Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 184898 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kristianto Desun
"Web framework merupakan sebuah framework yang dirancang secara khusus untuk mendukung pengembangan aplikasi berbasis web. Pemilihan web framework ini pula menjadi salah satu tahap paling penting dalam pengembangan aplikasi web. Terinspirasi dari web framework yang terus bertambah, penelitian ini ingin mengetahui perbandingan performa serta faktor pendukung yang dimiliki dari web framework yang ada. Aplikasi web dengan dua halaman dibentuk untuk setiap web framework untuk nantinya dilakukan pengujian performa menggunakan GTmetrix dan Lighthouse CI. Kedua halaman tersebut berupa halaman statis berisikan satu tabel dengan 300 baris data dan halaman interaktif yang bertemakan marketplace. Web framework yang dibandingkan berupa React, Svelte, Qwik, dan Fresh. Berdasarkan analisis yang dilakukan dari hasil pengujian, didapatkan web framework Fresh sebagai web framework dengan performa terbaik dibandingkan dengan web framework lain yang diuji diikuti oleh web framework Qwik. Meskipun memiliki performa yang lebih baik dibandingkan web framework React dan Svelte, Qwik dan Fresh masih tergolong kurang dalam komunitas ataupun dokumentasi yang ada karena umurnya yang jauh lebih muda dibandingkan React dan Svelte. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pertimbangan bagi para pengembang dalam memilih sebuah web framework.

A web framework is a framework specifically designed to support the development of web-based applications. The process of selecting what web framework to use could be considered one of the most important stages in web application development. Inspired by the ever-growing number of web frameworks, this research wants to compare the performance and supporting factors of existing web frameworks. Web applications with two pages are developed for each web framework and the performance would be tested using GTmetrix and Lighthouse CI. The two pages consist of a static page containing one table with 300 rows of data, and an interactive page with a marketplace theme. The web frameworks being compared are React, Svelte, Qwik, and Fresh. Based on the analysis carried out from the test results, the Fresh framework was chosen as the web framework with the best performance compared to other web frameworks tested followed by the Qwik framework. Even though they have better performance than the React and Svelte frameworks, Qwik and Fresh are still lacking in the community and documentation because of their early age compared to React and Svelte. This research hopes to provide additional consideration for developers in choosing a web framework."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Angelina Condro
"Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk yang cukup tinggi. Berdasarkan data total populasi penduduk Indonesia pada tahun 2020, terdapat sekitar 56,4% penduduk yang tinggal di kota dan diperkirakan akan meningkat menjadi 82,37% pada tahun 2045. Oleh karena itu, untuk dapat memberikan tempat tinggal yang layak huni bagi masyarakat serta meningkatkan efisiensi pelayanan publik, Indonesia membutuhkan sebuah konsep kota cerdas. Penelitian ini akan meneliti salah satu media interaksi yang biasanya digunakan untuk smart city yaitu website. Smart city website merupakan sebuah portal kota yang mengadopsi konsep kota cerdas yang digunakan untuk mengakses informasi terkait pengembangan kota cerdas di kota tersebut. Smart city website saat ini sudah dimiliki oleh sebagian besar kota di Indonesia yang menerapkan smart city. Namun, smart city website saat ini masih minim penggunaannya, memiliki arsitektur informasi yang kurang jelas, dan masih terdapat pula kekurangan pada desain antarmuka dan pengalaman pengguna pada beberapa smart city website di Indonesia. Pada penelitian ini, dilakukan perancangan rumusan desain interaksi untuk smart city website yang meliputi informasi dan fitur yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dengan pendekatan user-centered design. Selain itu, tahapan pada penelitian ini mengacu pada four basic activities of interaction design yaitu establish requirements, designing alternatives, prototyping, dan evaluating. Pada tahap penentuan kebutuhan pengguna, dilakukan survei dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah hasil analisis fitur dan informasi yang dibutuhkan pengguna pada smart city website, rumusan desain interaksi smart city website, dan pengukuran tingkat usability dari rumusan desain yang telah dibuat.

