Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 37929 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Athaya Fatharani Lasminingrat
"Penyediaan produk yang berkualitas merupakan hal penting yang perlu menjadi fokus dan tujuan perusahaan di industri mana pun, termasuk industri produk Fast-Moving Consumer Goods (FMCG). Terlebih lagi, industri FMCG sedang mengalami kenaikan volume penjualan secara global. Namun, sebuah perusahaan FMCG di wilayah Tangerang sedang mengalami masalah mengenai penyediaan produk berkualitas yang memenuhi kepuasan pelanggan. Salah satu produknya, yaitu sabun cuci piring, mengalami peningkatan biaya rework produk cacat secara drastis dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Oleh karena itu, identifikasi akar permasalahan cacat produk diperlukan agar tingkat kecacatan pada proses produksi dapat dikurangi. Penelitian ini menerapkan konsep six sigma dengan mengikuti alur metode Define, Measure, Analyze, Improve, dan Control (DMAIC) untuk membantu mencari akar masalah dan merancang perbaikan proses produksi yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akar dari masalah yang ada yaitu kurang telitinya operator saat mengoperasikan panel HMI untuk melakukan aktivitas pencampuran bahan baku cairan sabun, kelalaian operator dalam mengikuti alur kerja, dan mesin penunjang aktivitas yang tidak beroperasi dengan benar. Berdasarkan hal tersebut, diberikan rekomendasi berupa modifikasi tampilan panel Human-Machine Interface (HMI), pelatihan operator, serta pengecekan mesin secara berkala. Melalui rekomendasi yang diberikan, diharapkan tingkat produksi barang cacat dapat berkurang.

Delivery of quality products is an important matter that needs to be the focus and goal of companies in any industry, including the Fast-Moving Consumer Goods (FMCG) industry. Especially, FMCG industry is experiencing an increase in sales volume globally. However, an FMCG company in the Tangerang area is experiencing problems regarding providing quality products that meet customer satisfaction. One of its products, namely dishwashing liquid, experienced a drastic increase in the cost of reworking defective products compared to previous months. Therefore, identification of the root causes of product defects is necessary so that the level of defects in the production process can be reduced. This study applies the six sigma concept by following the Define, Measure, Analyze, Improve, and Control (DMAIC) method to help identify root causes and design relevant production process improvements. The results showed that the root of the problem was the operator's uncarefulness when operating the HMI panel to carry out the activity of mixing the raw materials for dishwashing liquid, the operator's negligence in following the workflow, and the supporting machines that did not operate properly. Based on this, recommendations are given in the form of modifying the appearance of the Human-Machine Interface (HMI) panel, operator training, and periodic machine checks. Through the recommendations given, it is expected that the level of production of defective goods can be reduced."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Aldi Rahmansyah Kurnia
"

Seiring dengan meningkatnya taraf hidup dan konsumsi masyarakat di Indonesia, permintaan produk Fast Moving Consumer Goods (FMCG) pun mengalami peningkatan khususnya produk FMCG pada kategori Nutrisi. Hal ini tentunya menjadi potensi keuntungan bagi perusahaan jika bisa memanfaatkan kondisi dengan baik. Untuk mengoptimalkan potensi yang ada, perusahaan perlu memastikan bahwa produknya bisa menjangkau masyarakat luas dengan tepat waktu, hal ini perlu didukung oleh rencana produksi yang baik. Hal utama yang menjadi acuan perusahaan memproduksi sebuah produk adalah peramalan permintaan di waktu yang akan datang. Peramalan akan menjadi acuan perusahaan untuk menentukan seberapa banyak produk yang harus diproduksi dalam kurun waktu tertentu. Peramalan yang baik akan membantu perusahaan untuk meningkatkan keuntungan dan meminimalisasi kerugian yang timbul akibat kesalahan dalam perhitungan produksi. Selain peramalan, perusahaan pun perlu menentukan jumlah safety stock dan reorder point untuk membantu perusahaan dalam memastikan bahwa stok yang dimiliki bisa terus memenuhi permintaan pasar.


