Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 176142 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ryando Raditya Widodo Putra
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membahas mengenai pengaruh antara Destination Brand Authenticitiy dan Destination Brand Self-Congruence terhadap Destination Brand Engagement pada wisatawan Masjid Istiqlal. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif, melalui teknik purposive-sampling yang dilakukan pada sebanyak 208 responden melalui penyebaran kuesioner secara online. Data yang didapatkan diolah mengunakan SPSS dan SmartPLS melalui analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial mengunakan SEM dengan pendekatan PLS-SEM. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Destination Brand Authenticity dan Destination Brand Self-Congruence memiliki pengaruh positif terhadap Destination Brand Engagement pada wisatawan Masjid Istiqlal.

The purpose of this study is to discuss the effect of Destination Brand Authenticity and Destination Brand Self-Congruence on Destination Brand Engagement on Istiqlal Mosque tourists. This study uses a quantitative approach, done through a purposive-sampling technique which was carried out on as many as 208 respondents through an online questionnaire. The data obtained was processed using SPSS and SmartPLS through descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis using SEM with PLS-SEM approach. The result of this study indicates that Destination Brand Authenticity and Destination Brand Self-Congruence have a positive influence on Destination Brand Engagement on Istiqlal Mosque tourists."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Noor Emeliana Nasman
"Tanjung Lesung sebagai destinasi pantai dihantam tsunami selat Sunda pada 22 Desember 2018. Kejadian ini berdampak pada penurunan angka kunjungan wisatawan karena risiko perjalanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perceived risks terhadap revisit intention ke Tanjung Lesung dengan menggunakan destination image sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan responden berupa wisatawan domestik dan menggunakan teknik non-probability sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara perceived risks terhadap revisit intention melalui destination image. Sehingga, ditemukan bahwa tingkat risiko yang dirasakan oleh wisatawan terhadap Tanjung Lesung pasca tsunami selat Sunda 2018 adalah rendah yang kemudian menciptakan citra destinasi yang positif dan adanya keinginan wisatawan untuk berkunjung kembali. Penelitian ini merekomendasikan agar pemerintah setempat segera membangun shelter tsunami di kawasan Tanjung Lesung dan meyakini wisatawan bahwa destinasi sudah dilengkapi dengan alat pendeteksi bencana yang memadai. Selain itu, terdapat juga rekomendasi untuk pihak pengelola agar meningkatkan maupun menambah pembangunan akomodasi untuk meningkatkan destination image Tanjung Lesung pasca bencana.

Tanjung Lesung, a coastal destination was hit by tsunami of the Sunda Strait on December 22, 2018. This caused a decrease in tourists visits post-disaster due to the looming travel risk amongst tourists. This article aims to analyze the effects of perceived risks on the revisit intention to Tanjung Lesung by using destination image as the mediating variable. This article used quantitave approach by handing questionnaires to respondents, who were all domestic tourists by using the non-probability sampling technique. Results found that there are effects between perceived risks towards revisit intention through destination image; the risks felt by tourists who visited Tanjung Lesung post-tsunami are low, thus creating a positive destination image which results in revisit intention among tourists. This article recommends that the local government immediately build a tsunami shelter in the Tanjung Lesung area and convince tourists that the destination is equipped with adequate disaster detection equipment. In addition, there are also recommendations for the management to improve the construction of accommodation to support the post-disaster destination image of Tanjung Lesung."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Farhan Arramzy
"Pariwisata konten atau contents tourism adalah kegiatan perjalanan yang dimotivasi oleh narasi, karakter, lokasi, dan elemen kreatif lainnya dari budaya populer. Hal ini dimanfaatkan oleh pemerintah Jepang untuk meningkatkan sektor pariwisata Jepang. Kota Hanno di Prefektur Saitama, Jepang, merupakan salah satu kota yang memanfaatkan pariwisata konten. Kota Hanno bekerja sama dengan anime Yama no Susume karena memiliki latar tempat di kota tersebut. Penelitian ini akan membahas mengenai pengaruh anime Yama no Susume pada Kota Hanno dengan melihat berbagai promosi yang memanfaatkan anime Yama no Susume terhadap perkembangan pariwisata Kota Hanno. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan analisis deskriptif yaitu dengan memaparkan dan menganalisis data-data yang telah diperoleh menggunakan teori contents tourism dan creative fandom yang dikemukakan oleh Takayoshi Yamamura. Hasil analisis menunjukkan bahwa adanya dampak positif terhadap pariwisata Kota Hanno, yakni kenaikan jumlah pengunjung setelah penayangan anime Yama no Susume di Kota Hanno. Temuan lain dari penelitian ini adalah adanya relasi antara penggemar, pebisnis konten dan otoritas lokal menghasilkan creative fandom.