Indonesia is one of the countries with a fairly high population. Based on data of the total population of Indonesia, there are around 56.4% of the population living in cities and it is estimated that it will increase to 82.37% in 2045. Therefore, to be able to provide a decent place to live for community and improve the efficiency of public services, Indonesia needs a smart city concept. This study will examine one of the interaction media that is usually used for smart cities which is a website. Smart city website is a city portal that adopts the smart city concept that is used to access information related to smart city development in the city. Smart city websites are now owned by most cities in Indonesia that implement smart cities. However, the current smart city website is still minimal in use, has an unclear information architecture, and there are still shortcomings in the interface design and user experience on several smart city websites in Indonesia. In this study, the interaction design formulation for smart city websites was designed which includes information and features that suit user needs with a user-centered design approach. In addition, the stages in this study refer to four basic activities of interaction design, namely establishing requirements, designing alternatives, prototyping, and evaluating. At the stage of determining user needs, surveys and interviews were conducted. The results of this study are the results of the analysis of the features and information needed by users on the smart city website, the formulation of the interaction design of the smart city website, and the measurement of the usability level of the design formulation that has been made."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohamad Mahendra
"Aplikasi mobile sudah menjadi kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari manusia, sehingga makin banyak aplikasi mobile yang dikembangkan saat ini. Untuk mengembangkan aplikasi mobile, dibutuhkan sebuah framework pengembangan aplikasi mobile. Saat ini terdapat berbagai jenis framework pengembangan aplikasi mobile dengan pendekatannya masing-masing, baik itu native apps, mobile web apps, widget based, bridging dengan javascript, dan yang lainnya. Pada penelitian ini akan dibuat sebuah eksperimen pengukuran performa terhadap beberapa framework pengembangan aplikasi mobile berbasis Android berdasarkan lima parameter yaitu response time, cpu usage, memory usage, app size, dan frame rate. Hasil dari penelitian ini berupa sebuah data bagaimana performa masing-masing framework pada lima parameter yang dipilih. Dari beberapa framework yang diukur performanya, aplikasi native merupakan framework pengembangan aplikasi mobile yang memiliki performa terbaik

Mobile applications have become a necessity in people's daily lives, so more and more mobile applications are being developed at this time. To develop mobile applications, a mobile application development framework is needed. Currently there are various types of mobile application development frameworks with their respective approaches, be it native apps, mobile web apps, widget based, bridging with javascript, and others. In this research, an experiment will be conducted about performance measurement of several Android based mobile application development frameworks that will be measured based on five parameters, namely response time, cpu usage, memory usage, app size, and frame rate. The results of this study are in the form of data on how each framework performs on the five parameters chosen. Of the several frameworks whose performance is measured, native applications are mobile application development frameworks that have the best performance"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Iwan Aries Setyawan
"Dalam rangka menjamin kepastian memperoleh layanan program kegiatan yang lebih baik, salah satu arah kebijakan yang ditempuh oleh Direktorat Pembinaan Kursus dan Kelembagaan adalah pengembangan sistem informasi kursus dan pelatihan berbasis teknologi informasi. Pada kenyataannya, terdapat indikasi pemanfaatan sistem informasi tersebut kurang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai pengguna layanan. Permasalahan tersebut yang mendasari penulis untuk melakukan penelitian faktor apa saja yang mempengaruhi pemanfaatan laman Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan.
Penelitian ditujukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan laman Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan. Faktor-faktor tersebut diadopsi dari UTAUT dengan metode pengukuran user acceptance. Data diambil dari 189 responden dari beberapa provinsi di Indonesia.
Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode analisis Structural Equation Model dibantu dengan aplikasi Lisrel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi pemanfaatan laman Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan adalah faktor performance expectancy, effort expectancy, trust in government, web quality dan behavioral intention.

In order of obtaining better services, Directorate of Course and Training Development Ministry of Education and Cultur developed information systems based on information technology. In fact, there are indications that the using of the information system is low. The problem elevated the study idea on factors that influence the utilization of websites Directorate of Courses and Training Development.
The study aimed to determine the factors that influence the utilization of websites Construction Courses and Training Directorate. This study adopted the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) model to explore factors that determine the use of the website. Data were collected from 189 respondents from several provinces in Indonesia.
This study based the research method on Structural Equation Modeling with Lisrel application. At the final analysis, the results showed that the factors that influence the utilization of the websites are performance expectancy, effort expectancy, trust in government, web quality, and behavioral intention.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Brigitta Lydia
"AbdiHome-rumah kos adalah anak usaha dari PT Abdi Properti Indonesia di mana perusahaan ingin mengembangkan bisnisnya dengan target peningkatan pendapatan, penambahan rumah kos, dan okupansi. Dalam mencapai target tersebut, perusahaan akan melakukan pemasaran produk secara digital yang akan dibantu dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk membantu perusahaan dalam (1) mengembangkan value proposition AbdiHome-rumah kos agar dapat tersampaikan melalui media komunikasi AbdiHome, (2) menyusun anggaran kegiatan digital marketing dan menganalisis kelayakan investasi pada kegiatan digital marketing yang akan dijalankan oleh AbdiHome-rumah kos; dan (3) mengembangkan situs web AbdiHome-rumah kos agar optimal. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan metode business coaching. Hasil menunjukkan bahwa (1) value proposition perusahaan telah dikembangkan dengan pembuatan value proposition canvas sampai dengan matriks pesan dan selanjutnya disesuaikan cara penyampaiannya di setiap media komunikasi AbdiHome; (2) hasil NPV, IRR, DPP, dan PI untuk ketiga skenario (optimis, moderat, dan pesimis) menunjukkan bahwa kegiatan investasi digital marketing layak untuk dilakukan oleh AbdiHome-rumah kos; dan (3) fitur di situs web AbdiHome telah dikembangkan dengan melakukan benchmarking ke situs web lain yang memiliki model bisnis yang serupa.

