Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 78198 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sinaga, Hanna Serevina
"Seiring dengan berkembangnya teknologi komunikasi, media sosial mampu berperan untuk mengisi kesenjangan koordinasi pada situasi yang tidak terduga, terlebih dalam menjembatani pertukaran informasi semenjak alat transportasi memperluas jangkauan geografis. Tulisan ini ingin melihat peran media sosial dalam mendukung lingkungan yang intim, untuk mengisi kesenjangan koordinasi dan membentuk kohesi sosial, serta bagaimana teknologi komunikasi itu akhirnya telah meraih posisi struktural di masyarakat dengan mengulas penelitian “Twitter as a Navigator for Stranded Commuters during the Great East Japan Earthquake”, “Tweet Me Home: Exploring Information Use on Twitter in Crisis Situations”, serta “Microblogging for Crisis Communication: Examination of Twitter Use in Response to a 2009 Violent Crisis in the Seattle-Tacoma, Washington Area”. Individu kini mengandalkan telepon seluler sebagai sarana utama untuk berkomunikasi dan berkoordinasi satu sama lain.

As communication technology develops, social media can fill coordination gaps in unpredictable situations, especially in bridging the exchange of information as transport expands its geographical reach. This paper looks at the role of social media in supporting intimate neighborhoods, filling coordination gaps, and forming social cohesion, and how these communication technologies have gained a structural position in society by reviewing the studies "Twitter as a Navigator for Stranded Commuters during the Great East Japan Earthquake", "Tweet Me Home: Exploring Information Use on Twitter in Crisis Situations", and "Microblogging for Crisis Communication: An Examination of Twitter Use in Response to a 2009 Violent Crisis in the Seattle-Tacoma, Washington Area". Individuals now rely on mobile phones as the primary means to communicate and coordinate with each other."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Shabila Annisa Diningsih
"Studi literatur mengenai krisis komunikasi terus berkembang. Hal tersebut tidak hanya disebabkan oleh isu-isu di masyarakat, seperti pandemi atau bencana alam. Literatur mengenai krisis komunikasi juga berkembang karena kehadiran dan perkembangan media baru, salah satunya adalah media sosial. Sepanjang satu dekade terakhir, studi ilmiah yang menganalisis praktik terbaik atau implikasi praktik penggunaan media sosial dalam manajemen krisis komunikasi terus berkembang. Makalah ini melakukan kajian literatur terhadap lima belas jurnal pene litian internasional tentang penggunaan media sosial dalam manajemen krisis komunikasi. Hasilnya, ditemukan lima tema utama tentang peran media sosial dalam manajemen krisis komunikasi, yaitu media sosial berbasis teks lebih efektif dalam manajemen krisis komunikasi dibandingkan media sosial berbasis visual, media sosial efektif jika berperan sebagai sarana penyebaran informasi yang cepat dan akurat, media sosial dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk membangun dialog interaktif dengan pemangku kepentingan sosial dapat digunakan untuk melakukan monitoring , media atau pengawasan terhadap opini publik di masa krisis komunikasi, serta penggunaan media sosial harus tetap dilengkapi oleh penggunaan media tradisional dalam manajemen krisis komunikasi.

