Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 123266 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Zam Yusuf
"Kebutuhan akan teknologi dewasa ini tidak dapat dielakkan lagi, sehingga menyebabkan semakin maraknya proyek-proyek berbasis teknologi. Namun nyatanya, banyak proyek berbasis teknologi yang mengalami kendala saat menjalankan proyek, terutama soal kualitasnya. Sistem Manajemen Mutu (QMS) adalah salah satu kerangka proses kualitas yang telah digunakan untuk memantau dan memastikan implementasi kualitas pada proses untuk membuat dan menyampaikan produk. Namun demikian, penerapan QMS pada proyek berbasis teknologi menghadapi tantangan efektivitas dalam meningkatkan kualitas. Tantangan tersebut karena kompleksitas dinamis yang muncul dalam implementasinya. Mengungkap kompleksitas dinamika seperti itu dapat memberikan wawasan tentang strategi untuk perbaikan. Berkaitan dengan hal tersebut, penelitian ini menyajikan model konseptual untuk memahami kompleksitas penerapan QMS di perusahaan berbasis teknologi dengan menggunakan pemodelan dinamika sistem. Melalui Causal Loop Diagram (CLD) dan diagram sistem, model konseptual menunjukkan faktor-faktor kunci yang diperlukan untuk meningkatkan proses QMS agar lebih efektif, seperti tenaga ahli dan kemampuan beradaptasi QMS.

The need for technology nowadays is inevitable, leading to the increased growth of technology-based projects. But in fact, many technology-based projects facing problems when executing projects, especially about their quality. Quality Management System (QMS) is one quality process framework that has been used for monitoring and ensuring quality implementation on a process for creating and deliver a product. Nevertheless, the QMS implementation in the technology-based project faces a challenge of its effectiveness in improving quality. Such a challenge is due to the dynamic complexity that arises in the implementation. Uncovering such dynamics complexity can provide insights on strategy for improvement. In this regard, this study presents a conceptual model to understand the complexity of the QMS implementation in a technology-based company by using system dynamics modeling. Through Causal Loop Diagram (CLD) and system diagram, the conceptual model shows the key factors needed to improve the QMS process to be more effective, such as expert workforce and QMS adaptability.

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tokyo: United Nations University Press, 2004
338.064 INN
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Tessa Meichi Amelia
"Perusahaan Jasa Pelaksana Konstruksi merupakan penyedia jasa orang persorangan atau badan usaha yang dinyatakan ahli yang profesional di bidang pelaksanaan jasa konstruksi yang mampu menyelenggarakan kegiatannya untuk mewujudkan suatu hasil perencanaan menjadi bangunan atau bentuk fisik lain. Saat ini, pelaku jasa pelaksana konstruksi melihat sistem manajemen mutu merupakan suatu keharusan demi suksesnya proyek konstruksi dan dapat memenuhi kepuasan dari pemilik. Sehingga tidak sedikit perusahaan jasa pelaksana konstruksi ingin mendapatkan sertifikasi ISO 9001. Masalah yang terjadi di industri konstruksi merupakan budaya mutu yang kurang baik. Sertifikasi mungkin bukan jalur yang terbaik untuk membentuk budaya mutu terpadu dan perbaikan mutu. Rendahnya kesadaran dan kesadaran akan budaya mutu merupakan salah satu penyebab utama kegagalan atau lambatnya implementasi sistem manajemen mutu pada perusahaan konstruksi. Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan gambaran budaya mutu yang berkaitan dengan budaya profesi dan budaya nasional yang saling mempengaruhi pada perusahaan kontraktor khususnya di Indonesia. Faktor-faktor yang akan menentukan proses pengembangan diidentifikasi menggunakan Structural Equation Modeling. Dari hasil Analisis mendapatkan bahwa budaya profesi, budaya nasional dan sistem manajemen mutu dapat meningkatkan upaya pengembangan budaya mutu pada Perusahaan BUMN. Variabel budaya profesi dengan indikator waktu dan tim, variabel budaya nasional dengan indikator indivualisme / kolektivisme dan power distance, dan variabel sistem manajemen mutu dengan indikator konteks organisasi dan operasional berpengaruh signifikan terhadap pengembangan budaya mutu. Untuk dapat meningkatkan upaya pengembangan budaya mutu pada perusahaan jasa pelaksana konstruksi BUMN maka harus meningkatkan budaya profesi, budaya nasional, dan sistem manajemen mutu secara efektif. Penelitian ini bisa menjadi bahan ataupun masukan untuk meningkatkan uapaya pengembangan budaya mutu pada pesuahaan konstruksi BUMN di Indonesia pada masa mendatang.

