Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 130684 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Agus Sudibyo
Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia), 2022
004 AGU d
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Niblett, G.B.F.
Paris: OECD, 1971
004 NIB d
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Esa Pawenang Panjiwa Putra
"Gangguan fungsi TI pada organisasi dapat mengganggu bisnis organisasi. Oleh karena itu menjaga kualitas layanan yang tinggi dengan memaksimalkan ketersediaan layanan dan meminimalkan jumlah incident layanan TI menjadi hal yang penting. Pada kasus insiden mayor yang terjadi, penyelesaian gangguan TI yang berlangsung lama mengakibatkan terganggunya bisnis organisasi. Kecepatan memulihkan layanan setelah terjadinya gangguan tergantung pada seberapa cepat organisasi mengidentifikasi insiden dan seberapa baik disiapkan. Atas kejadian insiden mayor yang terjadi, Pimpinan tertinggi organisasi XYZ berharap adanya langkah taktis dan sistematis dalam antisipasi dan penanganan gangguan terhadap seluruh layanan TIK. Berdasarkan kondisi tersebut, tujuan penelitian ialah mengetahui faktor utama penyebab utama keterlambatan pemulihan layanan TIK yang terjadi sehingga dapat memberikan rekomendasi terhadap masalah dalam pemulihan layanan.
Permasalahan pemulihan layanan dilihat dari empat faktor, yaitu Teknologi, Organisasi, Lingkungan dan Individu. Masing-masing faktor tersebut memiliki subfaktor yang didefinisikan pada penelitian sebelumnya. Untuk mengetahui masalah yang terjadi dilakukan wawancara dengan responden yang terlibat langsung serta dokumen terkait dengan pemulihan layanan. Untuk mengetahui faktor/subfaktor yang paling memengaruhi pemulihan layanan, maka dilakukan pembobotan terhadap faktor/subfaktor menggunakan teknik AHP. Hasil pembobotan faktor tertinggi ialah organisasi, sedangkan hasil pembobotan subfaktor tertinggi ialah persepsi manfaat kelangsungan bisnis. Setelah itu dilakukan penyusunan rekomendasi berdasarkan studi literatur. Hasil dari studi literature dilakukan validasi oleh organisasi melalui FGD dan pakar. Hasil penelitian memberikan rekomendasi perbaikan dari masalah yang ditemukan menggunakan pendekatan best practice ITIL.

Impaired IT functions in organizations can disrupt the business organization. Therefore maintaining high service quality by maximizing service availability and minimizing the incident number of IT services becomes important. In the case of major incidents, resolving long standing IT disruptions results in disruption of the business organization. The speed of restoring services after the occurrence of interference depends on how quickly the organization identifies the incident and how well it is prepared. On the occurrence of major incidents, top level management of XYZ organization expects a tactical and systematic step in anticipating and handling disruptions to all ICT services. Based on these conditions, this research aim to study the main cause factors of IT disaster recovery problem that occurs so as to provide recommendations for it.
IT disaster recovery problem can be identified by 4 factors, which are technology, organization, environment and individual. Each of these factors has a subfactors defined in the previous study. To find out the problem, interviews with the respondents who involved directly as well as documents related to service recovery. To know the factors subfactors that most affect the recovery of services, then weighted factor subfaktor using AHP techniques. The result of the highest weighted factor is the organization, while the highest weighted subfactor result is the perception of business continuity benefit. After that, do the preparation of recommendations based on literature study. The results of the literature study were validated by the organization through FGDs and experts. The results provide an improvement recommendation of the problems using the best practice approach of ITIL.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Hartinah
"Informasi dibutuhkan dalam kehidupan manusia dari waktu ke waktu. Informasi tersebut digunakan untuk berinteraksi dalam kehidupan masyarakat. Perkembangan bentuk maupun cara mendapatkan informasi terjadi sangat cepat dengan adanya penyediaan informasi yang merupakan gabungan antara data dan suara secara cepat tanpa batasan ruang dan waktu. Informasi dapat diperoleh oleh siapa saja, kapan saja, dimana saja, dengan menggunakan kecanggihan teknologi informasi. "