Literature studies related to crisis communication continue to grow. The growth is not only caused by the issues within the society, such as pandemics or natural disasters, but als o caused by the presence and development of the new media, one of which is social media. Over the past decade, scientific studies analyzing best practices or practical implications on using social media as a part of communication crisis management have con tinued to evolve. This paper conducts a literature review of fifteen international research journals about the use of social media in crisis communication management. The result shows that there are five main themes regarding the topic, namely textmanagement than visualbased s ocial media is more effective in communication crisis based social media, social media is effective if it is used to disseminate information quickly and accurately, social media can be utilized as a means to build interactive dialogu e with stakeholders, social media can be used to monitor or supervise public opinion in times of communication crisis, and the use of social media must still be complemented by the use of traditional media in crisis communication management."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Edi Santoso
"[ABSTRAK
Pesatnya pertumbuhan media sosial membawa banyak perubahan. Dengan
karakternya yang berbeda dengan media lama, media sosial membuka banyak
kemungkinan, termasuk bagi representasi identitas lokal. Seperti komunitas
Banyumas, mereka menjadikan media sosial sebagai ruang baru untuk
menunjukkan identitasnya. Sebuah pertanyaan mengemuka, apakah kehadiran
media sosial yang berkarakter global akan melemahkan identitas lokal, atau
sebaliknya justru memperkuatnya.Penelitian ini mencoba melihat transformasi
identitas komunitas Banyumas dari ranah offline ke online, dengan melihat
bagaimana realitas kontemporer praktik kebahasaan orang Banyumas dalam
kehidupan sehari-hari dan di media sosial. Pengamatan praktik kebahasaan di
media sosial dikhususkan pada pesan-pesan terpilih di blog, Twitter, dan
Facebook. Analisis dilakukan dengan menggunakan teori Pierre Bourdieu yang
melihat identitas sebagai sebuah kontestasi dalam sebuah ranah dinamis. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa karakter dasar orang Banyumas seperti cablaka,
penjorangan, dan dopokan, tergambar kuat dalam berbagai pesan di media sosial.
Uniknya, pesan-pesan ini banyak yang ditampilkan secara kreatif, sebagai bentuk
adaptasi karakter media sosial. Sebagai sebuah kontestasi, representasi identitas
lokal dipengaruhi oleh relasi antara ranah, habitus, dan modal. Ranah
menunjukkan setting media sosial itu sendiri. Sedangkan habitus ditunjukkan oleh
kecenderungan yang berbeda di antara para pengguna Banyumas dengan latar
belakang yang beragam. Sementara modal, ditandai kepemilikan modal yang
berbeda, baik yang berupa modal sosial, budaya, simbolik, maupun modal
ekonomi. Secara teoritis, hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan nilai dan
kekuatan modal, antara realitas offline dan online. Jika di ranah online, modal
ekonomi menjadi dominan perannya, maka di ranah online, modal simbolik lebih
berperan. Secara praktis, hasil penelitan ini menumbuhkan optimisme bahwa
identitas lokal akan terus bertahan, bahkan menguat, di era media sosial.;

ABSTRACT
The rapid growth of social media brings many changes. Distinguishing characters
with the old one, social media opens many possibilities, including the
representation of local identity. For instance, Banyumas community uses social
media as a new space to show their identity. A question arose whether the
presence of social media which has global character may weaken or strengthen
their local identities instead. This study tries to figure out the transformation of
identity of Banyumas community from offline to online field, by paying more
attention on how the contemporary reality of Banyumas people‟s linguistic
practices in their daily life and in social media is. The Observation on linguistic
practices in social media particularly focuses on the selected messages available in
blogs, Twitter, and Facebook. The analyses were conducted using Pierre Bourdieu
theories that viewed identity as a contestation within a dynamic field. The results
showed that the basic characters of the Banyumas people, such as cablaka,
penjorangan, and dopokan, were strongly reflected in various messages available
in social media. These messages were uniquely displayed in creative ways, as
forms of character adaptation in social media. As contestation, the representation
of local identity was influenced by the relationship between field, habitus, and
capitals. Field showed the setting of social media itself. Habitus were shown by
the different tendencies among users of Banyumas with different backgrounds.