Contents tourism is travel motivated by narratives, characters, locations, and other creative elements of popular culture. It is being utilized by the Japanese government to boost Japan's tourism sector. Hanno City in Saitama Prefecture, Japan, is one such city that utilizes contents tourism. Hanno City cooperates with the anime Yama no Susume because it has a setting in the city. This research will discuss the influence of the Yama no Susume anime on Hanno City by looking at various promotions that utilize the Yama no Susume anime for the development of Hanno City tourism. The method used in this research is qualitative with descriptive analysis, namely by describing and analyzing the data that has been obtained using the theory of contents tourism and creative fandom proposed by Takayoshi Yamamura. The results of the analysis show that there is a positive impact on Hanno city tourism, which is an increase in the number of visitors after the airing of the anime Yama no Susume in Hanno City. Another finding of this research is that the relationship between fans, content businesses and local authorities produces creative fandom."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Vasanthi
"Kota Yogyakarta merupakan salah satu daerah tujuan wisata utama Indonesia yang terletak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kota Yogyakarta memiliki beberapa objek wisata yang banyak menarik kunjungan wisatawan baik wisatawan nusantara maupun wisatawan asing. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui karakteristik serta pola keruangan TBD di Kota Yogyakarta. Dengan menggunakan identifikasi sebaran fasilitas pariwisata dan aksesibilitas Kota Yogyakarta diperoleh empat jenis karakteristik TBD. Pertama adalah TBD yang berbasis kepada sejarah yang terletak di Candi Prambanan, yang kedua adalah TBD yang berbasis budaya yaitu Kraton Yogyakarta, yang ketiga adalah TBD bernuansa belanja yaitu di kawasan Malioboro, dan TBD bernuansa pendidikan yang terletak di Universitas Gadjah Mada. Pola keruangan Tourism Business District (TBD) yang ada di Kota Yogyakarta berbentuk menyebar di sisi timur poros kota Yogyakarta. Hal ini disebabkan tingkat aksesibilitas yang lebih memadai di sebelah timur kota Yogyakarta.

Yogyakarta city is one of Indonesia's main tourist destination located in Yogyakarta Special Province. Yogyakarta city has several interesting tourist objects that many tourists visit both public and tourists from outside Yogyakarta city itself. The purpose of the research is to identify the characteristics and the spatial pattern of TBD in Yogyakarta City. Using identification of tourism facilities distribution and accesibility of Yogyakarta city, there are four types of characteristics TBD. First is TBD based on the history of which is located in Candi Prambanan, the second is TBD based cultural destination that is in Kraton Yogyakarta, the third is TBD based on shopping destination that is located in Malioboro district, and the fourth type is TBD based on educational destination that is located in Universitass Gadjah MadaThe spatial pattern of TBD that is formed in Yogyakarta city has dispersed pattern that is spreading on the eastern part of the city axis. That is because this part of the city has a more adequate level of accesibility."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2012
S42146
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
M Anwar Ihsan
"Pura Luhur Uluwatu adalah salah satu Pura Sad Kahyangan terbesar yang ada di Bali, yang memiliki fungsi untuk tempat ibadah dan fungsi sebagai objek wisata. Status Pura Sad Kahyangan ini membuat Pura Uluwatu memiliki radius suci sejauh 5 kilometer dengan tujuan untuk menjaga kesucian dari pura. Fungsi Pura Uluwatu sebagai salah satu objek wisata terbesar di Kabupaten Badung membuat adanya pembangunan fasilitas-fasilitas wisata di sekitar pura, hal ini juga dipengaruhi oleh jumlah wisatawan yang datang dan aksesibilitas menuju ke Pura Uluwatu. Adanya radius suci mempengaruhi fungsi Pura Uluwatu sebagai objek wisata. Hal ini dapat dilihat dari fungsi Pura Uluwatu dan variasi fasilitas wisata yang ada di dalam radius suci. Variasi fasilitas wisata yang ada di radius suci Pura Uluwatu cukup beragam dengan Gambaran semakin mendekati pura, semakin bervariasi fasilitas wisata yang ada. Data primer dan sekunder akan dianalisis dengan metode kualitatif untuk mendapatkan fungsi tempat suci Pura Uluwatu sebagai objek wisata berdasarkan radius suci.

