Ditemukan 202099 dokumen yang sesuai dengan query
Syarif Hidayahtullah
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pengendalian intern pada kegiatan pemeriksaan fisik barang impor di Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai (KPU BC) Tipe A Tanjung Priok berdasarkan komponen pengendalian intern COSO 2015 dan peran tiap lini dalam kerangka pengendalian intern berdasarkan Three Lines Model IIA 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi lapangan dan wawancara. Data primer diperolah dari observasi lapangan dan wawancara dengan pegawai Bea Cukai dan Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan, sedangkan data sekunder bersumber dari laporan, arsip, dokumen bukti penerapan SPI. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar komponen pengendalian intern COSO 2015 telah diterapkan dalam kegiatan pemeriksaan fisik barang impor di KPU BC Tanjung Priok. Namun, terdapat beberapa komponen yang belum sepenuhnya dilaksanakan, seperti komitmen terhadap kompetensi dan penegakan akuntabilitas. Pada lini pertama dalam Three Lines Model, tugas dan tanggung jawab telah dipenuhi dengan baik. Namun, terdapat beberapa keterbatasan pada lini kedua dan ketiga terkait analisis risiko dan pengawasan yang belum dilakukan secara menyeluruh.
This study aims to analyze the application of internal control in the physical inspection of imported goods at KPU BC Tanjung Priok based on the 2015 COSO internal control components and the role of each line in the internal control framework based on the Three Lines Model IIA 2020. The research method used is descriptive qualitative with data collection through field observations and interviews. Primary data is obtained from field observations and interviews with Customs and Inspectorate General employees of the Ministry of Finance, while secondary data comes from reports, archives, documents of evidence of SPI implementation. The analysis results show that most of the COSO 2015 internal control components have been implemented in the physical inspection of imported goods at KPU BC Tanjung Priok. However, there are several components that have not been fully implemented, such as commitment to competence and enforcement of accountability. In the first line in the Three Lines Model, duties and responsibilities have been fulfilled properly. However, there are some limitations in the second and third lines related to risk analysis and supervision that have not been carried out thoroughly."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Iqbal Rasyid
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi proses pelaksanaan audit yang dilakukan oleh auditor KAP FA atas akun piutang tin milik entitas unit PT HIJAU Tbk. Proses pelaksanaan audit atas akun piutang ini meliputi prosedur reviu analitis, penghitungan gkat materialitas dan pengumpulan bukti audit rasio turnover berupa konfirmasi piutang, pemilihan sampel dan pihak ketiga . Proses pelaksanaan audit oleh KAP FA ini telah sesuai dengan kerangka teori dalam pengauditan serta standar audit yang berlaku dalam ISA.
This internship report aims to evaluate the audit proc ess performed by the auditor of KAP FA on the account receivables of PT HIJAU Tbk.’s unit entities. The audit procedure performed includes the analytical review, calculation of mate riality and account receivable’s turnover ratio, sampling procedure, and audit evidence collection of third party’s confirmation. The audit process performed by KAP FA was carried out in accordance with relevant theoretical frameworks and audit standards a s mentioned in the ISA."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Irene Threcelia Batara
"Laporan ini bertujuan untuk mengevaluasi prosedur pengumpulan bukti audit melalui konfirmasi pihak eksternal yang dilakukan KAP KJI pada PT DKS dengan pembanding ISA 505, untuk periode yang berakhir pada 31 Desember 2019. Prosedur ini dilakukan terhadap akun kas dan setara kas, dengan cakupan mengenai aset dan surat-surat berharga yang ada di bank. Pembahasan akan dilakukan mengenai tiga tahap konfirmasi pihak eksternal oleh KAP KJI terhadap PT DKS, yaitu: menyiapkan dan mengirim surat konfirmasi bank, mengevaluasi keandalan dari respon konfirmasi yang diterima dan melakukan tindak lanjut dalam bentuk konfirmasi ulang via telepon. Berdasarkan prosedur pengumpulan bukti audit melalui konfirmasi pihak eksternal yang dilakukan terhadap akun kas dan setara kas dengan cakupan aset dan surat-surat berharga di bank oleh KAP KJI pada PT DKS, dapat disimpulkan bahwa bukti audit yang didapatkan oleh KAP KJI terhadap akun kas dan setara kas dengan cakupan aset dan surat-surat berharga di bank adalah cukup dan tepat. Selain itu, dilakukan juga evaluasi selama menjalani kegiatan magang di KAP KJI sebagai bentuk refleksi diri dengan tujuan untuk meningkatkan dan memperbaiki aspek-aspek yang dirasa kurang selama magang. Evaluasi ini dilakukan terhadap hal teknis dan non-teknis yang terjadi dengan baik maupun yang kurang baik. Hasil dari refleksi diri ini menjadi landasan untuk rencana masa depan dan tindak lanjut dikemudian hari.