Jakarta: Pusat jasa Perpustakaan dan Informasi ( Perpustakaan Nasional RI), 2009
020 VIS 11:3 (2009)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Gonzalez, Rafael C.
New York, NY: Pearson, 2016
621.367 GON d
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Habib Algifari
"Pada era informasi saat ini, untuk dapat bersaing secara global, setiap perusahaan harus memiliki persiapan dan perencanaan objektif pada produk atau jasa yang dimiliki. Persiapan dan perencanaan objektif perusahaan tersebut tersusun pada dokumen strategi bisnis digital. Tujuan utama penyusunan dokumen strategi bisnis digital pada organisasi, untuk memberikan gambaran target jangka panjang maupun target jangka pendek yang ingin dicapai oleh perusahaan melalui unit bisnis, produk, maupun organisasi secara keseluruhan. PT Patih Indo Permai merupakan agen perjalanan milik swasta yang didirikan pada Januari 1988. PT Patih Indo Permai memiliki produk untuk penjualan tiket pesawat dengan model bisnis B2C.
Berdasarkan hasil FGD yang dilakukan dengan general manager, dan beberapa kepala divisi dari PT Patih Indo Permai, diperoleh beberapa sasaran strategis pada produk Patihgo Mobile. Penelitian ini menggunakan metode penyusunan strategi chaffey 2009. Strategi bisnis yang dihasilkan menggunakan tiga tahapan metode penyusunan strategi chaffey 2009 yaitu: tahapan strategy analysis, strategy objective, dan strategy definition.
Penelitian ini menghasilkan strategi bisnis digital untuk produk Patihgo Mobile. Strategi yang disusun berfokus pada sasaran strategis yang dianalisis dengan mempertimbangkan lingkungan eksternal dan sumber daya internal pada perusahaa.

In this information era, in order to compete globally every companies should have a preparation and objective planning on their products or services. Companies preparation and objective planning are arranged on e-business strategy documents. The main purposes of e-business strategy is to ilustrate long term goals and short term target that company want to achieve from their business unit, product or in the entire organization. PT Patih Indo Permai is a privately owned travel agency that was established in January 1988. PT Indo Patih Permai have products for airline ticketing sales with B2C business models.
Based on FGD that was performed along with general manager, several division head from PT Patih Indo Permai are acquired several strategic objectives on Patihgo Mobile product. This research uses strategy formulation Chaffey 2009. Business strategy generated using three stages of strategy formulation methods Chaffey 2009 consist of strategy analysis, strategy objectives and strategy definition.
This research resulted in the digital business strategy for Patihgo Mobile products. The strategy focuses on the strategic objectives that were analyzed by considering the external environment and internal resources in the company's busines.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nasution, Puteri Shafira
"ABSTRAK
Melesatnya peran teknologi informasi, terutama Internet sebagai sarana pemenuhan kebutuhan informasi masyarakat menyebabkan media cetak menghadapi tantangan berat, termasuk surat kabar. Salah satu indikasi tertekannya kehadiran media cetak di tengah gegap teknologi selama dua dekade terakhir adalah merosotnya penetrasi surat kabar. Sebaliknya, jumlah pengguna Internet yang mengakses laman berita terus melesat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) angkatan 2014 sebagai pembaca media cetak, khususnya surat kabar, di era teknologi informasi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan dengan metode studi kasus. Hasil penelitian mendapati bahwa media yang paling banyak diakses responden adalah media online berupa mesin pencari, yang diikuti dengan kedua terbanyak yang masih merupakan media online juga, yaitu situs situs berita online. Hasil olah data penelitian juga mendapati mayoritas responden (45%) setuju untuk mengkonsumsi media online dan koran. Sebesar 35,2% responden mungkin ingin media online hanya sebagai tambahan dan mayoritas responden (34,3%) tidak setuju jika harus beralih sepenuhnya ke media online.

ABSTRACT
The fast growing role of information technology, especially the Internet as a means of fulfilling the people's needs of information, has made print media, including newspaper, undergo serious challenges. The pressure on print media amid this fast developing information technology is partly observed from the decreasing penetration of printed newspapers into its readership. On the contrary, the number of Internet users, who get accessed to online-media, tend to keep increasing significantly. This research project is aimed at examining the trend of newspaper readers among the University of Indonesia's 2014 Batch of students of the Social and Political Sciences Faculty (FISIP UI) in information technology era. It is a case study by applying a descriptive research with quantitative approach. The outcomes of this study reveal that search engines are the most widely accessed by respondents while news websites are the second Internet-based media that the respondents most freqently accessed. The results of this research project also show that majority of respondents (45%) agree to consume online-media and printed newspapers. A total of 35.2% of respondents tend to use online-media as their additional news sources, and 34.3% of respondents disagree to totally use online-media as their only news sources."