Along with the increasing standard of living and public consumption in Indonesia, the demand for Fast Moving Consumer Goods (FMCG) products has also increased, especially for FMCG products in the Nutrition category. This is a great potential profit for the company if it can take the advantages of the conditions properly. To optimize the potential that exists, companies need to ensure that their products can reach the wider community at the right time, this needs to be supported by a good production plan. The main thing that becomes a reference for producing a product is forecasting demand in the future. Forecasting will be a reference for the company to determine how many products must be produced within a certain time. Good forecasting will help companies to increase profits and minimize losses arising from errors in production calculations. In addition to forecasting, companies also need to determine the amount of safety stock and reorder points to help companies ensure that their stock can continue to meet market demand.

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nike Nur Almuldita
"Seiring dengan semakin ketatnya persaingan dalam industri Fast Moving Consumer Goods (FMCG), perusahaan FMCG perlu mengetahui jumlah permintaan yang potensial di suatu wilayah. Dengan begitu perusahaan dapat menyesuaikan supply yang optimal untuk menghindari tidak terpenuhinya permintaan pelanggan. Metode ekonometrik merupakan salah satu solusi untuk memodelkan estimasi permintaan dengan melihat faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Pada penelitian ini digunakan data cross section sehingga perlu dilakukan uji dependensi spasial untuk melihat apakah antar wilayah memiliki dependensi spasial atau tidak. Hasilnya pada model regresi tidak terdapat dependensi spasial sehingga digunakan analisis regresi non-spasial sebagai model estimasi permintaan. Selain itu juga diperoleh hasil bahwa permintaan konsumen dipengaruhi oleh faktor jumlah penduduk, PDRB perkapita, rata-rata pengeluaran konsumsi rumah tangga, dan kategori wilayah rural atau urban.

Along with the strict competitiveness of Fast Moving Consumer Goods (FMCG) industry, companies need to know the number of potential demands in an area. So, companies can adjust optimal supply to avoid consumer's demands unfulfillment. Econometric method is one of the solution to model the demand estimation considering factors affecting it.
This research use cross section data, so spatial dependence was conducted to investigate whether there is a spatial dependency between the region. The result revealed that there was no spatial dependency. Therefore, non-spatial regression analysis was used as a model of demand estimation. Beside that, the result also show that consumer?s demands are influenced by number of population, Gross Domestic Regional Product (GDRP), average of household expenditure, and the category of the area (rural or urban).
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43377
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fitria Salma
"Manajemen persediaan yang efektif menjadi hal yang penting bagi perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) dalam memenuhi permintaan dinamis pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan metode peramalan ARIMA (Autoregressive Integrated Moving Average) guna meningkatkan manajemen persediaan produk kategori Home care pada perusahaan FMCG. Data historis permintaan produk Home care digunakan untuk mengembangkan model ARIMA dalam meramalkan permintaan. Hasil peramalan digunakan untuk menentukan tingkat persediaan yang optimal, termasuk tingkat safety stock dan reorder point. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model peramalan ARIMA, khususnya ARIMA (2,1,1), memberikan prediksi permintaan yang akurat. Dengan menggunakan tingkat service rate yang berbeda (80%, 85%, 90%, dan 95%), perusahaan dapat menyesuaikan strategi persediaan untuk memenuhi permintaan pelanggan dengan tingkat layanan yang diinginkan. Oleh karena itu, disarankan agar perusahaan FMCG mempertimbangkan implementasi metode peramalan ARIMA guna meningkatkan manajemen persediaan produk Home care. Penelitian ini memberikan wawasan berharga dalam meningkatkan praktik manajemen persediaan di industri FMCG dan membantu perusahaan mengoptimalkan tingkat persediaan, mengurangi risiko kehabisan stok, serta memenuhi ekspektasi pelanggan.