Capitals were marked by the possession of different capitals, either in the form of
social, cultural, symbolic, or economic capital. Theoretically, the results of this
study showed differences in values and capital powers, between offline and online
reality. If in online field, the economic capital had the dominant roles, the
symbolic capital had more roles. Practically, the results of this study grow
optimism that local identity will surely survive and even be stronger in the era of
social media.;The rapid growth of social media brings many changes. Distinguishing characters
with the old one, social media opens many possibilities, including the
representation of local identity. For instance, Banyumas community uses social
media as a new space to show their identity. A question arose whether the
presence of social media which has global character may weaken or strengthen
their local identities instead. This study tries to figure out the transformation of
identity of Banyumas community from offline to online field, by paying more
attention on how the contemporary reality of Banyumas people‟s linguistic
practices in their daily life and in social media is. The Observation on linguistic
practices in social media particularly focuses on the selected messages available in
blogs, Twitter, and Facebook. The analyses were conducted using Pierre Bourdieu
theories that viewed identity as a contestation within a dynamic field. The results
showed that the basic characters of the Banyumas people, such as cablaka,
penjorangan, and dopokan, were strongly reflected in various messages available
in social media. These messages were uniquely displayed in creative ways, as
forms of character adaptation in social media. As contestation, the representation
of local identity was influenced by the relationship between field, habitus, and
capitals. Field showed the setting of social media itself. Habitus were shown by
the different tendencies among users of Banyumas with different backgrounds.
Capitals were marked by the possession of different capitals, either in the form of
social, cultural, symbolic, or economic capital. Theoretically, the results of this
study showed differences in values and capital powers, between offline and online
reality. If in online field, the economic capital had the dominant roles, the
symbolic capital had more roles. Practically, the results of this study grow
optimism that local identity will surely survive and even be stronger in the era of
social media., The rapid growth of social media brings many changes. Distinguishing characters
with the old one, social media opens many possibilities, including the
representation of local identity. For instance, Banyumas community uses social
media as a new space to show their identity. A question arose whether the
presence of social media which has global character may weaken or strengthen
their local identities instead. This study tries to figure out the transformation of
identity of Banyumas community from offline to online field, by paying more
attention on how the contemporary reality of Banyumas people‟s linguistic
practices in their daily life and in social media is. The Observation on linguistic
practices in social media particularly focuses on the selected messages available in
blogs, Twitter, and Facebook. The analyses were conducted using Pierre Bourdieu
theories that viewed identity as a contestation within a dynamic field. The results
showed that the basic characters of the Banyumas people, such as cablaka,
penjorangan, and dopokan, were strongly reflected in various messages available
in social media. These messages were uniquely displayed in creative ways, as
forms of character adaptation in social media. As contestation, the representation
of local identity was influenced by the relationship between field, habitus, and
capitals. Field showed the setting of social media itself. Habitus were shown by
the different tendencies among users of Banyumas with different backgrounds.
Capitals were marked by the possession of different capitals, either in the form of
social, cultural, symbolic, or economic capital. Theoretically, the results of this
study showed differences in values and capital powers, between offline and online
reality. If in online field, the economic capital had the dominant roles, the
symbolic capital had more roles. Practically, the results of this study grow
optimism that local identity will surely survive and even be stronger in the era of
social media.]"
2015
D2104
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andes Masyri Hidayat
"Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena pemakaian media sosial Twitter dalam kehidupan masyarakat. Pemakaian twitter dengan akses yang tidak terbatas membuat aliran komunikasi semakin mudah.Peningkatan penggunaan Twitter semakin mempermudah individu untuk mengekspresikan diri. Twitter juga dapat turut mendorong tumbuhnya gerakan sosial politik. Salah satu gerakan sosial yang tumbuh melalui media sosial twitter adalah Gerakan Sosial #saveKPK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi media sosial dalam mendukung suatu gerakan sosial dan menganalisa suatu topik di dalam twitter dalam membangkitkan gerakan sosial di dunia nyata. Terdapat beberapa teori yang mendukung penelitian ini yaitu, media baru, media massa di Internet, computer mediated communication (CMC), masyarakat jaringan, Word of Mouth, sosiologi, dan civil society.
