Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 169677 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Diella Alvina
"Meningkatnya emisi karbon mengarahkan dunia pada perubahan iklim yang menjadi ancaman global bagi kehidupan manusia. Bersamaan dengan hal tersebut, sektor kuliner menjadi salah satu sumber emisi gas rumah kaca yang signifikan. Hal tersebut menimbulkan tuntutan dari stakeholder agar sektor bisnis lebih memperhatikan aspek sustainability dengan mengimplementasikan manajemen yang lebih ramah lingkungan, salah satunya melalui green innovation. Corporate social responsibility (CSR) merupakan salah satu faktor yang dinilai dapat meningkatkan green innovation. Namun, perbedaan hasil penelitian masih ditemukan terkait pengaruh CSR terhadap green innovation. Sehingga, hubungan keduanya masih perlu diteliti. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh CSR terhadap green innovation. Penelitian ini juga meneliti pengaruh green dynamic capability sebagai variabel yang memediasi hubungan antara keduanya. Sampel penelitian diambil dari 108 usaha kuliner berskala kecil di DKI Jakarta. Data kemudian dianalisis menggunakan regresi linier sederhana dan uji Sobel menggunakan SPSS. Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) CSR berpengaruh secara signifikan terhadap green innovation; (2) CSR mendukung green dynamic capability; (3) Green dynamic capability berpengaruh signifikan terhadap green innovation; dan (4) Green dynamic capability berperan sebagai mediator antara CSR terhadap green innovation.

The rise of carbon emissions is directing the world to climate change which is a global threat to human life. Along with that, the culinary sector is a significant source of greenhouse gas emissions. This raises demands from stakeholders for the business sector to pay more attention to sustainability aspects by implementing more environmentally friendly management, one of which is through green innovation. Corporate social responsibility (CSR) is considered to be one of the factors that support green innovation. However, differences in research results are still found regarding the influence of CSR on green innovation. Thus, the relationship between the two still needs to be investigated. Therefore, this study aims to examine the effect of CSR on green innovation. This study also examines the effect of green dynamic capability as a variable that mediates the relationship between the two. By surveying 108 small-scale culinary businesses in DKI Jakarta and analyzing with linear regression and the Sobel test using SPSS, this study find that: (1) CSR has a significant effect on green innovation; (2) CSR supports green dynamic capability; (3) Green dynamic capability has a significant effect on green innovation; and (4) Green dynamic capability acts as a mediator between CSR and green innovation."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fadhli Adi
"Tesis ini bertujuan untuk mengetahui apakah Corporate Social Responsibility berpengaruh terhadap Corporate Image dan Repurchase Intention BMT serta untuk mengetahui hubungan antara Corporate Image dan Repurchase Intention tersebut. Sampelnya adalah nasabah dari BMT yang dimanipulasi dengan narasi CSR dan yang tidak dimanipulasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan structured approach yang dikategorikan sebagai penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini termasuk dalam kategori accidental sampling menggunakan non-random/non-probability sampling dengan 110 responden. Metode pengumpulan data menggunakan metode survey yang menggunakan kuesioner dengan skala likert. Metode Analisis data yang digunakan adalah uji beda rata-rata dua populasi dengan independent sample t-test dan Mann Whitney-U menggunakan bantuan perangkat lunak SPSS versi 18. Hasil penelitian adalah Corporate Social Rensponsibility CSR terbukti mampu meningkatkan Corporate Image BMT secara langsung dan Repurchase Intention produk/jasa BMT secara langsung maupun tidak langsung. Keberadaan CSR di BMT terbukti mampu meningkatkan citra yang sudah dibangun BMT serta meningkatkan pembelian kembali produk/jasa BMT.

