Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 137583 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Felicia Angelina
"Indonesia merupakan salah satu negara yang unggul dalam sektor pariwisatanya. Namun, masifnya laju pariwisata yang ada dapat menimbulkan dampak negatif. Kini, sustainable tourism mulai menjadi diupayakan untuk dikembangkan dan salah satu bentuk sustainable tourism adalah volunteer tourism. Voluntourism merupakan jenis pariwisata yang mengkonsepkan wisatawan untuk merelakan atau menukar waktu, uang, dan materi yang dimiliki secara tidak terbatas untuk membantu pihak lain, namun di sisi lain bertujuan memenuhi kebutuhan wisatawan akan self-challenge dan juga self-realization mereka. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh emotional solidarity (keterikatan emosional wisatawan volunteer terhadap destinasi) terhadap destination loyalty (loyalitas terhadap destinasi) melalui memorable tourism experience (pengalaman wisata yang berkesan) pada destinasi wisata volunteer, yaitu wisata konservasi mangrove di TWA Mangrove Angke Kapuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksplanatif, dengan menyebarkan kuesioner kepada 106 wisatawan volunteer yang melakukan penanaman mangrove di TWA Mangrove Angke Kapuk menggunakan teknik non-probability sampling dengan jenis penarikan sampel purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan untuk melihat pengaruh antar variabel baik secara langsung maupun tidak langsung. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara emotional solidarity terhadap destination loyalty melalui memorable tourism experience di wisata pengembangan konservasi mangrove di TWA Mangrove Angke Kapuk.

Indonesia is one of the countries that excels in its tourism sector. However, the massive growth of tourism can lead to negative impacts. Therefore, sustainable tourism is now being pursued and one form of sustainable tourism is volunteer tourism. Voluntourism is a type of tourism that encourages tourists to willingly devote or exchange their unlimited time, money, and resources to help others, while also aiming to fulfill the tourists' needs for self-challenge and self-realization. This research was conducted to analyze the influence of emotional solidarity (the emotional attachment of volunteer tourists to the destination) on destination loyalty through memorable tourism experience in a volunteer tourism destination, namely the mangrove conservation tourism in TWA Mangrove Angke Kapuk. This research uses a quantitative approach, specifically explanatory research, by distributing questionnaires to 106 volunteer tourists who participated in mangrove planting activities in TWA Mangrove Angke Kapuk, using a non-probability sampling technique with purposive sampling method. The data analysis technique used is to examine the direct and indirect influences between variables. The results of this study state that there is an influence of emotional solidarity on destination loyalty through memorable tourism experience in the mangrove conservation tourism at TWA Mangrove Angke Kapuk.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Regina Felicia Larasati
"Turisme adalah bahasan yang acapkali kalah pamor dibandingkan dengan bahasan Hubungan Internasional yang lain. Padahal, sifatnya sendiri adalah menghubungkan antar dua negara dan aktor-aktor terkait di dalamnya, serta menjadi sumber penghasilan bagi kedua negara. Tugas karya akhir ini kemudian akan membahas mengenai satu tipe dari turisme yang dapat menjembatani kedua bidang studi tersebut, yaitu volunteer tourism atau turisme sukarelawan. Secara definisi, turisme sukarelawan adalah turisme yang mengajak partisipannya untuk berkontribusi balik, atau membantu, tempat yang ia kunjungi. Secara teori, bentuk turisme ini diharapkan menjadi bentuk turisme yang lebih ramah lingkungan daripada turisme masal. Namun secara praktik, bentuk turisme ini menimbulkan masalah yang jauh lebih dalam daripada degradasi lingkungan dan komunitas. Tulisan ini akan memetakan tema-tema dari literatur yang muncul mengenai turisme sukarelawan. Tema-tema tersebut termasuk (1) turisme sukarelawan sebagai turisme alternatif yang berkelanjutan, (2) turisme sukarelawan sebagai turisme tidak ramah lingkungan, (3) turisme sukarelawan sebagai bentuk dominasi Barat, dan (4) turisme sukarelawan dalam dunia neoliberal. Tulisan ini kemudian akan menganalisa tema-tema di atas, dan munculnya perdebatan akan etikalitas dari turisme sukarelawan. Penulis menutup dengan kesimpulan bahwa turisme sukarelawan memang tidak etis, terutama dengan tumpuan nilai neokolonial-neoliberal, dan rekomendasi bagi pemerintah untuk meninjau ulang perlunya diselenggarakan kegiatan ini.

