Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 37556 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Alwan Harrits Surya Ihsan
"Pencak Silat adalah salah satu cabang olahraga bela diri dari Indonesia, dimana terdapat kategori Tanding yaitu mengadu dua peserta yang saling berlawanan. Saat pengambilan keputusan, wasit/juri dapat melakukan kesalahan. Salah satu alat pembantu yang dapat digunakan adalah Video Assistant Referee (VAR). VAR dalam pertandingan Pencak Silat disebut Instant Video Replay (IVR) dan sudah digunakan di Asian Games 2018 dan POMNAS 2019. Namun, sistem IVR tersebut masih menggunakan video player desktop biasa yang menyebabkan terlalu lama dalam mencari kejadian tertentu, terutama apabila terdapat banyak sudut pandang kamera yang harus diperhatikan sehingga memakan banyak waktu pertandingan. Oleh karena itu, dilakukan riset pengguna untuk memahami kebutuhan apa saja dalam menggunakan sistem IVR. Hasil riset tersebut dianalisis yang kemudian dirancang solusi desainnya sesuai kebutuhan dan dievaluasi. Metode yang digunakan dalam perancangan desain sistem ini adalah User-Centered Design (UCD). Selama perancangan desain, dilakukan juga pengembangan sistem IVR agar menjadi program sesungguhnya. Pengembangan sistem IVR terbagi dua bagian, yaitu sisi klien dan sisi server. Sisi klien dari sistem dibangun menggunakan Javascript dengan library React. Teknologi tersebut digunakan agar sistem dapat bertingkah sebagai sebuah single-page application. Sementara sisi server dibangun menggunakan webserver NGINX, dimana video dari kamera diarahkan ke Jetson Nano yang menjalankan NGINX sebagai server Real-Time Messaging Protocol (RTMP), dan video dimasukkan kedalam FFMPEG yang bekerja sebagai encoder agar video bisa disalurkan dengan protokol HTTP Live Streaming (HLS). Terakhir dilakukan pengujian dengan functional testing dan performance testing. Dari hasil pengujian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan sistem IVR yang dikembangkan lebih efisien dibandingkan menggunakan video player desktop biasa.

Pencak Silat is one of martial arts that originated from Indonesia, where there is a Tanding category in which two competitors will go against each other. During the process of decision making, a referee/jury could potentially make a mistake. One of the tool that could help the decision making process is Video Assistant Referee (VAR). VAR in Pencak Silat is called Instant Video Replay, and has been used in Asian Games 2018 and also POMNAS 2019. But, the IVR system that was used is still using a standard desktop video player that could cause the review process takes longer than it should, especially when there are multiple angles that needs to be checked. Because of that, a research is done to better understand the needs of IVR users. The results of the research will be analyzed which then leads to creating a design solution according to the users needs and then it will be evaluated. The method that will be used during the creation of a design solution is User-Centered Design (UCD). During the process of designing, the system will also be developed. The IVR system will be divided into two parts, the client side and server side. The client side will be developed using Javascript with the help of React library. This allows the application to be developed as a single-page application. The server side will be developed using NGINX webserver, where the video will be redirected to Jetson Nano where NGINX will be ran as a Real-Time Messaging Protocol (RTMP) server, and the video will be inserted into FFMPEG that acts as an encoder so that the video can be transferred using HTTP Live Streaming (HLS) protocol. Lastly, functional and performance testing was conducted. In conclusion, the IVR system that has been developed is more efficient when compared to a standard desktop video player."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alwan Harrits Surya Ihsan
"Pencak Silat adalah salah satu cabang olahraga bela diri dari Indonesia, dimana terdapat kategori Tanding yaitu mengadu dua peserta yang saling berlawanan. Saat pengambilan keputusan, wasit/juri dapat melakukan kesalahan. Salah satu alat pembantu yang dapat digunakan adalah Video Assistant Referee (VAR). VAR dalam pertandingan Pencak Silat disebut Instant Video Replay (IVR) dan sudah digunakan di Asian Games 2018 dan POMNAS 2019. Namun, sistem IVR tersebut masih menggunakan video player desktop biasa yang menyebabkan terlalu lama dalam mencari kejadian tertentu, terutama apabila terdapat banyak sudut pandang kamera yang harus diperhatikan sehingga memakan banyak waktu pertandingan. Oleh karena itu, dilakukan riset pengguna untuk memahami kebutuhan apa saja dalam menggunakan sistem IVR. Hasil riset tersebut dianalisis yang kemudian