Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 158624 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Stefhany Azzahra
"Permasalahan terhadap ketimpangan peran gender yang menaruh perempuan pada posisi sekunder kerap terjadi di Eropa pada akhir abad kesembilan belas hingga awal abad kedua puluh. Banyak perempuan mengalami berbagai bentuk diskriminasi dan marginalisasi, terutama dalam memilih pekerjaan. Hal tersebut digambarkan dalam sebuah film berjudul Paula. Sebagai perempuan muda yang hidup di Jerman pada akhir abad kesembilan belas, tokoh utama bernama Paula Becker harus melalui berbagai konflik untuk mendapatkan posisi di dunia seni yang masih didominasi oleh laki-laki. Dalam mencapai tujuannya, Paula Becker membuat strategi agar karyanya mendapat pengakuan. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori The Second Sex dari Simone de Beauvoir dan teori Semiotika oleh Roland Barthes. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bentuk perjuangan pelukis perempuan dalam memperjuangkan aspirasinya. Hasil penelitian menunjukkan bentuk marginalisasi yang dihadapi oleh seniman perempuan serta melihat bentuk strategi yang dilakukan untuk mendapatkan pengakuan di dunia seni Eropa pada akhir abad kesembilan belas. Bentuk marginalisasi yang dihadapi oleh seniman perempuan diperlihatkan saat tokoh Paula tidak memiliki kuasa penuh akan hidupnya sendiri dan eksistensinya sebagai pelukis tidak dianggap oleh orang-orang di lingkungannya. Hal ini mendorong Paula untuk membuat sebuah inovasi berupa lukisan self-portrait nude dengan aliran ekspresionisme sebagai strategi untuk mendapatkan posisi di dunia seni Eropa.

Problems with unequal gender roles that put women in a secondary position were common in Europe in the late nineteenth and early twentieth centuries. Many women experienced discrimination and marginalization, especially in choosing a job. This is depicted in a movie called Paula. As a young woman living in Germany at the end of the nineteenth century, the main character named, Paula Becker, must go through various conflicts to get a position in the art world, which men still dominate. In achieving her goals, Paula Becker makes strategies so that her work will be recognized. This research is analyzed using Simone de Beauvoir's The Second Sex Theory and Roland Barthes' Semiotics theory. The purpose of this research is to see the form of struggle of female painters in fighting for their aspirations. The research results show the forms of marginalization faced by female artists and the strategies to gain recognition in the European art world at the end of the nineteenth century. The marginalization faced by female artists is shown when Paula's character does not have complete control over her own life, and people in her environment do not consider her existence as a painter. This encourages Paula to create an innovation in the form of nude self-portrait paintings with expressionism as a strategy to gain a position in the European art world."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Haiqa Albitya
"Penelitian ini dilakukan untuk menelaah bagaimana representasi maskulinitas alternatif di tampilkan pada tokoh Yuzuki Hayato dalam anime Yuzuki san Chi no yon Kyoudai serta bagaimana tanggapan masyarakat Jepang dalam anime merespons maskulinitasnya yang tidak sejalan dengan pandangan tradisional masyarakat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori hegemonic masculinity milik Raewyn Connell. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis film dengan menganalisis narasi, dialog, penokohan, dan elemen visual. Berdasarkan analisis yang sudah dilakukan, ditemukan bahwa tokoh Yuzuki Hayato menampilkan bentuk maskulinitas yang tidak sejalan dengan maskulinitas tradisional Jepang, yaitu sosok pria yang aktif berurusan dalam ranah domestik dan mengurus anak. Tema laki-laki yang memiliki maskulinitas alternatif pun kini banyak diangkat oleh beberapa judul anime untuk menayangkan bentuk maskulinitas yang tidak kaku. Gambaran respon masyarakat sekitar terhadap maskulinitas Hayato ditanggapi secara positif dan negatif. Melalui respon tersebut, menandakan bahwa potret maskulinitas Yuzuki Hayato menggoncang sekaligus mengukuhkan norma tradisional yang berlaku.

