspek mobile service quality pada aplikasi mobile telekomunikasi apa saja yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan niat keberlanjutan penggunaanya.

The rapid development of mobile applications has become an essential part of supporting various activities, including in the telecommunications industry. Companies in the Indonesian telecommunications industry face the challenge of maintaining high customer churn rates. The main factors causing high customer churn in the telecommunications industry are the low level of customer experience and low customer loyalty. Although various features have been introduced by mobile telecommunication applications like MyTelkomsel in an effort to improve customer experience and loyalty, the rate of customer loss in this industry remains high. Therefore, a deep understanding of the factors influencing the quality of mobile services is necessary. This study aims to analyze the impact of mobile service quality on the continuance intention of MyTelkomsel users, which is the mobile application of the largest cellular provider in Indonesia. To investigate this, the research team employs the SERVQUAL theory. constructs inertia, and continuance intention adapted from previous studies. Quantitative data was collected through a questionnaire completed by 487 respondents and qualitative data through interviews with 30 informants. The quantitative data was analyzed using the Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM) method through the SmartPLS 4 software, while the qualitative data was analyzed using content analysis. The results of this study indicate that mobile service quality, comprising two dimensions: application quality and outcome quality, affects continuance intention. These findings are expected to provide insights for telecommunications service providers, especially developers, on which aspects of mobile service quality in mobile applications can be enhanced to increase users' continuance intention."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Takayuki Muhamad Rabbani
"Perkembangan pesat aplikasi mobile telah menjadi bagian penting dalam mendukung berbagai aktivitas, termasuk di industri telekomunikasi. Perusahaan pada industri telekomunikasi di Indonesia sendiri memiliki tantangan dalam menjaga tingkat customer churn yang tinggi. Faktor utama penyebab tingginya customer churn pada industri telekomunikasi adalah rendahnya tingkat customer experience dan loyalitas pelanggan yang rendah. Meskipun berbagai fitur telah dihadirkan oleh aplikasi mobile telekomunikasi seperti MyTelkomsel sebagai upaya peningkatan customer experience dan loyalitas pelanggan, tingkat kehilangan pelanggan di industri ini masih tinggi, sehingga diperlukan pemahaman mendalam mengenai faktor-faktor kualitas layanan mobile. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh mobile service quality terhadap continuance intention pengguna aplikasi MyTelkomsel, yaitu aplikasi mobile telekomunikasi dari provider seluler dengan jumlah pengguna terbanyak di Indonesia. Dalam meneliti hal tersebut, tim peneliti menggunakan SERVQUAL theory, konstruk inertia, dan continuance intention yang diadaptasi dari berbagai penelitian terdahulu. Pengumpulan data kuantitatif dilakukan melalui kuesioner yang diisi oleh 487 responden dan data kualitatif melalui wawancara dengan 30 narasumber. Data kuantitatif dianalisis menggunakan metode Partial Least Square structural Equation Modelling (PLS-SEM) melalui perangkat lunak SmartPLS 4, sementara data kualitatif menggunakan metode content analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mobile service quality yang terdiri dari dua dimensi, yaitu application quality dan outcome quality berpengaruh terhadap continuance intention. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi penyedia layanan telekomunikasi, terkhusus pihak pengembang, mengenai aspek mobile service quality pada aplikasi mobile telekomunikasi apa saja yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan niat keberlanjutan penggunaanya.