dirancang solusi desainnya sesuai kebutuhan dan dievaluasi. Metode yang digunakan dalam perancangan desain sistem ini adalah User-Centered Design (UCD). Selama perancangan desain, dilakukan juga pengembangan sistem IVR agar menjadi program sesungguhnya. Pengembangan sistem IVR terbagi dua bagian, yaitu sisi klien dan sisi server. Sisi klien dari sistem dibangun menggunakan Javascript dengan library React. Teknologi tersebut digunakan agar sistem dapat bertingkah sebagai sebuah single-page application. Sementara sisi server dibangun menggunakan webserver NGINX, dimana video dari kamera diarahkan ke Jetson Nano yang menjalankan NGINX sebagai server Real-Time Messaging Protocol (RTMP), dan video dimasukkan kedalam FFMPEG yang bekerja sebagai encoder agar video bisa disalurkan dengan protokol HTTP Live Streaming (HLS). Terakhir dilakukan pengujian dengan functional testing dan performance testing. Dari hasil pengujian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan sistem IVR yang dikembangkan lebih efisien dibandingkan menggunakan video player desktop biasa.

Pencak Silat is one of martial arts that originated from Indonesia, where there is a Tanding category in which two competitors will go against each other. During the process of decision making, a referee/jury could potentially make a mistake. One of the tool that could help the decision making process is Video Assistant Referee (VAR). VAR in Pencak Silat is called Instant Video Replay, and has been used in Asian Games 2018 and also POMNAS 2019. But, the IVR system that was used is still using a standard desktop video player that could cause the review process takes longer than it should, especially when there are multiple angles that needs to be checked. Because of that, a research is done to better understand the needs of IVR users. The results of the research will be analyzed which then leads to creating a design solution according to the users needs and then it will be evaluated. The method that will be used during the creation of a design solution is User-Centered Design (UCD). During the process of designing, the system will also be developed. The IVR system will be divided into two parts, the client side and server side. The client side will be developed using Javascript with the help of React library. This allows the application to be developed as a single-page application. The server side will be developed using NGINX webserver, where the video will be redirected to Jetson Nano where NGINX will be ran as a Real-Time Messaging Protocol (RTMP) server, and the video will be inserted into FFMPEG that acts as an encoder so that the video can be transferred using HTTP Live Streaming (HLS) protocol. Lastly, functional and performance testing was conducted. In conclusion, the IVR system that has been developed is more efficient when compared to a standard desktop video player."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hanrichie
"Sistem informasi penugasan pengajaran dosen (Sirando) adalah salah satu sistem informasi manajemen sumber daya manusia berkaitan dengan penugasan pengajaran dosen Fasilkom UI. Sistem ini dibutuhkan oleh manajemen Fasilkom UI untuk mengelola tugas pengajaran dosen sesuai dengan beban yang dimiliki setiap dosen. Namun, selama penggunaan sistem tersebut terdapat beberapa masalah pada aplikasi seperti pemeliharaan aplikasi yang sulit untuk dikembangkan lebih lanjut dikarenakan pengembangan kode tanpa standar dan desain antarmuka aplikasi Sirando yang kurang user-friendly dan inkonsisten. Kedua permasalahan berhubungan erat dengan maintainability dan usability sehingga kedua aspek tersebut menjadi fokus pada penelitian ini. Peningkatan usability dilakukan dengan penerapan user-centered design (UCD) pada aplikasi. Sementara itu, aspek maintainability ditingkatkan melalui evaluasi dan implementasi ulang aplikasi. Model waterfall digunakan sebagai basis proses pengembangan arsitektur aplikasi. Hasil penerapan kedua pendekatan penelitian tersebut diuji menggunakan metode evaluasi kualitatif seperti group usability testing serta metode evaluasi kuantitatif seperti system usability scale (SUS), static code analysis, dan mean time to repair (MTTR). Group usability testing dan SUS diikuti oleh manajemen akademik Fasilkom UI, sedangkan MTTR diikuti oleh mahasiswa Fasilkom UI. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa skor SUS dari aplikasi Sirando versi baru adalah 69,15 untuk tampilan desktop dan 66,68 untuk tampilan mobile yang termasuk dalam adjective rating “OK”. Hasil static code analysis dan pengujian MTTR juga menunjukkan maintainability aplikasi yang lebih baik pada versi baru aplikasi, yaitu berhasil mencapai 98% line coverage, penurunan signifikan terhadap technical debt, dan nilai MTTR yang lebih baik.