2016
S63545
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Achmad Birowo
"Implementasi Voice Over IP(VoIP) yaitu percakapan melalui jaringan IP (Internet Protocol), telah banyak digunakan oleh operator telekomunikasi mapun perusahaan-perusahaan besar di dunia. Hal tersebut disebabkan kecenderungan semua platform jaringan menggunakan teknologi IP. Dengan semakin terbukanya softswitch (sentral telepon berbasis IP) dan media gateway terhadap jaringan IP Publik dan jaringan IP Pelanggan, serta kebutuhan remote ke perangkatperangkat tersebut dengan menggunakan IP, maka hal tersebut meningkatkan resiko terhadap keamanan informasi. Operator telekomunikasi memerlukan suatu pengembangan atau penyempurnaan sistem keamanan informasi yang dapat menjamin availability, confidentiality dan integrity sehingga diharapkan target performansi perusahaan dan ekspektasi pelanggan dapat tercapai. Penelitian ini dilakukan untuk menyusun sistem keamanan informasi khususnya sub kebijakan keamanan informasi di Jaringan Telepon Tetap yang berbasis IP pada PT Indosat, Tbk serta strategi penerapannya. Penyusunan rancangan ini dilakukan dengan merujuk kepada kendali-kendali ISO (the International Organization for Standarization) 27001:2005, serta rujukan-rujukan lainnya termasuk materi kuliah Manajemen Resiko. Hasil dari penelitian diharapkan dapat memberikan masukan yang bermanfaat bagi penerapan sistem keamanan informasi untuk lingkup jaringan telepon tetap di PT Indosat.

Voice Over Internet Protocol (VoIP) has been implemented by many telecommunication providers (Telco Provider) and many big companies in the world. That is caused of all telecommunication platform tend to use IP Platform. Since the softswitch as telephony switching can be accessed from public or customer using IP interconnection, and also need to access (remote) those equipment using IP, that will increase the risk of Information Security. They need to develop or improve the Information Security for ensuring the availability, confidentiality and integrity that be able to reach the performance target as customer or top management expectation. The purpose of this research is to develop information security for IP Based Fixed Telephony Network especially developing prioritized Information Security Policy and developing implementation strategy for improving Information Security. This research refer to controls of ISO (the International Organization for Standarization) 27001:2005 and other references (including handout of Risk Management program study) that mentioned in reference list. Hope the result of this research will be benefit for PT Indosat or other academic institutional regarding with Information Security Development For IP Based Fixed Telephony Network.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Jus Widjaja
"Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan internet dewasa ini membawa perkembangan bisnis di segala bidang termasuk juga bagi penyedia jasa permainan rsquo game online rsquo Agar bisa melayani pelanggannya dengan baik dengan tingkat ketersedian yang tinggi diperlukan data center yang memiliki tingkat kehandalan yang baik Selain itu dengan berkembangnya bisnis penyewaan data center perusahaan juga berinisiatif untuk berinvestasi dalam pembangunan data center ini Karena investasi yang besar untuk pembangunan data center maka diperlukan perancangan data center yang bisa bertumbuh sesuai dengan kepentingan perusahaan atau organisasi termasuk didalamnya kepentingan bisnis dan ekonomi Untuk itu diperlukan penelitian yang mendalam tentang faktor faktor yang diperlukan dalam perancangan data center yang bisa bertumbuh dan sekaligus juga sesuai bagi kebutuhan spesifik perusahan Metodologi yang digunakan dalam pembuatan karya tulis ini adalah diawali oleh studi literatur untuk mendapatkan seluruh faktor termasuk seluruh opsinya untuk bisa merancang data center yang bisa bertumbuh Kemudian menyusunnya agar bisa didiskusikan dalam bentuk wawancara dan diskusi kelompok kepada lebih 9 orang ahli data center yang meliputi ahli perancangan data center para ahli sekaligus praktisi pembuat data center dan ahli sekaligus pengguna data center Dari hasil masukan wawancara dan diskusi kelompok Focus Group Discussion dengan peserta ahli data center penulis melakukan analis Pros Cons kepada faktor faktornya termasuk opsi yang memungkinkan data center bisa bertumbuh untuk perusahaan yang dimaksud analisis Pros Cons ini mengelompokan semua faktor tersebut ke dalam kategori untuk kemudian dirangkum dan disajikan kepada pihak perusahaan dalam rangka validasi hasil yang merupakan hasil final karya akhir ini Hasil finalisasi yang diharapkan bisa digunakan untuk perusahaan sebagai strategi pembangunan data centernya yang bisa bertumbuh dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan Disamping itu juga hasilnya ini bisa menjadi bahan acuan bagi perancang data center lainnya tentang faktor faktor yang penting dalam perancangan data center yang bisa bertumbuh

