Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 162377 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Gabriel Erwhian Winarso
"Pengembangan Sistem Informasi Penjadwalan Sidang (SISIDANG) versi terbaru (disebut SISIDANG baru) pada tugas akhir ini bertujuan agar dapat digunakan untuk proses tugas akhir dan sidang di semester genap 2022/2023 Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Pengembangan tersebut meliputi rancangan dan implementasi fitur baru seperti dashboard dan laporan honor, dan perbaikan fitur-fitur yang belum sempurna seperti laporan-laporan yang terkait dengan persidangan, penilaian sidang, pemberian revisi dari dosen, pengelolaan jadwal sidang, pengelolaan dosen, pengelolaan mata kuliah spesial, jadwal pribadi dosen, serta unggah berkas mahasiswa. Proses pengembangan dilakukan dengan metodologi Feature Driven Development (FDD) dengan kelebihan menciptakan progres yang cepat. Setelah pengembangan, dilakukan pengujian dan evaluasi agar dapat memastikan kinerja website dan kepuasan pengguna. Pengujian dan evaluasi SISIDANG baru diukur dengan User Acceptance Testing (UAT), survei fitur dashboard terkait dashboard design principle, dan System Usability Scaling (SUS). Hasil dari evaluasi menunjukkan bahwa SISIDANG baru telah cukup memenuhi kriteria pembuatan dashboard dan memenuhi kriteria cukup untuk tingkat usability.

The goal of the development of the latest version of the Sistem Informasi Penjadwalan Sidang (SISIDANG) in this final project is to be able to be use for the whole final assignment process in the second semester of 2022/2023 at the Faculty of Computer Science, University of Indonesia. This development process consisted of designing and implementation process of new features such as dashboards and honorarium reports and improvements to lacking features such as reports related to final assignment presentation, final assignment assessments, final assignment evaluation, the scheduling process of final assignment, lecturers management, final assignment management, lecturer’s personal schedule feature, and uploading student files. The development process is carried out by using Feature Driven Development (FDD) methodology, which has the advantage of faster development progress. After the development process, testing and evaluation were carried out in order to ensure the website’s performance and user satisfaction meet user expectations. Testing and evaluation of the new system are measured with User Acceptance Testing (UAT), survey related to dashboard design principles, and System Usability Scaling (SUS). The results of the evaluation show that the new system has sufficiently met the criteria for making dashboards and the criteria for usability level."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Luthfi Fahlevi
"Pengembangan Sistem Informasi Penjadwalan Sidang (SISIDANG) versi terbaru (disebut SISIDANG baru) pada tugas akhir ini bertujuan agar dapat digunakan untuk proses tugas akhir dan sidang di semester genap 2022/2023 Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Pengembangan tersebut meliputi rancangan dan implementasi fitur baru seperti dashboard dan laporan honor, dan perbaikan fitur-fitur yang belum sempurna seperti laporan-laporan yang terkait dengan persidangan, penilaian sidang, pemberian revisi dari dosen, pengelolaan jadwal sidang, pengelolaan dosen, pengelolaan mata kuliah spesial, jadwal pribadi dosen, serta unggah berkas mahasiswa. Proses pengembangan dilakukan dengan metodologi Feature Driven Development (FDD) dengan kelebihan menciptakan progres yang cepat. Setelah pengembangan, dilakukan pengujian dan evaluasi agar dapat memastikan kinerja website dan kepuasan pengguna. Pengujian dan evaluasi SISIDANG baru diukur dengan User Acceptance Testing (UAT), survei fitur dashboard terkait dashboard design principle, dan System Usability Scaling (SUS). Hasil dari evaluasi menunjukkan bahwa SISIDANG baru telah cukup memenuhi kriteria pembuatan dashboard dan memenuhi kriteria cukup untuk tingkat usability.