Information system for teaching assignments of lecturers (Sirando) is one of the management information system related to teaching assignments of lecturers in Fasilkom UI. The system helps the management of Fasilkom UI manage the teaching assignments of lecturers according to the teaching load of each lecturer. However, during the use of the system there were several problems in the application such as difficulty in maintaining the web application to develop further because of unstandardized code development and interface design that is not user-friendly and inconsistent. Both problems are closely related to maintainability and usability of web applications so these two aspects are the focus of this research. The usability of the application is improved by applying user- centered design (UCD), whereas the maintainability aspect is improved through re- evaluation of Sirando’s architecture and implementation. The waterfall model is used as the basis for the application architecture development process. Both results of the research approaches are tested using qualitative evaluation methods such as group usability testing as well as quantitative evaluation methods such as system usability scale (SUS), static code analysis, and mean time to repair (MTTR). Group usability testing and SUS are followed by academic management of Fasilkom UI, while MTTR is followed by student of Fasilkom UI. The evaluation shows that the SUS score of the newly developed version of Sirando is 69,15 for the desktop display and 66,68 for the mobile display which has the adjective rating “OK”. The evaluation using a static code analysis tool and MTTR shows that the maintainability aspect of the newly developed version of Sirando is better than the past version, achieving 98% line coverage, a significant reduction in technical debt, and a better MTTR value."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Asfiolitha Wilmarani
"Software Product Line Engineering (SPLE) merupakan paradigma untuk memproduksi perangkat lunak dengan waktu, usaha, dan biaya yang minimal. Adaptive Information System for Charity Organization (AISCO) adalah perangkat yang dikembangkan dengan pendekatan SPLE untuk menghasilkan aplikasi web bagi organisasi sosial. Proses memproduksi aplikasi melibatkan sebuah kerangka pengembangan yang bernama Prices-IDE, yaitu sebuah development framework yang mendukung SPLE. Penelitian terdahulu telah mengembangkan UI Generator yang dapat mentransformasikan diagram IFML (Interaction Flow Modeling Language) menjadi source code sebuah aplikasi React. Akan tetapi, antarmuka yang dihasilkan masih sangat sederhana, belum menimbang prinsip desain antarmuka pengguna, dan belum menggunakan pendekatan SPLE. Terlebih, fitur kustomisasi antarmuka yang sudah ada belum terintegrasi dengan Prices-IDE. Penelitian ini mengusulkan variasi komponen antarmuka yang telah diperbarui, serta metode untuk melakukan kustomisasi antarmuka saat runtime. Proses pengembangan melibatkan pembuatan prototipe dan penyesuaian terhadap UI Generator berdasarkan rancangan yang diusulkan. Aplikasi yang dihasilkan kemudian dianalisis dan dites dengan functional testing secara manual oleh penulis menggunakan 16 skenario tes. Audit performa menggunakan Lighthouse juga dilakukan terhadap aplikasi dari UI Generator versi sebelum dan setelah diperbarui. Berdasarkan tes dan analisis tersebut, disimpulkan bahwa UI Generator yang diperbarui dapat menghasilkan aplikasi React yang mempertahankan fungsionalitas yang sudah ada, mengalami peningkatan dalam performa sebanyak 14%, dan kini memiliki tambahan fitur kustomisasi UI.