This study aims to examine the representation of alternative masculinity on Yuzuki Hayato from the anime Yuzuki san Chi no yon Kyoudai and how the Japanese society in the anime responds to his masculinity. The theory used in this study is Raewyn Connell’s hegemonic masculinity theory with film analysis method by analyzing narration, dialogue, characterization, and visual element. Based on the analysis, it is found that Yuzuki Hayato displays a form of masculinity that doesn’t align with traditional Japanese masculinity, namely a man who actively deals in the domestic sphere and takes care of children. This theme of anime also seems to be picked up by several anime titles to showcase other forms of alternative masculinities. The response towards Hayato’s masculinity from the people around him are both positive and negative. Suggests that Yuzuki Hayato’s potrayal of masculinity not only challenges, but also reinforces the prevailing of traditional norms."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2025
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Carissa Audreyna Irnanda
"Penelitian ini bertujuan untuk menemukan perbedaan representasi perempuan dalam drama Followers (2020) yang diproduksi oleh saluran streaming content Netflix dengan bagaimana perempuan umumnya direpresentasikan dalam drama yang diproduksi oleh televisi luring. Penulis menggunakan teori representasi Stuart Hall (1997) sebagai konsep dasar dan teori gender Oakley (1972) serta konsep stereotip gender mengenai maskulinitas dan femininitas Mary E. Kite dalam Worell (2001) dengan metode analisis teks. Dari hasil analisis, ditemukan tokoh perempuan yang berusaha untuk mendobrak batasan gender dan representasi perempuan yang belum pernah muncul sebelumnya dalam drama Jepang yaitu perempuan yang ingin memiliki anak tanpa pernikahan. Hal ini dipengaruhi oleh Netflix sebagai ruang yang memungkinkan untuk menggambarkan representasi perempuan yang lebih beragam dan tidak terikat dengan norma patriarki. Drama Followers dapat dilihat sebagai refleksi terhadap masyarakat Jepang dewasa ini dengan meningkatnya perempuan yang keluar dari stereotip perempuan Jepang dan mendobrak norma patriarki yang tertanam dalam masyarakat Jepang.

This study aims to find differences from how women are represented in the drama Followers (2020) which was produced by Netflix, compared to the general idea of women represented in Japanese dramas produced by mainstream television. The writer uses the representation theory from Stuart Hall (1997) as the basic concept and gender theory from Oakley (1972) as well as the stereotypical concept of the nature and role of gender by Mary E. Kite in Worell (2001) with text analysis methods. The results showed that Followers featured strong female characters who tried to break the restriction on gender and also portrays a variety of women who have never been featured in Japanese dramas such as women who want to have a child without getting married. This is possible because Netflix creates a room that enables a diversity of women representation and gives them means to break from the patriarchal norms. The drama Followers can be seen as a reflection of current Japanese society with an increasing number of women who are trying to break the stereotype and the patriarchal system of Japan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Briana Batrisyia
"Penelitian ini mengkaji peran teroris perempuan dalam novel Malam Seribu Jahanam karya Intan Paramaditha dengan menggunakan aspek sosiologis dan pendekatan gender. Fokus penelitian ini adalah kritik sosial pada peran gender perempuan dalam aksi terorisme, khususnya melalui tokoh Annisa dalam novel Malam Seribu Jahanam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Malam Seribu Jahanam mengkritik ketidaksetaraan gender dan tekanan sosial yang mendorong individu mengambil keputusan yang bertentangan dengan norma masyarakat. Kritik sosial yang disampaikan dalam Malam Seribu Jahanam adalah norma gender dan konstruksi sosial yang sempit membatasi kebebasan individu dan menciptakan ketidakadilan yang akhirnya memengaruhi keputusan serta tindakan seseorang, seperti yang tercermin dalam karakter Annisa yang terjebak dalam peran yang dibatasi oleh ekspektasi sosial. Dengan mengungkap peran sosial dari keterlibatan perempuan dalam aksi terorisme, novel Malam Seribu Jahanam mendorong pembaca untuk memahami hubungan antara norma sosial dan peran gender. Melalui analisis ini, penelitian diharapkan memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang bagaimana sastra dapat merefleksikan isu-isu sosial yang terjadi pada masyarakat.

