Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 144106 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Shafira Youanita Gunawan
"Mahasiswa keperawatan merupakan populasi yang rentan mengalami stres sehingga diperlukan koping yang efektif. Hubungan pertemanan dapat menjadi salah satu bentuk dukungan sosial yang dapat diperoleh mahasiswa keperawatan. Masalah lainnya yang dapat memicu stres pada mahasiswa keperawatan yakni kesepian. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara kualitas pertemanan dan kesepian dengan strategi koping pada mahasiswa keperawatan. Jenis penelitian analitik yang digunakan adalah studi observasi cross-sectional dengan metode pengambilan sampel total sampling terhadap 291 mahasiswa keperawatan. Instrumen yang digunakan antara lain McGill Friendship Questionnaire-Friend's Functions (MFQ-FF), de-Jong Gierveld The Loneliness Scale, dan Brief COPE. Analisis uji statistik yang digunakan yakni uji korelasi Pearson. Hasil penelitian menujukkan adanya hubungan antara kualitas pertemanan dengan strategi koping (p value = 0,000 r = 0,330) serta tidak adanya hubungan antara kesepian dengan strategi koping (p value = 0,485 r = -0,041). Institusi keperawatan diharapkan dapat memberikan edukasi serta pelatihan mengenai strategi koping, salah satunya dengan cara memaksimalkan dukungan sosial yang dimiliki oleh mahasiswa keperawatan seperti hubungan pertemanan.

Nursing students are a population that is prone to stress. Thus, effective coping is needed. Friendships can be a form of social support that can be obtained by nursing students. Another problem that can trigger stress in nursing students is loneliness. This study aims to identify the relationship between the quality of friendship and loneliness with coping strategies in nursing students. The type of analytic research used was a cross-sectional observational study with a total sampling method of 291 nursing students. The instruments used include the McGill Friendship Questionnaire-Friend's Functions (MFQ-FF), de-Jong Gierveld The Loneliness Scale, and Brief COPE. The statistical test analysis used was the Pearson correlation test. The results showed that there was a relationship between the quality of friendship and coping strategies (p value = 0.000 r = 0.330) and there was no relationship between loneliness and coping strategies (p value = 0.485 r = -0.041). Nursing institutions are expected to provide education and training regarding coping strategies, one of which is by maximizing the social support that nursing students have, such as friendships."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Moch Muchid Ariyanto
"Mahasiswa merupakan calon generasi penerus bangsa, yang dengan ilmu pengetahuan serta pengalamannya di dunia perkuliahan dapat membuat Indonesia menjadi negara yang dipandang oleh negara lain. Hal ini tidak dapat terwujud apabila mahasiswa sebagai calon penerus bangsa memiliki moral yang buruk sejak dini. Moral yang buruk tersebut dilakukan oleh mahasiswa karena banyaknya tekanan dalam hidupnya yang menimbulkan munculnya rasa stres.
Tujuan dari penelitian ini adalah mencari faktor-faktor apa saja yang memengaruhi tingkat stres mahasiswa Universitas Indonesia, mengetauhi kecenderungan seseorang melakukan coping stres sesuai dengan gejala-gejala stres yang muncul, serta mengetauhi profile mahasiswa yang mengalami tingkat stres tinggi dan cenderung melakukan coping negatif.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square, Analisis Korespondensi Berganda, Uji Independensi Chi-Square atau Crosstab, dan Statistika Deskriptif. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu 1026 mahasiswa Universitas Indonesia yang diambil dengan cara purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang secara signifikan memengaruhi tingkat stres mahasiswa Universitas Indonesia adalah status menikah orang tua, tingkat religi, apakah ada rahasia rahasia, apakah pernah mengalami bully fisik , bully verbal, cyber bullying, self image atau kepercayaan diri, tipe pergaulan, serta bersama siapa seseorang menghabiskan waktu luangnya.