Software Product Line Engineering (SPLE) is the paradigm for producing a diverse set of similar software products with lower cost, time, and effort. Adaptive Information System for Charity Organization (AISCO) is a tool to generate web applications for charity organizations developed with an SPLE framework. The process of generating web applications is assisted by Prices-IDE, a development framework that supports SPLE. Previous studies have succeeded in developing a UI Generator that transforms an IFML (Interaction Flow Modeling Language) Diagram into the source code of a React application. However, the generated UI display is barebones, does not consider UI design principles, and was not developed with the SPLE approach. Moreover, the existing UI customization feature is entirely separate from Prices-IDE. This study proposes a revamped UI design, interface variations of the generated application, and a way to customize said interface during runtime. The development process involves creating a prototype based on the proposed design, then applying necessary adjustments to the UI Generator. Applications generated by the renewed UI Generator are then analyzed and tested using functional testing with 16 scenarios and performance audits with Lighthouse. Based on these analyses and test results, it is concluded that the updated UI Generator can generate React applications that maintain previous functionalities, with the addition of a UI customization feature and an increase by 14% in performance.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fadhil Ibrahim
"Pengalaman online yang terus berkembang membuat peluang digital semakin meningkat sehingga banyak pelaku industri berbondong-bondong untuk terjun ke dunia digital. Penggunaan aplikasi perangkat lunak menjadi semakin dibutuhkan di dunia industri untuk memberikan online presence. Namun, dalam beberapa kasus, keinginan para pelaku industri untuk memiliki aplikasi perangkat lunak tidak diimbangi dengan pengetahuan yang mereka dimiliki terkait teknologi. Hal ini membuat posisi perusahaan penyedia jasa pengembangan perangkat lunak semakin dibutuhkan, salah satunya agensi. Hijrstudio merupakan salah satu perusahaan agensi yang menyediakan layanan desain dan pengembangan aplikasi perangkat lunak. Dengan semakin banyaknya permintaan produk, kerap dijumpai isu terkait kolaborasi dalam proses pengembangan perangkat lunak di Hijrstudio, tepatnya dalam tahapan perancangan desain antarmuka. Isu ini merupakan permasalahan yang sering dihadapi oleh Desainer dan Frontend Developer Hijrstudio. Dalam mengatasi isu tersebut, penelitian ini dilakukan dengan merancang design system sebagai sebuah standar dalam proses perancangan desain antarmuka di Hijrstudio. Penelitian dilakukan dengan metode User-Centered Design yang melibatkan calon pengguna design system secara aktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dalam proses pengumpulan data. Proses perancangan design system dilakukan dengan teknik Atomic Design dan Participatory Design. Dari segi praktikal, penelitian ini berimplikasi terhadap terciptanya sebuah design system yang dapat membuat kinerja Desainer dan Frontend Developer Hijrstudio dalam merancang desain antarmuka menjadi lebih efektif dan efisien. Dari segi teoretis, penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode UCD dalam merancang design system untuk perusahaan agensi menghasilkan keluaran dengan kualitas usability yang baik. 

The online experience that continues to grow makes digital opportunities increase, so many industry players flock to enter the digital world. Software applications are becoming increasingly necessary in the industrial world to provide an online presence. However, in some cases, the desire of industry players to have software applications is not matched by their knowledge related to technology. This makes the position of software development service providers increasingly needed, one of which is an agency. Hijrstudio is an agency company that provides design and development services for software applications. With the increasing demand for products, issues related to collaboration are often encountered in the software development process at Hijrstudio, precisely in the interface design stage. This issue is a problem that Hijrstudio Designers and Frontend Developers often face. In addressing this issue, this research was conducted by designing a design system as a standard in the interface design process at Hijrstudio. The research was conducted using the User-Centered Design method, which actively involved prospective users of the design system. This study uses qualitative and quantitative approaches in the data collection process. The system design process is carried out using Atomic Design and Participatory Design techniques. From a practical point of view, this research has implications for creating a design system that can make the performance of Hijrstudio Designers and Frontend Developers in designing interface designs more effective and efficient. From a theoretical point of view, this study shows that using the UCD method in designing a design system for agency companies produces outputs with good usability quality."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadyah Hani Ramadhana
"ProWD adalah suatu aplikasi yang memberi informasi dengan memvisualisasikan ketimpangan pengetahuan pada Wikidata, salah satu basis pengetahuan yang paling populer di web. Dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan sehingga ProWD dapat menyampaikan wawasan tentang ketimpangan pengetahuan dengan efektif. Skripsi ini mengeksplorasi aspek UI/UX pada ProWD dengan pendekatan User-Centered Design dan teori visualisasi data. Perumusan solusi desain alternatif pada ProWD dilakukan dengan melakukan sesi wawancara dan usability testing pada target pengguna, serta memanfaatkan alat-alat desain untuk menghasilkan redesain antarmuka ProWD. Hasil redesain tersebut selanjutnya diimplementasikan menjadi sebuah aplikasi web yang dapat diakses pada http://prowd.id/. Evaluasi dari hasil redesain ProWD menunjukkan kenaikan signifikan pada nilai System Usability Scale sebesar 27 poin secara keseluruhan, dengan hasil User Experience Questionnaire yang juga menunjukkan kenaikan pada tiap skala yang diukur dengan perubahan terbesar pada skala perspicuity sebesar 1.81 poin dan attractiveness sebesar 1.7 poin. Lebih lanjut lagi, terjadi peningkatan sebesar 25.9% pada success rate aplikasi secara keseluruhan dengan peningkatan rata-rata sebesar 3.56% pada average task completion time. Umpan balik kualitatif dari sesi usability testing juga dipaparkan pada skripsi ini untuk memberi wawasan yang lebih kaya terhadap redesain yang dilakukan.