Proses komunikasi di dalam media sosial Twitter ini meneguhkan asumsi dari sebuah konsep teori Word of Mouth (WOM), bagaimana media sosial Twitter ini berperan menyebarkan informasi secara cepat dan berdampak secara luas. Secara informal muncul para pemilik akun yang berperan sebagai pemimpin opini. Para pemimpin opini ini mempunyai dua peranan utama, yaitu menggerakkan proses penguatan pemikiran melalui pesan-pesan berbentuk fakta dan opini, serta memobilisasi para pengikut opini melalui pesan-pesan berbentuk pengumuman dan ajakan untuk turut berperan aktif dalam aksi di dunia nyata. Dengan adanya para pemimpin opini yang menjalankan peran-peran tersebut, individu-individu yang terlibat dalam gerakan sosial #saveKPK di dunia maya dapat dimobilisasi untuk turut berperan aktif dalam aksi gerakan sosial #saveKPK di dunia nyata, yaitu melalui kegiatan yang disebut "Semut Rangrang".

The study was based on the phenomenon of the use of social media Twitter in the public life. The use of internet with no limit for its access has made communication flow easier and more freely-open knowledge and information. The rise in use of Twitter has made personal expression of opinion by individuals easier. Twitter has also induced the rise of various socio-political movements. One of these social movements using Twitter was #saveKPK movement. The objective of the study was to investigate the functions of social media in supporting a social movement and to analyse a topic in Twitter which enhance the rise of social movement in the actual world. There were a number of theories supporting the study such as new media, mass media in the internet, computer mediated communication (CMC), network society, Word of Mouth, sociology, civil socitety, and social movement.
Communication process in the media has verified the assumption taken from the word mouth theory demonstrating the role of Twitter in fast dissemination of information with widespread impact. Although formally the social movement through Twitter has no leader, informally a few accounts rose as the opinion leaders. These opinion leaders had two main functions: to induce the process of strengthening the ideas by providing messages in the forms of facts and opinions, as well as to mobilize the opinion followers by providing messages in the forms announcements and invitations to participate in the actual actions in the real life. The presence of these opinion leaders with such functions, have enabled individuals involved in the social movement #saveKPK in the cyber world to be mobilised to participate actively in the real world actions, such as through "Semut Rangrang" activities.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
R Ferdian Andi R
"ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang media sosial berupa Twitter sebagai saluran baru dalam partisipasi masyarakat dalam pembentukkan peraturan perundang-undangan. Dari penelitian terungkap media sosial mampu membentuk opini publik yang mampu memengaruhi politik hukum pembuat undang-undang. Ini terbukti saat Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menghentikan pembahasan perubahan UU No 30 Tahun 2002 tentang Tindak Pidana Korupsi. Pada akhirnya, media sosial membentuk produk hukum populis.

ABSTRACT
This thesis discusses social media such as Twitter as a new channel in the public participation in the formation of legislation. From the research revealed social media is able to shape public opinion can influence legal political legislators. This is evident when the House of Representatives (DPR) suspended a change in the law No. 30 of 2002 on Corruption. In the end, social media form a populist legislation."
Jakarta: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2014
T38722
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Taufiq Yogaprasetyo
"Penelitian ini membahas mengenai dinamika dramaturgi dalam penggunaan media sosial Path pada mahasiswa Universitas Indonesia. Media sosial merupakan bagian dari perkembangan teknologi yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-sehari pada masa ini. Salah satu perkembangan media sosial adalah munculnya media sosial Path. Saat ini, Path merupakan media sosial yang populer dan digunakan oleh berbagai kalangan, terutama kaum muda atau mahasiswa. Telah terjadi perubahan interaksi pada masyarakat di era media sosial. Perubahan interaksi langsung menjadi interaksi virtual yang dilakukan melalui media sosial turut menjadikan perubahan proses dramaturgi di era media sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui wawancara mendalam informan, observasi di dunia nyata, observasi di media sosial Path, dan survei ringkas. Berdasarkan hasil survei, mahasiswa Universitas Indonesia secara umum merupakan tipe pengguna media sosial Path ?Socializers?. Penelitian ini juga menemukan bahwa terjadi proses dramatugi yaitu berubahnya batasan antara front stage dan backstage, yang secara spesifik disebut sebagai the forefront of the backstage, melalui interaksi virtual di media sosial Path.