Students are the future of our nation. The knowledge and experiences students gained throughout their academic years, especially in college, could determine the respectability of Indonesia among other countries. Hence, it is crucial for students to maintain good ethics since it is related to students'ability to perform well throughout college. However, good ethics could be more difficult to maintain if the student experienced a certain level of pressure that results in stress.
The purpose of this study is to examine the students of Universitas Indonesia stress factors, to identify one's tendency to cope with stress according to one's appearing symptoms of stress, and to identify the characteristics of the students with high level of stress and tendency to do negative coping.
The analysis methods used in this study are Partial Least Square, Multiple Correspondece Analysis, and Chi Square Independence Test or Crosstab. This research used primer data which is consist of 1026 University of Indonesia's students that collected with purposive sampling.
The result of this study shows that the significant factors that affect the students of Universitas Indonesia stress level are parents marital status, religiosity, whether or not one keeps secret s , whether or not one had experienced physical bullying, verbal bullying, and or cyber bullying, self image or self confidence, type of socialization, and with whom one spends one's leisure time.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cynthia Caroline
"

Perbedaan tingkat pengetahuan, sosial-budaya, bahasa, dan lingkungan di luar negeri dapat memberikan dampak stress akulturatif terhadap mahasiswa yang menempuh studi di luar negeri. Namun begitu, mahasiswa melalui adaptasinya dapat mengembangkan tingkat sehat jiwa yang dimilikinya, salah satunya dengan indikator self-efficacy dan resiliensi yang dimiliki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat gambaran tingkat self-efficacy dan resiliensi mahasiswa yang mengikuti program internasional di universitas di depok. Metode penelitian yang digunakan berupa deskriptif kuantitatif dengan desain convenience sampling. Pengambilan data dari 248 responden dilakukan secara daring menggunakan kuesioner General Self-Efficacy Scale dan The Connor-Davidson Resilience Scale 10 item. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar mahasiswa memiliki tingkat self-efficacy yang tinggi (58.1%), dan mayoritas mahasiswa memiliki tingkat resiliensi yang tinggi (73.4%). Penelitian ini dapat dilanjutkan dengan menghubungkan kedua variabel tersebut, maupun memperluas lokasi penelitian yang ada. Selain itu, pengembangan program internasional juga penting bagi kebermanfaatan program terhadap kesehatan jiwa dan pengembangan diri mahasiswa.


The differences in the level of knowledge, socio-culture, language, and the environment abroad could cause acculturative stress on students studying abroad. However, students through adaptation could develop their level of mental health, one of which is the indicators of self-efficacy and resilience. This study aims to identify the level of self-efficacy and resilience of students who took international programs at a university in Depok. The study uses descriptive-quantitative with a convenience sampling technique. 248 numbers of data were collected online using the General Self-Efficacy Scale and The Connor-Davidson Resilience Scale 10 item. The results showed that more than half of students had a high level of self-efficacy and most of them had a high level of resilience. As a recommendation, this study could be completed by identifying the correlation between each variable, also by expanding the research location. In addition, international programs’ development is also needed to maximize its benefits on students’ mental health & self-development.

"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia , 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yosephin Sri Sutanti
"Latar belakang : Perawat memiliki tingkat stres cukup tinggi terpajan risiko psikososial, termasuk bekerja dengan jadwal kerja shift. Selama ini deteksi kasus stres berdasarkan kuesioner yang validitas dan relibialitasnya cukup baik, seperti antara lain kuesioner PSS. Penelitian bertujuan menguji markah biologi sebagai penanda stres pada perawat shift.
Metode : Penelitian dilakukan Desember 2019 sampai Juni 2020, pada perawat shift dan non-shift, masing-masing 40 orang, dari RSCM, dengan mengambil data secara consecutive sampling. Pemeriksaan kortisol, melatonin dan CRF masing-masing dua kali, yaitu pada kelompok shift sebelum bekerja (=pre) pada pukul 24.00 pada hari jaga terakhir (malam kedua), kemudian pasca bekerja (=post) pukul 08.00 keesokannya. Pada non-shift pada hari kerja pukul 08.00 (=pre) dan 16.00 (=post). Pengukuran HRV dilakukan dua kali dan Q-EEG satu kali pada saat lepas jaga (untuk shift) dan saat bekerja (untuk non-shift).
Hasil : Perawat usia reproduktif yang bekerja shift dan memiliki tingkat stres sedang-berat lebih banyak jumlahnya daripada jumlah perawat yang bekerja non-shift dan memiliki tingkat stres-berat sedang (30% vs 25%). Terdapat perbedaan bermakna rerata kadar kortisol shift=87,9±79,1 ng/ml dan non-shift=128,8±51,4 ng/ml pra kerja (p<0,001), rerata kadar kortisol shift=139,8±77,7 ng/ml dan non-shift=86,4±51,8 ng/ml pasca kerja (p= 0,001); rerata kadar melatonin shift=51,5±41,2 ng/ml dan non-shift=17,1±20,5 ng/ml pra kerja (p<0,001), serta rerata kadar melatonin shift=24,3±21,2 ng/ml dan non-shift=10,8±7,8 ng/ml pasca kerja (p<0,001). Terdapat rerata kadar melatonin=10,8±7,8 pg/ml (2,15-38,30) pukul 16.00 dan rerata kadar melatonin=51,5±41,2 pg/ml (0,8-135) pukul 24.00. Rerata kadar CRF=19,8±4,9 pg/ml (10,20-36,06) pukul 08.00, rerata kadar CRF=17,8±5,3 pg/ml (8,08-32,20) pukul 16.00 dan rerata kadar CRF=18,0±6,8 pg/ml (7,69-30,59) pukul 24.00. Komponen HRV SDNN cenderung shift=38,1±11,6 ms > non-shift=34,2± 10,7 ms; RMSSD cenderung shift=31,4±11,9 ms > non-shift=28,7±12,6 ms, dan rasio LF/HF cenderung shift=1,2±1,6 < non-shift=1,8±1,3. Q-EEG non-shift kecenderungan peningkatan menonjol di sekitar 10Hz area gelombang Alpha (8-13Hz), yang menunjukkan kondisi dewasa normal terjaga dan tenang; non-shift kecenderungan peningkatan pada area gelombang Beta (14-30Hz) dan Gama (> 30Hz). Uji multivariat Mantel-Haenszel peran bermakna markah biologi (kortisol, CRF, melatonin) terhadap skor PSS secara parsial maupun secara simultan; didapat dari kategori perubahan ketiga markah biologi terhadap stres berdasarkan kategori skor PSS.
Simpulan: Perawat shift berpeluang mengalami stres sedang-berat dibandingkan perawat non-shift. Rerata kadar kortisol dan melatonin lebih tinggi pasca dibandingkan pre kerja.Gelombang Beta dan Gama cenderung lebih tinggi pada shift dibandingkan non-shift dan berpotensi sebagai predictor stres akibat kerja shift. Kortisol, CRF dan melatonin secara bersama-sama dapat digunakan sebagai markah biologi stres berdasarkan perubahan dari waktu ke waktu