ProWD is an application which provides information through visualizing the knowledge imbalance on Wikidata, one of the most popular knowledge bases on the web. In the process of creating a product, there are several aspects which needs to be kept in mind to be able to deliver the insights on knowledge imbalance effectively. This thesis explores the UI/UX aspect of ProWD using the User Centered Design approach and data visualization theories. Alternative design solutions for ProWD are formulated through conducting interviews and usability testing sessions with the target users, while utilizing the design tools to produce a redesign for ProWD’s interface. The redesign is then implemented into a web application which can be accessed on http://prowd.id/. The evaluation of ProWD’s redesign shows a significant increase of 27 points on the application’s System Usability Scale, with the results of the User Experience Questionnaire showing an increase on each scale with the largest increase of 1.81 points on perspicuity and 1.7 points on attractiveness. Furthermore, an overall increase of 25.9% can be seen on the Success Rate with an average increase of 3.56% on the average task completion time. The qualitative feedback from the usability testing sessions are also elaborated within this thesis to provide a richer insight on the implemented redesign."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zulfan Kasilas Dinca
"Saat ini, Asrama Universitas Indonesia memiliki website yang menampilkan informasi umum yang dibutuhkan mahasiswa. Namun website Asrama Universitas Indonesia saat ini terbilang masih memiliki permasalahan dari informasi yang disajikan dan tampilan antarmukanya. Di sisi lain, layanan Asrama yang seharusnya dapat diakses melalui website untuk memudahkan penghuninya saat ini masih harus dilakukan secara langsung ke Tata Usaha Asrama Universitas Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan pada layanan dan website Asrama Universitas Indonesia serta memberikan solusi berupa rancangan desain antarmuka alternatif sehingga dapat meningkatkan usabilitas dan pengalaman penggunanya. Solusi perancangan desain alternatif pada penelitian ini dilakukan dengan metode User Centered Design dengan menerapkan prinsip-prinsip Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design. Untuk mengidentifikasi permasalahan yang dialami oleh pengguna, penulis melakukan wawancara, menyebarkan kuesioner daring dan system usability scale kepada setiap segmen pengguna layanan dan website Asrama Universitas Indonesia. Berdasarkan data yang dikumpulkan tersebut didapat daftar permasalahan dan saran dari pengguna, keluhan dan saran tersebut digunakan untuk merancang solusi berupa desain antarmuka alternatif website Asrama Universitas Indonesia dengan penambahan fitur layanan di dalamnya. Setelah proses perancangan desain antarmuka alternatif selesai, dilakukan evaluasi terhadap desain tersebut dengan menggunakan usability testing dan system usability scale. Hasil evaluasi desain alternatif dengan menggunakan usability testing mendapatkan hasil yang baik dengan rata-rata success rate sebesar 95,97% dan skor yang didapat dari system usability scale yaitu sebesar 88,86 yang mana merupakan hasil di atas rata-rata yang menunjukkan bahwa desain antarmuka alternatif yang dirancang telah baik dari sisi usabilitas. Dengan demikian, penerapan UCD dan Eight Golden Rules dalam perancangan desain antarmuka serta perbaikan dan penambahan fitur sesuai dengan kebutuhan pengguna dapat membantu dalam meningkatkan usabilitas dan pengalaman penggunanya dalam menggunakan layanan di Asrama Universitas Indonesia.

