Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 166129 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yossi Naomi Magdalena
"Perkembangan bisnis e-commerce agar tetap berjalan di Indonesia maka perusahaan ecommerce harus menjaga customer satisfaction. Pada aplikasi shopee customer satisfaction dapat dilihat dari rating yang diberikan customer. Penelitian ini bertujuan untuk mencari faktor-faktor yang memengaruhui customer dalam memberikan rating dengan tujuan untuk meningkatkan service shopee. Kondisi saat ini perusahaan belum mengetahui indikator ketika customer memberikan rating. Penelitian ini menggunakan beberapa metode yaitu Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT), Technology Acceptance Model (TAM) dan kualitas produk yang memberikan pengaruh pada rating. Target responden adalah customer shopee yang pernah memberikan bad rating dan yang belum pernah memberikan rating dengan jumlah 326 responden. Kuesioner disebar secara online melalui google form serta pengolahan analisis statistik yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS) dengan tools SmartPLS v.4. Hasil dari penelitian memberikan kesimpulan bahwa faktor yang memengaruhui responden bad rating dalam memberikan rating dengan hasil positif signifikan adalah faktor perceived ease of use, social influence dan customer satisfaction dengan nilai r-square rating 0.354 (moderate) dan dari moderasi variabel yang paling banyak berpengaruh positif signifikan adalah gender wanita. Sedangkan responden yang belum pernah memberikan rating yang memengaruhui positif signifikan adalah performance expectancy, social influence dan customer satisfaction dengan nilai r-square untuk rating 0.823 (kuat). Berdasarkan hasil diskusi dengan team management shopee disimpulkan beberapa hal perbaikan untuk meningkatkan service yaitu perbaikan algoritma aplikasi, development team operational, dan beberapa strategi untuk mengatasi impact setelah pandemic covid 19.

The development of the e-commerce business in Indonesia, ecommerce companies must maintain customer satisfaction. In the shopee customer satisfaction app, it can be seen from the ratings given by consumers. This research aims to find factors that influence consumers in providing ratings with the aim of improving shopee services. The current condition of the company does not know the indicators when consumers give ratings. This research uses several methods, such as the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT), Technology Acceptance Model (TAM) and product quality that influences ratings. The target respondents are shopee consumers who have given bad ratings and who have never given a rating with 326 respondents. The questionnaire was distributed online via google form and the statistical analysis processing used was Partial Least Square (PLS) with SmartPLS v.4 tools. The results of the study concluded that the factors that influence bad rating respondents in providing ratings with significant positive results are the factors of perceived ease of use, social influence and customer satisfaction with an r-square rating value of 0.354 (moderate) and from moderation, the variable that has the most significant positive effect is female gender. Meanwhile, respondents who have never given a rating that has a significant positive effect are performance expectancy, social influence and customer satisfaction with an r-square value for ratings of 0.823 (strong). Based on the results of discussions with the shopee management team, it is concluded that there are several improvements to improve service, namely improving application algorithms, developing operational teams, and several strategies to overcome the impact after the covid pandemic."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmatul Mahdalina