This study examines the role of female terrorists in the novel Malam Seribu Jahanam by Intan Paramaditha using sociological aspects and a gender approach. The focus of the research is to analyze the social critique directed at gender roles of women in terrorism, specifically through the character Annisa in Malam Seribu Jahanam. The study employs a qualitative descriptive method, with data collection through literature review. The results of the study show that Malam Seribu Jahanam critiques gender inequality and the social pressures that drive individuals to make decisions that contradict societal norms. The social critique conveyed in Malam Seribu Jahanam is that rigid gender norms and narrow social constructs limit individual freedom, create injustice, and influence a person’s decisions and actions, as reflected in the character Annisa, who is trapped in roles constrained by social expectations. By uncovering the social role of women’s involvement in terrorism, Malam Seribu Jahanam encourages readers to understand the relationship between social norms and gender roles. Through this analysis, the study aims to provide a deeper insight into how literature can reflect societal issues that occur in real life."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2025
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Yulia Endah Susanti
"Skripsi ini membahas perpustakaan komunitas memiliki andil yang cukup besar sebagai sarana terbukanya akses masyarakat terhadap sumber-sumber informasi yang berkualitas. Perpustakaan komunitas juga berperan sebagai sarana pengembangan kreatifitas masyarakat terutama anak-anak karena di perpustakaan komunitas biasanya diadakan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan dan kreatifitas. Tulisan ini mengambil objek di Rumah Baca Zhaffa, Kelurahan Manggarai, Jakarta Selatan. Permasalahannya adalah bagaimana perpustakaan komunitas mewujudkan perannya di masyarakat. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Dapat terlihat bahwa walau memiliki berbagai hambatan, perpustakaan komunitas dapat mewujudkan perannya di masyarakat dengan menjadi sarana masyarakat terutama anak-anak untuk belajar, memperoleh sumber bacaan untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasannya, mengembangkan kegiatan positif. dan menjadi sarana berkumpulnya masyarakat.

Community library plays an important role as a tool to serve information source to people. Community library‟s role also as a medium of creativity, especially for children, because it‟s common in community library to provide creative activity. This theses emphasizes on Rumah Baca Zhaffa, Manggarai, Jakarta Selatan. The problem was how the community library do its role in society. This research is qualitative research with descriptive analytic method. The result shows that the community library do its role well to people. It is because, the community library become a place for people to expand their horizon of knowledge and doing positive activity through reading and studying in community library. Community library also become a meeting point for the people."
Depok: Universitas Indonesia, 2009
S15618
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Adela Dinda Talita
"Studi mengenai hubungan sosial di tempat kerja telah menunjukkan bahwa hubungan informal, seperti pertemanan, dianggap lebih bermakna bagi para karyawan. Persoalannya, konteks masyarakat kini jarang menumbuhkan hubungan mendalam untuk pekerjaan. Dalam kasus Sekolah 'BM', saya telah menemukan bahwa para karyawan terpecah belah akibat isu ini dan bahwa hal tersebut mempengaruhi praktik dan pengalaman mereka dalam hubungan berbasis tempat kerja. Menggunakan wawancara mendalam dan observasi partisipan, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji praktik pertalian sosial di tempat kerja, alasan di baliknya, dan bagaimana karyawan kemudian menindaklanjuti dan bernegosiasi melalui pertalian tersebut. Saya juga ingin menjelaskan bagaimana konteks khusus suatu tempat kerja dapat memengaruhi pengalaman bekerja karyawan. Berdasarkan temuan penelitian ini, pengalaman diferensiasi karyawan BM dapat dikorelasikan dengan riwayat kekeluargaan dan kekerabatan yang bertentangan dengan perubahan struktural BM untuk menjadi lebih seperti perusahaan. Saya berpendapat bahwa kecenderungan karyawan untuk membedakan dua hal ini dan bertindak sesuai pemahaman mereka menunjukkan suatu kontradiksi nilai. Di lain sisi, ketika tindakan mereka bertolak belakang dengan pemahaman tersebut, maka sedang terjadi suatu negosiasi nilai yang umumnya relasional. Hal ini menunjukkan bahwa nilai-nilai yang berbeda, walau tetap ditindaklanjuti, juga mengalami kompromi dan pada kelanjutannya juga menjadi suatu negosiasi pertalian sosial.