AbdiHome-boarding houses are a subsidiary of PT Abdi Properti Indonesia, where the company wants to develop its business with the target of increasing revenue, adding boarding houses, and increasing occupancy. In achieving this target, the company will carry out digital product marketing, which will be assisted by this research. This study aims to assist companies in (1) developing a value proposition for AbdiHome-boarding houses so that it can be conveyed through the AbdiHome communication media; (2) compiling a budget for digital marketing activities and analyzing the feasibility of investing in digital marketing activities to be carried out by AbdiHome-boarding houses; and (3) developing the AbdiHome-boarding house website so that it is optimal. The research method used is qualitative research using the business coaching method. The results show that (1) the company's value proposition has been developed by making a value proposition canvas up to the message matrix and then adjusting the delivery method in each of AbdiHome's communication media; (2) the NPV, IRR, DPP, and PI results for the three scenarios (optimistic, moderate, and pessimistic) show that digital marketing investment activities are feasible for AbdiHome-boarding houses; and (3) the features on the AbdiHome website have been developed by benchmarking against other websites that have a similar business model.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Estu Utami
Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2010
T33473
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Aprilia Rahmawati
"Berkembang pesatnya teknologi informasi saat ini sejalan dengan berkembangnya aplikasi berbasis android dan website. Website umumnya digunakan sebagai media informasi dan komunikasi yang tentunya memiliki peran yang sangat penting. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa terdapat ancaman terkait dengan celah keamanan dari suatu website, baik kejahatan cyber, kebocoran data, pencurian data, dan merusak data maupun hanya ingin mengganggu system tersebut. Sebagai contoh pada website admin Digital Outlet yang merupakan pusat dari pengelolaan suatu website application. Dalam website admin tersebut telah tersimpan data dan informasi penting penggunanya yang bersifat sensitif. Maka, perlu adanya perhatian khusus terkait keamanan website tersebut. Pada penelitian ini akan dilakukan vulnerability assessment dan penetration testing pada situs website Digital Outlet menggunakan metode Information System Security Assessment Framework (ISSAF) dengan melakukan pengujian untuk mencari celah keamanan yang umum terjadi pada website tersebut, khususnya celah keamanan pada Broken Access Control, Cross Site Scripting (XSS), SQL Injection, dan sebagainya. Hasil dari penelitian analisis uji kerentanan yang diperoleh pada website Digital Outlet nantinya akan pergunakan untuk memperbaiki dan meningkatkan keamanan pada website tersebut serta menjadi salah satu referensi dalam memberikan rekomendasi terkait pengembangan framework Basic Development Framework (BDF) untuk management struktur rancang bangun suatu website yang baik dan aman. 

The rapid development of information technology is currently in line with the development of Android-based applications and website. Website are generally used as a medium of information and communication which of course has a very important role. However, it is possible that there are threats related to the security gaps of a website, both cyber crime, data leaks, data theft, and damage to data or just wanting to disrupt the system. For example, on the Digital Outlet admin website, which is the center of managing a website application. The admin website has stored important sensitive data and information on its users. So, there needs to be special attention regarding the security of the website. In this research, vulnerability assessment dan penetration testing will be carried out on the Digital Outlet website using the Information System Security Assessment Framework (ISSAF) method by conducting tests to find security holes that commonly occur on the website, especially security holes in Broken Access Control, Cross Site Scripting (XSS), SQL Injection, and so on. The results of the vulnerability test analysis research obtained on the Digital Outlet website will later be used to improve and increase security on the website and become a reference in providing recommendations related to the development of the Basic Development Framework (BDF) framework for the management structure of a good website design and build safe."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Radityo Pradana
"Penelitian ini mengambil salah satu contoh penggunaan Big Data Analytics di perusahaan dan bagaimana pengimplementasian Big Data Analytics dapat membantu Manajer untuk mengambil keputusan dari data yang diambil. Dalam hal ini, Dataset yang diambil adalah data aktivitas pengguna situs web e-commerce yang memiliki fitur penjualan produk perusahaan melalui situs web. Dalam prosesnya, aktivitas pengguna situs web seperti page visit, penambahan produk ke keranjang belanja, dan pembelian produk produk akan dikumpulkan. Dari data yang dikumpulkan, laporan akan dibuat untuk diberikan kepada Manajer. Penelitian ini  akan mengidentifikasi poin yang dapat dicatat dari laporan yang dihasilkan. Seperti bagaimana performa penjualan dari produk tertentu, indentifikasi hubungan antar produk (apakah satu produk tertentu tergantung pada produk lain), Dan mengidentifikasi perilaku pengguna terhadap pembelian produk. Penelitian ini juga akan mengidentifikasi apakah implementasi Big Data yang ada di perusahaan saat ini dapat ditingkatkan, dan mengidentifikasi apakah peningkatan sistem implementasi Big Data merupakan investasi yang baik dan bermanfaat bagi perusahaan.