Construction Implementing Service Company is a service provider for individuals or business entities declared professional experts in the field of implementing construction services who are able to carry out their activities to realize a planning result into a building or other physical form. Currently, construction contractors see that a quality management system is a must for the success of a construction project and can meet the satisfaction of the owner. So that not a few construction service companies want to get ISO 9001 certification. The problem that occurs in the construction industry is a culture of poor quality. Certification may not be the best path for establishing an integrated quality culture and quality improvement. The low awareness and awareness of the quality culture is one of the main causes of failure or slow implementation of the quality management system in construction companies. The purpose of this study is to provide an overview of quality culture related to professional culture and national culture that influence each other in contracting companies, especially in Indonesia. The factors that will determine the development process are identified using Structural Equation Modeling. From the results of the analysis, it is found that professional culture, national culture and quality management systems can increase efforts to develop a quality culture in BUMN companies. The variable of professional culture with time and team indicators, variables of national culture with indicators of individualism / collectivism and power distance, and the variable quality management system with indicators of organizational and operational context has a significant effect on the development of quality culture. To be able to increase efforts to develop a quality culture in state-owned construction service companies, it is necessary to improve the professional culture, national culture, and quality management system effectively. This research can be used as material or input to improve efforts to develop a quality culture in BUMN construction companies in Indonesia in the future"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Retno Apriyati
"Pembangunan di Indonesia menunjukkan kemajuan yang tinggi di bidang ekonomi tetapi kemajuan yang rendah di bidang sosial dan kelembagaan dan penurunan pada bidang lingkungan. Selain itu perusahaan konstruksi Indonesia masih dihambat oleh daya saing yang rendah. Serta dalam penerapan SMK3, catatan keselamatan dan kesehatan kerja dari industri konstruksi Indonesia buruk. Berdasarkan fenomena di atas maka diperlukan penerapan sistem manajemen terintegrasi antara SMM, SML dan SMK3 dalam pengelolaan proyek konstruksi. Pada penerapan sistem manajemen terintegrasi masih tedpata banyak kendala dan perlu adanya Knowledge Base Integration Management System SMMK3L. Oleh karena itu, penelitian ini betujuan untuk mengembangkan sistem informasi Knowledge Base Integration Management System SMM, SMK3 dan SML pada perusahaan jasa konstruksi untuk meningkatkan kinerja organisasi. Studi kasus yang diteliti adalah perusahaan jasa konstruksi. Metode penelitian yang digunakan adalah studi arsip, studi kasus pengembangan sistem dan analisa statistik. Penelitian ini menggabungkan model, tujuan, sasaran dan hubungan risiko integration management system SMM, SMK3 dan SML menjadi sebuah website sistem informasi Knowledge Base Integration Management System SMM, SMK3 dan SML. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa pengembangan sistem informasi Knowledge Base Integration Management System SMM, SMK3 dan SML dapat meningkatkan kinerja organisasi perusahaan jasa konstruksi