Studies have shown that informal relationships, such as friendships, are considered as more meaningful for employees in the workplace. The issue is that the current societal context rarely cultivates strong relationships for work. In the case of the ‘BM’ School, I have found that the employees are torn on this issue and that it affects their practice and experience of workplace-based relationships. Using in-depth interviews and participant observation, this research aims to examine the practice of social relations in the workplace, the reasoning behind them, and how the employees then act upon and negotiate through them. I also want to explain how the particular context of the workplace may affect the employees’ work experience. Based on the research findings, the BM employees’ experience of differentiation can be correlated with a history of kekeluargaan and kinship which contradicted the structural changes of BM to become more corporate-like. I argue that the tendency of employees to differentiate the two and to act according to their understandings of it shows a contradiction of values. On the other hand, when their actions are the opposite of that understanding, then a negotiation of values is occurring, which is generally relational. This shows that differing values, while acted upon, are also compromised, and hereinafter also becomes a negotiation of social ties."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wiliam-de Vries, Dede
Bogor: Center for International Forestry Rsearch (CIFOR), 2006
305.3 WIL g
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Yogyakarta: Lembaga Kajian Islam dan Studi (LKiS), 2006
305.489 PER
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Novie Yektiningsih
"ABSTRAK
Peran jender merupakan peran yang dilaksanakan oleh Iakl-lakl dan
perempuan karena jenis kelamin mereka berbeda, peran ini tidak sama sesuai
mlai dan norma sosial-budaya yang mengkonstrukslkannya.
Kebutuhan praktls jender adalah kebutuhan yang muncul dalam keseharfan,
sedangkan kebutuhan strategis jender merupakan upaya jangka panjang dan
berkaltan dengan upa ya memperbaiki posisi sosial perempuan.
Saat pendapafzn keluarga tidak dapat memenuhi kebutuhan dasar,
maka perempuan akan bekerja untuk menambah keuangan keiuarga.
Perempuan berpendidikan tinggi akan bekerja di sektor fomral, sedangkan
perempuan yang berpendidikan relalif rendah akan terserap di selctor
informal. Penelitian ini akan melihat upaya peningkatan tzaraf hidup
pembatik tulis melalui peran jender yang berlaku dalam komunitas tensebut,
dengan menggunakan metode Diskusi Kelompok Terarah (Focused Group
Discussion, FGD) dan Pnoses Hirarki Analitik (Analyticai Hierarchy Process,
AHP).
FGD
Dari Hasil FGD, diketahui bahwa mayontas pembatik berpendidikan
rendah dan memiliki suami yang bekerja sebagai tukang/ buluh. Jika
sedang bekerja, pendapatan suami adalah Rp. 20.000,- perharinya. Tapi
seringkali suami terpaksa tinggai dlmmah selama berbulan-bulan karena
tidak mendapat pekerjaan. Jika suami tidak bekerja, maka pendapatan
kaum pembatik yang menjadi bantalan ekonomi keluarga. Padahal
produktivitas mereka terbatzs 3 lembar kain (tapih) perbulan dan harga jual
Rp. 70.000 - Rp 120.000, dengan demikian keuntungan bersih yang dicapai
tidak iebih dari 150.000,-
Beberapa pembatik mulai melakukan spesialisasi dengan
menyerahkan tahap-tahap bertentu dalam pengolahan kain batik untuk
dikerjakan oleh rekan sesama pembatik. Hasilnya cukup menggembimkan,
produktivitas meningkat hingga 60%, yaitu S lembar tapih perbulan. Meski
demikian penambahan produktivims ini belum dibarengi dengan
peningkatan permintaan. Akibatnya pembatik kurang termotivasi untuk
menekuni pekerjaannya.
