Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 170752 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Darvin
"Dalam pengembangan suatu aplikasi, sangat penting untuk memperhatikan beberapa metrik utama yang menunjang keberlangsungan aplikasi tersebut. Metrik yang dimaksud dalam pembahasan ini adalah Performance, Scalability, Availability, dan Maintenance. Pada umumnya pembuatan sebuah aplikasi dimulai dengan arsitektur monolitik untuk menghindari kompleksitas dan mempercepat proses pengembangan dengan jumlah developer yang terbatas. Seiring dengan dilakukannya continuous development akan menyebabkan codebase dari aplikasi tersebut membesar dan akan sangat sulit untuk melakukan perawatan maupun penambahan sebuah fitur baru. Hal tersebut dikarenakan setiap perubahan yang dilakukan dapat mempengaruhi keseluruhan aplikasi karena pada dasarnya setiap servis ditempatkan dalam sebuah instance yang sama. Dengan melakukan migrasi dari arsitektur monolitik menuju microservice terdapat beberapa keuntungan yang diperoleh seperti pengembangan secara paralel, melakukan scaling hanya pada layanan tertentu, memungkinkan penerapan pipeline, dan meningkatkan fleksibilitas aplikasi . Keuntungan tersebut dapat diperoleh dikarenakan setiap servis akan terpisah antara satu dengan yang lainnya. Namun, pelaksanaan migrasi tentunya bukan hal yang mudah untuk dilakukan karena diperlukan perancangan terlebih dahulu yang didasarkan pada kebutuhan masing-masing aplikasi. Dari penerapan migrasi yang dilakukan pada aplikasi Automation Messaging System, diperoleh bahwa terdapat peningkatan performa sebesar 68.10% dalam response time dan 36.02% lebih ringan dalam CPU Utilization. Perbandingan pada metrik lainnya juga mampu memberikan keunggulan dibandingkan arsitektur monolitik, seperti kemampuan scaling yang lebih efektif, kemudahan dalam melakukan perawatan, dan penurunan biaya bulanan infrastruktur sebesar 16.26%.

There are several important metrics needs to be considered when developing an application such as Performance, Scalability, Availability, and Maintenance aspects. In general, an application started developed using monolithic architecture to simplify and shorten the development process with limited amount of engineers. However, as we implemented the continuous development process, the source code of the application will expand as the time goes on and it will be very hard to maintain or add a new feature into it. This can happen because every code changes in monolithic application will affect the entire application as all the service registered inside are placed inside the same instance. Hence, the migration from Monolithic to Microservices is important because it provides numerous benefits, such as the separation of each service from one another, which enables parallel development possibilities. The other advantage are allowing pipeline implementation, increase technology stack flexibility, and improve scalability. These advantages can be obtained because each service is loosely-coupled or separated from one another. However, the implementation of the migration itself is not an easy task as it requires prior planning based on the specific needs of each application. Through the performed migration on the Automation Messaging System application, it was found that there was a 68.10% improvement in response time and a 36.02% less usage in CPU utilization. Furthermore, the comparison with other metrics also showed the superiority of the microservices architecture over the monolithic architecture, such as more effective scaling capabilities, ease of maintenance, and a monthly infrastructure cost reduction of 16.26%."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Harahap, Nabila Clydea
