Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 114147 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rayhana Hakim
"
Laporan magang ini merupakan hasil evaluasi selama kegiatan magang di PT NDL dan bertujuan untuk mengevaluasi prosedur pengeluaran kas atas pembayaran hutang usaha yang dilakukan oleh PT NDL. Prosedur pengeluaran kas merupakan bagian dari siklus pengeluaran yang merupakan salah satu subsistem dari Sistem Informasi Akuntansi. Kegiatan utama dari siklus pengeluaran di PT NDL adalah pemeriksaan pembayaran dan proses pembayaran akhir yang merupakan bagian dari pengeluaran kas. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa prosedur pengeluaran kas atas utang usaha di PT NDL sudah memadai dan dokumen-dokumen yang digunakan dalam proses sudah sesuai dengan teori yang ada.

This internship report is the result of an evaluation during the internship activities at PT NDL and aims to evaluate the cash disbursement procedure on payment of account payable carried out by PT NDL. The cash disbursement procedure is a part of expenditure cycle which is one of the subsystems of an Accounting Information System. The main activity of the expenditure cycle in PT NDL is the payment review and the final payment process which is a part of the cash disbursement. The evaluation show that the procedures of cash disbursement on accounts payable at PT NDL are already adequate, and the documents used in the process are already in accordance with the theory."
2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Felix Prawira
"ABSTRAK
Laporan magang ini menganalisis siklus pengeluaran kas atas pembayaran utang usaha SOP, Ltd. Utang usaha terjadi akibat pembelian barang atau jasa secara kredit. Analisis mencakup prosedur pengeluaran kas atas pembayaran utang usaha dan analisa komponen sistem informasi akuntansi. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam menyusun laporan magang ini adalah studi pustaka, wawancara, dan observasi. Hasil dari laporan magang menunjukkan bahwa komponen infrastruktur teknologi informasi, perangkat lunak, basis data, dan pengendalian internal telah memadai. Namun, komponen prosedur dan SDM masih terdapat kekurangan yaitu kesalahan dalam menerapkan three way matching, pembuatan laporan penerimaan barang atau jasa setelah tagihan dari supplier, kelalaian pelaksanaan prosedur dan manajemen waktu yang kurang baik oleh SDM dalam menerapkan seluruh prosedur pada siklus pengeluaran kas atas pembayaran utang usaha.

ABSTRACT
This report analyzes cash disbursement cycle on payment of account payable at SOP, Ltd. Accounts payable arise from the purchase of goods or services on credit. The analysis performed includes an overview of the cash disbursement procedure for the payment of accounts payable and the analysis of accounting information system components. The methodology of writing used in preparing this report is literature study, interview, and observation. The results of this report shows that the information technology infrastructure, software, database, and internal control components are adequate. However, the components of procedures and human resources are still lacking of mistakes in applying three way matching, receving report of goods or services after the invoice from supplier, negligence implementation procedures and poor time management by employee in implementing all procedures on the cash disbursement cycle for payment of account payable."
2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Billy Admiraldy Citra
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah prototype sistem informasi akuntansi penerimaan kas untuk bengkel Manic Motorsport Indonesia. Sejauh ini pencatatan penerimaan kas pada Manic Motorsport Indonesia dilakukan secara manual dan membutuhkan waktu cukup banyak dalam pengerjaannya, asalkan ada saldo di rekening bank perusahaan berarti bisnis berjalan dengan baik, Penelitian ini dilakukan dengan harapan bisa menyediakan modul pencatatan penerimaan kan dan modul pendukungnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode FAST Framework for Application of System Thinking berdasarkan pada Whitten, Bentley, dan Dittman yang digunakan untuk merancang prototype sistem penerimaan kas bagi Manic Motorsport Indonesia beserta modul pendukungnya dan membantu perusahaan untuk menghasilkan laporan penerimaan kas beserta data pendukungnya.