The topic of tourism is one of the most underappreciated topics in International Relations studies, despite its clear role of connecting two countries together and bringing in revenue. Tourism also transcends the boundary of state with its local actor and stakeholders. This literature review then tries to address this gap by reviewing one form of tourism that potentially bridges tourism and international relations together, which is volunteer tourism. Volunteer tourism is a form of tourism that encourages the tourist to give back or ‘help’ the host community. Theoretically, this form of alternative tourism supposedly has a more sustainable approach to tourism than its mass counterpart. In practice however, this form of tourism creates more problem than what it can solve. This exceeds its blatant environmental and community degradation. This literature review then attempts to map the themes occurring in the volunteer tourism discourse. The themes found are; (1) volunteer tourism as a sustainable form of alternative tourism, (2) volunteer tourism as an environmentally degrading form of tourism, (3) volunteer tourism as a form of Western supremacy, and (4) volunteer tourism in a neoliberal world. This literature review will then analyze said themes, noting the debate regarding the ethicality of volunteer tourism. Lastly, this review will summarize that volunteer tourism will never be ‘ethical’ as long as it’s built on neoliberalism and neocolonialism. One then recommends the government to reassess thoroughly volunteer tourism in its practice."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Enny Sulistyowati
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai ekonomi Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk di kota Jakarta Utara dengan menggunakan metode biaya perjalanan dan untuk memperkirakan permintaan pengunjung dan kemauan untuk membayar (willingness to pay/WTP). Data untuk penelitian ini dikumpulkan dengan melakukan survei pada 100 sampel pengunjung. Data dianalisis dengan menggunakan model regresi log-log. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa biaya perjalanan dan pendapatan mempengaruhi total kunjungan individu dan menunjukkan bahwa rata-rata kesediaan pengunjung untuk membayar adalah Rp.276.921 per individu per tahun. Nilai ekonomi dari TWA Angke Kapuk yang berasal dari kesediaan untuk membayar pada Tahun 2014 diproyeksikan sebesar Rp.2,42 miliar. Saat ini, kebijakan untuk menaikan tarif masuk adalah solusi yang mungkin untuk membiayai konservasi.

ABSTRACT
This research aim to evaluate the economic value of Angke Kapuk natural tourism park (TWA Angke Kapuk) in North Jakarta by travel cost method and to estimate the demand for traveling and the willingness to pay. The data for this research were collected by conducting surveys on 100 sample visitors. The data were analyzed by using log-log regression model. The result of this research indicated that travel cost and income affected total individual visits and showed that visitors’ average willingness to pay was Rp.276.921 per head per year. The economic value of TWA Angke Kapuk in 2014 is projected to reach Rp.2.42 billion. At present, the policy to increase entrance fees is a possible solution to finance conservation."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T42046
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wulan Octavianto Fatihah
"Wisata kebugaran merupakan jenis wisata minat khusus yang bertujuan untuk menjaga kebugaran tubuh wisatawan. Wisata kebugaran berkaitan dengan fasilitas atau aktivitas yang melibatkan diri para wisatawan, seperti yoga, spa, dan pergelaran seni. Salah satu destinasi wisata kebugaran di Indonesia yang saat ini sedang masuk tahap pengembangan adalah Daerah Istimewa Yogyakarta. Destinasi tersebut memiliki berbagai macam kearifan lokal yang menarik untuk menjadi daya tarik dalam kaitan aktivitas wisata kebugaran. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh travel motivation (motivasi wisatawan) terhadap destination loyalty (loyalitas terhadap destinasi) melalui tourist engagement (keterlibatan wisatawan) pada wisata kebugaran (wellness tourism) di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksplanatif, dengan menyebarkan kuesioner kepada 120 wisatawan domestik yang mengunjungi destinasi wisata kebugaran di Daerah Istimewa Yogyakarta menggunakan teknik non-probability sampling dengan jenis penarikan sampel purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis regresi dan Sobel Test yang digunakan untuk melihat pengaruh antar variabel baik secara langsung maupun tidak langsung. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara travel motivation terhadap destination loyalty melalui tourist engagement pada wisata kebugaran (wellness tourism) di Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain itu, variabel tourist engagement memiliki peran mediasi untuk variabel travel motivation dengan destination loyalty.