Along with the rapid development of information technology and the Internet today bringing business development in all areas including the game for service providers 39 online games 39 In order to serve its customers well with a high degree of availability the necessary data center that has a good level of reliability Moreover with the development of data center rental business the company also took the initiative to invest in the construction of this data center Because of a large investment for the construction of data centers it is necessary to design a data center that can grow in accordance with the interests of the company or organization including business and economic interests It required in depth research into the factors that are needed in the design of the data center that can grow and also according to the specific needs of the company The methodology used to create this thesis is preceded by a study of the literature to obtain all the factors including the option to be able to design the entire data center that could grow Then arrange them in order to be discussed in the form of interviews and group discussions to over 9 expert data center which includes data center design experts the experts at the same data center practitioners and experts maker and user of the data center From the feedback interviews and group discussions Focus Group Discussion with participants of data center experts the authors conducted a Pros Cons analyst to the factors including the option that allows data centers can grow to the company in question the Pros Cons analysis is to group all of these factors into categories for then summarized and presented to the company in order to validate the results of the final results of this thesis Finalization of the expected results can be used for enterprise data center as a development strategy that can grow and in accordance with company requirements Besides it is also the result of this could be a reference for data center designers other important factors in the design of the data center that could grow
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2015
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dwiana Kusumasari
"ABSTRAK<>br>
Salah satu program Jakarta Smart City yang diluncurkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah sistem e-participation yang bernama Qlue, yaitu sebuah layanan pengaduan masyarakat secara elektronik. Namun sampai saat ini jumlah pengguna Qlue masih rendah, yaitu berkisar 8 dari jumlah penduduk DKI Jakarta. Untuk mengatasi permasalahan ini, salah satu dimensi yang bisa dianalisis adalah dimensi politik yaitu dengan menggunakan teori partisipasi politik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah faktor-faktor kesukarelaan warga civic voluntarism dan incentives untuk berpartisipasi dalam politik mempengaruhi penerimaan warga terhadap e-participation. Model penelitian dibangun menggunakan teori Civic Voluntarism Model CVM dan General Incentives Model GIM , digabungkan dengan Theory of Reasoned Action TRA . Data diolah menggunakan metode PLS-SEM. Hasil penelitian adalah unsur resources dan political engagement dari CVM, incentives dari GIM, dan subjective norms dari TRA atau social networks dari CVM berpengaruh terhadap niat menggunakan e-participation. Penelitian juga menemukan bahwa resources secara signifikan dibentuk oleh faktor money dan skill/knowledge, political engagement secara signifikan dibentuk oleh political interest, political efficacy, dan political awareness, sementara incentives dibentuk secara signifikan oleh collective incentives dan selective process incentives.

ABSTRACT<>br>
Qlue is an e participation system, in the form of an electronic public complaints service, owned by the Provincial Government of DKI Jakarta. The low number of Qlue users, makes it necessary to conduct research to find out what factors influence the citizen in using Qlue as a form of e participation in DKI Jakarta. This study aims to analyze the factors of citizen acceptance of e participation from the political dimension by using the theory of political participation, namely Civic Voluntarism Model CVM and General Incentives Model GIM , combined with Theory of Reasoned Action TRA . The data is processed using PLS SEM method. The analysis result of 173 respondents demonstrate that resources, political engagement, social network, and incentives have an effect on the intention of using e participation. The study also found that resources are significantly influenced by money and skill knowledge, political engagement significantly influenced by political interest, political efficacy and political awareness, while incentives are significantly influenced by collective incentives and selective process incentives."
2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>