This paper takes one example of Big Data Analytics usage on a company and how it can help Managers to take decision from the data taken. In this case, the Big Data taken would be the data of user activities of an e-commerce website which holds features to sell the company products through the website. In the process, the user activities of the website such as website visits, user clicking the add to cart button, and proceed on buying the product will be collected. From the data collected, a report will be created to be shown to the Managers. This paper will specifically identify the points to be noted from the generated report. Such as how is the sales for a specific product, identify the relations between products (either one product is dependent to other product), and identify specific behavior of user towards product purchases. This paper would also identify whether the current Big Data implementation on the company can be improved, and identify if it is a good investment for the company to improve the Big Data implementation system."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T54658
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syapira
"ABSTRAK
Maskapai penerbangan berbiaya murah atau Low Cost Carriers (LCC) saat ini tengah menjadi primadona ditambah di dengan penetrasi internet dan e-commerce yang terus mengalami perkembangan signifikan, konsumen digital Indonesia pun sangat menikmati belanja online terutama jika menyangkut tentang berpergian travelling. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis sekaliguas membandingkan faktor-faktor apa saja yang memengaruhi intensi penggunaan Website Low Cost Carrier dalam pembelian tiket secara online dengan mengaplikasikan the unified theory of acceptance and use of technology (UTAUT 2) yang menggunakan variabel dasar seperti performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, hedonic motivation, habit, consumers? innovativeness, trust (information qualiy, perceived security, perceived privacy), dan price value. Penelitian ini menggunakan dua studi kasus yakni Air Asia dan Lion Air Indonesia. Responden merupakan orang-orang yang pernah melakukan pembelian secara online melalui kedua website tersebut dalam kurun waktu 6 (enam) bulan terakhir. Metode pengolahan data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kedua website sama-sama memiliki pengaruh yang signifikan pada variabel performance expectancy, trust (information quality dan perceived security) serta habit untuk website Air Asia dan price saving untuk website Lion Air.

ABSTRACT
Low budget airlines or low cost carriers (LCC) has now become a new sensation plus the significant development of internet penetration & e-commerce, digital consumers in Indonesia are really enjoying to purchase online espescially to purchase travelling things. The aim of this research is to analyzing and also comparing factors which affect the use intention of low cost carrier website on online ticket purchasing by applying the unified theory of acceptance and use of technology (UTAUT 2) which use primary variables such as performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, hedonic motivation, habit, consumers? innovativeness, trust (information qualiy, perceived security, perceived privacy), and price value.This research use two study cases, Air Asia and Lion Air Indonesia. The respondents are people who had been using Air Asia or/and Lion Air website for purcahsing ticket during the last six months. Structural Equation Modelling (SEM) is used to process the data. The results of this research shows that both Air Asia and Lion Air website has positive effects on performance expectancy, trust (information quality dan perceived security) also habit for Air Asia website only and price saving for Lion Air website only;"
2016
S65652
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Puspitasari Surya Putri
"Penelitian ini membahas pengaruh product related factor dan channel related factor terhadap seleksi website pemesanan hotel melalui internet dengan membandingkan Website Online Travel Agent (OTA) dan Website Hotel. Skripsi ini membahas pengaruh terhadap purchase intention yang ditimbulkan oleh product related factor, channel related factor dan information search intention. Penelitian menghasilkan kesimpulan pada kedua website, purchase intention tidak dipengaruhi secara signifikan oleh product related factor. Sedangkan pada product related factor dan channel related factor berpengaruh secara signifikan terhadap information search intention pada Website Hotel dan channel related factor berpengaruh secara signifikan terhadap purchase intention dan information search intention pada Website OTA. Pada penelitian ini juga terdapat implikasi manajerial serta saran untuk penelitian selanjutnya.

This study discusses the effect of product related factor and channel related factor towards selection of online hotel booking channel via Internet with comparing on Online Travel Agent (OTA) and Hotel Website. This study also includes two other variables, namely information search intention and affecting on purchase intention. This results of this research show that on both website, purchase intention did not significantly affected by product related factor. But channel related factors significantly influence information search intention for both Website and purchase intention on OTA Website. There are also managerial implications and advices for the next research.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S61288
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>