"Personal health record (PHR) membentuk tren dari informasi yang dikendalikan oleh sistem kesehatan ke individu. Di negara-negara maju, PHR sudah digunakan secara luas, tetapi sistem ini belum diadopsi luas di negara-negara berkembang. Penelitian ini dilakukan di Indonesia karena mencerminkan karakteristik negara berkembang dengan jumlah penduduk terbesar di kawasan Asia Tenggara. Meningkatnya jumlah penyakit kronis dan adanya pandemi COVID-19 mendorong inovasi teknologi informasi yang mendukung perawatan dan pencegahan penyakit. Penelitian ini bertujuan membahas faktor-faktor penghambat dan pendorong adopsi sistem PHR di Indonesia serta merancang arsitektur sistem PHR terintegrasi dan prototipe aplikasi mobile PHR (mPHR) dengan pendekatan design science research. Faktor-faktor penghambat dan pendorong adopsi sistem PHR di Indonesia diperoleh melalui pengambilan data kualitatif dengan wawancara kepada Kementerian kesehatan (2 responden), BPJS kesehatan (1 responden), pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) (6 responden), klinik (4 responden), rumah sakit umum atau pemerintah (13 responden), dan rumah sakit swasta (8 responden) dengan teknik analisis data menggunakan thematic analysis. Hasil analisis menghasilkan penghambat dan pendorong adopsi sistem PHR yang terdiri dari faktor teknologi, organisasi, lingkungan, dan individu. Kemudian, untuk mengetahui kebutuhan sistem PHR terintegrasi, pengumpulan data kualitatif dengan wawancara dilakukan kepada Kementerian kesehatan (2 responden), BPJS kesehatan (1 responden), puskesmas (6 responden), klinik (4 responden), rumah sakit umum atau pemerintah (13 responden), rumah sakit swasta (8 responden), dan vendor aplikasi kesehatan (3 responden) serta secara kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas. Pada tahapan ini, data kualitatif dianalisis dengan content analysis, sedangkan data kuantatif dianalisis dengan descriptive statistics. Arsitektur sistem PHR terintegrasi yang dirancang mengacu pada The Open Group Architecture Framework (TOGAF) 9.2 yang terdiri dari visi arsitektur, arsitektur bisnis, arsitektur aplikasi, arsitektur data, dan arsitektur teknologi. Selanjutnya, hasil rancangan arsitektur menjadi masukan untuk merancang prototipe high fidelity aplikasi mPHR. Fungsionalitas yang dikembangkan pada rancangan prototipe mPHR yaitu fungsi prioritas yang didefinisikan pada rancangan arsitektur. Evaluasi arsitektur dan prototipe dilakukan dengan wawancara kepada 6 responden IT atau e-health expert yang berasal dari Kementerian kesehatan, akademisi, fasilitas kesehatan, dan vendor aplikasi kesehatan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi teoritis mengenai kajian adopsi PHR di negara berkembang dan menjadi panduan kepada fasilitas kesehatan, regulator kesehatan, dan vendor aplikasi kesehatan untuk mewujudkan PHR yang terintegrasi di Indonesia.

Personal health records (PHR) transform the trend from information controlled by the health system to information controlled by individuals. In developed countries, PHR has been widely used, but this system has not been widely adopted in developing countries. This research was conducted in Indonesia which reflects the characteristics of a developing country with the largest population in Southeast Asia. The increasing number of chronic diseases and the COVID-19 pandemic encourage information technology innovation that supports disease treatment and prevention. This study aims to discuss the barriers and facilitators for the adoption of the PHR system in Indonesia and to design an integrated PHR system architecture and a prototype of the PHR mobile application (mPHR) with a design science research approach. The barriers and facilitators of PHR system adoption in Indonesia were explored through qualitative data collection by interviewing the Ministry of Health (2 respondents), BPJS Health (1 respondent), community health centers (puskesmas) (6 respondents), clinics (4 respondents), public or government hospitals (13 respondents), and private hospitals (8 respondents) with data analysis techniques using thematic analysis. The results of the analysis result in barriers and facilitators for the adoption of the PHR system consisting of technological, organizational, environmental, and individual factors. Then, to find requirements for an integrated PHR system, qualitative data collection with interviews was conducted with the Ministry of Health (2 respondents), BPJS Health (1 respondent), puskesmas (6 respondents), clinics (4 respondents), public or government hospitals (13 respondents), private hospitals (8 respondents), and health application vendors (3 respondents) as well as quantitatively by distributing questionnaires to Indonesian citizens aged 17 years and over. At this stage, qualitative data were analyzed by content analysis, while quantitative data were analyzed by descriptive statistics. The design of