ABSTRACT
The purpose of this study is to designa prototype of accounting information system for cash collection for a workshop of Manic Motorsport Indonesia, so far Manic Motorsport Indonesia uses manual reconciliation regarding cash collection which takes time for the process, as long as there rsquo s balance in the bank account of company means the business is running well, with this study hope to provide necessary module for cash collection record and other compulsory items. Using the FAST Framework for the Application of Systems Thinking based on Whitten, Bentley, and Dittman writer are able to design prototype system that can provide necessary module for Manic Motorsport Indonesia and help company to provide cash collection report along the supporting data."
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ali Mahmudi
Jakarta: Grasindo, 2005
657.8 ALI a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Fuzla Hanum
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat kesuksesan dari sistem informasi pengelolaan keuangan daerah. Variabel penelitian terdiri dari kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas layanan, kepuasan pengguna, penggunaan dan manfaat bersih. Populasi dari penelitian ini terdiri dari seluruh satuan kerja di pemerintah kota Banda Aceh dan pemerintah kabupaten Aceh Besar. Responden penelitian merupakan pengguna SIPKD yaitu Pejabat pengelola keuangan, bendahara pengeluaran dan bendahara penerimaan. Pemilihan sampel menggunakan metode survey, dimana seluruh populasi dijadikan sampel penelitian.
Metode analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat bantu Lisrel 8.8. Hasil penelitian dengan menggunakan DeLone dan McLean IS Success Model (2003) menunjukkan bahwa dari 9 hipotesis yang dibangun, 7 hipotesis menunjukkan pengaruh. 2 hipotesis lainnya tidak menunjukkan pengaruh yaitu kualitas sistem terhadap penggunaan serta kualitas layanan terhadap penggunaan. Secara keseluruhan SIPKD dapat dikategorikan sukses.