This research discusses the dynamics of dramaturgy in the usage of Path, a platform of social media, among students of Universitas Indonesia. Social media is a product of the technological advancement that nowadays cannot be separated from everyday life. The emergence of Path marks a phase of evolution of social media. Now, Path is one of the more popular social media, and it reaches all kinds of social groups, especially to those who are in young age or are in college. There has been a change in interaction among people in this era of social medias. The change from direct interactions through social media has also brought a change in the process of dramaturgy. This research used qualitative methods with in-depth interviews; observations on real world and virtual world of social media Path; and quick survey. According to the survey, the students of Universitas Indonesia in general are ?Socializers? type of Path user. This research also found that there is a process of dramaturgy, that is a shift of borders between the front stage and the backstage, specifically called as the forefront of the backstage, following the virtual interaction on Path."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S62177
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Farhandika
"Media sosial memungkinkan setiap orang untuk berbagi informasi dan itu termasuk ekstremis agama dan kelompok sayap kanan. Pada akhir 2010-an dan awal 2021, Negara Islam (IS) dan gerakan QAnon telah menggunakan media sosial untuk mendapatkan pendukung di seluruh dunia. Kajian ini untuk menganalisis blok fondasi media sosial yang memungkinkan narasi-narasi tersebut dirilis. Melalui tinjauan pustaka dari berbagai jurnal akademik yang didukung oleh liputan media, penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial memiliki fasilitas dalam grouping, sharing, dan conversing. Raksasa media sosial secara aktif mengatur konten yang berisi materi yang terkait dengan ekstremisme dan gerakan sayap kanan. Namun demikian, ini menunjukkan bahwa media sosial terbukti efektif untuk menyebarkan ideologi tersebut dan tindakan untuk mencegah penyebaran ide-ide ini diperlukan dan platform media sosial yang mengatur konten ini sendiri terbukti tidak cukup, karena ekstremis dan jauh-radikal kanan dapat pindah ke platform lain.

Social media allows everyone to share information and that includes religious extremists and far-right groups. In late 2010s and early 2021, the Islamic State (IS) and the QAnon movement have used social media to gain supporters worldwide. This study is to analyze the foundation block of social media that allows these narratives to be released. Through literature reviews of various academic journals supported by media coverage, the study has shown that social media’s facility in grouping, sharing, and conversing. Social media giants have actively self-regulating contents containing materials related to extremism and far-right movements. Nevertheless, this has shown that the social media is proven to be effective to spread these ideologies and actions to prevent the spreading of these ideas is necessary and social media platforms self-regulating these contents are proven to be not enough, as extremists and far-right radicals are able to move to other platforms."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Gunawan Suryoputro
Jakarta: Rajawali Pers, 2022
302.231 GUN m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Dhanika Jeihan Aguinta
"PT XYZ merupakan salah satu agency pemasaran digital yang berfokus melakukan proses pemasaran melalui berbagai platform media sosial untuk perusahaan-perusahaan dari berbagai industri. Salah satu layanan yang disediakan oleh PT XYZ adalah layanan data & insight analysis, termasuk untuk melakukan pemantauan percakapan media sosial dari brand beserta kompetitornya dengan menganalisis sentimen dan topik untuk memenuhi permintaan klien. Salah satu brand pada industri smartphone yang menjadi klien dari PT XYZ memiliki produk yang banyak, dimana masing-masing produk dan kompetitornya dilakukan pemantauan secara bersamaan. Dengan banyaknya percakapan yang dihasilkan oleh jumlah produk yang banyak, proses pengerjaan untuk analisis menjadi