"Teknologi mempengaruhi berbagai lini kehidupan masyarakat. Penggunaan transportasi, memenuhi kebutuhan seperti belanja, bahkan juga untuk bersosialisasi semuanya menggunakan teknologi. Aktivitas seperti jual beli juga pun terpengaruh, hingga mendorong munculnya e-commerce. E-commerce tentu berkaitan dengan pelanggan maupun pengguna e-commerce yang mengungkapkan berbagai opininya. Beberapa opini disampaikan melalui media sosial yang dimiliki oleh e-commerce salah satunya adalah Twitter. Opini inilah yang menarik dieksplorasi untuk diketahui sentimen dan tingkat kepuasan dari pelanggan e-commerce. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk menyusun aspek kepuasan pelanggan dan juga menentukan metode Lexicon yang relevan untuk analisis sentimen. Data diambil dari microblogs Twitter terbatas pada 5 penyelenggara e-commerce yaitu Blibli, Bukalapak, Lazada, Shopee, dan Tokopedia sebanyak 88.816 tweet. Dikategorisasikan ke dalam aspek-aspek sehingga menjadi 12.995 tweet. Aspek-aspek kepuasan pelanggan disusun melalui studi literatur dan menghasilkan 6 aspek. Keenam aspek tersebut adalah aspek produk, penjual, logistik, harga, layanan, dan sistem. Kategorisasi tweet ke dalam aspek menggunakan kata kunci berkaitan dengan aspek-aspek sebanyak 73 kata kunci yang dihasilkan dari analisis hasil word cloud dan topic modelling yang menggunakan LDA. Untuk pemilihan metode lexicon dibuat skenario yang diujikan pada 300 tweet yang dilabeli secara manual dan dipilih secara acak dari data aspek. Skenario yang dilakukan pada data berlabel ada dua, yaitu menggunakan Lexicon 1 dan Lexicon 2. Lexicon 1 adalah perbandingan kamus, sedangkan Lexicon 2 merupakan perbandingan rumus yang berbeda. Hasil Lexicon 1 adalah seluruh kamus memiliki nilai akurasi sama yaitu 0,54. Sedangkan pada Lexicon 2 memiliki nilai akurasi tertinggi yaitu 0,46 dari kamus berskala 1 dengan rumus pertama. Sehingga, metode terpilih adalah Lexicon 1 menggunakan kamus InSet. Penerapan kategorisasi aspek menghasilkan bahwa aspek dominan pada masing-masing e-commerce dan pada keseluruhan e-commerce adalah aspek produk. Penerapan metode berbasis leksikon pada analisis sentimen menghasilkan bahwa di seluruh e-commerce pada setiap aspeknya memiliki sentimen dominan positif. Implikasi dari penelitian ini adalah bertambahnya khazanah ilmu pengetahuan berkaitan kepuasan pelanggan dan bervariasinya kamus serta metode berbasis leksikon yang dapat menjadi referensi dan penelitian lebih lanjut. Selain itu, bagi penyelenggara e-commerce penelitian ini dapat membantu analisis untuk peningkatan maupun pengambilan kebijakan.

Technology affects various lines of people's lives. The use of transportation, meeting needs such as shopping, and even socializing all use technology. Activities such as buying and selling were also affected, thus encouraging the emergence of e-commerce. E-commerce is undoubtedly related to customers and e-commerce users who express various opinions. Some opinions are conveyed through social media owned by e-commerce, one of which is Twitter. This opinion is interesting to be explored to find out the sentiment and satisfaction level of e-commerce customers. Therefore, this study aims to compile aspects of customer satisfaction and determine the Lexicon method relevant to sentiment analysis. Data was taken from Twitter microblogs limited to 5 e-commerce organizers, namely Blibli, Bukalapak, Lazada, Shopee, and Tokopedia, with a total of 88,816 tweets. Categorized into aspects so that it becomes 12,995 tweets. Aspects of customer satisfaction are compiled through literature studies and produce six aspects. The six aspects are product, seller, logistics, price, service, and system. Categorizing tweets into aspects using keywords related to aspects as many as 73, resulting from analysis of word cloud results and topic modeling using LDA.