The rapid development of mobile applications has become an essential part of supporting various activities, including in the telecommunications industry. Companies in the Indonesian telecommunications industry face the challenge of maintaining high customer churn rates. The main factors causing high customer churn in the telecommunications industry are the low level of customer experience and low customer loyalty. Although various features have been introduced by mobile telecommunication applications like MyTelkomsel in an effort to improve customer experience and loyalty, the rate of customer loss in this industry remains high. Therefore, a deep understanding of the factors influencing the quality of mobile services is necessary. This study aims to analyze the impact of mobile service quality on the continuance intention of MyTelkomsel users, which is the mobile application of the largest cellular provider in Indonesia. To investigate this, the research team employs the SERVQUAL theory. constructs inertia, and continuance intention adapted from previous studies. Quantitative data was collected through a questionnaire completed by 487 respondents and qualitative data through interviews with 30 informants. The quantitative data was analyzed using the Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM) method through the SmartPLS 4 software, while the qualitative data was analyzed using content analysis. The results of this study indicate that mobile service quality, comprising two dimensions: application quality and outcome quality, affects continuance intention. These findings are expected to provide insights for telecommunications service providers, especially developers, on which aspects of mobile service quality in mobile applications can be enhanced to increase users' continuance intention."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Axell Gadiel
"Saat ini, industri keuangan mengalami perubahan signifikan dengan adopsi paradigma digital baru, dan dengan penggunaan yang luas QR Code di masyarakat, maka QR Code kemungkinan besar akan menjadi salah satu metode pembayaran yang diminati di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efek moderasi brand image terhadap hubungan faktor penerimaan konsumen dan niat penggunaan dalam penggunaan QR Code Jenius pada Generasi Z. Penelitian ini terdiri dari beberapa tahap analisis data dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS 4 dan SPSS 25 dan dengan menggunakan conclusive research design dengan metode pengambilan sampel non-probability sampling menggunakan self-administered questionnaire dengan jenis purposive sampling. Pengolahan data menggunakan metode analisis data PLS-SEM. Variabel Harapan Kinerja, Kondisi Fasilitasi, dan Motivasi Hedonis tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap niat penggunaan QR Code Jenius, sementara Harapan Upaya, Pengaruh Sosial, dan Nilai Persepsi memiliki pengaruh signifikan terhadap penggunaan QR Code Jenius. Dalam hal variabel yang dimoderasi oleh Brand Image, hanya Kondisi Fasilitasi dan Nilai Persepsi yang memiliki pengaruh signifikan terhadap niat penggunaan QR Code Jenius. Kontribusi utama dari penelitian ini adalah menekankan pentingnya Harapan Upaya, Pengaruh Sosial, Nilai Persepsi, dan Brand Image dalam memoderasi Kondisi Fasilitasi dan Nilai Persepsi bagi penyedia layanan QR Code, khususnya Jenius. Hal ini memperkuat proposisi nilai mereka dengan menyediakan pengalaman yang mulus dan mudah digunakan.

Currently, the financial industry is undergoing significant changes with the adoption of new digital paradigms, and with the widespread use of QR codes in society, QR codes are likely to become one of the preferred methods of payment in the future. This study aims to analyze the moderating effect of brand image on the relationship between consumer acceptance factors and intention to use QR Code Jenius among Generation Z. The study consists of several stages of data analysis using SmartPLS 4 and SPSS 25 software, and employs a conclusive research design with non-probability sampling method using a self-administered questionnaire with purposive sampling. Data processing is done using PLS-SEM data analysis method. Performance Expectancy, Facilitating Conditions, and Hedonic Motivation variables do not have a significant influence on the intention to use QR Code Jenius, while Effort Expectancy, Social Influence, and Perceived Value have a significant influence on the use of QR Code Jenius. In terms of variables moderated by Brand Image, only Facilitating Conditions and Perceived Value have a significant influence on the intention to use QR Code Jenius. The main contribution of this study is to emphasize the importance of Effort Expectancy, Social Influence, Perceived Value, and Brand Image in moderating Facilitating Conditions and Perceived Value for QR Code service providers, especially Jenius. This strengthens their value proposition by providing a smooth and user-friendly experience."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Venska Aurell Dominica
"Perkembangan pesat aplikasi mobile telah menjadi bagian penting dalam mendukung berbagai aktivitas, termasuk di industri telekomunikasi. Perusahaan pada industri telekomunikasi di Indonesia sendiri memiliki tantangan dalam menjaga tingkat customer churn yang tinggi. Faktor utama penyebab tingginya customer churn pada industri telekomunikasi adalah rendahnya tingkat customer experience dan loyalitas pelanggan yang rendah. Meskipun berbagai fitur telah dihadirkan oleh aplikasi mobile telekomunikasi seperti MyTelkomsel sebagai upaya peningkatan customer experience dan loyalitas pelanggan, tingkat kehilangan pelanggan di industri ini masih tinggi, sehingga diperlukan pemahaman mendalam mengenai faktor-faktor kualitas layanan mobile. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh mobile service quality terhadap continuance intention pengguna aplikasi MyTelkomsel, yaitu aplikasi mobile telekomunikasi dari provider seluler dengan jumlah pengguna terbanyak di Indonesia. Dalam meneliti hal tersebut, tim peneliti menggunakan SERVQUAL theory, konstruk inertia, dan continuance intention yang diadaptasi dari berbagai penelitian terdahulu. Pengumpulan data kuantitatif dilakukan melalui kuesioner yang diisi oleh 487 responden dan data kualitatif melalui wawancara dengan 30 narasumber. Data kuantitatif dianalisis menggunakan metode Partial Least Square structural Equation Modelling (PLS-SEM) melalui perangkat lunak SmartPLS 4, sementara data kualitatif menggunakan metode content analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mobile service quality yang terdiri dari dua dimensi, yaitu application quality dan outcome quality berpengaruh terhadap continuance intention. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi penyedia layanan telekomunikasi, terkhusus pihak pengembang, mengenai aspek mobile service quality pada aplikasi mobile telekomunikasi apa saja yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan niat keberlanjutan penggunaanya.