The goal of the development of the latest version of the Sistem Informasi Penjadwalan Sidang (SISIDANG) in this final project is to be able to be use for the whole final assignment process in the second semester of 2022/2023 at the Faculty of Computer Science, University of Indonesia. This development process consisted of designing and implementation process of new features such as dashboards and honorarium reports and improvements to lacking features such as reports related to final assignment presentation, final assignment assessments, final assignment evaluation, the scheduling process of final assignment, lecturers management, final assignment management, lecturer’s personal schedule feature, and uploading student files. The development process is carried out by using Feature Driven Development (FDD) methodology, which has the advantage of faster development progress. After the development process, testing and evaluation were carried out in order to ensure the website’s performance and user satisfaction meet user expectations. Testing and evaluation of the new system are measured with User Acceptance Testing (UAT), survey related to dashboard design principles, and System Usability Scaling (SUS). The results of the evaluation show that the new system has sufficiently met the criteria for making dashboards and the criteria for usability level."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Mahdi Imani Wafi
"Salah satu fungsi yang sangat kritikal dalam proses tugas akhir adalah pengecekan plagiarisme tugas akhir sebelum kelulusan. Fasilkom UI membuat aplikasi sistem pengecekan plagiarisme (Elang). Selain itu juga mempunyai aplikasi untuk administrasi dokumen tugas akhir (Sisidang). Dua website ini sudah berjalan sejak lebih dari tujuh tahun lalu, dan kemudian diperbarui lagi pada dua tahun lalu.  Walaupun demikian terkadang masih terjadi masalah permasalahan sehingga kegunaan dari dua aplikasi kurang optimal. Dalam melakukan tugas akhir ini, penulis ini menggunakan metodologi design science research sebagai metodologi penelitian. Berdasarkan analisa yang penulis lakukan permasalahannya adalah: integrasi pengecekan plagiarisme dari Sisidang ke Elang, Halaman Elang kurang informatif karena tidak menampilkan error message, dan Terhentinya proses pengecekan karena adanya masalah di proses pengecekan sebelumnya. Penulis memberikan solusi sebagai berikut: Menggunakan Django-Sesame magic link untuk memberikan akses ke pengguna Sisidang untuk melihat hasil di Elang. Menggunakan Django-Session dan Django-Messages untuk mengatasi permasalahan error message yang tidak sampai ke pengguna. Memperbaiki logik dengan menambah try & catch untuk mengembalikan flag reset ke semula agar proses pengecekan tidak terhenti karena masalah sebelumnya. Setelah implementasi solusi tersebut, evaluasi dilakukan dengan melakukan serangkaian tes berdasarkan scenario dari solusi. Berdasarkan hasil dari tes tersebut, disimpulkan solusi yang telah diimplementasikan menyelesaikan permasalahan yang ditemukan. Hasil dari tugas akhir ini membantu mengoptimalkan proses Sidang dan pengecekan plagiarisme terutama bagi dosen dan staf IT/sekretariat akademik. Hasil ini juga diharapkan menjadi acuan bagi para pengembang aplikasi dalam memperbaiki serta mengembangkan aplikasinya.