For the selection of the lexicon method, scenarios were created that were tested on 300 tweets labeled manually and randomly selected from aspect data. Two scenarios were performed on labeled data using Lexicon 1 and Lexicon 2. Lexicon 1 is a comparison of dictionaries, while Lexicon 2 is a comparison of different formulas. The result of Lexicon 1 is that all dictionaries have the same accuracy value of 0.54. Meanwhile, Lexicon 2 has the highest accuracy value of 0.46 on a scale of one dictionary with the first formula. So, the chosen method is Lexicon 1 using the InSet dictionary. The application of aspect categorization results in the dominant aspect in each e-commerce, and all e-commerce is the product aspect. Applying the lexicon-based method to sentiment analysis results in all e-commerce has dominant positive sentiment in every aspect. The implication of this research is to increase the knowledge related to customer satisfaction and the variety of dictionaries and lexicon-based methods that can be used as references and further research. In addition, for e-commerce organizers, this research can assist analysis for improvement and policy making.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Vioren Paramitta Adithana
"Perkembangan internet dan smartphone mendorong berbagai kegiatan, salah satunya pembayaran, untuk dilakukan secara online dengan memanfaatkan teknologi mobile. Saat ini bank sudah mulai menyediakan layanan digital only bank. Namun, masih banyak pro-kontra terkait bank digital di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meneliti adopsi digital banking yang melibatkan perpindahan kepercayaan dari suatu e-commerce yang sudah banyak dipercayai dengan menggunakan teori trust transfer beserta faktor-faktor customer experience yang memengaruhi proses trust transfer tersebut. Penelitian ini menggunakan studi kasus bank digital SeaBank dengan e-commerce Shopee yang memiliki satu parent group yang sama yaitu Sea Group. Pendekatan kuantitatif pada penelitian ini memanfaatkan data dari penyebaran kuesioner daring dengan total 629 responden. Kemudian, data diolah menggunakan metode partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) dengan perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil analisis data menunjukkan faktor customer cost, convenience, perceived ease of use, informativeness, dan relationship investment berpengaruh secara positif kepada trust in Shopee. Lalu, faktor customisation, customer cost, dan relationship investment berpengaruh secara positif kepada loyalty to Shopee. Selain itu, ditemukan bahwa trust in Shopee dan loyalty to Shopee memengaruhi trust in SeaBank secara positif, serta trust in SeaBank memengaruhi intention to use SeaBank secara positif, sehingga penelitian ini memperkuat teori trust transfer. Di lain sisi, faktor customisation tidak memengaruhi trust in Shopee dan faktor convenience, perceived ease of use, dan informativeness tidak memengaruhi loyalty to Shopee. Namun, penolakan beberapa hipotesis tersebut telah divalidasi oleh enam narasumber wawancara yang merupakan pengguna aktif Shopee. Implikasi teoritis penelitian ini adalah perluasan mengenai pengaruh customer experience terhadap value yang diberikan perusahaan kepada customer, dapat meningkatkan kepercayaan dan kesetiaan pengguna sekaligus memberikan fakta baru mengenai proses trust transfer hingga menjadi intention to use antara Shopee dengan SeaBank dalam konteks customer experience.

The development of the internet and smartphones has facilitated various activities, including online payments, by leveraging mobile technology. Currently, banks have begun offering digital-only banking services. However, there are still many pros and cons related to digital banks in Indonesia. Therefore, this research aims to examine the adoption of digital banking, involving the transfer of trust from a well-established e-commerce platform, using the trust transfer theory and the factors of customer experience that influence this trust transfer process. This study focuses on the case of SeaBank, a digital bank, and Shopee, an e-commerce platform, which share the same parent group, Sea Group. The quantitative approach in this research utilizes data collected through online questionnaires with a total of 629 respondents. The data is then analyzed using the partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) method with SmartPLS4 software. The results of the data analysis show that factors such as customer cost, convenience, perceived ease of use, informativeness, and relationship investment have a positive influence on trust in Shopee. Furthermore, customisation, customer cost, and relationship investment have a positive impact on loyalty to Shopee. Additionally, trust in Shopee and loyalty to Shopee positively affect trust in SeaBank, and trust in SeaBank positively influences the intention to use SeaBank, thus strengthening the trust transfer theory. On the other hand, customisation does not affect trust in Shopee, and factors such as convenience, perceived ease of use, and informativeness do not influence loyalty to Shopee. However, the rejection of these hypotheses has been validated by six interviewees who are active Shopee users. The theoretical implications of this research include expanding the understanding of the influence of customer experience on the value provided by companies to customers, which can enhance user trust and loyalty, while also providing new insights into the trust transfer process leading to the intention to use between Shopee and SeaBank in the context of customer experience.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nathanael Pardosi