This study aims to look at the success rate of the local financial management information system (Sistem Informasai Pengelolaan Keuangan Daerah). The research variables consisted of information quality, system quality, service quality, user satisfaction, use and net benefits. Population of this research consisted of all work units in the municipality of Banda Aceh and Aceh Besar district government. Respondents are users SIPKD namely financial management officer, treasurer and treasurer acceptance. Selection of the sample survey method, in which the entire population of the research sample. Methods of data analysis using Structural Equation Modeling (SEM) with lisrel tools.8.8. Research results using DeLone and McLean IS Success Model (2003) showed that out of 9 hypotheses constructed, 7 hypotheses show the effect 2 other hypotheses do not show the influence that the quality system is to use and the quality of service to use. Overall SIPKD can be considered a success."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T45021
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ruslim Limiwidjaja
"Skripsi ini bertujuan untuk menganalisa manfaat penerapan sistem informasi akuntansi dengan basis komputer untuk persediaan pada industri eceran. Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian kepustakaan dan penelitian Iapangan. Penelitian kepustakaan dimaksudkan untuk mendapatkan informasi mengenai teori-teori yang berhubungan dengan topik pembahasan, sedangkan penelitian lapangan dimaksudkan untuk mendapatkan informasi mengenai kondisi perusahaan dan data-data empiris yang berhubungan dengan sistem informasi akuntansi untuk persediaan. Penulis membagi pembahasan meniadi lima bagian, yaitu evaluasi atas faktor-faktor yang mempengaruhi sistem informasi akuntansi, evaluasi atas sistem pengendalian intern, evaluasi sistem informasi akuntansi, evaluasi atas informasi yang dihasilkan dan yang terakhir adalah evaluasi atas peranan sistem dalam mendukung operasi dan pengendalian persediaan. Dari hasil evaluasi tersebut penulis menyimpulkan bahwa integritas manajemen sudah baik sedangkan struktur organisasi perusahaan perlu sedikit perbaikan, karena dalam struktur organisasi yang sekarang kurang terdapat pemerataan wewenang, struktur pengendalian intern sudah memadai, sistem informasi akuntansi yang diterapkan sudah bagus, laporan-laporan yang dihasilkan iuga sudah memadai dan terbukti bahwa sistem informasi akuntansi dengan basis komputer yang diterapkan sangat membantu pihak manajemen dalam pengendalian dan perencanaan persediaan. Penulis menyarankan agar pengendalian dan perencanaan persediaan lebih terkoordinasi, sebaiknya sistem informasi akuntansi perusahaan terintegrasi antara pusat dan seluruh cabang."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1995
S18891
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jusuf Amiruddin
"PT. Petra adalah sebuah perusahaan nasional yang memiliki peranan yang hesar dalam industri perminyakan di Indonesia, karena ruang lingkup operasinya mencakup dari hulu hingga ke hilir yaitu mulai dari pencarian, penambangan, mengolah, mengangkut dan memasarkan produk akhir.
Sebagai salah satu penerapan dari strategi dan perencanaan perusahaan maka setiap tahun disusun enam jenis anggaran, tiga diantaranya adalah Anggaran Operasi, Anggaran Investasi, dan Anggaran Material. Anggaran Operasi dan Investasi disusun oleh Fungsi Operasi, sedangkan Anggaran Material penyusunannya menjadi tanggung jawab Fungsi Logistik.
Tujuan penulisan Karya Akhir ini adalah untuk mencari penyebab masalah utama serta memberikan alternatif pemecahan yang mungkin dapat mengatasi masalah dalam sistem anggaran material perusahaan. Sedangkan metoda yang digunakan adalah analisa sistem dengan tahapannya adalah identifikasi, memahami, analisa permasalahan serta rekomendasi dan pelaporan.
Sebagai kesimpulan dapat dikemukakan bahwa untuk dapat menyelesaikan permasalahan terhadap sistem anggaran material pada PT. Petra diperlukan integrasi dan Bourdinasi yang baik antar fungsi-fungsi yang terlibat dalam proses perencanaan. Disamping itu melihat volume pekerjaan yang Sangat besar maka se1ain"usaha penyederhanaan sistem sebaiknya diikuti dengan pengurangan jumlah item material yang harus ditangani, Serta perancangan sistem yang terkomputerisasi agar didapat efek sinergi yang lebih besar."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1989
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dissatya Nurul Bestari
"Laporan ini bertujuan untuk mengevaluasi aktivitas pengendalian internal atas pengeluaran kas di PT. XYZ. PT. XYZ merupakan perusahaan yang bergerak di bidang asuransi dengan berbagai layanan keuangan. Evaluasi atas aktivitas pengendalian internal terkait pemisahan tugas ditemukan bahwa satu dari empat pemisahan tugasnya, yaitu pemisahan tanggung jawab dan operasional telah dijalankan dengan baik karena adanya kesesuaian antara praktik dan standar yang yang dijalankan perusahaan. Untuk dokumen dan catatan serta pengendalian fisik atas aset dan catatan, beberapa praktik pengendaliannya telah dijalankan namun tidak ditemukan adanya standar atau prosedur terkait pengendalian ini. Pada pengoperasian kas kecil, PT. XYZ telah menjalankan sistem imprest fund, namun tidak ditemukan adanya standar atau prosedur yang dapat mendukung praktik penetapan kas kecil ini. Terkait pembayaran dana kas kecil, PT. XYZ telah menjalankan praktik yang sesuai dengan standarnya. Untuk reimbursement, ditemukan adanya ketidaksesuaian antara praktik dan standar perusahaan. Dari hasil evaluasi, PT. XYZ masih memerlukan Standard Operating Procedure (SOP) terkait dokumen dan catatan serta pengendalian fisik atas aset dan catatannya yang dapat mendukung kinerja karyawan. Pengoperasian kas kecil juga telah dijalankan praktiknya, namun PT. XYZ memerlukan standar atau prosedur yang jelas terkait penetapan kas kecil dan disarankan untuk memperbaiki SOP terkait reimbursement agar alurnya lebih efektif dan efisien untuk diikuti oleh karyawan PT. XYZ.