Kecilnya skala usaha membuat pembatik tidak memisahkan
manajemen keuangan usaha dengan keuangan keluarga. Akibatnya saat
keluarga menghadapi kebutuhan mendesak, produksi terhenti karena dana
yang tersedia dialokasikan untuk mencukupi kebutuhan tersebut. Jika
kekurangan modal, pembatik akan meminjam dan rekan sesama pembatik
ataupun sanak famili. Pilihan int dirasakan Iebih praktis, tanpa mengikut
sertakan lembaga keuangan yang dianggapnya memniki prosedur berbellt.
Sebagai mata pencahanan, IKRT Batik Tegalan masih dipandang
sebelah mat:a. Penyebabnya antara Iain tidak jelasnya a1okasi waktu dan
produktivitas yang menurun saat pembatik memiliki anak balita. Meski
pembatik tidak merasakan adanya beban ganda akibat beragam peran yang hams dllakukan, sikap ini dlsebabkan sistem sosial yang beriaku
menempatkan perempuan sebagai penanggung jawab urusan rumah
tangga. Sama halnya dengan pekerjaan rumah tangga lain, batik dianggap
sebagai umsan perempuan.
Hubungan antar pembatik juga kurang harmonis. Hal ini terutama
disebabkan keberadaan kelompok dalam komunitas batik yang tidak banyak
berfungsi. Padahal jlka dimanfaalkan secara malcimal, kelompok dapat
menjadi jembatan informasi antar pembatik, antara pembatik dengan
pemennlah (berkaitan dengan berbagai program/ kebijakannya) dan antara
pembatik dengan konsumen. Menilik sisi psikologis perempuan yang nelatif
Iebih mudah bersosialisasi, maka manajemen kelompok yang balk akan
membuat pembatik dapat sallng memotlvasi.
AHP
Tahap selanjutnya, hasil FGD yang diperbandingkan dengan berbagai
penelitlan serupa kemudian menjadi input bagi hirarki backward pmcess
dalam tahap AHP. Hirarki backward proces dari peningkatan taraf hidup
perempuan pembatik terdiri alas lima level. Level Pertama mempakan
tujuan utama (GOAL) yang lngln dlcapal, adalah Penlngkatan Taraf Hidup
Perempuan Pembatik Tulis Tegalan melalul Pelan Jender. Level 2 adalah
Skenasio, ada 3 (tiga) altematif skenarlo (berupa pendekatan-pendekatan
atas peran jender para pembatik) yang yang dapat dilakukan untuk
mencapai GOAL, yaitu: (1) Meningkatkan kesejahteraan keluarga, (2)
Melestarikarl budaya Iokal, (3) Pemberdayaan perempuan. Level 3 adalah
Kendala, ada 4 (empat) kendala besar dalam melaksanakan skenario
untuk mencapai tujuan, yaitu: (1) Keterbatasan modal, (2) 'l'ldak adanya
informasi pasar yang lebih Iuas, (3) Beban ganda penempuan, (4)
Manajemen kelcmpok yang tidak berfungsi. Level 4 adalah Pelaku, secara
garis besar ada 4 pelaku yang terlibat dalam proses ini, yaitu: (1)
Pemerintah Kota Tegal, (2) Lembaga Keuangan atau perbankan, (3)
Pembatjk, (4) Masyarakat. Level 5 adalah Kebijakan, ada 5 alternatif
kebijakan yang dapat dilakukan, yaitu: (1) Pelatihan Teknls, (2) Membuka
akses ke pasar yang lebih Iuas, (3) Kemudahan plnjaman modal, (4)
Pelatihan manajernen usaha berbasis pola usaha perempuan, (5) Kemitraan
dengan designer.