Development in Indonesia showed high progress in the economics but had low progress for social; institutional; and in environmental sectors. Furthermore, Indonesian Construction Company still inhibited by low competitiveness; along Safety system management application; safety record and bad occupational health. Based on Indication in above, it's necessary to apply an integrated management system between Quality, Safety and Environmental for manage the projects construction. The Implementation of an integrated management system, it's necessary to improve with online integrated management system; due to accelerated targets achievement for real monitored all business aspects process. Therefore, this research aim to develop information system of Knowledge Base Integration Management System of Quality, Safety and Environmental to improve organization's performance on Construction Service Company. This research was conducted with case studies and expert validation for the integration model, objectives and risk relationships. The case studied was construction service companies. The research methods used are literature review, case studies, system development and statistical analysis. This study combines the SMM, SMK3 and SML integration management system model, goals, objectives and risk relationship into a Knowledge Base Integration Management System information system for SMM, SMK3 and SML. The results obtained in this study explain that the development of the Knowledge Base Integration Management Quality, Safety and Environmetal system information can improve the performance of construction company performance organizations."
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mochamad Umar Al Hafidz
"ABSTRAK Agile adalah sebuah metode pengembangan software yang fleksibel dalam menangani perubahan kebutuhan software. Begitupula scrum sebagai salah satu framework yang populer dari agile juga fleksibel terhadap perubahan kebutuhan software. Namun kelebihan ini ternyata harus diiringi dengan beberapa kekurangan terutama pada bagian dokumentasi software dikarenakan agile lebih mengandalkan komunikasi langsung. Knowledge management pada scrum juga turut dipengaruhi dengan meningkatnya tantangan dalam pengembangan software seperti letak tim pengembang yang berjauhan tempat, atau adanya pergantian pengembang software, penggunaan metode untuk proyek bersakala besar, adanya kebutuhan software dengan kualitas tinggi. Permasalahan ini perlu diselesaikan untuk menghidari banyaknya knowledge loss. Knowledge merupakan salah satu unsur vital dalam meningkatkan kinerja dari suatu organisasi. Sehingga jika knowledge antara anggota tim tidak tertangani dengan baik akan menghambat kecepatan pengembangan dan kinerja tim. Beberapa pendekatan telah dilakukan untuk menangani permasalahan knowledge tersebut salah satunya dengan menggunakan knowledge management system. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui lebih jauh bagaimana pengaruh knowledge management system pada pengembangan software berbasis scrum dan pengaruhnya terhadap kinerja pengembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi-experimental dengan penerapan di dunia nyata pada perusahaan startup. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian dengan metode pra-uji dan pasca-uji dengan membandingkan kondisi sebelum dan sesudah penerapan knowledge management system. Percobaan ini dilakukan dengan dua minggu menggunakan sistem pendukung scrum standar dan dua minggu dengan knowledge management system. Hasil temuan yang diperoleh dari percobaan tersebut yaitu terjadi peningkatan performa kontesktual sebesar 12%, performa tugas sebesar 5%, performa adaptasi sebesar 8%, serta perbaikan sirkulasi knowledge dari tim pengembang. Knowledge Management System terbukti mampu meningkatkan dan menangani sirkulasi knowledge pada scrum dan memberikan dampak pada pengembang dan proses pengembangan software.

ABSTRACT
Agile is a software development method that easily adapts to changing software requirements. Scrum as one of the popular frameworks of agile is also flexible to changing software requirements. But this advantage turns out to be accompanied by several shortcomings, especially in the software documentation section because agile relies more on direct communication. Knowledge management in Scrum was also influenced by the increasing challenges in software development such as the location of the development team that was far apart, or the change of software developers, the use of methods for large-scale projects, the need for high quality software. This problem needs to be resolved to avoid the amount of knowledge loss. Knowledge is one of the vital elements in improving the performance of an organization. So if knowledge between team members is not handled properly it will slow down the development and team performance. Several approaches have been made to deal with the knowledge problems, one of them is by using the knowledge management system. Therefore this research want to find out more about how the knowledge management system influences the development of scrum-based software and its effect on developer performance. This study uses a quasi-experimental approach with the application in the real world with startup companies. The research conducted is research with pre-test and post-test methods by comparing the conditions before and after the implementation of the knowledge management system. This experiment was conducted in two weeks using a standard scrum support system and two weeks with a knowledge management system. The findings obtained from the experiment were 12% increase in contest performance, task performance of 5%, adaptation performance of 8%, and improvement of knowledge circulation from the development team. The Knowledge Management System is proven to be able to improve and handle the knowledge circulation in Scrum and have an impact on developers and the software development process.