integrated PHR system architecture refers to The Open Group Architecture Framework (TOGAF) 9.2 which consists of architectural vision, business architecture, application architecture, data architecture, and technology architecture. Furthermore, the results of the architectural design become input for designing a high-fidelity prototype of mPHR. The functionalities developed in the mPHR prototype are priority functions defined in the architectural design. The evaluation of the architecture and prototype was carried out by interviewing 6 IT respondents or e-health experts from the Ministry of Health, academicians, health facilities, and health application vendors. This research is expected to provide a theoretical contribution to the study of PHR adoption in developing countries and to be a guide for health facilities, health regulators, and health application vendors to realize an integrated PHR in Indonesia."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ainin
"Rekam medis rawat inap yang berkualitas akan menghasilkan informasi yang sangat bermanfaat dalam pelayanan dan pengambilan keputusan di RSUD Ciawi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh besarnya kompetensi dan komitmen dokter, petugas pendaftraran dan koder terhadap kualitas rekem medis di RSUD Ciawi tahun 2022. Desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif , cross sectional dengan analisa regresi logistik multinomial. Diperoleh hasil kompetensi dan komitmen dokter mempengaruhi secara signifikan (p<0,05) terhadap kualitas rekam medis rawat inap. Kecenderungan dokter dengan kompetensi kurang akan menghasilkan rekam medis dengan kualitas kurang 6,7 kali lebih besar dibandingkan dokter dengan kompetensi baik. Begitu pula dokter dengan komitmen cukupmemiliki kecenderungan untuk menghasilkan rekam medis yang kurang berkualitas 4,2 kali lebih besar dibandingkan dokter dengan komitmen baik. Dokter dengan komitmen cukup memiliki kecenderungan untuk menghasilkan rekam medis yang cukup berkualitas 3,7 kali lebih besar dibandingkan dokter dengan komitmen baik.

Quality inpatient medical records will produce information that is very useful in service and decision making at Ciawi Hospital. This study aims to determine the effect of the competence and commitment of doctors, registration officers and coders on the quality of medical records in Ciawi Hospital in 2022. The research design used was a quantitative, cross-sectional study with multinomial logistic regression analysis. The results obtained that the competence and commitment of doctors significantly affect (p<0.05) on the quality of inpatient medical records. The tendency of doctors with less competence will produce medical records with less quality 6.7 times greater than doctors with good competence. Likewise, doctors with moderate commitment have a tendency to produce poor quality medical records 4.2 times greater than doctors with good commitment. Doctors with sufficient commitment have a tendency to produce quality medical records 3.7 times greater than doctors with good commitment."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sunan Ibrahim Rianto
"Sekarang ini komputer merupakan sebuah alat yang tidak asing lagi terhadap kita dalam berkehidupan, yang dimana dapat terlihat dari segi kita beraktivitas, seperti berkerja maupun berkomunikasi. Dapat dipastikan dalam kehidupan kita sehari-hari ada saja interaksi, antara kita dengan komputer. Bisa dikatakan kehadiran komputer mampu merubah acuan persepsi kita terhadap realita dan akan selalu mempengaruhi pola kehidpuan. Dalam pemrosesan perancangan Arsitektur pun tidak dapat dipisahkannya peran sebuah komputer, kerap digunakanya sebuah perangkat-lunak yang dijalankan oleh komputer untuk dapat membantu memberikan penggambaran pengalaman sebuah realita yang akan ataupun yang telah selesai dirancang oleh seorang arsitek. Revit arsitektur, Lumion3d dan LayAR ialah sebuah perangkat lunak yang mengikuti perkembangan teknologi komputer, walaupun kajian ketiga perangkat-lunak ini sama yaitu untuk hal yang informatif, namun ketiga perangkat-lunak ini menggunakan teknologi komputer yang berbeda. Skripsi ini akan membahas sampai sejauh mana kemampuan ketiga perangkat-lunak yang dijalankan oleh komputer tersebut mampu memberikan kita kepada sebuah sensasi dalam merasakan arsitektur.