terbatas dan terlalu menghabiskan banyak waktu karena masih menggunakan proses pelabelan secara manual. Oleh karena itu, sistem otomatis diusulkan untuk PT XYZ dengan melakukan analisis sentimen berbasis aspek yang bertujuan untuk memudahkan dan mempersingkat proses pengerjaan pemantauan. Data yang digunakan adalah data mengenai smartphone pada Twitter yang berjumlah 11.641 tweet dalam periode akhir tahun 2022. Data yang terkumpul memiliki kondisi imbalance class, sehingga metode penanganan imbalance class SMOTE digunakan. Tahap pra-pemrosesan; ekstraksi fitur dengan memanfaatkan leksikon, POS tagging dan TF-IDF; dilakukan sebelum data dimodelkan dengan algoritma pembelajaran mesin. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa Support Vector Machine (SVM) dengan SMOTE memiliki hasil evaluasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan Naïve Bayes, baik untuk klasifikasi sentimen dan juga aspek. Hasil evaluasi SVM pada klasifikasi sentimen adalah sebesar 0,92 untuk setiap metrik akurasi, precision, recall, dan f1-score. Sedangkan untuk klasifikasi aspek, SVM mendapatkan hasil evaluasi sebesar 0,79 untuk akurasi, precision, dan recall, serta 0,77 untuk f1-score. Masalah imbalance class pada data memengaruhi hasil akhir klasifikasi, terutama untuk klasifikasi aspek.

PT XYZ is a digital marketing agency that specializes in marketing strategies through various social media platforms for businesses across multiple industries. Data and insight analysis is one of the services offered by PT XYZ, which includes monitoring social media conversations from brands and their competitors by analyzing sentiments and topics based on client needs. One of PT XYZ's clients in the smartphone industry has a large number of products, and each product and its competitors are monitored simultaneously. With so many conversations generated by a large number of products, the analysis process is constrained and time-consuming because it still relies on a human tagging approach. Therefore, an automated approach based on aspect-based sentiment analysis is presented for PT XYZ in order to simplify and shorten the monitoring process. The data used is Twitter data regarding smartphones, totaling 11,641 tweets in the near- end period of 2022. Because the gathered data has an imbalance class condition, the SMOTE class imbalance handling method is applied. Before the data is modeled with machine learning techniques, pre-processing and feature extraction are performed using the lexicon, POS tagging, and TF-IDF. This study discovered that the Support Vector Machine (SVM) with SMOTE outperforms Nave Bayes in both sentiment and aspect classification. The accuracy, precision, recall, and f1-score of the SVM evaluation on sentiment classification were all 0.92. In terms of aspect classification, SVM received an evaluation score of 0.79 for accuracy, precision, and recall; and 0.77 for the f1-score. The issue of class imbalance in the data has an impact on the final classification results, especially for aspect classification."
Depok: 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Bambang Mudjiyanto
"ABSTRAK
Berita hoaks dan ujaran kebencian bertebaran dimedia sosial akan mempengaruhi preferensi
pemilih yang menggunakan hak suaranya berdasarkan informasi kualitas dan visi dari perserta
Pemilu. Penyebaran hoaks dan ujaran kebencian mengancam demokrasi untuk mencapai
kesejahteraan bangsa. Terintegrasi dengan lanskap digital merupakan keniscayaan dan hoaks
adalah bagian tak terpisahkan dari lanskap digital. Maka dibutuhkan mentalitas kritis dan verifikasi
yang memungkinkan masyarakat hidup berdampingan dengan hoaks. Hoaks tidak ada kaitannya
dengan kebebasan berekspresi karena itu merupakan manipulasi. Strategi terbaik melawan hoaks,
pemerintah mendorong edukasi dan literasi digital masyarakat, pemuka masyarakat, komunitas dan
media massa konvensional menyajikan informasi yang proporsional dan berkualitas, masyarakat
menghasilkan dan berbagi konten positif, sehingga dapat menggeser suplai hoaks di media sosial,
serta menerapkan tindakan hukum yang efektif bagi penyebar hoaks."
Jakarta : BPSDMP Kominfo , 2018
384 KOMAS 14:1 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>