Currently, the University of Indonesia Dormitory has a website that displays general information needed by students. However, the website of the University of Indonesia Dormitory is still facing issues regarding the information presented and its user interface. On the other hand, the services provided by the dormitory, which should be accessible through the website to facilitate its residents, still require direct interaction with the Dormitory Administration. This research aims to identify the problems in the services and website of the University of Indonesia Dormitory and propose a solution in the form of an alternative interface design to improve usability and user experience. The solution of alternative design in this research is carried out using the User-Centered Design method by applying Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface Design principles. To identify the problems faced by users, interviews were conducted, online questionnaires and the System Usability Scale were distributed to each segment of users of the services and website of the University of Indonesia Dormitory. Based on the collected data, a list of problems and user suggestions was obtained. These complaints and suggestions were then used to design an alternative interface solution for the website of the University of Indonesia Dormitory, including the addition of service features. After the process of designing the alternative interface was completed, an evaluation was conducted using Usability Testing and the System Usability Scale. The results of the evaluation of the alternative design using Usability Testing yielded good results, with an average success rate of 95.97% and a System Usability Scale score of 88.86, which is above average. This indicates that the designed alternative interface is well-implemented in terms of usability. Thus, the application of UCD and the Eight Golden Rules of interface design, as well as the improvement and addition of features according to user needs, can help enhance the usability and user experience in utilizing the services at the University of Indonesia Dormitory.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mochammad Naufal Rizki
"Saat ini, Asrama Universitas Indonesia memiliki website yang menampilkan informasi umum yang dibutuhkan mahasiswa. Namun website Asrama Universitas Indonesia saat ini terbilang masih memiliki permasalahan dari informasi yang disajikan dan tampilan antarmukanya. Di sisi lain, layanan Asrama yang seharusnya dapat diakses melalui website untuk memudahkan penghuninya saat ini masih harus dilakukan secara langsung ke Tata Usaha Asrama Universitas Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan pada layanan dan website Asrama Universitas Indonesia serta memberikan solusi berupa rancangan desain antarmuka alternatif sehingga dapat meningkatkan usabilitas dan pengalaman penggunanya. Solusi perancangan desain alternatif pada penelitian ini dilakukan dengan metode User Centered Design dengan menerapkan prinsip-prinsip Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design. Untuk mengidentifikasi permasalahan yang dialami oleh pengguna, penulis melakukan wawancara, menyebarkan kuesioner daring dan system usability scale kepada setiap segmen pengguna layanan dan website Asrama Universitas Indonesia. Berdasarkan data yang dikumpulkan tersebut didapat daftar permasalahan dan saran dari pengguna, keluhan dan saran tersebut digunakan untuk merancang solusi berupa desain antarmuka alternatif website Asrama Universitas Indonesia dengan penambahan fitur layanan di dalamnya. Setelah proses perancangan desain antarmuka alternatif selesai, dilakukan evaluasi terhadap desain tersebut dengan menggunakan usability testing dan system usability scale. Hasil evaluasi desain alternatif dengan menggunakan usability testing mendapatkan hasil yang baik dengan rata-rata success rate sebesar 95,97% dan skor yang didapat dari system usability scale yaitu sebesar 88,86 yang mana merupakan hasil di atas rata-rata yang menunjukkan bahwa desain antarmuka alternatif yang dirancang telah baik dari sisi usabilitas. Dengan demikian, penerapan UCD dan Eight Golden Rules dalam perancangan desain antarmuka serta perbaikan dan penambahan fitur sesuai dengan kebutuhan pengguna dapat membantu dalam meningkatkan usabilitas dan pengalaman penggunanya dalam menggunakan layanan di Asrama Universitas Indonesia.