The Uluwatu Temple, one of the largest Sad Kahyangan temples in Bali, holds significance both as a place of worship and a renowned tourist attraction. Its revered Sad Kahyangan status designates a sacred radius of 5 kilometers, aimed at safeguarding the temple's sanctity. Situated in Badung Regency, Uluwatu Temple's prominence has stimulated the development of diverse tourism amenities in its vicinity, primarily influenced by visitation rates and accessibility. The sacred radius profoundly impacts the role of Uluwatu Temple as a tourist destination, evident through its distinct function and the array of tourist facilities within the prescribed radius. The range of tourism establishments within the sacred radius of Uluwatu Temple exhibits variation, with a greater diversity observed in closer proximity to the temple. Employing qualitative methods, both primary and secondary data will be analyzed to discern the multifaceted role of Uluwatu Temple as a tourist destination, taking into account the implications of the sacred radius."
Depok: Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yessi Anastasia Pricillia Sutiono
"Pengalaman adalah salah satu faktor penting bagi suatu destinasi dan para wisatawan untuk menciptakan memori tak terlupakan yang akan mempengaruhi kedatangan yang berulang. Akan tetapi, tingginya potensi Makassar untuk membuat pengalaman tak terlupakan bagi para pengunjungnya tidak sebanding dengan minat mereka untuk menyebarkan electronic word of mouth (e-wom). Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh citra destinasi serta kendala dan pengalaman dalam berwisata di Makassar terhadap minat para wisatawan untuk berkunjung kembali dan menyebarkan positif e-wom dengan mengumpulkan responden sebanyak 230 orang yang telah mengunjungi Makassar. Berdasarkan hasil analisis penelitian, ditemukan bahwa pengalaman memiliki pengaruh terhadap citra destinasi dan minat wisatawan untuk membuat e-wom positif akan tetapi tidak berpengaruh terhadap minat berkunjung kembali. Untuk membuat wisatawan memiliki minat berkunjung kembali, pengalaman tersebut harus bersifat jangka panjang atau memorable di benak konsumen. Sedangkan, kendala khususnya kendala struktural berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung kembali dan citra destinasi akan tetapi tidak berpengaruh terhadap minat e-wom. Hasil penelitian ini akan memiliki implikasi bagi pemerintah dan industri pariwisata bahwa menciptakan pengalaman yang terbagi menjadi eskapis, hiburan, estetika dan edukasi, dan menurunkan kendala struktural bagi para wisatawan dapat meningkatkan kunjungan wisata serta promosi secara tidak langsung dengan adanya e-wom positif.