This thesis aims to find out whether csr influence Corporate Image and Repurchase Intention of BMT as well as to find out relation between the Corporate Image and the Repurchase Intention. The research location is BMT in Jakarta. The samples are customers of BMT who being manipulated with narrative about csr and who not being manipulated. This study used a structured approach that categorized as quantitative research. The sampling technique used in this study is included in the category of accidental sampling using non random non probability sampling with 110 respondents. Methods of data collection using survey method and using a questionnaire with Likert scale. The data analysis method used the average difference of two populations with independent sample t test and Mann Whitney U using SPSS version 18. Results of the study is Corporate Social Responsibility CSR shown to improve Corporate Image of BMT directly and Repurchase Intention products services of BMT directly and indirectly. The existence of CSR in BMT is proven to improve the image that has been built by BMT and increase the repurchase of products services of BMT.
"
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jessica
"Industri makanan dan minuman Indonesia semakin berkembang dan perusahaan retail yang berkecimpung dalam industri ini bersaing secara ketat. Untuk memenangkan persaingan tersebut, banyak perusahaan yang telah menerapkan green marketing sebagai salah satu strategi pemasarannya. Penelitian ini meneliti perusahaan yang telah menerapkan green marketing khususnya perusahaan yang memproduksi green product dan melakukan praktek tanggung jawab sosial yang bergerak di industri makanan dan minuman di Indonesia. Data dikumpulkan dari 150 orang responden yang berdomisili di daerah Jakarta dan sekitarnya yang belum pernah membeli produk makanan dan minuman ramah lingkungan. Pengolahan data pada penelitian ini dilakukan menggunakan SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari perceived quality terhadap consumer purchase intentions. Selain itu, corporate social responsibility memediasi secara penuh green product awareness terhadap consumer purchase intentions.

Food and beverage industry in Indonesia is growing and retail companies engaged in this industry compete tightly. For winning this competition, a lot of companies have implemented green marketing as their marketing strategy. This research examines the companies that have implemented green marketing, particularly the companies that produce green products and practices corporate social responsibility which is engaged in food and beverage industry in Indonesia. Data were collected from 150 respondents who live in Jakarta and surrounding areas who have never bought environmental friendly food and beverage products. The data in this study was analyzed using SEM. The result of this research shows that there are positive and significant effects between perceived quality and consumer purchase intentions. Moreover, corporate social responsibility mediated green product awareness towards consumer purchase intentions."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwiko Arief Wicaksono
"

Sebagai salah satu negara yang berpartisipasi pada Paris Agreement tahun 2016, Indonesia harus melakukan mitigasi terhadap emisi gas rumah kaca pada awal tahun 2020. Indonesia sendiri telah berkomitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 26% dari keadaan normal. Mencoba untuk mendukung komitmen tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mencari emisi minimal pada konstruksi pondasi dangkal yang memenuhi persyaratan ULS dan SLS menggunakan fitur solver pada program Microsoft Excel. Pencarian tersebut dilakukan dengan analisis gate-to-gate dengan batas awal dimulainya penggalian dan batas akhir penimbunan tanah terhadap pondasi dangkal. Nilai emisi yang dipakai pada penelitian ini menggunakan konversi kalori pada pekerja selama proses pengerjaan menjadi CO2 pada proses metabolism karbohidrat. Analisis yang dilakukan pada penelitian ini melingkupi analisis sensitivitas parameter tanah, pengaruh desain pondasi terhadap emisi, analisis hotspot, dan pengembangan model volume penggalian dengan emisi yang dihasilkan. Analisis sensitivitas parameter tanah dilakukan dengan menggunakan COV dengan kenaikan dan penurunan sebesar 10%  untuk semua parameter dari baseline. Analisis sensitivitas kedua dilakukan peningkatan dan penurunan 50% untuk poissons ratio dan modulus Young serta peningkatan dan penurunan 10% untuk sudut geser dan berat jenis. Observasi pengaruh desain pondasi dangkal terhadap emisi dilakukan dengan variasi terhadap beban, penurunan izin, dan faktor keamanan. Analisis hotspot dilakukan untuk mengetahui letak kontribusi emisi terbesar sehingga dapat dilakukan mitigasi. Pengembangan model pada penelitian ini bertujuan untuk memudahkan estimasi emisi dengan melihat besar volume penggalian. Akan tetapi, model yang dihasilkan memiliki deviasi sebesar 17% pada volume penggalian 6-7 m3.

 


As one of the countries participating in the 2016 Paris Agreement, Indonesia must mitigate greenhouse gas emissions in early 2020. Indonesia itself has committed to reduce greenhouse gas emissions by 26% from normal conditions. Trying to support this commitment, this study aims to find minimal emissions in shallow foundation construction that meets the ULS and SLS requirements using the solver feature in the Microsoft Excel program. This research is carried out by using gate-to-gate analysis, started with excavation work and ended with compacted backfill. The emission value used in this study uses the conversion of calories to CO2 in carbohydrate metabolism. This study covers the analysis of soil parameter sensitivity, the effect of foundation design on emissions, hotspot analysis, and the development of excavation volume interaction with emissions model. Sensitivity analysis of soil parameters was carried out using COV with an increase and decrease of 10% for all parameters from the baseline. The second sensitivity analysis carried out with an increase and decrease of 50% for Poissons ratio and Youngs modulus as well as an increase and decrease of 10% for soil angles and specific gravity. Observation of the effect of shallow foundation design on emissions is done by variations in load, allowed settlement, and safety factors. Hotspot analysis is carried out to find out where the biggest emission contributions are so that mitigation can be done. The development of the model in this study aims to facilitate the estimation of emissions by looking at the volume of excavation. However, the resulting model has a deviation of 17% in the excavation volume of 6-7 m3.