Computer is a device that no longer odd in our daily life. It's shown in our activities such as communicating, working, socializing, and entertaining ourselves. It can assured that there are interactions between us and computer every day. Therefore, the presence of computer can change the matter of our perspective on reality and lifestyle. Computer has a big part in the process of architectural design. Some software in computer that has made for architect can be used to given an experienced drawings of reality that has been designed by an architect. Revit architecture, Lumion3d and LayAr are the software's that followed the ongoing technological developments, even though the contents of the software's are all the same, for informative purpose. However, this three software are using a different technology. This thesis will discuss how far the software's abilities can get us through to a sensation of the architectural world.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S55010
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Faarih Ihsan
"Fokus utama penelitian ini adalah merancang dan mengembangkan prototipe sistem registrasi IRS berbasis
event-driven architecture serta mengevaluasi sistem tersebut dengan eksperimen chaos engineering.
Implementasi sistem menggunakan Spring Boot framework, Apache Kafka sebagai event broker, dan Amazon
Web Service (AWS) untuk infrastruktur. Pengujian dilakukan dengan melakukan API testing untuk menguji
fungsionalitas sistem dan load testing untuk menguji reliability sistem. Terakhir, eksperimen chaos engineering
dengan metode chaos monkey dilakukan untuk menguji resilience sistem. Hasil pengujian menunjukkan bahwa
fungsionalitas sistem sebagai layanan IRS bekerja dengan baik. Sistem dapat tetap bekerja di bawah tekanan
40.000 mahasiswa yang disimulasikan mengakses sistem bersamaan. Pada kondisi chaos di mana beberapa
server dimatikan, sistem masih dapat berfungsi dengan baik dan mahasiswa masih dapat menggunakan layanan
registrasi IRS tanpa masalah.

The main focus of this research is to design and develop a prototype of an event-driven architecture based course
registration service, and to evaluate the system with chaos engineering. The system was implemented using
Spring Boot as its framework, Apache Kafka as the event broker, and Amazon Web Service (AWS) for
infrastructure. The testing was done by implementing API testing for evaluating the system’s functionality and
load testing to evaluate system’s reliability. Finally, a chaos engineering experiment was carried out to evaluate
the resilience of the system. The result shows that the system can deliver its functionality as a course plan
registry pretty well. The system was able to work under the pressure of 40.000 student simulated to access the
system simultaneously. In the chaos condition where several server were taken down, the system still performs
well and able to provide the service without any problem for the students.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eko Kuswardono Budiardjo
"Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), menjalankan misi untuk mengumpulkan dana abadi dan membangun kesenjangan telekomunikasi/internet di wilayah terluar, tertinggal, terdepan (3T) melalui program Universal Service Obligation (USO), sebagai dana yang disihkan dari pendapatan setiap penyedia operator telekomunikasi. Dalam menjalankan misi ini, BAKTI menjalin Kerjasama dengan Universitas Indonesia melalui UKK Hudev dalam upaya membangun platform aplikasi tata kelola desa (PTKD-NG), sebagai bagian tak terpisahkan dari pendayagunaan internet di wilayah 3T. Praktik keinsinyuran pada kegiatan perencanaan dan perancangan PTKD-NG menghasilkan arsitektur PTKD-NG, klasterisasi desa sesuai tingkat kesiapan adopsi teknologi, strategi & program rekayasa sosial, dan peta jalan pembangunan & implementasi PTKD-NG. Praktik ini dijalankan dengan memperhatikan Profesionalisme, Keselamatan, Kesehatan, Keamanan kerja & Lingkungan (K3L), Kode Etik dan Etika Profesi Insinyur (KEEI) pada setiap tahapan kegiatan. Platform baru ini merupakan pembaharuan dari generasi sebelumnya. Hal ini diupayakan guna menyelaraskan dengan perkembangan sistem administrasi desa dan perkembangan teknologi digital. Kompetensi keinsinyuran PII yang dilaksanakan mencakup (a) aspek profesionalisme nomor W.2.2.1–6; (b) aspek K3L nomor W.1.3.1., W.1.3.3., W.1.4.1., W.1.4.3.; dan (c) aspek KEEI nomor W.1.1.4., W.1.2.3–8.

Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), has the mission to manage the endowment fund to fill the telecommunication/internet gap in the area for those in frontier, outermost and least developed regions often referred to as 3T (terdepan, terluar, tertinggal) regions. This fund has been collected from telecommunication operators via Universal Service Obligation (USO) program. One of their efforts for the mission is establishing cooperation with Universitas Indonesia via UKK Hudev Unit. The goal of this collaboration is to plan, design, construct, and deploy PTKD-NG platform. It is expected that this effort will improve internet utilization in 3T regions. The engineering practices output includes the PTKD-NG architecture, village clustering based on their readiness level, social engineering strategy & program, and development roadmap. Professionalism, K3L, KEEI has been successfully applying the engineering process. This effort aims to modernize the platform due to the industrial revolution 4.0 technology advancements and the development of village governance. Professional engineer's competency has been followed includes (a) professionalism aspect number W.2.2.1–6; (b) K3L aspect number W.1.3.1., W.1.3.3., W.1.4.1., W.1.4.3.; and (c) KEEI Aspect number W.1.1.4., W.1.2.3–8."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"Diffserv merupakan salah satu solusi QoS (Quality Of Services) yang scalable dalam mendukung perkemhangan internet dewasa ini. Hal ini dapat dilakukan karena arsitektur DiffServ memberikan pembedaan jasa layanan terhadap sebuah paket berdasarkan nilai DSCP(6 bit pertama) dari TOS (8 bit) pada IP Header. Pada skripsi ini akan dibahas skalabilitas arsitektur diffserv terhadap penambahan jumlah node interior dibandingkan dengan jitter, delax dan paket loss. Ketiga parameter ini dapat menjadi acuan seberapa scalabel-nya arsitektur diffserv ini. Ada tiga, jenis trafik berdasarkan nilai DSCP, yakni trafrk EF (Expedited Forwarding), AF (Assured Forwarding), dan BH (Best Effort). Jenis Trafik EF mempunyai sifat low latency (jiller. dan low queueing sehingga sangat cocok digunakan untuk aplikasi-aplikasi, yang delay sensitive seperti suara. Hal ini terbukti pada simulasi dimana dengan variasi jumlah node interior (2 sampai 10 node), Trafik F dapat mempertahankan delay yang cukup kecil berkis.ar antara 2-10 ms dan jitter 1 - 2,5 ms. Paket Loss yang dialami oleh trafik EF harusnya cukup kecil, tetapi karena pengaluran profile tidak sesuai dengan aliran trafik yang terjadi maka packet loss-nya menjadi sangat besar yakni sekitar 55%. Hal ini menunjukkan bahwa pengaturan profile harus disesuaikan dengan aliran trafik yang ada. Dengan kata lain TCA (Traffik Conditioning Agreement) yang merupakan oenerapan dari SLA (Service Level Agreement0 harus sesuai dengan kesepakatan yang ada. Trafik AF mempunyai sifat dimana paket loss-nya rendah. Hal ini terlihat oada hasil simulasi dimana sepanjang penambahan node interior (dari 2 node sampai 10 node interior) hanya menimbulkan paket loss sebesar 1% sampai 3 % sehingga jenis trafik ini dapat digunakan untuk apliasi yang loss sensitive seperti transmisi data video atau audio (audio/video streaming). Dengan pembedaan jasa layanan ini, maka setiap user dapat memilih jenis trafik mana yang cocok untuk keperluan aplikasinya."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
S39060
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maisy Rahmawati