Kuesioner' AHP dibagikan kepada 13 orang expert yang dipercaya
mengetahui permasalahan yang berkaltan dengan upaya peningkatan taraf
hidup pembatik Kota Tegal. Dalam penghitungan persepsi skala Iokal, total
expert dibagi menjadi empat unsur. Keempatnya memberikan jawaban balk
dengan tlngkat lnkonsistensi dibawah 0,1, yaltu unsur Pemerintah (0,02),
unsur Pembatik (0.02), unsur Lembaga Keuangan/ Perbankan (0.03) dan
unsur Masyarakat (0.05).
Dalam skala priorltas Iokal, rnasing-masing unsur memberikan
persepsi yang bervariasi. Unsur Pemerintah memprionlaskan skenario:
peningkalan kesejahtelaan keluarga (0.561), kendalaz keterbatasan modal
(0.486), pelaku: Pemkot Tegal (0.463) dan kebijakan: kemudahan
pinjaman modal (O.2S6). Unsur Pembatik memprlonlaskan skenario:
peningkamn kesejahteraan keluarga (0.561), kendala: liclak adanya
informasl pasar yang lebih Iuas (0362), pelaku: Pemkot Tegal (O.522) dan
kebijakan: pelalihan manajemen dan pola usaha perempuan (0.242). Unsur Lembaga Keuangan/ Perbanksan memprioritaslcan skenarlo: pemberdayaan
perempuan (0.653), kendala: tidak adanya informasi pasar yang Iebih luas
(0.353), pelaku: Pemkot Tegal (0.350) dan kebijakan: pelaljhan teknis
(0.281). Unsur Masyarakat memprioriliaskan skenario: peningkalian
kaejahteraan keluarga (O.593), kendala: keterbatasan modal (0.499),
pelaku: Pemkot Tegal (0.461) dan kebljakan: kemudahan plnjaman modal
(0.333).
Sedangkan dalam priodtas global dimana pemenntah sebagai
pengambil kebijakan memiliki bobot 20%, maka persepsi yang dihasilkan
memprioritaskan skenario: peningkatan kesejahteraan keluarga (0.S23),
kendala: keterbatasan modal (0.458), pelakuz Pemkot Tegal (0,474) dan
kebijakan: kemudahan plnjaman modal (0253). Persepsi global ini memlliki
tingkat inkonslstensi 0.03.
Kesirnpulan Penelitian
Secara umum, keberadaan komunltas pembaljk bukan hanya untuk
melestarikan tradisi lokal, namun yang Iebih penting Iagi, membatik
merupakan altematif pekerjaan bagi para perempuan yang tidak memillki
kesempalan untuk bekerja di sektor formal. Stagnasl usaha batik Tegalan
sesungguhnya tirnbul kanena kebljakan yang dlbuat tidak tepat sasaran.
Bebefapa kesimpulan yang clapat: diambil setelah melakukan
penelitjan adalah:
1. Pemerintah masih mempunyai porsi terbesar sebagai pihak yang
bertanggung jawab dan dapat meningkatkan taraf hidup pembatik
Tegalan. Meski Lembaga Keuangan/ Bank juga dapat berperan
dalam pengembangan IKRT Batik, namun patut dlpertlmbangkan
kondisi psikologis pembatik yang tidak terblasa berhubungan
dengan Perbankan.
2. Ketidak sesuaian persepsi antara Pemerintah dan Masyarakat
menjadikan kebijakan yang diberikan tidak menyentuh akar
permasalahan. Pemerintah (clan institusi lain pendukungnya)
menganggap kendala terbesar adalah permodalan, maka
kebijakan yang muncul Iebih diprioritaskan pada pernberian modal
Pembatik justru menganggap kendala yang Iebih penting adalah
kurangnya lnformasi pasar, sehingga selain pelatihan manajemen
yang berbasis pola usaha perernpuan, kebijakan Iain yang
diharapkan adalah membuka pasar yang Iebih luas. Akibat ketidak
sesuaian ini, maka suntikan modal dari Pemerintah tidak
menambah output produksi. Penyebabnya, pembatik tidak
mengetahui pasar Iain untuk menyalurkan kelebihan produksinya.
Pemasaran terhenti, perputaran modalpun terhambat.