This report aims to evaluate the procedure of collecting audit evidence through external confirmation conducted by KAP KJI at PT DKS with comparison to ISA 505, for the period ended December 31, 2019. This procedure is carried out on cash and cash equivalent accounts, with scope of the bank's assets and securities. Analysis will be conducted on three stages of external confirmation by KAP KJI to PT DKS, namely: preparing and sending bank confirmation letter, evaluating the reliability of the received confirmation letter response, and follow-up in the form of re-confirmation by phone. Based on the procedure of collecting audit evidence through external confirmation conducted on cash accounts and cash equivalents with the scope of assets and securities in the bank by KAP KJI at PT DKS, it can be concluded that the audit evidence obtained by KAP KJI against cash accounts and cash equivalents with the scope of assets and securities in the bank is sufficient appropriate. In addition, an evaluation is also carried out during the internship at KAP KJI as a form of self-reflection with the aim of improving and refining aspects of an intern. This evaluation is completed on both technical and non-technical matters that have happened either good or not good. The results of this self-reflection provide the basis for future planning and any follow-up actions."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Basrifan Arief Bakti
"Untuk mencapai pemerintahan yang baik dan bersih diperlukan tata kelola yang baik. Salah satu instrumen pendukungnya adalah whistleblowing system. Namun demikian, masih banyak terdapat kasus fraud di sektor publik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi sekaligus efektivitas whistleblowing system atau sistem penanganan pengaduan yang ada di Lembaga XYZ yang merupakan salah satu Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP). Karya akhir ini menggunakan metode kualitatif dan deskriptif analitis. Adapun instrumen yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa meskipun implementasi dan efektivitas whistleblowing system di Lembaga XYZ telah memadai, namun masih terdapat beberapa kelemahan. Kelemahan tersebut diantaranya adalah masih adanya pegawai yang tidak mau memanfaatkan whistleblowing system dan pemberian penghargaan kepada pelapor. Penelitian ini juga memberikan saran-saran untuk memperbaiki implementasi dan meningkatkan efektivitas whistleblowing system di Lembaga XYZ di masa depan berupa revisi terhadap aturan perilaku pegawai, menyusun mekanisme penghargaan bagi whistleblower dan menyusun skema pendidikan dan pelatihan terkait WBS.
In order to achieve a good and clean government, it is necessary to have a good governance. One of the pillars of good governance is whistleblowing system. However, there are still many fraud in the public sector. This study aims to analyze the implementation and effectiveness of whistleblowing system at Institution XYZ which is one of the government internal audit institution. This study uses qualitative and descriptive analytical method. The instruments used is interview and questionnaires. This study shows that although whistleblowing system at Institution XYZ is adequate and effective, there are still weaknesses. The weaknesses are the employee’s refusal to use whistleblowing system and how to rewarding the whistleblower. This study also proposes some suggestons to improve the implementation and effectiveness of WBS at Institution XYZ in the future in the form of revisions to the rules of employee behavior, arranging reward mechanisms for whistleblowers and compiling education and training schemes related to WBS."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Syarifuddin Anzari Santoso
"Penelitian ini menginvestigasi pengaruh rangkap jabatan dan hubungan politik terhadap kualitas laba dengan proksi manajemen laba berbasis akrual di Indonesia. Dengan menggunakan data panel yang terdiri atas 88 perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2009 sampai 2014 and diregresikan menggunakan metode estimator kuadrat terkecil (PLS).