 

"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2019
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jemila Rahmi
"Dalam dua dekade terakhir, kontribusi dan pertumbuhan sektor industri manufaktur terhadap PDB mengalami penurunan. Penurunan tersebut, ditengarai karena menurunnya produktivitas industri manufaktur. Menurut teori efisiensi upah dan teori produksi, upah merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi produktivitas tenaga kerja. Di Indonesia, upah minimum adalah upah terendah. Hal ini dijelaskan dalam Undang-Undang No 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan Pasal 90 ayat (1) yang menyatakan bahwa pengusaha dilarang membayar upah lebih rendah dari upah minimum. Oleh karena itu kami menduga adanya spillover effect dari kenaikan upah minimum terhadap upah pekerja. Dengan kerangka teori efisiensi upah, teori produksi dan spillover effect, studi ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kenaikan upah minimum terhadap produktivitas tenaga kerja melalui kenaikan upah pekerja industri manufaktur. Penelitian ini menggunakan recursive model dan diestimasi dengan menggunakan data panel dari survei industri besar-sedang BPS dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2015. Hasil estimasi menunjukkan bahwa upah minimum berasosiasi positif dan signifikan terhadap upah dan upah berasosiasi positif dan signifikan terhadap produktivitas tenaga kerja.

In the last two decades, the contribution and the growth of the manufacturing sector to GDP has decreased. This decline is suspected to be due to lower productivity in the manufacturing industry. According to the efficiency wage theory and production theory, wage is one of the factors that can affect labor productivity. In Indonesia, the minimum wage is the lowest wage. This is explained in Law No. 13 of 2003 on Manpower Article 90 paragraph (1) which states that employers are prohibited from paying wages lower than the minimum wage. Therefore, we suspect a spillover effect of the increase in minimum wages on labor wages. With the theoretical framework of efficiency wage theory, production theory and the spillover effect, this study aims to see and analyze the increase of minimum wages on labor productivity through the increase of labour wages in manufacturing industry. This study used a recursive model and the model is estimated using panel data of BPS large-medium industry survey from 2010 to 2015. The results show that the minimum wages is positively and significantly associated with wage and wages were positively and significantly associated with labor productivity."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wolf, Edward C.
Washington, DC : Worldwatch Institute, 1986
338.1 WOL b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Puspita Resti Anggraini
"Seiring dengan meningkatnya kebutuhan energi yang terus bertambah, maka pembangunan fasilitas pendukung juga terus meningkat. Proyek pembangunan fasilitas produksi energi ini pada umumnya menggunakan kontrak proyek jenis EPC (Engineering, Procurement, Construction), dimana setiap fasenya saling berhubungan, cenderung padat modal, sarat teknologi tinggi dan intensif pengetahuan. Input, output serta manajemen proyek EPC melibatkan berbagai pengetahuan dan aktivitas kreatif intelektual. Oleh karna itu, proyek EPC biasanya merupakan mega proyek dengan tingkat kerumitan yang tinggi, lebih banyak ketidakpastian, sehingga membuat proyek EPC berisiko tinggi, terutama untuk kontraktor. Salah satu masalah yang sering timbul adalah rework, yang kemudian akan berdampak negatif pada kualitas proyek.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menurunkan intensitas rework sehingga dapat meningkatkan kualitas akhir dalam pengelolaan proyek EPC fasilitas produksi energi dengan cara mengembangkan Standar Operasional Prosedur knowledge management yang terintegrasi berbasis risiko. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, dengan strategi penelitian berupa survei, analisa arsip, studi kasus, serta validasi pakar. Sedangkan instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa kuesioner dan interview para pakar profesional yang telah lama berkecimpung dalam proyek-proyek EPC fasilitas produksi energi, yang kemudian menghasilkan kesimpulan bahwa SOP knowledge management yang terintegrasi pada pengelolaan proyek EPC dapat menurunkan rework yang terjadi sehingga dapat meningkatkan kinerja mutu di akhir proyek.