 

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rudi Chandra Adinugraha
"Dalam beberapa dekade terakhir, perhatian utama telah diberikan pada masalah lingkungan global yang semakin meruncing, khususnya perubahan iklim. Permasalahan ini juga menjadi isu di Indonesia khususnya di Kota Semarang yang menghasilkan sekitar 1.276 ton sampah per hari pada tahun 2019. Emisi GRK dari sektor pengelolaan limbah di Kota Semarang menyumbang 16,67% dari total emisi GRK yang dihasilkan kota Semarang di tahun 2018. Emisi GRK dari pengelolaan sampah dapat berasal dari beberapa tahapan, seperti pengumpulan, transportasi, pengolahan, dan pemrosesan akhir sampah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis emisi GRK dan tahapan pengelolaan sampah yang bersifat hotspot dari keseluruhan sistem pengelolaan sampah Kota Semarang di tahun 2023, sehingga dapat diberikan rekomendasi untuk mengurangi emisi GRK. Perhitungan emisi GRK dilakukan dengan menggunakan Metode IPCC 2006 Tier 1 dan software Emission Quantification Tool (EQT) versi 2018 yang dikembangkan Institute for Global Environmental Strategies (IGES). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, emisi GRK masing-masing dari tahapan transportasi sampah, komposting, daur ulang sampah, black soldier fly (BSF), sampah tidak terkelola, kebakaran landfill, dan landfilling adalah 13.836,729 ton CO2-eq, 3.650,054 ton CO2-eq, -74.080,228 ton CO2-eq, 31,473 ton CO2-eq, 18,123 ton CO2-eq, 8.482,856 ton CO2-eq dan 357.939,942 ton CO2-eq. Keseluruhan emisi GRK dari sistem pengelolaan sampah Kota Semarang di tahun 2023 adalah 309.878,948 ton CO2-eq, dengan hotspot emisi adalah tahap landfilling. Rekomendasi yang diberikan adalah mengurangi timbulan sampah yang masuk ke TPA Jatibarang dan mengaktifkan kembali fasilitas komposting yang tengah berhenti beroperasi di TPA Jatibarang.

In the last few decades, major attention has been given to increasingly increasing global environmental problems, especially climate change. This problem is also a concern in Indonesia, especially in the city of Semarang, which produces around 1,276 tons of waste per day in 2019. GHG emissions from the waste management sector in Semarang City contributed 16.67% of the total GHG emissions produced by Semarang City in 2018. GHG emissions from waste management can come from several stages, such as collection, transportation, processing, and final disposal of waste. This research aims to analyse GHG emissions and hotspot waste management stages of the entire Semarang City waste management system in 2023, so that recommendations can be provided to reduce GHG emissions. GHG emissions calculations were carried out using the IPCC 2006 Tier 1 Method and the 2018 version of the Emission Quantification Tool (EQT) software developed by the Institute for Global Environmental Strategies (IGES). Based on research that has been carried out, the respective GHG emissions from waste transportation, composting, waste recycling, black Soldier fly (BSF), unmanaged waste, landfill fire, and landfilling are 13,836.729 tons CO2-eq, 3,650.054 tons CO2-eq, -74,080.228 tons CO2-eq, 31.473 tons CO2-eq, 18.123 tons CO2-eq, 8,482.856 tons CO2-eq and 309.878,948 tons CO2-eq. Overall GHG emissions from the Semarang City waste management system in 2023 are 309,878.948tons CO2-eq, with the emission hotspot being the landfill stage. The recommendation given is to reduce the amount of waste entering the Jatibarang landfill and reactivate the composting facility which is currently no longer operating at the Jatibarang landfill."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Melianah
"Masalah lingkungan telah menjadi isu yang mengarah pada manajemen keberlanjutan. Industri layanan kesehatan, salah satunya rumah sakit, merupakan industri yang menggunakan sumber energi secara terus menerus dan menghasilkan limbah yang rentan menggangu lingkungan. Oleh karena itu, rumah sakit perlu mengambil berbagai upaya perlindungan lingkungan dan mengembangkan strategi ramah lingkungan seperti pengelolaan sumber daya manusia ramah lingkungan. Menanggapi hal tersebut, penelitian ini mendukung hasil literatur yang menyatakan bahwa manajemen sumber daya manusia ramah lingkungan, tanggung jawab sosial perusahaan, dan perilaku ramah lingkungan karyawan berdampak pada kinerja lingkungan rumah sakit secara holistik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif, pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online dari 208 karyawan medis dan non medis rumah sakit di Indonesia. Data yang diperoleh diolah dengan metode Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan AMOS 22. Temuan mengkonfirmasi bahwa Corporate Social Responsibility (CSR), Green Motivation Enhancing (GME), dan Green Employee Involvement (GEI) berpengaruh signifikan  terhadap Employee Green Behavior (EGB). Lebih lanjut, EGB terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap Environmental Performance (EP). Untuk analisis mediasi, penelitian mengkonfirmasi bahwa EGB memiliki peran mediasi yang signifikan dalam memperantarai GME, GEI dan CSR terhadap EP. Penelitian ini mempertegas peran kritis dari perilaku ramah lingkungan karyawan rumah sakit untuk meningkatkan kinerja lingkungan rumah sakit.