Hasil penelitian menunjukkan hubungan positif antara rangkap jabatan terhadap manajemen laba. Namun demikian, hubungan politik tidak mempengaruhi secara signifikan tingkat manajemen laba. Hasil ini konsisten apabila menggunakan akrual diskresioner dengan model Kasznik (1999) dan Dechow et al. (1995).
This research is investigating the influence of multiple directorships and political connections on the quality of earnings, with the proxy of accrual-based earnings management in Indonesia. Using panel data comprising of 88 listed manufacturing companies in the Indonesia Stock Exchange from 2009 to 2014 and is run with Pooled Least Square linear regression estimation method. The results show positive relationship between multiple directorships and earnings management. However, political connection is found to not significantly influence the levels of earnings management. These results are consistent when the measurement of discretionary accruals is using Kasznik (1999) and Dechow, Sloan, and Sweeney (1995) model."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S63682
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Iradhati Salsabila
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kondisi sistem pengendalian internal Rumah Sakit X pada siklus penggajian dengan menggunakan prinsip-prinsip pengendalian COSO dan mengidentifikasi penerapan COSO Enterprise Risk Management pada siklus penggajian Rumah Sakit X. Penelitian ini menggunakan data primer. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode penelitian ini menggunakan Kuesioner Pengendalian Internal, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, kuesioner yang digunakan bersifat spesifik berupa kuesioner pengendalian internal. Instrumen yang digunakan dalam kuesioner pengendalian internal ini dikembangkan berdasarkan komponen pengendalian internal COSO yang terdiri dari tujuh belas prinsip yang ada dan instrumen yang digunakan dalam penilaian manajemen risiko menggunakan lima komponen COSO ERM yang terdiri dari dua puluh tiga prinsip. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus penggajian sendiri pengendalian internal belum berjalan dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan belum adanya secara spesifik kebijakan yang dibuat sebagai acuan untuk pelaksanaan pengendalian internal siklus penggajian khususnya kepada dua bagian yang membawahi langsung proses penggajian, yaitu bagian SDM dan bagian keuangan. Terlihat dari hasil penilaian menggunakan COSO internal control yang mayoritas prinsipnya belum diimplementasikan pada siklus penggajian rumah sakit X. Untuk implementasi manajemen risiko pada Rumah Sakit X, sama seperti pengendalian internalnya, untuk siklus penggajian manajemen risiko belum dilakukan. Belum ada identifikasi risiko secara khusus untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan bayar pada penggajian karyawan atau tenaga kesehatan. Hasil ini dilakukan dari penilaian dokumen manajemen risiko yang dimiliki oleh Rumah Sakit X.
The purpose of this study was to analyze the condition of Hospital X's internal control system in the payroll cycle using COSO control principles and identify the application of COSO Enterprise Risk Management in the Hospital X payroll cycle. This research uses primary data. The research approach used in this research is a qualitative approach. This research method uses Internal Control Questionnaires, interviews and documentation. In this study, the questionnaire used is specific in the form of an internal control questionnaire. The instruments used in this internal control questionnaire were developed based on the COSO internal control components consisting of seventeen existing principles and the instruments used in the risk management assessment using five COSO ERM components consisting of twenty-three principles. The results of this study indicate that in the payroll cycle itself internal control has not gone well. This is indicated by the absence of specific policies made as a reference for the implementation of internal control of the payroll cycle, especially for the two sections that directly oversee the payroll process, namely the HR department and the finance department. It can be seen from the results of the assessment using COSO internal control that most principles have not been implemented in the X hospital payroll cycle. For the implementation of risk management at Hospital X, just like internal control, risk management has not been carried out for the payroll cycle. There has been no specific identification of risks to reduce the possibility of payment errors on employees or health worker payroll. This result is carried out from the assessment of risk management documents owned by Hospital X."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Ibratul Ardi
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh adopsi International Financial Reporting Standard (IFRS) terhadap audit reporting lag di perusahaan manufaktur di Indonesia tahun 2008-2012. Pengujian dalam penelitian ini mengunakan model data panel yang diregresikan dengan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh negatif antara adopsi IFRS terhadap audit reporting lag pada perusahaan manufaktur di Indonesia.