Wellness tourism is a type of special interest tourism that aims to maintain the body's wellness of tourists. Wellness tourism is related to facilities or activities that tourists engage in, such as yoga, spas, and art performances. Special Region of Yogyakarta have a variety of interesting local wisdom to be an attraction in terms of wellness tourism activities. This study was conducted to analyze the effect of travel motivation on destination loyalty through tourist engagement on wellness tourism in the Special Region of Yogyakarta. This study uses a quantitative approach, the type of explanatory research, by distributing questionnaires to 120 domestic tourists who visit wellness tourism destinations in the Special Region of Yogyakarta using a non-probability sampling technique with purposive sampling. The data analysis technique used is regression analysis and Sobel Test which is used to see the influence between variables, either directly or indirectly. The results of this study state that there is an influence between travel motivation on destination loyalty through tourist engagement on wellness tourism in the Special Region of Yogyakarta. In addition, the tourist engagement variable has a mediating role for the travel motivation variable with destination loyalty."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
David Christian Senewe
"Hadirnya media sosial di era digital saat ini telah memberikan kita berbagai kecanggihan dan kemudahan. Namun, itu tidak memberi kita ruang untuk menyadari bahwa aktivitas yang dilakukan di era digital ini merupakan banalitas keseharian yang inotentik. Oleh karena itu, penulis bertujuan untuk menyingkap banalitas keseharian yang ditunjukkan dalam penggunaan media sosial, yang dianalisis menggunakan perspektif filosofis dari Martin Heidegger. Perspektif Heidegger terkait Dasein dalam pembacaanya sebagai Digi-sein di dunia digital menunjukkan adanya permasalahan eksistensial dalam bentuk modus keberadaan inotentik manusia yang ditunjukkan oleh kelupaan akan eksistensi diri, larut dalam cara berada orang-orang lain, dikontrol oleh waktu objektif, dan mengobjekkan juga diobjekkan oleh teknologi. Untuk membebaskan diri dari hal tersebut, Heidegger menawarkan sikap otentik dan kesadaran reflektif yang ditunjukkan oleh pengambilan jarak, mencandra keseharian, dan sikap merelakan dengan tetap fokus pada eksistensi diri dan tetap waspada akan banalitas keseharian serta sifat destruktif teknologi.

The presence of social media in the current digital era has given us various sophistications and conveniences. However, this does not give us space to realize that the activities carried out in this digital era are an inauthentic everyday banality. Therefore, the author aims to reveal the everyday banality shown in the use of social media, which is analyzed using the philosophical perspective of Martin Heidegger. Heidegger's perspective regarding Dasein in its reading as Digi-sein in the digital world shows the existential problems in the form of humans' inauthentic mode of existence which is shown by forgetting one's own existence, being dissolved in other people's ways of being, being controlled by objective time, and objectifying also being objectified by technology. To free oneself from this, Heidegger offers an authentic attitude and reflective awareness which is shown by taking distance, taking everyday life into account, and an attitude of letting go by remaining focused on self-existence and remaining alert to the banality of everyday life and the destructive nature of technology."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Astari Puspa Adrianti
"Saat ini pariwisata telah menjadi salah satu penopang ekonomi terbesar negara karena peningkatan jumlah masyarakat yang melakukan perjalanan wisata. Pariwisata banyak dilakukan oleh masyarakat baik secara individu maupun berkelompok. Kampung Budaya Sindang Barang dalam beberapa tahun terakhir telah menjadi destinasi wisata budaya unggulan Kabupaten Bogor dimana jumlah pengunjungnya selalu meningkat sehingga penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan pengaruh destination attributes terhadap revisit intention yang dilakukan pada wisata Kampung Budaya Sindang Barang dengan tourist satisfaction sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksplanatif, dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 wisatawan domestik menggunakan teknik non probability sampling berupa purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara destination attributes terhadap revisit intention melalui tourist satisfaction. Penelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman berkunjung ke Kampung Budaya
Sindang Barang telah menciptakan kepuasan yang mendorong keinginan wisatawan untuk berkunjung kembali ke Kampung Budaya Sindang Barang.