Environmental problems have become an issue that refers to sustainable management. Healthcare industry, hospital as one of them, is organizations that uses energy continuously and produce waste that vulnerable to harm the environment. So that hospital needs undergone various environmental protection efforts and developing green strategies, such as green human resource management and corporate social responsibility. Responding to that, this study supports literature results which stated that green human resource management, corporate social responsibility, and employees’ green behavior possess a holistic impact on the environmental performance of hospital. This research implements quantitative research design, data collection method via online questionnaire from 208 medic and non-medic employees of hospitals in Indonesia. Such data was then analyzed using the Structural Equation Modeling (SEM) method in AMOS 22. The findings confirm that Corporate Social Responsibility (CSR), Green Motivation Enhancing (GME), and Green Employee Involvement (GEI) had a significant impact on Employee Green Behavior (EGB). Furthermore, EGB had a significant relationship with environmental performance (EP). For mediating analysis, the study confirmed that EGB had significant role as mediating variable between GME, GEI, and CSR on environmental performance. This study highlights the critical role of hospital employees’ environmentally friendly behavior to enhance hospital’s environmental performance. "
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tasya Aryani Pramesya
"Adanya pengaruh penyebaran informasi terkait produk dimedia sosial terhadap minat beli suatu produk ini dinilai dapat menjadi solusi untuk mendorong minat beli terkait produk ramah lingkungan melalui penyebaran informasi produk ramah lingkungan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling pada 150 responden yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara online dengan memanfaatkan Google Form. Objek dalam penelitian ini adalah Generasi Z dengan rentang usia 17-27 tahun dengan DKI Jakarta sebagai lokus dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa social media information sharing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap green purchase intention. Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa perceived green value dan subjective norms berpengaruh positif dalam memediasi social media information sharing dan green purchase intention.

The influence of information dissemination related to products on social media on buying interest in a product is considere to be a solution to encourage purchase intention to environmentally friendly products through information dissemination on environmentally friendly products in Indonesia. This study used a quantitative approach with a purposive sampling technique on 150 respondents who were obtained through online questionnaires using the Google Form. The objects in this study were Generation Z with an age range of 17-27 years in DKI Jakarta as the locus in this study. The results of this study indicate that social media information sharing has a positive and significant impact on green purchase intention. In addition, the results of this study also show that perceived green values ​​and subjective norms have a positive effect in mediating social media information sharing and green purchase intention."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Permata Sari
"Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh pengungkapan corporate social responsibility (CSR) terhadap biaya utang yang diukur melalui yield spread. Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan publik di Indonesia yang menerbitkan obligasi dalam rentang tahun 2011-2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan CSR berpengaruh negatif terhadap yield spread sebagai proksi biaya utang. Hal ini disebabkan karena informasi mengenai aktivitas CSR dapat mengurangi adanya informasi asimetri, terutama bagi investor publik. Pengungkapan CSR memungkinkan investor untuk dapat menilai perusahaan dengan lebih baik sehingga imbal hasil yang diminta oleh investor dapat menjadi semakin rendah.