One very critical function in the final assignment process is checking plagiarism in the final assignment before graduation. Fasilkom UI created a plagiarism checking system application (Elang). Apart from that, it also has an application for administering final assignment documents (Sisidang). These two websites have been running for more than seven years, and were then updated again two years ago.  However, sometimes problems still occur so that the usability of the two applications is less than optimal. In carrying out this final assignment, this author used the design science research methodology as a research methodology. Based on the analysis carried out by the author, the problems are: integration of plagiarism checking from Sisidang to Elang, the Elang page is less informative because it does not display error messages, and the checking process has stopped due to problems with the previous checking process. The author provides the following solution: Using Django-Sesame magic link to provide access to Sisidang users to view results from Elang. Using Django-Session and Django-Messages to solve the problem of error messages not reaching the user. Improved logic by adding try & catch to return the reset flag to its original state. After implementing the solution, evaluation is carried out by conducting tests based on a scenario of the solution. Based on the results of those tests, it was concluded that the solution that had been implemented resolved the problems found. The results of this final assignment help optimize the trial process and check plagiarism, especially for lecturers and IT staff/academic secretariat. It is also hoped that these results will become a reference for application developers in improving and developing their applications."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lumban Gaol, Timothy Efraim Hotasi
"Software deployment merupakan suatu proses yang dilakukan terhadap perangkat lunak (software) agar tersedia untuk digunakan pada suatu environment tujuan. Salah satu model pengembangan software (software development) adalah Software Product Line Engineering (SPLE) yang bertujuan mengembangkan sekumpulan variasi software dari basis yang sama. Salah satu tools pengembangan SPLE hasil penelitian lab Reliable Software Engineering (RSE) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) sebelumnya adalah PRICES-IDE. PRICES-IDE merupakan sekumpulan plugin Eclipse IDE untuk mengembangkan produk software aplikasi website secara otomatis. Penelitian ini, sebagai bagian dari lab penelitian RSE, bertujuan untuk mengimplementasikan solusi deployment terhadap software aplikasi website hasil pengembangan PRICES-IDE yang sebelumnya bersifat pragmatis terhadap SPLE dan berproses secara manual. Implementasi solusi deployment ini menggunakan pendekatan teknologi sistem software deployment Nix dan teknologi lainnya agar sejalan dengan SPLE dan berproses secara otomatis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Nix dengan teknologi lainnya berhasil mengatasi redundansi deployment untuk produk PRICES-IDE, dan berproses lebih cepat dibandingkan solusi deployment dengan pendekatan lain serta meminimalkan usaha yang diperlukan melalui otomatisasi yang telah berhasil diterapkan.

Software deployment is a process to make software available to use in a destination environment. One of software development models is Software Product Line Engineering (SPLE) which aim to develop a set of software variations from the same base. One of the SPLE development tools, previously researched by Reliable Software Engineering (RSE) laboratory from Faculty of Computer Science, University of Indonesia, is PRICES-IDE. PRICES-IDE is a set of Eclipse IDE plugins for developing website application software products automatically. This research, as part of the RSE research lab, aims to implement a deployment solution for website application software developed by PRICES-IDE which was previously pragmatic towards SPLE’s characteristic and processed manually. Implementation of this deployment solution uses the Nix software deployment system technology approach and other technologies to be in line with SPLE and process automatically. The results of the research show that the implementation of Nix with other technologies has succeeded in overcoming deployment redundancies for PRICES-IDE products, and processes faster than deployment solutions with other approaches and minimizes the effort required through successfully implemented automation."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Teguh Raharjo
"Survei yang dilakukan oleh Project Management Institute dan VersionOne memaparkan bahwa pengembangan proyek menggunakan pendekatan agile telah berkembang sangat pesat. Kerangka kerja enterprise agile atau scaling agile diharapkan dapat menangani problem yang lebih kompleks pada saat organisasi beralih dari pendekatan tradisional ke agile. Meskpun saat ini terdapat metode-metode scaling agile yang populer memiliki praktik-praktik yang diajukan, tidak semua praktik dan metode tersebut cocok untuk organisasi. Oleh karena itu, memilih metode dan praktik agile dari beberapa metode dibandingkan adaptasi satu metode secara keseluruhan dapat dipertimbangkan sebagai strategi untuk pemilihan praktik yang diperlukan. Penelitian oleh scrum.org menyebutkan bahwa 49% organisasi tidak memiliki kerangkan kerja untuk penerapan scaling agile mereka, sedangkan pemilihan kerangka kerja merupakan salah satu proses yang penting. Saat ini, belum ada penelitian yang membahas mengenai kerangka kerja yang bersifat general untuk enterprise agile. Penelitian ini bertujuan untuk membangun kerangka kerja enterprise agile berdasarkan konsep The Essence SEMAT Kernel dan general theory of software engineering. Design Science Research (DSR) digunakan sebagai metodologi penelitian, karena karakteristiknya yang sesuai dengan tujuan penelitian ini. Penelitian ini menghasilkan luaran berupa kerangka kerja enterprise agile yang sudah dilakukan proses uji coba pada beberapa organisasi di Indonesia. Proses evaluasi berdasarkan konsep DSR sudah dilakukan sampai beberapa kali iterasi. Evaluasi dilakukan pada setiap proses desain dan setelah tahapan uji coba. Evaluasi oleh para pakar, praktisi dan pakar internasional dilakukan menggunakan metode wawancara daring menggunakan video conference, focus group discussion (FGD) dan structured-interview dengan formulir daring. Untuk kontribusi akademik, penelitian ini memberikan rujukan kepada penelitian lainnya pada bidang enterprise agile. Berdasarkan Software Engineering Body of Knowledge (SWEBOK), penelitian ini menambahkan referensi mengenai scaling agile methods pada pada area Software Engineering Model and Methods.