"Angka Kematian Ibu (AKI) merupakan indikator penting untuk menilai keberhasilan dari pencapaian pembangunan kesehatan negara dan indeks modal manusia. Akan tetapi, kematian ibu di Indonesia masih menjadi tugas yang harus ditangani karena AKI di Indonesia masih menunjukkan angka yang tinggi. Upaya yang dapat dilakukan untuk menangani hal tersebut yaitu melalui kegiatan promosi kesehatan pada level preventif untuk kelompok berisiko lebih tinggi seperti ibu hamil. Berdasarkan isu tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan desain antarmuka aplikasi mobile dalam fokus self-monitoring untuk meningkatkan kesehatan ibu dan deteksi dini terhadap gejala penyebab kematian pada ibu dengan metode User-Centered Design (UCD) sehingga dapat mengurangi AKI. Cakupan penelitian ini meliputi kebutuhan ibu selama periode prenatal dan postnatal karena kesehatan ibu dapat mencakup dua periode tersebut. Metode wawancara dan penyebaran kuesioner dilakukan untuk mengetahui kebutuhan target pengguna aplikasi. Selanjutnya, untuk mendukung kegiatan self-monitoring, perancangan desain aplikasi menggunakan persuasive system design principles. Evaluasi usability melalui usability testing dan wawancara dilakukan setelah rancangan desain dihasilkan. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut, diperoleh bahwa masih terdapat dua fitur yang memiliki tingkat success rate rendah sehingga dibutuhkan perbaikan untuk menghasilkan rancangan desain yang sesuai.

Maternal Mortality Rate (MMR) is an important indicator to assess the success of the achievement of the country's health development and human capital index. However, maternal mortality in Indonesia is still a task that must be addressed because the MMR in Indonesia is still showing a high rate. Efforts which can be made to deal with this problem are through health promotion activities at the preventive level for higher risk groups such as pregnant women. Based on this issue, this study aims to produce a mobile application interface design with a focus on self-monitoring to improve maternal health and early detection of symptoms that cause maternal death using the UserCentered Design (UCD) method in order to reduce the MMR in Indonesia. The scope of this study includes mothers’ needs during the prenatal and postnatal period because maternal health can include these two periods. Interview methods and questionnaires are conducted to determine the needs of the target user of the application. Furthermore, to support self-monitoring activities, the application design uses persuasive system design principles. Usability evaluation through usability testing and interviews is carried out after the design has produced. Based on the evaluation results, it was found that there are still two features which have a low success rate. Therefore, improvements are needed to produce an appropriate design"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Made Sanadhi Sutandi
"ABSTRAK
Notifikasi merupakan salah satu fitur komunikasi via pesan yang penting keberadaannya di aplikasi pada smartphone. Penerapan sistem notifikasi push notification mampu meningkatkan interaksi antar pengguna dan penggunaan layanan yang disediakan perangkat lunak Berbagi Kendaraan. Aplikasi Berbagi Kendaraan merupakan aplikasi berbasis Android yang dikerjakan pada studi ini. Tujuan aplikasi adalah untuk menciptakan platform berbagi kendaraan yang aman sebagai bagian dari aplikasi sistem transportasi cerdas. Diperlukan adanya sistem push notification yang efektif untuk meningkatkan interaksi penggunaan layanan yang disediakan. Tulisan ini membahas implementasi dan evaluasi kinerja dari layanan push notification pada aplikasi Berbagi Kendaraan menggunakan Google Cloud Message(GCM), IMF Push Bluemix, dan Telegram API. Stress testing dengan variasi concurrent request dilakukan untuk menguji implementasi. Hasil pengujian menunjukkan layanan GCM lebih baik dengan persentase minimum pesan diterima 95,09%. Diikuti dengan layanan IMF Push dengan persentase minimum pesan diterima 85,44% dan Telegram API sebesar 52,50%. Evaluasi kinerja dilakukan dengan pengambilan dan pengolahan data pada latency, jitter, packet loss dan throughput melalui tiga kondisi uji. Hasil pengujian menunjukkan bahwa layanan Google Cloud Messaging merupakan layanan push notification berbasis cloud yang memiliki kinerja paling baik pada implementasi untuk aplikasi Berbagi Tumpangan dengan nilai rata-rata latency 209,65 milidetik, jitter 107,62 milidetik, packet loss 0% dan throughput 8478,89 bit/detik.