The rapid development of mobile applications has become an essential part of supporting various activities, including in the telecommunications industry. Companies in the Indonesian telecommunications industry face the challenge of maintaining high customer churn rates. The main factors causing high customer churn in the telecommunications industry are the low level of customer experience and low customer loyalty. Although various features have been introduced by mobile telecommunication applications like MyTelkomsel in an effort to improve customer experience and loyalty, the rate of customer loss in this industry remains high. Therefore, a deep understanding of the factors influencing the quality of mobile services is necessary. This study aims to analyze the impact of mobile service quality on the continuance intention of MyTelkomsel users, which is the mobile application of the largest cellular provider in Indonesia. To investigate this, the research team employs the SERVQUAL theory. constructs inertia, and continuance intention adapted from previous studies. Quantitative data was collected through a questionnaire completed by 487 respondents and qualitative data through interviews with 30 informants. The quantitative data was analyzed using the Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM) method through the SmartPLS 4 software, while the qualitative data was analyzed using content analysis. The results of this study indicate that mobile service quality, comprising two dimensions: application quality and outcome quality, affects continuance intention. These findings are expected to provide insights for telecommunications service providers, especially developers, on which aspects of mobile service quality in mobile applications can be enhanced to increase users' continuance intention."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sayyid Al Hanif
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi intensi penggunaan mobile payment pada kalangan wisatawan Gen-Z di Indonesia melalui variabel perceived benefits, performance expectancy, effort expectancy, social influence, perceived cost, self-efficacy, perceived security dengan mediasi trust yang merupakan turunan dari kerangka teori Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) dan Mental Accounting Theory (MAT). Untuk menguji hipotesis, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan single-cross sectional design dengan menggunakan online questionnaire sebagai alat pengumpulan data. Penelitian ini mengumpulkan 358 responden yang berasal dari kalangan Gen-Z Indonesia yang dalam jangka waktu satu tahun terakhir pernah berwisata ke luar negeri dan menggunakan mobile payment di negara tempat berwisata terkait. Data pada penelitian ini menggunakan metode Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh dari perceived benefits, performance expectancy, effort expectancy, social influence, self-efficacy, dan trust kepada behavioural intention, tidak ditemukan pengaruh perceived cost dan perceived security kepada behavioural intention, tetapi ditemukan bahwa perceived security akan berpengaruh terhadap behavioural intention bila dimediasi oleh trust.

This research aims to determine the factors that influence the intention to use mobile payments among Gen-Z tourists in Indonesia through the variables perceived benefits, performance expectancy, effort expectancy, social influence, perceived cost, self-efficacy, perceived security with the mediation of trust which is derived from the theoretical framework of the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) and Mental Accounting Theory (MAT). To test the hypothesis, this research uses a quantitative method with a single-cross sectional design using an online questionnaire as a data collection tool. This research collected 358 respondents from Gen-Z Indonesia who in the past year had traveled abroad and used mobile payments in the country they were traveling to. The data in this research uses the Partial Least Square Structural Equation Modeling method (PLS-SEM). The results of this research show that there is an influence of perceived benefits, performance expectancy, effort expectancy, social influence, self-efficacy, and trust on behavioral intention. There is no influence of perceived cost and perceived security on behavioral intention, but it is found that perceived security will have an effect on behavioral intention when mediated by trust.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>