3. Prloritas kebijakan yang diambil oleh Pemerintah Iebih difokuskan
pada sisi penawaran (supply side) akibatnya pembatik menjadi
obyek kebijakan karena skillnya dianggap kurang dan menjadi
penyebab tidak munculnya market clearing di pasar batik.
4. Sebaglan besar para pengrajin masih menganggap kegiatannya
hanya sebagai pengisi waktu luang, sehingga motlvasi untuk
mengembangkan usahanya sangat terbatas.
5. Apablla kebljakan yang ditempuh adalah bantuan/ kemudahan
permodalan, dalam-hal ini tentu saja pernberi kredit harus yakin bahwa membatik merupakan kegiatan yang bernilai ekonomis.
Aspek jender dalam pemenuhan kebutuhan ini adalah dengan
memperhatikan kesulitan yang ?khas" perempuan seperti
kepemilikan kolateral dan pola usaha yang khas} sehingga kredit
yang diberlkan dapat sesuai dengan kondisi pengusaha IKRT Inl.
y 6. Upaya peningkatan taraf hidup perempuan pembatik seharusnya
benar-benar merupakan kebijakan yang bersifat partisipatif. Untuk
itu karakter pembatik yang tidak dapat dilepaskan dari kultur Iokal
harus difahami oleh para pembuat kebijakan.
Saran dan Rekomendasi Kebijakan
1. Upaya melibatkan Lembaga Keuangan/ Bank sebaiknya difasilitasi
oleh Pemerlntah Kota Tegal, karena walau bagai mana pun
Perbankan tetap memillki orientasi keuntungan dalam menjalankan
usahanya. Dengan jaminan ataupun pengakuan pemerintah pada
Perbankan terhadap industri kerajinan batik, maka BUMD ini akan
dapat memberikan kredit Iunak yang sesual dengan karakteristik
sosial-budaya mereka.
2. Langkah awal menuju profesionalitas dapat dimulai dengan
pembukuan keuangan usaha yang terpisah dari keuangan keluarga.
Laporan ini dapat menjadi pertimbangan saat melakukan
perrnohonan kredit usaha kecil ke Perbankan. Sedangkan secara
umum beban ganda dapat dlatasi dengan kerja bersama dalam
kelompok.
3. Sisi penawaran yang selama ini menjadi fokus pengembangan IKRT
Batik sebaiknya juga diimbangi oleh sisi permintaannya (demand
side). Kerjasarna dengan designer dapat memecahkan masalah ini,
karena pembatik tidak hanya dapat mempelajari trend, tapi juga
mendapatkan pangsa pasar dan sarana promos! produk.
4. Bantuan modal, pelatihan teknls serta pelatihan manajemen yang
selama ini diadakan oleh Disperinclag Kota Tegal akan lebih baik
lagi jika mempertimbangkan pola usaha bersama/ kelompok,
dengan pertimbangan nllai budaya dan tradisi yang berlaku dalam
komunitas tersebut.
5. Membangun pengertian masyarakat di setiap kesempatan bahwa
batik rnemiliki misi budaya, sehingga tidak hanya menjadi
tanggung ja :ab perempuan saja.
6. Pendekatan pemberdayaan perempuan akan sangat bermanfaat
bagi pengembangan IKRT Batik karena masalah yang dihadapi
sangat spesifik dan kompleks. Langkah strategis yang perlu
dilakukan adalah melibatkan kaum perempuan dalam setiap proses
pengammtan kebijakan di Ilngkungan mereka, misalnya melalui
Musrenbangkel, bukan hanya sebagal wakll dari organisasi khas
perempuan seperti PKK, tapi sebagai pengusaha kecil yang
berpotensi.
7. Para pengambil kebijakan sebaiknya mengembangkan wawasan
dan pengetahuan mengenai pemberdayaan perempuan, khususnya
IKRT yang dijalankan oleh pengusaha perempuan. Pengembangan
wawasan bukan hanya bagi dinas atau kantor tertentu saja.

"
2006
T34542
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>