Currently, tourism has become one of the biggest economic pillars of the country due to the increasing number of people who travel. Tourism is mostly carried out by the community, both individually and in groups. Sindang Barang Cultural Village in recent years has become a leading cultural tourism destination in Bogor Regency where the number of visitors is always increasing, so this study was conducted to explain the effect of destination attributes on revisit intentions carried out on Sindang Barang Cultural Village tourism with tourist satisfaction as a mediating variable. This study uses a quantitative approach, the type of explanatory research, by distributing questionnaires to 100 domestic tourists using a non-probability sampling technique in the form of purposive. The results show that there is an influence between destination attributes on revisit intention through tourist satisfaction. This study shows that the experience of visiting the Cultural Village
Sindang Barang has created satisfaction that encourages the desire of tourists to return to the Sindang Barang Cultural Village.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tria Lestari Putri
"[ABSTRAK
Industri pariwisata di Indonesia merupakan salah satu industri yang paling berkembang serta menjadi salah satu sektor penyumbang devisa negara terbesar. Pada skripsi ini membahas tentang bagaimana pelaku bisnis dapat meningkatkan loyalitas serta dapat me-recall kembali tempat wisata tersebut terutama jenis wisata adventure tourism. Hal ini diukur dari pengalaman pelanggan mengunakan 4 elemen experience economy yang terdiri dari education, entertainment, escapism serta esthetic. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa customer loyalty dapat dipengaruhi oleh education dan esthetic sedangkan untuk dapat me-recall kembali (mempengaruhi memori konsumen) dapat dipengaruhi oleh entertainment dan esthetic. Sehingga bagi pelaku bisnis wisata petualangan (Adventure tourism) harus lebih fokus dalam memberikan pengetahuan-pengetahuan serta hiburan selama kunjungan pelanggan serta menjaga kelestarian tempat wisata tersebut agar terus dapat dinikmati oleh pelanggannya.
ABSTRACT
The tourism industry in Indonesia is one of the most thriving industries and sectors to be one of the largest contributors of foreign exchange. In this thesis discusses how businesses can increase loyalty and can recall back tourist destinations, especially kinds of adventure tourism tour. It is measured from the customer experience using 4 elements experience economy consisting of education, entertainment, escapism and esthetic. This research uses descriptive research design. The results showed that customer loyalty can be influenced by education and esthetic while to recall back (memory affect consumers) can be influenced by the entertainment and esthetic. So for adventure tourism businesses (Adventure tourism) should be more focused on delivering knowledge-knowledge as well as entertainment during customer visits and preserve the tourist attractions that continue to be enjoyed by customers.
, The tourism industry in Indonesia is one of the most thriving industries and sectors to be one of the largest contributors of foreign exchange. In this thesis discusses how businesses can increase loyalty and can recall back tourist destinations, especially kinds of adventure tourism tour. It is measured from the customer experience using 4 elements experience economy consisting of education, entertainment, escapism and esthetic. This research uses descriptive research design. The results showed that customer loyalty can be influenced by education and esthetic while to recall back (memory affect consumers) can be influenced by the entertainment and esthetic. So for adventure tourism businesses (Adventure tourism) should be more focused on delivering knowledge-knowledge as well as entertainment during customer visits and preserve the tourist attractions that continue to be enjoyed by customers.
]"
Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S61808
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Iqbal Fadli Muhammad
"Seiring perkembangan pariwisata halal sebagai segmen baru yang terus mengalami pertumbuhan di dunia khususnya Indonesia. Penelitian ini membahas mengenai pengaruh informasi terhadap pemilihan destinasi wisata halal dan bauran pemasaran yaitu produk, harga, tempat, orang, proses, promosi dan bukti fisik terhadap kepuasan dan loyalitas wisatawan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data consecutive sampling serta mengunakan kuesioner tertutup. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa jenis informasi mempengaruhi terhadap pemilihan destinasi wisata halal. Sedangkan bauran pemasaran orang dan bukti fisik serta destinasi wisata halal mempengaruhi kepuasan wisatawan. Alhasil diketahui kepuasan wisatawan mempengaruhi loyalitas wisatawan.