Currently, the University of Indonesia Dormitory has a website that displays general information needed by students. However, the website of the University of Indonesia Dormitory is still facing issues regarding the information presented and its user interface. On the other hand, the services provided by the dormitory, which should be accessible through the website to facilitate its residents, still require direct interaction with the Dormitory Administration. This research aims to identify the problems in the services and website of the University of Indonesia Dormitory and propose a solution in the form of an alternative interface design to improve usability and user experience. The solution of alternative design in this research is carried out using the method by applying Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface Design principles. To identify the problems faced by users, interviews were conducted, online questionnaires and the System Usability Scale were distributed to each segment of users of the services and website of the University of Indonesia Dormitory. Based on the collected data, a list of problems and user suggestions was obtained. These complaints and suggestions were then used to design an alternative interface solution for the website of the University of Indonesia Dormitory, including the addition of service features. After the process of designing the alternative interface was completed, an evaluation was conducted using Usability Testing and the System Usability Scale. The results of the evaluation of the alternative design using Usability Testing yielded good results, with an average success rate of 95.97% and a System Usability Scale score of 88.86, which is above average. This indicates that the designed alternative interface is well-implemented in terms of usability. Thus, the application of UCD and the Eight Golden Rules of interface design, as well as the improvement and addition of features according to user needs, can help enhance the usability and user experience in utilizing the services at the University of Indonesia Dormitory.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizky Musyaffa Fajari
"Saat ini, Asrama Universitas Indonesia memiliki website yang menampilkan informasi umum yang dibutuhkan mahasiswa. Namun website Asrama Universitas Indonesia saat ini terbilang masih memiliki permasalahan dari informasi yang disajikan dan tampilan antarmukanya. Di sisi lain, layanan Asrama yang seharusnya dapat diakses melalui website untuk memudahkan penghuninya saat ini masih harus dilakukan secara langsung ke Tata Usaha Asrama Universitas Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan pada layanan dan website Asrama Universitas Indonesia serta memberikan solusi berupa rancangan desain antarmuka alternatif sehingga dapat meningkatkan usabilitas dan pengalaman penggunanya. Solusi perancangan desain alternatif pada penelitian ini dilakukan dengan metode User Centered Design dengan menerapkan prinsip-prinsip Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design. Untuk mengidentifikasi permasalahan yang dialami oleh pengguna, penulis melakukan wawancara, menyebarkan kuesioner daring dan system usability scale kepada setiap segmen pengguna layanan dan website Asrama Universitas Indonesia. Berdasarkan data yang dikumpulkan tersebut didapat daftar permasalahan dan saran dari pengguna, keluhan dan saran tersebut digunakan untuk merancang solusi berupa desain antarmuka alternatif website Asrama Universitas Indonesia dengan penambahan fitur layanan di dalamnya. Setelah proses perancangan desain antarmuka alternatif selesai, dilakukan evaluasi terhadap desain tersebut dengan menggunakan usability testing dan system usability scale. Hasil evaluasi desain alternatif dengan menggunakan usability testing mendapatkan hasil yang baik dengan rata-rata success rate sebesar 95,97% dan skor yang didapat dari system usability scale yaitu sebesar 88,86 yang mana merupakan hasil di atas rata-rata yang menunjukkan bahwa desain antarmuka alternatif yang dirancang telah baik dari sisi usabilitas. Dengan demikian, penerapan UCD dan Eight Golden Rules dalam perancangan desain antarmuka serta perbaikan dan penambahan fitur sesuai dengan kebutuhan pengguna dapat membantu dalam meningkatkan usabilitas dan pengalaman penggunanya dalam menggunakan layanan di Asrama Universitas Indonesia.