This report aims to evaluate internal control activities on cash disbursement at PT. XYZ. PT. XYZ is a company engaged in insurance with various financial services. The evaluation of internal control activities related to the separation of duties found that one of the four separate tasks, namely the separation of responsibilities and operations has been carried out well because of the compatibility between the practices and standards that the company operates. For documents and records as well as physical control of assets and records, some of the control practices have been implemented but no standards or procedures related to this control have been found. In the operation of petty cash, PT. XYZ has implemented an imprest fund system, but no standards or procedures have been found that can support the practice of establishing petty cash. Regarding the payment of petty cash funds, PT. XYZ has carried out practices that are in accordance with its standards. For reimbursement, it was found that there was a discrepancy between company practices and standards. From the results of the evaluation, PT. XYZ still needs a Standard Operating Procedure (SOP) related to documents and records and physical control of assets and records that can support employee performance. The practice of petty cash has also been carried out in practice, but PT. XYZ requires clear standards or procedures related to petty cash assignments and is advised to improve SOPs related to reimbursement so that the flow is more effective and efficient for PT. XYZ."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rinda Desgita Virnari Saputri
"ABSTRAK
Laporan karya akhir ini memiliki dua tujuan utama. Pertama bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem informasi akuntansi atas siklus pendapatan. Kedua, untuk mengetahui dan mengevaluasi pengimplementasian prosedur-prosedur yang ada pada siklus pendapatan pada salah satu perusahaan distributor farmasi yaitu PT ABC. Perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya untuk mencapai tujuan utamanya harus melakukan pengendalian. Pengendalian yang diterapkan harus memberikan manfaat, dalam hal ini mampu meningkatkan efektivitas serta efisiensi kegiatan operasi. Pengendalian tersebut bertujuan agar segala sesuatunya berjalan sesuai dengan seharusnya. Salah satu yang dapat dilakukan perusahaan adalah dengan membuat prosedur yang sistematis yang mengedepankan unsur-unsur pengendalian internal.
Hasil dari evaluasi selama magang menunjukkan bahwa prosedur pada siklus pendapatan PT ABC sudah disusun secara baik dengan mengedepankan unsur-unsur pengendalian internal. Namun, pengimplementasian beberapa prosedur pendukung prosedur penjualan masih sangat lemah.

ABSTRACT
This final assignment has two main purposes. The first is to find out the practice of revenue cycle in accounting information system. The second is to find out and to evaluate the implementation of revenue cycle?s procedures in a pharmaceutical distributor company which is PT ABC. Company?s activity to reach target has to do such internal control. The controls must give benefit, in this case can improve effectiveness and also operation efficiency. The control aims to get everything way supposed to. One thing that company can do is to make systematic procedure that puts elements of internal control.
Results of the evaluation during the internship program indicate that procedures in the revenue cycle have been prepared properly with the advance elements of internal control. However, the implementation of some of sales supporting procedures are still very week.
"
2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Susilowati
"Studi ini menganalisis implementasi perubahan sistem informasi akuntansi di suatu perusahaan Indonesia yang meningkatkan sistemnya dengan melakukan komputerisasi siklus pembeliannya. Perangkat lunak yang diimplementasikan adalah SAGE ACCPAC. Studi dilakukan terhadap 3 (tiga) hal. Pertama, analisis dilakukan untuk melihat bagaimana perusahaan tersebut menerapkan change management dalam persiapan dan proses implementasi sistem yang baru. Kedua, melihat manfaat dan kinerja dari perangkat lunak baru tersebut setelah diimplementasikan. Ketiga, menelaah penyesuaian dan kecukupan sistem pengendalian internal setelah adanya sistem yang baru tersebut.
Studi ini dilakukan melalui studi kepustakaan, observasi langsung , dan wawancara yang menggunakan daftar pertanyaan panduan. Hasil studi menunjukkan bahwa perusahaan telah melakukan change management dengan cukup baik; manfaat dan peningkatan kinerja yang baik dari ACCPAC dirasakan oleh karyawan yang menggunakan perangkat lunak tersebut; dan penyesuaian terhadap sistem pengendalian setelah implementasi perangkat lunak cukup memadai. Walaupun demikian, beberapa kelemahan dalam implementasi sistem baru tersebut dapat diidentifikasi, dan oleh karenanya saran perbaikan diberikan oleh penulis.

This sudy analizes the implementation of changes in the accounting information system at an Indonesian firm that is moving towards a computerized purchasing cycle. The software implemented is SAGE ACCPAC. The study has 3 (three) points of interest. First, analysis is done to determine whether the firm has practised change management before and during the implementation process. Second, to see the benefit and performance of the new system. Third, to investigate the changes and adequacy of the internal control system after the existance of the new system.
The study was performed through literature survey, direct observation, and interviews using a questionnaire as a guideline. Results of the study shows the the firm has adequately practised change management; Employees using ACCPAC feel that the software is useful and improves performance; and adjustments were adequately made to the internal control system after the implementation of the new software. However, a few weaknesses were identified in the implementation of the new system and accordingly, improvement suggestions are given by the writer.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S45838
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>