"Perkembangan internet dan smartphone mendorong berbagai kegiatan, salah satunya pembayaran, untuk dilakukan secara online dengan memanfaatkan teknologi mobile. Saat ini bank sudah mulai menyediakan layanan digital only bank. Namun, masih banyak pro-kontra terkait bank digital di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meneliti adopsi digital banking yang melibatkan perpindahan kepercayaan dari suatu e-commerce yang sudah banyak dipercayai dengan menggunakan teori trust transfer beserta faktor-faktor customer experience yang memengaruhi proses trust transfer tersebut. Penelitian ini menggunakan studi kasus bank digital SeaBank dengan e-commerce Shopee yang memiliki satu parent group yang sama yaitu Sea Group. Pendekatan kuantitatif pada penelitian ini memanfaatkan data dari penyebaran kuesioner daring dengan total 629 responden. Kemudian, data diolah menggunakan metode partial least squares structural equation modeling (PLSSEM) dengan perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil analisis data menunjukkan faktor customer cost, convenience, perceived ease of use, informativeness, dan relationship investment berpengaruh secara positif kepada trust in Shopee. Lalu, faktor customisation, customer cost, dan relationship investment berpengaruh secara positif kepada loyalty to Shopee. Selain itu, ditemukan bahwa trust in Shopee dan loyalty to Shopee memengaruhi trust in SeaBank secara positif, serta trust in SeaBank memengaruhi intention to use SeaBank secara positif, sehingga penelitian ini memperkuat teori trust transfer. Di lain sisi, faktor customisation tidak memengaruhi trust in Shopee dan faktor convenience, perceived ease of use, dan informativeness tidak memengaruhi loyalty to Shopee. Namun, penolakan beberapa hipotesis tersebut telah divalidasi oleh enam narasumber wawancara yang merupakan pengguna aktif Shopee. Implikasi teoritis penelitian ini adalah perluasan mengenai pengaruh customer experience terhadap value yang diberikan perusahaan kepada customer, dapat meningkatkan kepercayaan dan kesetiaan pengguna sekaligus memberikan fakta baru mengenai proses trust transfer hingga menjadi intention to use antara Shopee dengan SeaBank dalam konteks customer experience.

The development of the internet and smartphones has facilitated various activities, including online payments, by leveraging mobile technology. Currently, banks have begun offering digital-only banking services. However, there are still many pros and cons related to digital banks in Indonesia. Therefore, this research aims to examine the adoption of digital banking, involving the transfer of trust from a well-established e-commerce platform, using the trust transfer theory and the factors of customer experience that influence this trust transfer process. This study focuses on the case of SeaBank, a digital bank, and Shopee, an e-commerce platform, which share the same parent group, Sea Group. The quantitative approach in this research utilizes data collected through online questionnaires with a total of 629 respondents. The data is then analyzed using the partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) method with SmartPLS4 software. The results of the data analysis show that factors such as customer cost, convenience, perceived ease of use, informativeness, and relationship investment have a positive influence on trust in Shopee. Furthermore, customisation, customer cost, and relationship investment have a positive impact on loyalty to Shopee. Additionally, trust in Shopee and loyalty to Shopee positively affect trust in SeaBank, and trust in SeaBank positively influences the intention to use SeaBank, thus strengthening the trust transfer theory. On the other hand, customisation does not affect trust in Shopee, and factors such as convenience, perceived ease of use, and informativeness do not influence loyalty to Shopee. However, the rejection of these hypotheses has been validated by six interviewees who are active Shopee users. The theoretical implications of this research include expanding the understanding of the influence of customer experience on the value provided by companies to customers, which can enhance user trust and loyalty, while also providing new insights into the trust transfer process leading to the intention to use between Shopee and SeaBank in the context of customer experience.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Evita Haliansyah
"Perkembangan internet dan smartphone mendorong berbagai kegiatan, salah satunya pembayaran, untuk dilakukan secara online dengan memanfaatkan teknologi mobile. Saat ini bank sudah mulai menyediakan layanan digital only bank. Namun, masih banyak pro-kontra terkait bank digital di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meneliti adopsi digital banking yang melibatkan perpindahan kepercayaan dari suatu e-commerce yang sudah banyak dipercayai dengan menggunakan teori trust transfer beserta faktor-faktor customer experience yang memengaruhi proses trust transfer tersebut. Penelitian ini menggunakan studi kasus bank digital SeaBank dengan e-commerce Shopee yang memiliki satu parent group yang sama yaitu Sea Group. Pendekatan kuantitatif pada penelitian ini memanfaatkan data dari penyebaran kuesioner daring dengan total 629 responden. Kemudian, data diolah menggunakan metode partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) dengan perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil analisis data menunjukkan faktor customer cost, convenience, perceived ease of use, informativeness, dan relationship investment berpengaruh secara positif kepada trust in Shopee. Lalu, faktor customisation, customer cost, dan relationship investment berpengaruh secara positif kepada loyalty to Shopee. Selain itu, ditemukan bahwa trust in Shopee dan loyalty to Shopee memengaruhi trust in SeaBank secara positif, serta trust in SeaBank memengaruhi intention to use SeaBank secara positif, sehingga penelitian ini memperkuat teori trust transfer. Di lain sisi, faktor customisation tidak memengaruhi trust in Shopee dan faktor convenience, perceived ease of use, dan informativeness tidak memengaruhi loyalty to Shopee. Namun, penolakan beberapa hipotesis tersebut telah divalidasi oleh enam narasumber wawancara yang merupakan pengguna aktif Shopee. Implikasi teoritis penelitian ini adalah perluasan mengenai pengaruh customer experience terhadap value yang diberikan perusahaan kepada customer, dapat meningkatkan kepercayaan dan kesetiaan pengguna sekaligus memberikan fakta baru mengenai proses trust transfer hingga menjadi intention to use antara Shopee dengan SeaBank dalam konteks customer experience.