Effective inventory management is crucial for Fast Moving Consumer Goods (FMCG) companies to meet dynamic customer demands. This study aims to implement the ARIMA (Autoregressive Integrated Moving Average) forecasting method to improve inventory management of Home care products in an FMCG company. Historical demand data for Home care products are utilized to develop ARIMA models for demand forecasting. The forecasted demand is then utilized to determine optimal inventory levels, including safety stock and reorder points. The results demonstrate that the ARIMA forecasting model, specifically ARIMA (2,1,1), provides accurate demand predictions. By adopting different service rate levels (80%, 85%, 90%, and 95%), the company can customize inventory strategies to meet varying customer demand and achieve desired service levels. Consequently, it is recommended that FMCG companies consider the implementation of the ARIMA forecasting method to enhance inventory management for Home care products. This research provides valuable insights into improving inventory management practices in the FMCG industry and ultimately helps companies optimize inventory levels, minimize stockouts, and meet customer expectations."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ajeng Rahmawati
"
Ekonomi sirkular merupakan pendekatan sistem ekonomi yang mengoptimalkan penggunaan sumber daya atau produk guna mengurangi limbah yang dihasilkan. Di Indonesia sendiri, konsep ekonomi sirkular mulai mendapatkan perhatian yang signifikan dan pemerintah mulai membuat beberapa inisiatif dan regulasi yang mendukung penerapannya. Selain itu, beberapa perusahaan Fast-Moving Consumer Goods (FMCG) juga sudah menerapkan ekonomi sirkular pada operasi bisnis dan rantai pasokan perusahaan. Hal tersebut dipicu oleh keadaan saat ini dimana perusahaan FMCG masih menjadi kontributor sampah plastik tertinggi karena hampir semua produknya dikemas menggunakan kemasan dengan material plastik. Namun, karena konsepnya yang masih tergolong baru, belum ada standar acuan dalam penerapan ekonomi sirkular di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengukur kinerja ekonomi sirkular pada tiga perusahaan FMCG dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Metode AHP digunakan untuk menghitung bobot indikator penilaian yang digunakan. Hasil perhitungan AHP menunjukkan bahwa indikator jumlah sampah kemasan post-consumption didaur ulang memiliki bobot yang paling tinggi. Lalu, penilaian kinerja dilakukan dengan metode TOPSIS dan hasilnya adalah perusahaan dengan kinerja terbaik yaitu PT Y.

Circular economy is an economic system approach that optimizes the use of resources or products to reduce the waste generated. In Indonesia, the concept of circular economy began to get significant attention as the government began to make several initiatives and regulations that support its implementation. Some Fast-Moving Consumer Goods (FMCG) companies have also implemented the circular economy concept in their business operations and supply chains. FMCG companies are still the highest contributor to plastic waste because almost all of their products are packaged using packaging with plastic material. However, because this concept is still relatively new, there is no reference standard in implementing circular economy in Indonesia. Therefore, this study was conducted to measure the performance of the circular economy in three FMCG companies using the Analytical Hierarchy Process (AHP) and Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) methods. The AHP method is used to calculate the weight of the assessment indicators. The results of the AHP calculation show that the indicator of the amount of post-consumption packaging waste recycled has the highest weight. Then, performance appraisal is carried out using the TOPSIS. The calculation shows that the company with the best performance is PT Y.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reshinta Ananda Lestari
"Saat ini teknologi digital membuat manusia dapat melakukan aktivitas berbelanja secara online menggunakan internet melalui e-commerce. Pembelian produk FMCG secara online melalui situs e-commerce saat ini berkembang pesat dan akan terus mengalami peningkatan untuk tahun-tahun berikutnya. Dalam penggunaan suatu website, user experience menjadi lebih penting dibandingkan dengan produk atau layanan lainnya. Tetapi, dari penelitian sebelumnya diketahui bahwa masih terdapat masalah usability pada official store produk FMCG di situs e-commerce.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi user interface official store produk FMCG di situs e-commerce dengan menggunakan pendekatan user experience yaitu menggunakan performance metrics, self-reported metrics, behavioral metrics, dan issue-based metrics yang menilai kinerja, persepsi, perilaku, dan mengeluarkan apa yang dirasakan pengguna dalam berinteraksi dengan situs serta mengklasifikasi atribut desain yang sesuai prefrensi pengguna menggunakan model Kano.
Berdasarkan hasil evaluasi, diperoleh dalam dimensi ease of use, interface quality, dan satisfaction penilaian yang belum baik sehingga perlu dilakukan perancangan rekomendasi strategi dan desain interface yang dapat meningkatkan usability dan kepuasan pengguna.