This study aimed to examine the effect of the adoption of International Financial Reporting Standards (IFRS) on manufacturing companies in Indonesia in 2008-2012. This research uses a panel data model that has regressed by multiple linear regression. The results showed that there is negative relation between IFRS adoption on audit reporting lag in manufacturing companies in Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S53967
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Astrid Putri Herrera
"
ABSTRAKTugas Karya Akhir ini membahas tentang penerapan peran auditor dalam menjalankan tugas audit di Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang tidak sesuai dengan Keputusan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Nomor: KEP-971/K/SU/2005 Tentang Pedoman Penyusunan Formasi Jabatan Fungsional Auditor di Lingkungan Aparat Pengawasan Internal Pemerintah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan meninjau hal apa saja yang menjadi penyebab dari adanya penerapan peran yang tidak sesuai dengan jenjang jabatannya. Teori yang digunakan untuk menjelaskan penelitian ini antara lain audit, audit internal dan auditor internal. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui studi literatur/dokumen dan wawancara mendalam.
Hasil penelitian ini adalah penerapan peran yang tidak sesuai dengan Keputusan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Nomor: KEP-971/K/SU/2005 Tentang Pedoman Penyusunan Formasi Jabatan Fungsional Auditor di Lingkungan Aparat Pengawasan Internal Pemerintah disebabkan oleh adanya penumpukan di jenjang auditor ahli madya.
ABSTRACTThe analysis of the Application Role of Auditors in the Internal Audit in the Ministry of Education and Culture. This research describes the application of the role of auditors in carrying out audit in the Inspectorate General of the Ministry of Education and Culture which are not prescribed by the regulations of the Decree of the Head of the Financial and Development Supervisory No. KEP-971 / K / SU / 2005 on Guidelines for Preparation of Formation Functional Auditor in the Internal Government Supervisory Apparatus environment.This study aims to identify and review the cause of the problems of the application role that is not in accordance with the level of their position. The theory that used to explain this study are audit, internal audit and internal auditors. The approach in this study is a qualitative approach with the methods of collecting data through the study of literature/documents and in-depth interviews.The results of this research is the application of a role that is not prescribed with the Decree of the Head of the Financial and Development Supervisory No. KEP-971 / K / SU / 2005 on Guidelines for Preparation of Formation of Functional Auditor in Environmental Government Internal Supervisory Apparatus caused by a cumulation in the expert madya auditors levels."
2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Natasiel Lianto
"
ABSTRAKLaporan magang ini membahas penggunaan hasil kerja dari pihak internal audit PT INT oleh auditor eksternal KAP QXD, termasuk berbagai prosedur dan pertimbangan yang ada di dalamnya. Analisis dilakukan dengan pertama membandingkan prosedur audit yang dilaksanakan KAP QXD dengan International Standard on Auditing ISA yang relevan yaitu ISA 610 terkait penggunaan informasi dari Internal Audit , ISA 500 tentang bukti audit, dan ISA 320 tentang materialitas. Hasil dari pembahasan menunjukkan bahwa prosedur audit yang dilaksanakan KAP QXD sudah sesuai dengan ISA yang bersangkutan.
ABSTRACTThis internship report examines the use of the work of PT INT rsquo;s Internal Audit by KAP QXD rsquo;s External Auditor, including the procedures and considerations in regards to the topic. The analysis is done by comparing audit procedures of KAP QXD to relevant International Standard on Auditing ISA which are ISA 610 about the use of the work of internal audit, ISA 500 about audit evidence, and ISA 320 about materiality. The analysis of audit procedures conclude that audit procedures held by KAP QXD have been in accordance and have complied with relevant ISA."
2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Hanrozan Haznam
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1984
S17056
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library