Background: A nurse has a high enough stress level because it is directly related to psychosocial hazards on shift work schedules. The Indonesian National Nurses Association stated that the prevalence of stress for nurses reached 50.9%. So far, the detection of stress cases is based on a questionnaire whose validity and relativity are quite good, such as the Perceived Stress Score (PSS) questionnaire. This study aimed to examine biological markers of stress among shift nurses.
Method: The study was conducted at the FKUI Integrated Laboratory, “Laboratorium Kesehatan Daerah DKI”, RSCM Intermediate Polyclinic, RSCM Neurology Clinic and Medical Technology IMERI, from December 2019 to March 2020. Respondents came from the shift and non-shift nurses from RSCM, chosen by consecutive sampling. The study involved 40 people individuals in each group. Cortisol, melatonin and CRF were measured twice each, in the shift workgroup (=pre) at 12.00 am on the last watch day (second night), then during post-work, (= post,) at 08.00 am the following day. In the non-shift group blood samples were taken on weekdays at 08.00 am (= pre) and 04.00 pm (=post). HRV measurements were taken twice and Q-EEG once during off-duty (for shift workers) and at work (for non-shift workers).
Results: The percentage of nurses who showed moderate stress levels in the shift group (30%) is higher compared to the non-shift group (25%). There were significant differences between the mean of shift group cortisol=87,9±79,1 ng/ml and non-shift group cortisol=128,8±51,4 ng/ml in pre-work (p< 0,001), the mean of shift group cortisol=139,8±77,7 ng/ml and non-shift group cortisol=86,4±51,8 ng/ml in post-work (p=0.001), the mean of shift group melatonin=51,5±41,2 ng/ml and non shift group melatonin=17,1±20,5 ng/ml (p<0.001) in the pre-work, and the mean of shift group melatonin=24,3±21,2 ng/ml and non-shift group melatonin=10,8±7,8 ng/ml in post-work (p<0.001). Melatonin levels mean=10.8±7,8 pg / ml (2.15-38.30) at 04.00 pm and 51.5±41,2 pg / ml (0.8-135) at 12.00 pm. CRF levels mean =19,8±4,9 pg / ml (10,2-36,1) at 08.00 am, 17.8±5,3 pg/ml (8,08-32.20) at 04.00 pm and 18.0±6,8 pg /ml (7.69-30.59) at 12.00 pm. In the HRV component, SDNN mean were higher in the shift group=38,1±11,6 ms than non-shift group=34,2±10,7 ms, higher RMSSD mean on shift group=31,4± 11,9 ms than non-shift group=28,7±12,6 ms, and LF/HF ratio mean on shift group=1,2± 1,6 compared to non-shift group=1,8±1,3. The brain wave image found a tendency of quite prominent increase around 10 Hz in the non-shift group, namely the frequency area Alpha waves (8-13 Hz), which indicate a normal adult state of wakefulness and calm. Brain waves in the shift group tended to increase in the Beta (14-30 Hz) and Gamma (> 30 Hz) wave areas. With the Mantel-Haenszel multivariate test, there is a significant role of biological markers (cortisol, CRF, melatonin) on the PSS score partially or simultaneously. This role is obtained from the category of changes in the three biological markers to stress based on the PSS score category.
Conclusion: Nurses working shift are more likely to experience moderate-severe stress than non-shift nurses. The mean levels of cortisol are higher and melatonin is also higher after work than before work. Beta and Gama waves tend to be higher in the shift group than in non-shift groups, potentially as predictors of stress due to shift work. Cortisol, CRF and melatonin can be used together as biological markers of stress based on changes over time.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2021
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kirana Meita Pramudya
"Mahasiswa merupakan seseorang yang sedang belajar di perguruan tinggi. Tugas utama mahasiswa yaitu belajar. Selain belajar, banyak mahasiswa yang memiliki kegiatan lain contohnya bekerja. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa bekerja dapat membawa konsekuensi atau tantangan tersendiri bagi mahasiswa. Hal tersebut dapat mengakibatkan stres bagi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran strategi koping bagi mahasiswa yang bekerja paruh waktu serta hubungan antara jenis pekerjaan dan lama jam kerja dengan strategi koping yang dilakukan. Strategi koping ini diukur menggunakan Coping Strategy Indicator. Desain penelitian yang digunakan adalah belah lintang dengan jumlah sampel 31 orang.
Hasil penelitian menggunakan uji chi-square memperlihatkan bahwa tidak ada hubungan antara jenis pekerjaan dengan strategi koping penyelesaian masalah, mencari dukungan sosial, dan penghindaran. Hasil uji chi-square pada lama jam kerja menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara lama jam kerja dengan strategi koping penyelesaian masalah, mencari dukungan sosial, dan penghindaran. Hasil penelitian ini dapat menjadi gambaran mengenai strategi koping yang dilakukan mahasiswa yang bekerja paruh waktu serta dapat menjadi informasi awal terhadap pengembangan penelitian selanjutnya.