Currently digital technology makes people can do shopping online using the internet via e commerce. Sales of FMCG products through e commerce websites are currently growing rapidly and will continue to improve for the following years. In the use of a website, user experience becomes more important than any other products or services. However, from previous research it is known that there is still usability problem when user using official store for FMCG product at e commerce website.
This study aims to evaluate the official store rsquo s user interface using the user experience approach with performance metrics, self reported metrics, behavioral metrics, and issue based metrics that assess performance, perception, behavior, and issue that the user perceives when interacting with the website and classifies the design attributes that suit the user 39 s preference using the Kano model.
Based on the evaluation results, in the dimensions of ease of use, interface quality, and satisfaction was not good enough, so that strategy and interface design recommendation is done.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Friska Evelyn Riatur
"Penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan perbaikan terhadap rendahnya pencapaian nilai kinerja pada sebuah perusahaan di Indonesia. Penelitian ini berfokus pada permasalahan rendahnya pencapaian kinerja OTIF bidang export di salah satu perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) ternama di Indonesia. Perusahaan ini menetapkan On Time In Full (OTIF) sebagai indikator dari kinerja perusahaan. Untuk itu, diperlukan suatu jalan keluar yang berupa usulan perbaikan terhadap kinerja.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control) untuk mendapatkan solusi baik yang akan diimplementasikan. Perbaikan yang dilakukan akan memberikan dampak terhadap efisiensi waktu yang dibutuhkan untuk merespon pesanan pelanggan.
Pada penelitian ini, kegitan export dibagi menjadi dua kelompok besar yaitu kegiatan sebelum pengiriman dan kegiatan setelah pengiriman. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah efisiensi sebesar 14,28% pada kegiatan sebelum pengiriman dan 21,42% pada kegiatan setelah pengiriman.

This study aims to propose improvements to the low achievement of value on a company's performance in Indonesia. This study focuses on the problem of low achievement on OTIF score in field of export performance in one of the most well-known Fast Moving Consumer Goods (FMCG) company in Indonesia. The company sets On Time In Full (OTIF) as an indicator for the performance of the company. For that, we need a way out in the form of the proposed improvements to the performance.
This study is using the DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control) method in order to get a suitable solutions to be implemented. Improvements proposed will have impacts on the efficiency of the time required to respond to customer orders.
In this study, the export activity is divided into two major groups of activities prior to before delivery and after delivery activities. Results obtained from this study are efficiency of 14.28% on activities prior to before shipment and 21.42% on activities after shipment.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S57715
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jennifer
"Area sub store, gudang perantara antara gudang bahan baku dengan area produksi yang menyimpan bahan baku selama 1 shift produksi, mempunyai frekuensi pengiriman material yang tinggi. Dalam melakukan material handling dengan frekuensi yang tinggi tersebut, dibutuhkan alat bantu yang ergonomis agar pekerja tidak mengalami work musculosketeletal disorder. Pendekatan yang digunakan dalam merancang alat yang ergonomis ini adalah metode Virtual Human Modeling.
Output dari penelitian ini adalah perbandingan nilai Posture Evaluation Index (PEI) dan Lifting Index (LI) menggunakan model aktual dengan model rekomendasi. Posture Evaluation Index (PEI) mengintegrasikan hasil analisis dari tiga metode pengukuran ergonomi yaitu Low Back Analysis (LBA), Ovako Working Posture Analysis (OWAS), dan Rapid Upper Limb Assessment (RULA). Sedangkan Lifting Index (LI) merupakan hasil analisis dari pengukuran ergonomi NIOSH. Hasil penelitian memberikan rekomendasi alat bantu material handling yang ergonomis di area sub store.