A survey conducted by the Project Management Institute and VersionOne showed that the development of projects using the agile approach had developed very rapidly. The enterprise agile framework or scaling agile framework is expected to solve the complex problem while they are transitioning from traditional to agile approach. Although there are several agile methods each encompasses multiple practices, not all of them may fit for all organizations. Therefore, picking appropriate agile practices from different methods rather than adapting to a whole agile method, can be considered as practice selection strategy. The research by Scrum.org explores that 49% of organization have no framework for their implementation of scaled agile, whereas the selection of the framework is of the important process. Currently, there are no studies to explore the generic framework of the enterprise agile. In the other related software engineering field, there are the common ground concept. This study aims to develop an enterprise agile framework based on the concept of The Essence SEMAT Kernel and general theory of software engineering. Design Science Research (DSR) is used as a research methodology, because of its characteristics that are in accordance with the objectives of this research. This research produces an output in the form of an enterprise agile framework that has been evaluated in several organizations in Indonesia. The evaluation process based on the DSR concept has been carried out for several iterations. Evaluation is carried out at each design process and after the trial phase. Evaluation by experts, practitioners and international experts is carried out using online interview methods using video conferencing, focus group discussions (FGD) and structured-interviews with online forms. In the academic field, this research contributes to adding agile scaling methods to SWEBOK in the Software Engineering Model and Methods area. For practitioners, the framework that was built can be used as a guide for implementing agile scaling in organizations. For academic contributions, this research provides references to other research in the field of enterprise agile. Based on the Software Engineering Body of Knowledge (SWEBOK), this study adds a reference to scaling agile methods in Software Engineering Models and Methods."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Renzi Lazuardi
"Ruang Massage merupakan ruang yang paling esensial dalam sebuah spa. Hal ini terjadi karena sebagian besar perawatan dan treatment pada spa berlangsung di ruang ini. Uieh karena itu, desain dari ruang massage ini menjadi penting dan perlu mendapat perhatian khusus secara arsitektural untuk menciptakan suasana yang sesuai dengan fungsinya sebagai tempat untuk mendapatkan rasa rileks dan kesan menenangkan dalam proses relaksasi. Salah satu faktor arsitektural yang mempunyai peran cukup besar dalam rangka penciptaan suasana dalam sebuah ruang adalah sistem pencahayaan karena semua objek dan elemen yang memiliki peran dalam pembentukan suasana ruang hanya tampak jika ada cahaya. Dengan perancangan sistem pencahayaan yang balk dan matang, suasana ruang yang ingin diinginkan dapat tercapai.