Experience is one of the beneficial factors for a destination and tourists to create an unforgettable experience that will affect recurrent visits. However, Makassars high potential to make an unforgettable experience for visitors is not comparable to their interest in spreading electronic word of mouth (e-wom). This study aims to examine the influence of destination images as well as constraints and travel experiences in Makassar to tourists interest to revisit and spread positive e-wom by gathering 230 respondents who have visited Makassar. Based on the results of the research analysis, it was found that experience had an influence on the image of the destination and tourists interest to revisit and spread positive e-wom but did not affect the interest in revisting. To make tourist have the intention in revisiting, the experience must be long-term or memorable in the mind of consumers. Whereas, the constraints in particular which is the structural constraints have a significant effect on revisit intention and destination image but has no effect on e-wom intention. Results of this study will have implications for the government and the tourism industry that creating experiences that are divided into escapist, entertainment, aesthetics, and education, as well as reducing the structural constraints could indirectly increase tourist visits and promotions by the presence of positive e-wom."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Isnafa Safitri
"Seiring dengan meningkatnya populasi umat Islam, semakin besar peluang untuk mengembangkan konsep pariwisata halal. Indonesia mulai menerapkan konsep pariwisata halal sejak tahun 2012 di mana Lombok merupakan salah satu wilayah yang dipilih Kementerian Pariwisata Republik Indonesia untuk dikembangkan pariwisata halalnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara keterlibatan wisatawan Muslim di Lombok terhadap halal destination brand equity Lombok yang terdiri dari brand awareness, brand image, brand quality, brand value, dan brand loyalty dengan menggunakan konsep customer-based brand equity. Peneliti mengolah data dengan metode Structural Equation Model pada SmartPLS 3.0 di mana pengambilan datanya menggunakan teknik self-administrated questionnaire kepada responden dengan kriteria WNI beragama Islam dan pernah mengunjungi Lombok dalam 5 tahun terakhir. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keterlibatan wisatawan Muslim di Lombok memiliki pengaruh positif terhadap halal destination brand equity Lombok sehingga hasil tersebut dapat dijadikan referensi bagi pelaku industri pariwisata agar dapat mengembangkan Lombok sebagai destinasi wisata halal unggulan di Indonesia.

Along with the increasing Muslim population, the greater the opportunity to develop the concept of halal tourism. Indonesia began to apply the concept of halal tourism since 2012 in which Lombok is one of the regions chosen by the Ministry of Tourism of the Republic of Indonesia to develop halal tourism. This study was conducted to determine the relationship between the involvement of Muslim tourists in Lombok to Lombok's halal destination brand equity consisting of brand awareness, brand image, brand quality, brand value, and brand loyalty by using the concept of customer-based brand equity. The researcher processed the data using the Structural Equation Model method in Smart PLS 3.0 where the data was collected using a self-administrated questionnaire technique to respondents with criteria of Indonesian citizen, Muslim, and had visited Lombok in the last 5 years. The results of this study indicate that the involvement of Muslim tourists in Lombok has a positive influence on halal destination brand equity in Lombok so that these results can be used as a reference for tourism industry players to develop Lombok as a leading halal tourism destination in Indonesia.

"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia , 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arini Apriola
"Penelitian ini membahas respon warganet Indonesia terhadap pelanggaran turis Rusia di Bali. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana warganet Indonesia memberikan respon dalam menanggapi pelanggaran Yuri Chilikin, yaitu unggahannya menurunkan celana di atas Gunung Agung, Bali. Penelitian ini menggunakan beberapa konsep, yaitu Sakral dan Profan, Pancasila sebagai ideologi. Metode penelitian yang digunakan yaitu Analisis Wacana Kritis model Norman Fairclough melalui tiga aspek, analisis teks, praktik wacana, dan praktik sosiokultural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon-respon warganet Indonesia merupakan kekecewaan terhadap pelanggaran yang terjadi oleh Yuri Chilikin, namun tetap mencerminkan nilai-nilai kelima sila Pancasila. Berdasarkan hasil penelitian pula ditemukan bahwa adanya perbedaan interpretasi yang sakral dan yang profan pada Gunung Agung antara warganet Indonesia dengan turis Rusia, Yuri Chilikin.