The aim of this research is to analyze the impact of corporate social responsibility (CSR) disclosure on cost of debt as measured by bond yield spread. Sample of this research are firms that issued bonds during the year of 2011-2015. The result of this study indicates that CSR disclosure has negative impact on yield spread. Informations regarding the firms’ CSR activities are believed to reduce asymmetric information, mainly for public investors. Such CSR disclosure could enhance investors’ assessment of the firms and therefore they may require lower yield."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S62675
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sitindaon, Fitri Jayanti
"[ABSTRAK
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meneliti hubungan empiris tentang pengaruh corporate governance terhadap corporate social responsibility disclosure pada perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam indeks LQ 45. Pengukuran yang digunakan pada variabel dependen adalah indeks skoring CSRD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mekanisme CG dengan komponen variabel commissioners independence berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pengungkapan CSR, sebaliknya board independence berpengaruh positif, namun tidak signifikan. Selain itu, variabel manajerial ownership berpengaruh positif dan siginifikan terhadap pengungkapan CSR, namun pada foreign ownership berpengaruh positif dan tidak signifikan pada pengungkapan CSR. Pada variabel kontrol yang digunakan, yaitu umur perusahaan dan ROA berpengaruh positif dan tidak signifikan, sedangkan pada leverage dan ROE berpengaruh negatif, namun tidak signifikan terhadap pengungkapan CSR.
ABSTRACT
The main objective of this study was to examine the empirical relationship of the influence of corporate governance on corporate social responsibility disclosure in companies incorporated in the LQ 45 index measurements used in the dependent variable is the index scoring CSRD. These results indicate that the mechanism of CG with a variable component of commissioners independence significantly negative effect on the disclosure of CSR, board independence otherwise positive effect, but not significant. In addition, variable managerial ownership and significantly positive effect on the disclosure of CSR, but on foreign ownership not significantly positive effect on CSR. In the control variables used, the age of the company and ROA is not significantly positive effect, whereas the effect of leverage and ROE is negative, but not significantly to the disclosure of CSR.
;The main objective of this study was to examine the empirical relationship of the influence of corporate governance on corporate social responsibility disclosure in companies incorporated in the LQ 45 index measurements used in the dependent variable is the index scoring CSRD. These results indicate that the mechanism of CG with a variable component of commissioners independence significantly negative effect on the disclosure of CSR, board independence otherwise positive effect, but not significant. In addition, variable managerial ownership and significantly positive effect on the disclosure of CSR, but on foreign ownership not significantly positive effect on CSR. In the control variables used, the age of the company and ROA is not significantly positive effect, whereas the effect of leverage and ROE is negative, but not significantly to the disclosure of CSR.
, The main objective of this study was to examine the empirical relationship of the influence of corporate governance on corporate social responsibility disclosure in companies incorporated in the LQ 45 index measurements used in the dependent variable is the index scoring CSRD. These results indicate that the mechanism of CG with a variable component of commissioners independence significantly negative effect on the disclosure of CSR, board independence otherwise positive effect, but not significant. In addition, variable managerial ownership and significantly positive effect on the disclosure of CSR, but on foreign ownership not significantly positive effect on CSR. In the control variables used, the age of the company and ROA is not significantly positive effect, whereas the effect of leverage and ROE is negative, but not significantly to the disclosure of CSR.
]"
Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S61685
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Haekal
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dan seberapa besar pengaruh corporate social responsibility terhadap corporate image dan repurchase intention di PT. Bank Syariah Mandiri Thamrin, Jakarta. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik structural equation modelling (SEM) dengan bantuan perangkat lunak Lisrel versi 8.72.
Hasil riset 135 responden menyatakan bahwa keberadaan program CSR mampu memperkuat serta menambah citra positif yang dibangun perusahaan. Kegiatan CSR yang aktif mampu meningkatkan pembelian kembali produk Bank Syariah Mandiri (BSM). Selain itu, hasil riset juga menyatakan variabel corporate social responsibility berpengaruh signifikan terhadap repurchase intention di PT. Bank Syariah Mandiri Thamrin Jakarta, sedangkan variabel corporate image tidak berpengaruh signifikan terhadap repurchase intention dan belum mampu meningkatkan pembelian kembali.

This research aims the customers who use saving products use to examine great influence of CSR toward corporate image and repurchase intention at BSM, Thamrin, Jakarta. All of the data is analized using structural equation modelling (SEM) supported by Lisrel version 8.72.
Result from 135 respondents shows that CSR program able to strengthen and increase positive image for company. The activities CSR is capable to increase the repurchase intention for BSM product. Interestingly, the result shows that variable of CSR take significant effect to repurchase intention in Bank Syariah Mandiri (BSM), while variable corporate image doesn’t have a significant effect to repurchase intention and has not been able to increase the repurchase intention.
"
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>