Sistem pencahayaan dibagi dua menurut sumbernya, yaitu sistem pencahayaan alami yang memanfaatkan cahaya matahari, serta sistem pencahayaan buatan yang memanfaatkan sumber cahaya berupa lampu. Karena memiliki fleksibilitas yang tinggi, maka sistem pencahayaan buatan lebih tepat digunakan untuk menciptakan suasana yang spesifik dalam sebuah ruang karena sumber cahaya yang berasal dari lampu bervariasi jenisnya dan lebih mudah untuk diatur sesuai keinginan. Oleh karena itu, dalam skripsi ini akan dicoba dibahas mengenai peran sistem pencahayaan buatan dalam rangka menciptakan suasana rileks dan kesan menenangkan yang dibutuhkan dalam proses relaksasi pada ruang massage spa."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S48550
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pasomba, Sae
"Pengelolaan proposal tugas akhir untuk program sarjana Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) masih menggunakan media eksternal, seperti Excel, forum Student Centered E-Learning Environment (SCELE) Fasilkom UI, Google Form, dan sebagainya. Dengan demikian, pengelolaan proposal menjadi tidak terstruktur dan tidak terintegrasi. Untuk menangani masalah ini, sudah ada inisiatif pengembangan sistem informasi untuk mengelola tugas akhir yang dinamakan SISKRIPSI. Namun, fitur SISKRIPSI ini perlu dievaluasi dan dikembangkan lebih lanjut dengan melakukan requirements gathering bersama tim dosen tugas akhir Fasilkom UI agar fitur aplikasi sesuai dengan kebutuhan. Selain dari segi fitur, desain antarmuka dari SISKRIPSI juga perlu dievaluasi agar dapat memenuhi standar desain aplikasi. Hasil aplikasi yang telah dikembangkan ini dinamakan Sistem Pengelolaan Tugas Akhir (SIPETA). Pengembangan SIPETA menerapkan metode User Centered Design dan Feature Driven Development. Aplikasi SIPETA dibangun dengan arsitektur decoupled, frontend dikembangkan menggunakan framework React JS sedangkan backend dikembangkan menggunakan framework Django Rest Framework. Selain itu, SIPETA diintegrasi dengan Sistem Informasi Sidang Tugas Akhir (SISIDANG). Setelah dilakukan pengembangan, aplikasi dievaluasi dengan metode Usability Testing, System Usability Scale, User Acceptance Test dan Lighthouse Testing. Hasil evaluasi dari SIPETA menyatakan SIPETA sudah layak untuk digunakan.

The management of final year project proposals of the undergraduate study programs at the Faculty of Computer Science, Universitas Indonesia (Fasilkom UI) still uses external media, such as Excel, Student Centered E-Learning Environment (SCELE) Fasilkom UI’s forum, Google Form, etc. Thus, proposal management becomes unstructured and unintegrated. To handle this problem, there was already an inisiative to develop an information system to manage final year projects named SISKRIPSI. However, the features of SISKRIPSI needs to be evaluated and developed further by conducting a requirements gathering with the Fasilkom UI final year project committee so that the application features match the needs. Apart from the features, the interface design of SISKRIPSI also needs to be evaluated so that it can fulfill the application design standards. The result of the developed application is called Sistem Pengelolaan Tugas Akhir (SIPETA). Development of SIPETA applies User Centered Design and Feature Driven Development method. SIPETA was build on decoupled architecture, frontend was build using React JS framework and backend was build using Django Rest Framework. Besides that, SIPETA was also integrated with Sistem Informasi Sidang Tugas Akhir (SISIDANG). After the development process, the application was evaluated using Usability Testing, System Usability Scale, User Acceptance Test and Lighthouse Testing methods. The evaluation results of SIPETA states that SIPETA is ready to use."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Satrio Baskoro Yudhoatmoko
"Pengembangan suatu software dalam suatu domain yang sama secara individual seringkali menyebabkan terjadinya kondisi reinventing the wheel baik terhadap requirements maupun komponen lain yang dikembangkan. Untuk meminimalisir kondisi reinventing the wheel dan meningkatkan metoda reuse maka alangkah baiknya jika requirements hingga komponen lain yang bersifat umum (common) diantara software dalam domain tersebut dapat didokumentasikan. Selain itu, requirements hingga komponen lain yang bervariasi (variable) antar software dalam domain tersebut juga diharapkan bisa terdokumentasi agar kebutuhan segmentasi pengguna tertentu dapat terpenuhi. Hal-hal tersebut dilakukan dalam suatu teknik yang disebut software product line engineering atau disebut juga domain engineering. Pada teknik ini dilakukan pendefinisian dan pengembangan commonality dan variability dari suatu software product line. Software product line merupakan kumpulan aplikasi-aplikasi software yang berada dalam satu domain aplikasi yang sama.