College student is someone who is studying in a college or a university. Every students main task is learning. Besides learning, many students have other activities, for example, it is working. However, it cannot be denied that work can bring its own consequences or challenges for students since this can cause stress for students. This study aims to determine the description of coping strategies for students who work part-time, and the relationship between the type of work, and the length of working hours with coping strategies that are carried out. The coping strategy is measured with Coping Strategy Indicator. The research design used was cross-sectional with a sample of 31 people.
The results of the study using the chi-square test showed that there was no relationship between types of work with coping strategies for problem-solving, seeking social support, and avoidance. The results of the chi-square test on the length of working hours showed that there was no relationship between the length of work hours, problem-solving coping strategies, seeking social support, and avoidance. The results of this study can be an illustration of coping strategies undertaken by students who work part time and can be the initial information on the development of further research.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Vikri
"Studi ini mengkaji tentang strategi penanganan stres siswa dengan melihat aspek kontrol diri, harga diri dan dukungan sosial selama menjalani BDR di SMAN 5 Kota Depok. Latar belakang penelitian ini adalah siswa memiliki kerentanan stres karena berada pada fase transisi dari remaja menuju tahap dewasa. Selain itu, semenjak Bulan Maret 2020 terdapat peralihan dari belajar luring menjadi belajar secara daring atau BDR, hal ini menuntut guru dan siswa untuk beradaptasi. Pada kondisi ini, terdapat kemampuan individu yaitu kontrol diri dan harga diri dan kemampuan dukungan sosial yaitu dari keluarga, sekolah dan teman dalam strategi penanganan stres. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik wawancara mendalam.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat stressor berasal dari lingkungan sosial dan tiga stressor dari internal. Pada penelitian ini ditemukan strategi penanganan stres siswa pertama oleh kontrol diri dapat menangani stressor ketergantungan pada peran guru dan tekanan akademik tinggi ketika BDR. Kedua dengan harga diri pada stressor kesulitan adaptasi belajar selama BDR dan terbatasnya ruang diskusi ketika BDR. Ketiga adalah dukungan sosial yaitu oleh orang tua menangani stressor persepsi negatif terhadap diri sendiri selama BDR, dukungan sosial oleh sekolah dapat menangani stressor kesulitan adaptasi belajar selama BDR, tekanan akademik tinggi ketika BDR, perubahan pola keseharian ketika BDR dan kurang keahlian berkomunikasi dengan guru dan teman ketika BDR. Terakhir dukungan sosial teman dapat menangani kurang keahlian berkomunikasi dengan guru dan teman ketika BDR.