The development of the internet and smartphones has facilitated various activities, including online payments, by leveraging mobile technology. Currently, banks have begun offering digital-only banking services. However, there are still many pros and cons related to digital banks in Indonesia. Therefore, this research aims to examine the adoption of digital banking, involving the transfer of trust from a well-established e-commerce platform, using the trust transfer theory and the factors of customer experience that influence this trust transfer process. This study focuses on the case of SeaBank, a digital bank, and Shopee, an e-commerce platform, which share the same parent group, Sea Group. The quantitative approach in this research utilizes data collected through online questionnaires with a total of 629 respondents. The data is then analyzed using the partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) method with SmartPLS4 software. The results of the data analysis show that factors such as customer cost, convenience, perceived ease of use, informativeness, and relationship investment have a positive influence on trust in Shopee. Furthermore, customisation, customer cost, and relationship investment have a positive impact on loyalty to Shopee. Additionally, trust in Shopee and loyalty to Shopee positively affect trust in SeaBank, and trust in SeaBank positively influences the intention to use SeaBank, thus strengthening the trust transfer theory. On the other hand, customisation does not affect trust in Shopee, and factors such as convenience, perceived ease of use, and informativeness do not influence loyalty to Shopee. However, the rejection of these hypotheses has been validated by six interviewees who are active Shopee users. The theoretical implications of this research include expanding the understanding of the influence of customer experience on the value provided by companies to customers, which can enhance user trust and loyalty, while also providing new insights into the trust transfer process leading to the intention to use between Shopee and SeaBank in the context of customer experience.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Angellica Brigita
"E-commerce semakin berkembang pesat saat ini. Terdapat berbagai pilihan aplikasi e-commerce di Indonesia yang dapat digunakan oleh konsumen. E-commerce perlu memiliki kualitas layanan dan fitur yang berkualitas serta andal sehingga dapat unggul dari kompetitor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-service quality, personalization, E-WOM, dan customer support system (CSS) terhadap keberhasilan e-commerce. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner online. Jumlah responden yang mengisi kuesioner penelitian ini sebanyak 108 responden. Responden pada penelitian ini merupakan pengguna e-commerce Shopee dari kalangan generasi milenial dan generasi Z. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear dan menggunakan software IBM SPSS Statistics 25 dalam mengolah data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-service quality, personalization, E-WOM, dan CSS masing-masing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan e-commerce. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa e-service quality, personalization, E-WOM, dan CSS secara simultan memiliki pengaruh terhadap e-commerce success. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, diantara keempat variabel independen pada penelitian ini, e-service quality merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap keberhasilan e-commerce.