Pada penelitian tesis ini dilakukan software product line engineering pada domain sistem informasi akademik perguruan tinggi. Hanya saja pada penelitian ini dibatasi pada pendefinisian commonality dan variability requirements dari domain sistem informasi akademik perguruan tinggi (atau hanya melakukan sub-proses domain requirements engineering dari proses domain engineering dari software product line engineering). Pada pendefinisian commonality dan variability requirements digunakan existing requirements dari sistem informasi akademik perguruan tinggi yang sudah ada. Sistem informasi akademik tersebut adalah sistem informasi akademik Universitas Indonesia, Universitas Riau dan STT PLN.
Metode yang digunakan untuk mendefinisikan adalah Application-Requirements Matrix dan kemudian dimodelkan dengan menggunakan Feature-Oriented Domain Analysis. Menurut Bockle, Pohl dan Linden dalam bukunya [Bockle et al, 2005] bahwa mendapatkan jumlah commonality sebanyak mungkin adalah penting agar mengurangi jumlah variability untuk kebutuhan minimum aplikasi.
Hasil dari penelitian tesis ini berupa definisi commonality dan variability requirements untuk software product line sistem informasi akademik perguruan tinggi. Namun, dari hasil penelitian ini terlihat bahwa jumlah commonality requirements lebih sedikit jumlahnya dibanding variability requirements-nya. Hal ini disebabkan karena terdapat perbedaan kompleksitas requirements dari ketiga data dalam penelitian ini. Akhir kata, semoga hasil penelitian tesis ini merupakan awal dari penelitian lanjutan bidang software product line engineering, khususnya untuk domain sistem informasi akademik perguruan tinggi.

The development of individual softwares in a certain domain tends to reinvent the wheel of things like the software requirements or other components being develop. In order to minimalize the tendency of reinventing the wheel and to improve the reusability of requirements and other components in software development, it would wise if those common requirements and other components were documentated. In order to accommodate the need of certain segmentated user, the commonality and variability requirements are needed to be explore. The way to do all those things is called software product line engineering (also known as domain engineering). This technique is a way to define the commonality and variability of a software product line. A software product line is a set of software which has the same software domain.
In this thesis research, the research of software product line engineering is focused in the domain of university`s academic information system. The limitation of this research is that in this research is only defining the commonality and variability requirements of university`s academic information system software product line. This process is part of the domain requirement engineering sub-process of the domain engineering process in software product line engineering. To define the commonality and variability requirements, the existing requirements from the existing university`s academic information system are being used as research subject. Those requirements are from University of Indonesia`s, University of Riau`s and STT PLN`s academic information systems.
The method to define the commonality and variability requirements is called Application-Requirements Matrix and the result is modeled using Feature-Oriented Domain Analysis. According to Bockle, Pohl and Linden in their book [Bockle et al, 2005], having commonality requirements as much as possible are important because it would decrease the amount of variability requirements to build a minimum requirements application.
The result of this thesis research is the definition of commonality and variability requirements of university`s academic information system. In the result of this research, it shows that the amounts of commonality requirements are less than the amount of the variability requirements. This happens due to the major differences of the requirements complexity from the three data used in this research. Last but not least, the result of this research is hoped to be the beginning of researches in software product line engineering especially in the domain of university`s academic information system."