This research discusses the responses of Indonesian netizens to a violation by a Russian tourist in Bali. The aim of this research is to find out how Indonesian netizens respond to Yuri Chilikin's violation, namely his upload of lowering his trousers on Mount Agung, Bali. This research uses several concepts, namely sacred and profane and Pancasila as an ideology. The research method used is Norman Fairclough's Critical Discourse Analysis model through three aspects, text analysis, discourse practice and sociocultural practice. The result of the research shows that the responses of Indonesian netizens are disappointment with the violations committed by Yuri Chilikin, but still reflect the values of the five principles of Pancasila. Based on the research results, it also shows that there are differences in sacred and profane interpretations of Mount Agung between Indonesian netizens and Russian tourist, Yuri Chilikin."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Febrina Elissa
"Pembangunan infrastruktur jalan tol pada dasarnya merupakan kewajiban pemerintah, namun dalam hal ini pihak swasta dapat membangun proyek infrastruktur tersebut dengan skema kerjasama pemerintah dan swasta. Kerjasama pemerintah dan swasta muncul karena biaya untuk membangun infrastruktur jalan tol tidak sedikit. Disisi lain, kInvestasi asing dalam pembangunan jalan tol sangat dibutuhkan karena saat ini investasi dalam negeri masih kurang. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah mengenai pengaturan kerjasama pemerintah dan swasta secara umum di Indonesia, pengaturan kerjasama pemerintah dan swasta dalam bidang jalan tol di Indonesia, serta prosedur investasi yang dilakukan oleh pihak asing dalam kerjasama pemerintah dan swasta pada bidang jalan tol. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan mengenai pengaturan kerjasama pemerintah dan swasta secara umum menjelaskan mengenai pengaturan kerjasama pemerintah dan swasta dalam bidang jalan tol, serta menjelaskan mengenai prosedur investasi yang dilakukan oleh pihak asing dalam kerjasama pemerintah dan swasta pada bidang jalan tol di Indonesia. Penelitian ini disusun dengan metode penulisan hukum normatif. dengan metode analisis data kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa investasi asing dalam konsesi pengusahaan jalan tol dapat dilakukan dengan syarat tertentu.

Basically, the development of toll road infrastructure is the government obligation, but in some case the private sector can build the infrastructure in the public private partnership framework. Public-private partnerships arise because the substantial cost in infrastructure development. Foreign investment toll road is needed because the current domestic investment is still lacking. This paper discusses about the regulation about public private partnership in Indonesia, regulation about public private partnership in toll road sector in Indonesia, and the procedure of foreign investment in toll road sector in Indonesia. The aim of this paper is to explain the regulation about public private partnership in Indonesia, regulation about public private partnership in toll road sector in Indonesia, and the procedure of foreign investment in toll road sector in Indonesia. This research use the normative legal writing method and the qualitative analysis method. The research concludes that foreign investment in toll road concession can be performed under certain conditions."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S58606
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dennis Sabillah Ramadhan
"ABSTRAK
Kabupaten Lampung Selatan merupakan kabupaten yang memiliki potensi
yang tinggi terhadap pariwisata pantai. Salah satu cara mengetahui potensi tersebut
yaitu berupa pengembangan pariwisata pantai dengan cara penilaian mengenai
tipologi masing-masing objek wisata pantai dan tipologi wisatawan yang
berkunjung menuju objek wisata pantai di Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui tipologi objek wisata pantai dan tipologi wisatawan
pantai di Kabupaten Lampung Selatan. Analisis yang digunakan adalah analisis
keruangan dan uji chi-square untuk menjawab tujuan dari penelitian ini. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan antara tipologi objek wisata
pantai dan tipologi wisatawan pantai. Objek wisata pantai pada tipe pantai
pengendapan laut umumnya merupakan objek wisata pantai dengan tipologi cukup
ideal dan ideal dengan wisatawan yang berkunjung umumnya merupakan
wisatawan dengan tipologi mid-sentris dan near-psikosentris. Sedangkan pada tipe
pantai vulkanik umumnya merupakan objek wisata pantai dengan tipologi cukup
ideal dan kurang ideal dengan wisatawan yang berkunjung umumnya merupakan
wisatawan dengan tipologi mid-sentris dan near-allosentris.

ABSTRACT
South Lampung District is a district that has a high potential to beach
tourism. One of ways to explore the potential is development of beach tourism by
assessement of the typology of each beach destinations and tourists that visiting to
beach destination in South Lampung District. This study aims to determine
typology of beach destination and typology of beach tourist in South Lampung
District. The analysis of this study is descriptive spatial analysis and chi-square test
to answer the purposes of this study. The results indicate that there is a relationship
between the typology of beach destination and typology of beach tourist. Beach
destinations on the type of precipitation coast are generally beach destinations with
typology quite ideal and ideal with beach tourists visiting are tourists with typology
generally mid-centric and near-psychocentric. While on the type of volcanic coast
are generally beach destinations with typology quite ideal and less than ideal with
beach tourists visiting are tourists with typology generally mid-centric and nearallocentric."
2016
S63774
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>