E-commerce is rapidly growing nowadays. There are various options of e-commerce applications in Indonesia that can be used by consumers. E-commerce needs to have high-quality and reliable service quality and features in order to excel over competitors. This research aims to analyze the influence of e-service quality, personalization, E-WOM, and customer support system (CSS) on e-commerce success. This study uses a quantitative approach with data collection using an online questionnaire. The number of respondents who filled out the questionnaire is 108 respondents. The respondents in this research are Shopee users from the millennial generation and generation Z. This study uses linear regression analysis and is processed using IBM SPSS Statistics 25 software. The result of this study indicate that e-service quality, personalization, E-WOM, and CSS each have a positive and significant influence on e-commerce success. The result also show that e-service quality, personalization, E-WOM, and CSS simultaneously have an influence on e-commerce success. The result show that, among the four independent variables in this study, e-service quality is the variable that has the most infuence on e-commerce success."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tria Yulia Rahmawati
"ABSTRAK
Penelitian ini mendiskusikan tentang peran Instagram dalam praktik manajemen Bank Muamalat. Instagram merupakan salah satu media sosial yang populer yang bisa membantu untuk meningkatkan praktik manajemen perusahaan. Dengan menerapkan metodologi kualitatif, penelitian ini menemukan bahwa Instagram dapat meningkatkan praktik manajemen Bank dalam beberapa aspek. Akan tetapi, penggunaan Instagram masih kurang efektif karena masih banyak yang digunakan secara searah. Penelitian selanjutnya bisa dilaksanakan pada Bank Syariah lainnya. Apalagi, hal ini menarik untuk melihat apakah perusahaan yang mengelola akun Instagramnya secara in-house dan dengan perusahaan yang menggunakan jasa pihak ketiga bisa membuat adanya perbedaan dalam peran Instagram yang mempengaruhi praktik manajemen pada Bank Syariah.

ABSTRACT
This study discusses the role of Instagram in the managerial practices of Bank Muamalat. Instagram is one of the most popular social media which can help improving firms 39 management practices. By applying the qualitative methodology, this study finds that Instagram could improve the bank managerial practices in several aspects. However, the use of Instagram in Bank Muamalat is less effective as it is mostly still unidirectional. Future research can be conducted in other Islamic banks. Moreover, it is also interesting to see whether managing Instagram accounts in house and with the assistance of third party make any difference in the role of Instagram in influencing managerial practices of Islamic banks."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Angela Dewi
"Perkembangan e-commerce dan PayLater telah digunakan secara luas untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, yang dapat mengarah pada pembelian secara impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara recommended product quality dan materialism terhadap e-impulse buying. Penelitian ini menggunakan 237 responden berusia 18-42 tahun yang pernah melakukan pembelian pakaian menggunakan Shopee PayLater. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan metode Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa materialism memiliki pengaruh signifikan terhadap e-impulse buying. Sementara itu, recommended product quality tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap e-impulse buying. Diketahui bahwa customer satisfaction tidak memediasi pengaruh recommended product quality terhadap e-impulse buying. Di lain sisi, product image memediasi pengaruh recommended product quality terhadap e-impulse buying secara signifikan dan positif. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa online review stimuli tidak memoderasi pengaruh recommended product quality terhadap e-impulse buying secara signifikan dan positif. BNPL use memediasi hubungan positif antara materialism dengan e-impulse buying. Penelitian ini juga memberikan implikasi manajerial dan saran untuk penelitian selanjutnya.