Depok: Universitas Indonesia, 2008
T-Pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sahid Muttaqin
"Pada sebuah web, graphic user interface adalah jembatan antara manusia dan satu sistem web di dalam komputer. Graphic user interface dibuat untuk membantu manusia dalam menggunakan komputer dengan cara yang dipahami oleh manusia, tentunya menjadi sebuah hal yang penting dalam perancangan sebuah graphic user interface sebuah web agar sebuah web tersebut dapat digunakan sesuai tujuannya. Skripsi ini merancang sebuah sistem tur virtual untuk laboratorium dan menganalisa graphic user interface dengan menggunakan prinsip pada ilmu interaksi manusia dan komputer serta akan membahas lama respons time dari SITUR-LAB. Dari hasil penelitian didapatkan nilai akhir kuesioner untuk tampilan antarmuka sebesar 3,885 likert, isi sebesar 4,167 likert, dan keseluruhan sebesar 4,086 likert, serta nilai keseluruhan dari penelitian pada alat ukur kuesioner evaluasi sebesar 4,046 likert. Hasil penelitian berupa alat ukur kuesioner skala kegunaan sistem mendapatkan nilai akhir sebesar 77,125 sus score. Serta dalam pengujian stres meter dengan skenario 50 user dengan perulangan 10 kali, didapatkan waktu respons time antara 7,3 – 18,7 ms dan rata-rata selama 12,504 ms.
In a web, graphic user interface is the bridge between human and the computer system. Graphic user interface designed to assist human in using a computer in a way that is understandable by humans, would be an important thing in designing a graphic user interface of a web cam be a used according to its purpose. This paper design a tur virtual of laboratory and analyze graphic user interface by using the principle of the science of human computer interaction , and has discuss about response time of SITUR-LAB. From the result of research user evaluation conducted final value obtained for part 1 (user interface) is 3,885 likert, part 2 (contain) is 4,167 likert, and last part (overall) is 4,086 likert. From the result of research scale usable system conducted final value obtained 77,125 sus score. And for stress testing meter with skenario 50 users with loop 10 times, response time obtained between 7,3 to 18,7 ms and the average time 12,504 ms."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S53111
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Oktaviandri
"ABSTRAK
Dalam mendisain sebuah peralatan kilang, proses pemilihan material dinilai baik apabila dalam pemakaiannya material tersebut paling tidak mempunyai umur sama dengan umur disain. Untuk mencapai hal itu maka semua kriteria yang disyaratkan bagi kandidat material harus dibuat selengkap mungkin.
Hal lain yang tak kalah pentingnya adalah tersedianya sistem informasi material itu sendiri. Dengan adanya sistem informasi material yang lengkap, konsisten dan beraku umum, maka hasil proses pengambilan keputusan itu akan menjadi sangat memuaskan dan dapat dipertanggungjawabkan secara teknis.
Dengan memanfatkan teknologi komputer, dilakukan perancangan piranti lunak sistem pemilihan material dengan pendekatan sistem pakar yang didukung oleh sistem informasi pangkalan data untuk mempermudah proses pemilihan material yang; sesuai dengan kriteria disain, dapat dipertanggungjawabkan dari segi teknis, mengurangi ketergantungan kelompok rekayasa terhadap sumber pengetahuan, serta dapat menyimpan informasi data material yang mutakhir, lengkap, konsisten dan berlaku umum, sehingga waktu penelusuran informasi dapat dipersingkat.
ABSTRACT
In designing a refinery equipment, process of selecting material is good if the lift of using the material is at least the same as design Life. To get it, all of the criteria that is conditioned for considerate of material must be made as complete as possible.
Something else that is important enough is the material Information system itself. With a complete, consistent and generally implemented the result of decision-making process will be very satisfying and can be responsible technically.
By using computer technology, software of material selection system is made with expert system approach that is backed up by database information system to make the process of selecting material easy that is; fit with design criteria; can be responsible technically; decreasing dependence of engineer to source of knowledge; can store up to date, complete, consistent and generally implemented data of material, so that time of seeking information can be shortered.
"
1997
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>