This study examines students' stress management strategies by looking at self-control, self-esteem, and social support during SFH at SMAN 5 Kota Depok. This research's background is that students have stress vulnerability because they are in the transition phase from adolescence to adulthood. Since March 2020, there has been a transition from offline learning to online learning or SFH; this requires teachers and students to adapt. There are individual abilities in this condition, namely self-control and self-esteem and social support abilities, namely from family, school, and friends in stress management strategies. This research uses qualitative research with in-depth interview techniques.
This study indicates that there are four stressors from the social environment and three from internal stressors. In this study, it was found that the first student stress management strategy by self-control was able to deal with the stressors of dependence on the role of teachers and high academic pressure when SFH. Second, with self-esteem on stressor learning adaptation difficulties during SFH and limited discussion space during SFH. The third is social support, namely by parents handling negative perceptual stressors of themselves during SFH, social support by schools can handle stressors of learning adaptation difficulties during SFH, high academic pressure during SFH, changes in daily patterns when SFH, and lack of communication skills with teachers and friends when SFH. Finally, social support by friends can handle the lack of communication skills with teachers and friends during SFH.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nuzulul Ilma
"Manusia sebagai makhluk sosial yang ada dalam suatu organisasi akan selalu berinteraksi satu sama lain dan menjaga hubungan kelompok sosialnya dengan cara apapun, termasuk melalui humor atau lelucon. Setiap individu memiliki gaya humor yang berbeda dalam berinteraksi. Gaya humor tersebut terdiri dari affiliative humor, self-enhancing humor, aggressive humor, dan self-defeating humor. Masing-masing gaya humor yang digunakan oleh seorang individu mempunyai pengaruh berbeda terhadap hasil organisasi, beberapa diantaranya yaitu stres, kepuasan terhadap rekan kerja, kerjasama tim, dan komitmen organisasi. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya humor terhadap stres, kepuasan dengan rekan kerja, kerjasama tim, dan komitmen organisasi. Sebanyak 277 responden yang bekerja secara tim di Wilayah DKI Jakarta dengan minimal masa kerja 1 tahun terlibat di dalam penelitian ini. Data yang telah diperoleh diolah menggunakan metode Multiple Linier Regression dengan software SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat jenis humor yang berpengaruh terhadap hasil organisasi. Affiliative humor memiliki pengaruh positif secara signifikan terhadap kepuasan terhadap rekan kerja, kerjasama tim, dan komitmen organisasi. Self-enhancing humor memiliki pengaruh positif secara signifikan terhadap komitmen organisasi. Self-defeating humor memiliki pengaruh positif secara signifikan terhadap stres dan pengaruh negatif secara signifikan terhadap kerjasama tim. Kemudian aggressive humor tidak memiliki pengaruh terhadap hasil organisasi.