Along with development of halal tourism as a new segment Along with development of halal tourism as a new segment which have experienced growth continues in the world, especially Indonesia. This research discusses the influence of information on the selection of halal tourism destinations and marketing mix ie product, price, place, person, process, promotion and physical evidence to the satisfaction and loyalty of tourists. This research is a quantitative research with consecutive sampling data collection techniques and using a closed questionnaire. The results of this study indicate that the type of information affects the selection of halal tourist destinations. While the marketing mix of people and physical evidence as well as kosher tourist destinations affect the satisfaction of tourists. As a result of customer satisfaction affects the loyalty of moslem tourists.
"
Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Essensia Kasih
"ABSTRACT
Dalam memperkaya penelitian mengenai calling yang mulai berkembang pada awal tahun 2000an, diperlukan sebuah penerapan konsep calling pada sampel penelitian yang lebih beragam untuk memperdalam mengenai konsep calling. Oleh sebab itu, pada penelitian ini akan dibahas mengenai pengaruh living calling terhadap job satisfaction pada sampel penelitian 222 orang generasi milenial Indonesia yang berdomisili di Jabodetabek Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Menggunakan structural equation modelling, penelitian berusaha membuktikan pengaruh living calling terhadap job satisfaction melalui variabel work meaning dan career commitment. Hasil temuan membuktikan bahwa work meaning berperan sebagai mediasi parsial pada pengaruh living calling terhadap job satisfaction, sedangkan career commitment tidak berperan sebagai mediasi dan tidak memiliki signifikansi pengaruh pada job satisfaction; namun, pengaruh antara living calling terhadap job satisfaction tidak dapat diragukan. Hasil ini membuktikan bahwa living calling berperan sebagai faktor penentu akan job satisfaction, dan ini menunjukkan bahwa konsep calling diterima oleh generasi milenial Indonesia meski memiliki latar belakang budaya non-barat dan non-kristiani. Implikasi manajerial pada penelitian dijelaskan secara mendalam.

ABSTRACT
Recent research of calling has pointed the importance of apply the concept in more diverse group to enrich the concept of calling. As the suggestion, the current study examined the relation of living calling to job satisfaction among 222 Indonesian millennials workers who lived in Jabodetabek Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, and Bekasi. Using structural equation modelling, this paper trying to find the relationship of living calling to job satisfaction through mediation of work meaning and career commitment. Work meaning was found partially mediate the relationship of living calling to job satisfaction, while career commitment doesnt act as mediation and didnt have significant effect to job satisfaction however, the relationship between living calling and job satisfaction cannot be doubted. These results suggest the importance of living calling as a determination factor of job satisfaction, and it may applicable in Indonesian Millennials as the concept of calling profound in Indonesian Millennials although having non western and non Christian background. Implication for research and practice are explored."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Natia Humairah
"Studi ini meneliti hubungan antara halal tourism (pariwisata halal), tourist experience (pengalaman wisata), dan constraint (kendala) untuk mengidentifikasi peran khusus dari atribut-atribut dalam membentuk destination image (citra daerah tujuan) dan revisit intention (intensi mengunjungi kembali) ke Lombok. Populasi penelitian terdiri dari 330 tanggapan survei dari wisatawan domestik Lombok. Untuk mencapai tujuan ini, pemodelan persamaan struktural digunakan untuk menganalisis data menggunakan PLS untuk menguji dampak dimensi dan variabel yang mempengaruhi destination image dan revisit intention. Lima dimensi halal tourism attributes (lingkungan sosial, fasilitas, makanan dan minuman, layanan, dan staf), empat dimensi tourist experience (escapism, entertainment, esthetics, dan education), tiga dimensi constraint (avaibility, structural, dan interpersonal), tiga dimensi destination image (scenery, infrastructure, affective dan water sports), dan tiga atribut revisit intention diidentifikasi. Analisis regresi kuadrat terkecil parsial menunjukkan bahwa tourist experience menentukan peran terbesar dalam destination image. Hasil penelitian menentukan apakah keberadaan faktor pariwisata halal dapat mempengaruhi citra tujuan dan membuat wisatawan untuk mengunjungi kembali Lombok di masa depan, oleh karena itu pemasar dapat menciptakan nilai tambah untuk daerah tujuan wisata yang dikelola dengan mempertimbangkan faktor-faktor pariwisata halal.

This study examines the relationship between halal tourism, travel experience, and constraint to identify the particular role of the attributes in forming destination image and revisit intention to Lombok. The study population comprises of 330 survey responses from domestic tourists of Lombok. In order to achieve this objective, structural equation modelling was used to analyze the data using PLS to examine the impact of dimensions and variable that influence destination image and revisit intention. Five dimensions of halal tourism (social environment, facilities, food and beverages, service, and staff), four dimensions of travel experience (escapism, entertainment, esthetics, and education), three dimensions of constraints (avaibility, structural, and interpersonal), three dimension of destination image (scenery, infrastructure, affective, and water sports), and three attributes of revisit intention were identified. Partial least squares regression analysis shows that tourism experience defining biggest roles in the destination image. The results determine whether the existence of halal tourism factors can affect the destination image and make a tourist to revisit Lombok in the future, therefore marketers can create added value for managed tourist destination areas by taking into the factors of halal tourism."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>