Along with the increasing demand for energy, the development of supporting facilities also continues to increase. Projects for the construction of energy production facilities generally use contract types of EPC (Engineering, Procurement, Construction) projects, where each phase is interconnected, tends to be capital intensive, full of high technology and knowledge intensive. Input, output and EPC project management involve a variety of intellectual knowledge and creative activities. Because of that, the EPC project is usually a mega project with a high level of complexity, more uncertainty, making EPC projects high risk, especially for contractors. One problem that often arises is rework, which will then have a negative impact on the quality of the project.
The purpose of this study is to reduce the intensity of rework so that it can improve the final quality in managing the EPC project for energy production facilities by developing a standard risk-based integrated knowledge management procedure. The method used in this research is quantitative descriptive method, with research strategies in the form of surveys, archive analysis, case studies, and expert validation. While the instruments used in this study are questionnaires and interviews of professional experts who have long been involved in EPC projects in energy production facilities, which then concludes that the integrated knowledge management SOP in EPC project management can reduce the rework that occurs so that it can improve quality performance at the end of the project.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
T51890
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Yasil Farabi
"Penelitian ini didasari oleh banyaknya pegawai Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DTKTE) yang akan pensiun dalam waktu dekat, penugasan pegawai yang bukan pada bidangnya saat masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dan terhambatnya komunikasi antar pegawai akibat penerapan kerja dari rumah/work from home (WFH). Knowledge Management (KM)/manajemen pengetahuan dapat membantu mengumpulkan pengetahuan-pengetahuan yang akan hilang akibat banyaknya pegawai yang akan pensiun dalam waktu dekat. KM dapat dapat menjadi solusi dalam memberikan arahan kepada pegawai bagaimana melaksanakan pekerjaannya selama masa PSBB. KM juga dapat membantu kolaborasi saat penerapan WFH. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat rancangan model dan sistem manajemen pengetahuan untuk diimplementasikan di DTKTE. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada pegawai di lingkungan DTKTE. Selain dari kuesioner, penentuan kebutuhan sistem juga berdasarkan kebutuhan fitur teknologi informasi yang mendukung sistem kerja jarak jauh. Wawancara semi terstruktur dengan Kepala Dinas juga dilakukan untuk mendukung data yang telah didapat dari kuesioner dan analisis dokumen. Sistem manajemen pengetahuan dirancang menggunakan teori pandangan kontingensi menurut Becerra-Fernandez, arsitektur sistem manajemen pengetahuan yang digunakan menurut Tiwana, dan model sistem manajemen pengetahuan menurut Le Dinh. Dari hasil analisis yang dilakukan, sistem manajemen pengetahuan DTKTE untuk mendukung sistem kerja jarak jauh dirancang dengan metode prototyping dengan mengintegrasikan aplikasi-aplikasi open-source menggunakan single sign on, yang terdiri dari fitur pengelolaan dokumen, alat pencarian dokumen/artikel pengetahuan, pengelolaan pengetahuan, forum diskusi, chatting/video conference, dan alat kolaborasi tim. Hasil perancangan sistem manajemen pengetahuan tersebut kemudian dilakukan uji coba kepada pegawai DTKTE menggunakan metode black box testing sehingga didapat rancangan sistem manajemen pengetahuan untuk mendukung sistem kerja jarak jauh yang teruji untuk diimplementasikan di DTKTE.