Sub store area, a temporary warehouse, between raw material store and production area, which saves raw material during 1 shift of production, has high frequency of material delivery. In doing such a material handling activity, it is needed to have an ergonomic material handling equipment to avoid worker from work musculoskeletal disorder. The approach used in designing ergonomic equipment is virtual human modeling methodology.
The output of this research is a comparative value of Posture Evaluation Index (PEI) and Lifting Index (LI) using actual model and recommendation model. Posture Evaluation Index (PEI) integrates analytic results of three ergonomic measurement tools. They are Low Back Analysis (LBA), Ovako Working Posture Analysis (OWAS) and Rapid Upper Limb Assessment (RULA). However, Lifting Index (LI) is an analytic result of NIOSH analysis. Output of this research gives a recommendation of ergonomic material handling equipment for sub store area.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51938
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Lukito Rini
"Peningkatan Indeks Kualitas Produk Pada Tahap Pengembangan Produk di PT. XYZ Dengan Metode Six Sigma. Tesis ini membahas penggunaan metode six sigma (DMAIC) untuk memperbaiki indeks kualitas pertama pada tahap pengembangan produk Final Engineering Piloting (FEP). Pada fase define diketahui bahwa rata-rata indeks kualitas pertama pada tahap FEP sebesar -336, 27. Pada fase measure ditemukan bahwa rendahnya indeks kualitas diakibatkan oleh permasalahan pada torso dimana gaya untuk melepas dan memasang tangan dari dan ke lower arm berada di luar spesifikasi.
Analisis menggunakan FMEA merekomendasikan agar material lower arm diganti dari PVC 85 menjadi PVC 65. Pergantian ini bisa membawa perubahan lebih baik, dan setelah perbaikan pada fase improvement didapatkan peningkatan indeks kualitas menjadi 5,46.

This paper discuss about the use of six sigma method (DMAIC) to improve first quality index during development product phase called Final Engineering Piloting. During define phase, found that average first QI FEP is -336,27. Measure phase shows that those index mostly contributed by torso problem, in which poundage to attach and detach hands to and from lower arm are out of product specification.
Analysis phase using FMEA, recommends to change material for lower arm from PVC 85 to PVC 65. This changes can improve product and after all the improvement implemented, average first quality index improve to 5,46.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T38883
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Feisal Rizky Dhika Hidayat
"Fast Moving Consumer Goods FMCG merupakan industri ritel yang membutuhkan rantai suplai dengan kemampuan traceability untuk memudahkan konsumennya mengetahui informasi dan menjaga sekuritas dengan menambahkan sistem identifikasi. Sistem identifikasi lokasi objek secara aktual dapat dilakukan oleh beberapa teknologi diantaranya yaitu RFID. Saat ini pendeteksian banyak dilakukan oleh RFID karena cocok untuk dipakai pada sistem yang berjalan secara otomatis. Namun RFID memiliki beberapa kekurangan seperti kebutuhan khusus untuk pembacaan jarak jauh, efektifitas yang rendah pada beberapa orang yang tidak paham, dan kebutuhan perbaikan yang sulit. Dibutuhkan sebuah metode yang dapat dijadikan sebagai alternatif RFID. Salah satu diantaranya yaitu sensor GPS pada smartphone. GPS pada smartphone dapat dimanfaatkan dengan membuat aplikasi untuk smartphone berbasis android. Aplikasi dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrogramman Java. Aplikasi juga dilengkapi dengan metode geofencing untuk menambah fitur dalam memberikan notifikasi dan data lokasi. Geofence yang digunakan dapat dijadikan sebagai sistem untuk mengaktivasi program agar dapat mengirim data berupa koordinat latitude dan longitude serta waktu ke database. Sebelum diimplementasi, sensor GPS perlu dilakukan pengujian. Pengujian dilakukan dengan menggunakan berbagai varian GPS pada perangkat smartphone. Pengujian yang dilakukan berupa akurasi pembacaan lokasi disuatu tempat secara terus menerus pada kondisi yang sama antar alat uji. Selain itu dilakukan pengujian waktu jeda yang dibutuhkan untuk mengirim data setelah masuk area yang dibubuhkan geofencing.

Fast Moving Consumer goods FMCG are retail industri which needs suplay chain with the necessity of traceability to make consumer know the information and protect security by implemented identification system. Identification of objects location in real time is used within Objects realtime location. Real time Locating system is one of system which could be done by RFID. Recently, RFID is used as real time locating system because it rsquo s very realible for automation system. RFID have several disadvantages such as a special treatment to do a long range detection, low effectiveness for people who have lack of knowledge, and the difficulty of maintenance. It need an alternative method as a replacement of RFID. It could be a GPS sensor in smartphone. GPS within smartphone could be used as the application is created in Android operating system. The app is reinforced with geofencing to limit the identification process so it only works within the area which is settled. Geofence can be used as a trigger to send the data in database. GPS sensor in smartphone should be tested before the implementation. The test used several GPS in smartphone device. with different specification to observe the clear difference between maximum and minimum value. One of the test is to observe the accuracy of detection on a location repetitively. The other one is to observe the delay time needed "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>