Humans as social beings in an organization will always interact with eachother and maintain social group relations in any way, including through humor or jokes. Each individual has a different style of humor in interacting. The humor styles consists of affiliative humor, self-enhancing humor, aggressive humor, and self-defeating humor. Each humor style used by an individual and has different influences on organizational outcomes, which are stress, satisfaction with coworkers, team coopeartion, and organizational commitment. This quantitative research aims to analyze the impact of humor styles on stress, satisfaction with coworkers, team cooperation, and organizational commitment. A total of 277 respondents who worked in teamwork in the DKI Jakarta Region with a minimum working period of 1 year were involved in this study. The data that has been obtained is processed using the Multiple Linear Regression method with SPSS 23 software. The results of the study indicate that there is a type of humor that impact organizational outcomes. Affiliative humor has a significant positive effect on satisfaction with colleagues, teamwork, and organizational commitment. Self-enhancing humor has a significant positive effect on organizational commitment. Self-defeating humor has a significant positive effect on stress and a significant negative effect on team cooperation. Then aggressive humor has no impact on organizational outcomes.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Faradiba Jamal
"Tuntutan akademik yang tinggi dan kesulitan integrasi pembelajaran teori dengan praktik membuat mahasiswa keperawatan rentan mengalami stress akademik. Stress akademik mengganggu kondisi fisik, emosi, perilaku, dan kognitif, seperti menurunnya kinerja akademik, depresi, dan keinginan menyakiti diri. Mahasiswa membutuhkan dukungan sosial melalui hubungan pertemanan yang berkualitas sebagai sumber daya koping dalam penanggulan stress yang efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kualitas pertemanan dengan tingkat stress akademik pada mahasiswa keperawatan. Penelitian dengan pendekatan cross-sectional pada 242 mahasiswa keperawatan Universitas Indonesia ini menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan MFQ dan SLSI dengan uji korelasi Pearson. Penelitian ini telah lolos uji etik fakultas dengan nomor registrasi SK-16/UN2.F12.D1.2.1/ETIK 2021. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan signifikan antara kualitas pertemanan dengan stress akademik mahasiswa keperawatan reguler Universitas Indonesia (p value= 0,702 r= 0,025). Kesimpulan penelitian ini adalah ketidakefektifan kualitas pertemanan sebagai pemberi keamanan emosional dalam penanggulangan stress akademik disebabkan karena penurunan interaksi dan media komunikasi online yang berpotensi pada ketidakpuasan dan kesepian dalam pertemanan. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat meninjau faktor kepuasan dalam pertemanan terhadap stress akademik pada populasi lainnya.

High academic pressure and challenges in integrating theoretical and practical learning lead nursing students vulnerable to academic-related stress. Academic stress interferes with physical, emotional, behavioral, and cognitive conditions, such as decreased academic performance, depression, and self-harm. Nursing students require good quality friendships as a coping resource to have effective stress management. The study’s purpose determined the correlation between friendship quality and academic stress levels in nursing student at Universitas Indonesia. The cross- sectional study of 242 participants used simple random sampling techniques using MFQ and SLSI as data collectors with Pearson correlation test. This study has passed the faculty ethics test with registration number SK-16/UN2.F12.D1.2.1/ETIK 2021. The results showed no significant corellation between the quality of friendship and academic stress of undergraduate nursing students of Universitas Indonesia (p value= 0,702 r= 0,025). This study concludes that the ineffectiveness of the quality of friendship as a provider of emotional security in dealing with academic stress is due to a decrease in online interactions and communication media which have the potential to cause dissatisfaction and loneliness in friendships. Further research could find the satisfaction factor in friendships to academic stress in other populations."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ina Rusliany
"Pendahuluan: Mahasiswa yang baru pertama kali memulai pendidikan di bangku perkuliahan seringkali mendapatkan stresor yang menyebabkan stres sehingga memerlukan strategi koping dan dukungan sosial berupa pola asuh dari orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan strategi koping dan stresor terhadap stres pada mahasiswa baru di fakultas ilmu keperawatan.
Metode: Desain penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional melibatkan 100 mahasiswa baru dengan teknik total sampling.
Hasil: Mahasiswa baru sebagian besar menggunakan strategi koping emotional focused coping sebanyak 42,90 , pola asuh orang tua sebagian besar adalah authoritative 69, stresor yang dialami sebagian besar adalah stresor sosial 16,67, mahasiswa baru sebagian besar mengalami stress sedang 87 . Strategi koping, emotional focused coping dengan stress memiliki hubungan yang bermakna. Sedangkan Pola asuh orang tua dan stresor tidak memiliki hubungan yang bermakna dengan stress.
Rekomendasi: Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk program bimbingan dan konseling bagi baik tingkat fakultas atau universitas dalam rangka skrining kesehatan fisik maupun mental, khususnya kondisi stres yang mungkin dialami oleh mahasiswa dalam menghadapi tahun pertama perkuliahan.

Introduction: Students who are just starting their education on the bench often get stressors that require coping strategies and social support in the form of parental care. This study aims to determine the relationship of coping strategies and stressors to stress in new students in the faculty of nursing science.
Methods: The design of this study was descriptive correlational with cross sectional approach involving 100 new students with total sampling technique.
Result: New students mostly use coping strategy emotional focused coping as much as 42,90, parenting pattern mostly authoritative 69, most of the stressors are social stressors 16,67, new student Most had moderate stress 87. Coping strategies, emotional focused coping with stress has a meaningful relationship. While Parenting parenting and stress does not have a meaningful relationship with stress.
Recommendation: This research is expected to be useful for guidance and counseling programs for both faculty and university levels in the context of physical and mental health screening, especially stress conditions that may be experienced by students in the first year of study.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2017
S67489
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>