This research is based on a large number of Jakarta Capital Special Region’s Department of Manpower, Transmigration and Energy (DTKTE) employees who will retire in the near future, the assignment of tasks for employees who are not in their fields during the Large-Scale Social Restrictions (PSBB), and the limitation of communication between employees due to the implementation of work from home (WFH). Knowledge Management (KM) can help gather knowledge that will be lost due to the large number of employees who will retire in the near future. KM can be a solution in giving direction to employees on how to carry out their work during the PSBB period. KM can also help collaboration when implementing WFH. The purpose of this research is to design a model and knowledge management system (KMS) to be implemented at DTKTE. Data was collected by distributing questionnaires to employees in the DTKTE environment. Apart from the questionnaire, the determination of system requirements is also based on the needs of information technology features that support remote work systems. Semi-structured interview with the Head of Department was also conducted to support the data obtained from the questionnaire and document analysis. The KMS is designed using the theory of contingency views according to Becerra-Fernandez, the architecture of the KMS according to Tiwana, and the model of the KMS according to Le Dinh. From the results of the analysis conducted, DTKTE's KMS to support remote work systems is designed using system prototyping by integrating open-source applications using single sign-on, which consists of the document management system, document search tools/knowledge articles, experience management, forum discussion, chatting/video conference, and team collaboration tools. The results of the KMS design are then tested by DTKTE employees using the black box testing method so that the tested KMS design is obtained to support remote work systems to be implemented at DTKTE.

"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ilatifah Nur Hidayat
"Knowledge merupakan aspek penting di dalam suatu perusahaan. Knowledge juga menjadi dasar yang dalam proses pengambilan keputusan, sehingga pengelolaan knowledge yang buruk dapat berdampak pada kinerja perusahaan. Divisi Information Technology (DIT) merupakan salah satu divisi di Telkom yang menyadari akan pentingnya pengelolaan knowledge. Saat ini pengelolaan knowledge di DIT belum dilakukan secara merata dan terstruktur. Hal tersebut berakibat pada banyaknya pengetahuan yang hilang, sulitnya mencari dan mengakuisisi pengetahuan, tidak ada repositori pengetahuan, dan proses pembelajaran terhambat. Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukanlah penelitian ini dengan tujuan untuk merancang KMS yang sesuai dengan kebutuhan DIT Telkom. Penelitian ini menggunakan KMS design method dari Becerra Fernandez untuk mengidentifikasi KM solution. Kemudian untuk mendapatkan kebutuhan fungsional dan non-fungsional KMS, penulis melakukan wawancara dengan pihak terkait. Setelah requirement didapatkan, penulis merancang KMS dengan menggunakan teknik prototyping. Untuk analisis gamification, penulis menerapkan kaleidoskop gamification. Hasil rancangan KMS dievaluasi dengan menggunakan teknik PSSUQ. Penulis juga merancang arsitektur KMS dengan menerapkan seven-layer arsitektur KMS dari Tiwana. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa proses KM yang dibutuhkan oleh DIT Telkom adalah socialization (for knowledge discovery), direction, routines, dan combination. Kemudian elemen gamification yang dibutuhkan adalah point, reward, dan leaderboard. Hasil evaluasi rancangan KMS menunjukkan nilai PSSUQ sebesar 2,783 yang berarti rancangan dapat diterima oleh pegawai DIT.

Knowledge is a fundamental component within a corporation. Insufficient management of knowledge can adversely affect firm performance as it serves as the foundation for the decision-making process. The Information Technology Division (DIT) is a division within Telkom that recognizes the significance of knowledge management. Presently, the implementation of knowledge management in DIT lacks uniformity and organization. Consequently, there is a significant loss of knowledge, challenges in locating and obtaining knowledge, absence of a knowledge repository, and hindered learning process. In order to address this issue, a study was carried out with the objective of developing a Knowledge Management System (KMS) that is tailored to the specific requirements of DIT Telkom. This study employs Becerra Fernandez's KMS design methodology to discern appropriate Knowledge Management (KM) solutions. To obtain the functional and non-functional requirements of KMS, the author conducted interviews with relevant stakeholders. Once the requirements were acquired, the author developed the KMS utilizing prototyping methodologies. The author utilized kaleidoscopic gamification for the purpose of analyzing gamification. The outcomes of the KMS design were assessed utilizing the PSSUQ methodology. The author implemented the KMS architecture by utilizing Tiwana's seven-layer KMS architecture. The research findings indicate that the KM processes required by DIT Telkom include socialization (for knowledge discovery), directions, procedures, and combination. The necessary gamification components are points, awards, and leaderboards. The evaluation findings of the KMS design indicate a PSSUQ value of 2.783, signifying that the design is acceptable to DIT personnel. "
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>