Currently, the University of Indonesia Dormitory has a website that displays general information needed by students. However, the website of the University of Indonesia Dormitory is still facing issues regarding the information presented and its user interface. On the other hand, the services provided by the dormitory, which should be accessible through the website to facilitate its residents, still require direct interaction with the Dormitory Administration. This research aims to identify the problems in the services and website of the University of Indonesia Dormitory and propose a solution in the form of an alternative interface design to improve usability and user experience. The solution of alternative design in this research is carried out using the User-Centered Design method by applying Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface Design principles. To identify the problems faced by users, interviews were conducted, online questionnaires and the System Usability Scale were distributed to each segment of users of the services and website of the University of Indonesia Dormitory. Based on the collected data, a list of problems and user suggestions was obtained. These complaints and suggestions were then used to design an alternative interface solution for the website of the University of Indonesia Dormitory, including the addition of service features. After the process of designing the alternative interface was completed, an evaluation was conducted using Usability Testing and the System Usability Scale. The results of the evaluation of the alternative design using Usability Testing yielded good results, with an average success rate of 95.97% and a System Usability Scale score of 88.86, which is above average. This indicates that the designed alternative interface is well-implemented in terms of usability. Thus, the application of UCD and the Eight Golden Rules of interface design, as well as the improvement and addition of features according to user needs, can help enhance the usability and user experience in utilizing the services at the University of Indonesia Dormitory.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siregar, Della Patricia
"Memasuki tahun 2022, perguruan tinggi kembali diperbolehkan untuk melaksanakan pembelajaran secara hybrid setelah sebelumnya dilakukan sepenuhnya dalam jaringan (daring) akibat pandemi COVID-19. Pembelajaran secara luring dirasa dapat memberikan manfaat yang kurang dapat difasilitasi oleh pembelajaran yang sepenuhnya dilaksanakan secara daring. Seperti perguruan tinggi lainnya, Fasilkom UI kembali menerapkan pembelajaran secara luar jaringan (luring). Meskipun demikian, pembelajaran secara luring saat pandemi dapat menimbulkan berbagai tantangan baru dalam pengawasan kesehatan. Aktivitas pembelajaran secara luring yang efektif perlu didukung dengan sistem pengawasan kesehatan yang terintegrasi dan mampu menunjang rasa aman dalam beraktivitas di lingkungan perguruan tinggi dimana sistem tersebut belum dibahas oleh penelitian lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami kebutuhan akan sistem pengawasan kesehatan yang terintegrasi di lingkungan perguruan tinggi dengan mengambil perspektif warga Fasilkom UI sebagai pengguna. Penelitian ini menghasilkan rancangan desain sistem pengawasan kesehatan untuk Fasilkom UI bernama SI SEHAT yang dirancang menggunakan pendekatan user-centered design (UCD). Berdasarkan kebutuhan pengguna yang ditemukan melalui wawancara dan survei pengguna, sistem ini mengimplementasikan 15 fitur yang terdiri dari 11 fitur utama dan 4 fitur pendukung. Fitur utama meliputi berita, chatbot, contact tracing, check-in pengunjung, lapor diri, pendataan kasus positif, hotline, dasbor statistik, pencatatan sanitasi ruangan, pemantauan sanitasi ruangan, serta notifikasi pemberitahuan untuk mengkomunikasikan informasi penting. Sementara itu, fitur pendukung meliputi registrasi dan autentikasi, onboarding, kebijakan privasi, dan profil pengguna. Rancangan desain kemudian dievaluasi menggunakan usability testing (UT), wawancara kontekstual, dan system usability scale (SUS). Hasil dari UT menyatakan mayoritas task mendapatkan success rate sebesar 100% dengan nilai terkecil sebesar 33,3%. Sementara itu, SUS menghasilkan rata-rata skor untuk semua partisipan sebesar 78,6 yang jika diinterpretasikan secara huruf bernilai B+ sehingga sistem dinilai memiliki usability yang cukup baik untuk digunakan.

In 2022, universities are allowed to carry out hybrid learning after previously implementing an entirely online learning due to the COVID-19 pandemic. Offline learning is able to provide benefits that cannot be facilitated by online-only learning. As seen in other universities, Fasilkom UI is gradually returning to offline learning. However, offline learning during a pandemic poses new challenges in health surveillance. Effective offline learning activities need to be supported by an integrated health surveillance system that is able to enhance a sense of safety when doing activities in a university environment where the system has not been discussed in other studies. This study aims to explore the need for an integrated health surveillance system in universities by taking the perspective of the Fasilkom UI community members as users. This research resulted in the design of a health surveillance system for Fasilkom UI called SI SEHAT, which is designed using user-centered design (UCD) approach. Based on the user needs discovered through user interviews and surveys, we designed a system with a total of 15 features consisting of 11 key features and 4 supporting features. The key features are news, chatbot, contact tracing, visitor check-in, self-report, illness cases recording, hotline, dashboard, area sanitation recording, area sanitation monitoring, as well as notifications to communicate important information. The supporting features are registration and authentication, onboarding, privacy policy, and user profile. The design is then evaluated using usability testing (UT), contextual interviews, and the system usability scale (SUS). The results from UT stated that the majority of tasks received a success rate of 100%, with the smallest value of 33.3%. Meanwhile, the design achieved an average SUS score of 78.6 for all participants, which when interpreted as letter grades is rated B+, indicating that the system has good usability."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>