ABSTRACT
Notification is one of the most important communication features that should exist on smartphone's applications. The implementation of the push notification system may increase the interaction between users and the usage of Vehicle Sharing's services. Vehicle Sharing application is an Android-based application that is being studied in this experiment. The goal is to create a safe platform for vehicle sharing as a part of an intelligent transportation system. Therefore, it is necessary to implement an efficient push notification system to enhance the user experience. This paper describes the implementation and performance evaluation of several push notification services, i.e. Google Cloud Messaging (GCM), IMF Push Bluemix, and Telegram API. Stress tests with variation of concurrent request were conducted to evaluate the implementation. The result shows that the GCM service outperform others with minimum messages received of 95,09%. It is followed by the IMF Push services with 85,44% messages received and subsequently the Telegram API with 52,50% messages received. The performance evaluation was conducted by collecting and analyzing the latency, jitter, packet loss and throughput of each push services through three scenarios. The result shows that the GCM service performs better as a more reliable cloud-based push notification service on the Vehicle Sharing application with the mean latency of 209,65 ms, jitter of 107,62 ms, packet loss of 0%, and throughput of 8478,89 bit/s.;;"
2016
S64487
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raden Agus Sampurna
"Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan usulan inisiatif manajemen pengetahuan bagi usaha mikro, kecil dan menengah minyak akar wangi, minyak pala dan minyak nilam untuk mengakses pengetahuan eksternal. Penelitian ini menggunakan metode SMARTVision sampai pada tahap konseptual model. Dilakukan pengambilan data primer berupa kuesioner untuk mengetahui hasil uji produk, pengetahuan penting, infrastruktur teknologi, budaya knowledge sharing, dan audit pengetahuan. Obyek penelitian dalam penelitian ini adalah lima belas perusahaan minyak akar wangi, terdiri dari delapan perusahaan minyak akar wangi, dua perusahaan minyak pala, dan lima perusahaan minyak nilam.
Berdasarkan penelitian diidentifikasi bahwa masih terdapat gap pengetahuan yang masih berada di area Red Alert Zone pada usaha mikro, kecil dan menengah minyak akar wangi dan minyak nilam. Penelitian juga mengidentifikasi peta pengetahuan pada ketiga jenis umkm minyak atsiri. Selain itu penelitian mengidentifikasi inisiatif manajemen pengetahuan yang sesuai dengan kondisi dan strategi manajemen pengetahuan pada ketiga jenis umkm minyak atsiri.

The research was conducted to generate knowledge management initiatives for micro, small and medium in java vetiver oil, nutmeg oil and patchouli oil to make accessible for external knowledge. This research used SMARTVision's methodology which limited to conceptual modeling's procedure. The data gathering was conducted through questionnaires to identify the product's test, knowledge requirement, technology infrastructure, knowledge sharing culture, and knowledge audit. The object of the research were fiveteen essential oil company, consist of : eight java vetiver oil company, two nutmeg oil company and five patchuoli oil company.
The result showed that there are knowledge gap which are in red alert zone area in micro, small and medium enterprise of java vetiver oil, nutmeg oil and patchouli oil producers. The research also identified knowledge map in three types of essential oil producers. Finally the research identified knowledge management initiatives which fit the condition and knowledge management strategy for the three types of essential oil producers.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
T26167
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>