The development of e-commerce and PayLater services has been widely used to meet daily living needs, which can lead to impulsive purchases. This study aims to analyze the relationship between recommended product quality and materialism on e-impulse buying. The study used 237 respondents aged 18-42 years who had purchased clothing using Shopee PayLater. The collected data was then processed using the Partial Least Square- Structural Equation Modeling (PLS-SEM) method. The results of this study show that materialism has a significant influence on e-impulse buying. Meanwhile, recommended product quality does not have a significant influence on e-impulse buying. It is known that customer satisfaction does not mediate the influence of recommended product quality o n e-impulse buying. On the other hand, product image significantly and positively mediates the influence of recommended product quality on e-impulse buying. This study also shows that online review stimuli do not significantly and positively moderate the i nfluence of recommended product quality on e-impulse buying. BNPL use mediates the positive relationship between materialism and e-impulse buying. This study also provides managerial implications and suggestions for future research. This study also provides managerial implications and suggestions for future research."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Difa Raksa Annisa
"ABSTRAK
E-commerce adalah industri jual-beli melalui jaringan internet yang sedang berkembang pesat. Salah satu cara yang digunakan agar target market merasakan ikatan secara emosional dengan brand adalah meningkatkan social media engagement di media sosial. Dalam makalah ini penulis ingin menggambarkan penggunaan media sosial pada perusahaan e-commerce sebagai salah satu sumber informasi khalayak yang dilatarbelakangi oleh social media engagement. Hal tersebut berhubungan dengan AISAS model yang menjelaskan mengenai online consumer behavior. Penulisan makalah ini menggunakan studi kasus pada akun media sosial Instagram HappyFresh Indonesia. Penulis melakukan analisa terhadap konten Instagram HappyFresh Indonesia. Hasil penulisan makalah ini menunjukan bahwa konten di Instagram HappyFresh Indonesia sesuai dengan tujuannya untuk meningkatkan social media engagement. Implikasi makalah ini bagi pelaku industri terutama dalam e-commerce untuk menjaga media sosialnya dan terus meningkatkan social media engagement agar membedakan diri dengan kompetitor, menjadi sumber informasi yang kredibel, dan terlibat langsung dalam kehidupan sehari-hari khalayak.

ABSTRACT
E commerce is an industry when you can buy and sell through internet network which is growing rapidly. One of the ways to engage target market in an emotional way is to increase social media engagement on social media. In this paper, author wanted to describe social media use in e commerce business as one of the information sources for audience in the social media engagement. That is related with AISAS model which describes online consumer behavior. This paper uses case study of HappyFresh Indonesia Instagram account. Author performed an analysis of its content. Results of this paper showed that HappyFresh Indonesia Instagram account contents matched with their purpose to increase social media engagement. The implication of this paper for the industry, especially in e commerce business, is to maintain their social media and increasee social media engagement to make differences between competitors, being a credible source of information, and involved in audience everyday life."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Wasi Na'wa
"E-commerce memungkinkan transaksi jual beli online tanpa pertemuan langsung. Meskipun memiliki kelebihan, berbelanja online di e-commerce konvensional masih terbatas dalam deskripsi produk. Untuk mengatasi ini, Shopee menghadirkan inovasi live streaming shopping melalui fitur Shopee Live pada tahun 2019. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat memengaruhi niat pembelian berkelanjutan pada Shopee live streaming. Penelitian ini menggunakan Expectation Confirmation Model dan menggabungkannya dengan konstruk Live Streaming Experience. Selain itu, penelitian ini juga memperhatikan tahapan Consumer Decision Process. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif dengan cara menyebarkan kuesioner online dan memperoleh 401 responden valid. Hasil data kuantitatif diolah dan dianalisis menggunakan metode PLS-SEM dengan bantuan software SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstruk live streaming experience memengaruhi perceived usefulness in live streaming, lalu sebagian konstruk live streaming experience memengaruhi perceived usefulness in platform, untuk kemudian hal ini akan memengaruhi satisfaction dan continuance purchase intention pengguna. Penelitian ini juga memberikan implikasi secara teoretis untuk penelitian selanjutnya serta implikasi praktis untuk pengembang aplikasi Shopee dan host Shopee live streaming.

E-commerce enables online buying and selling transactions without direct face-to-face meetings. Despite having its advantages, online shopping on conventional e-commerce platforms is still limited in product descriptions. To address this, Shopee introduced the innovation of live streaming shopping through the Shopee Live feature in 2019. This study aims to analyze factors affecting continuance purchase intentions on Shopee live streaming. This study combines Expectation Confirmation Model, Live Streaming Experience construct, and the stages of Consumer Decision Process. This study uses a quantitative analysis method by distributing online questionnaires and obtaining 401 valid respondents. The data were processed and analyzed using the PLS-SEM method using SmartPLS 3 software. Based on the result of the analysis, show that live streaming experience construct influences perceived usefulness in live streaming, and some of live streaming experience constructs influence perceived usefulness in the platform. Furthermore, perceived usefulness in live streaming and perceived usefulness in the platform will influence satisfaction and continuance purchase intention of consumer. This study also provides theoretical implications for further research, and practical implications for Shopee application developers and Shopee live streaming hosts."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>