Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 62465 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nanda Luthfiah Rahmawati
"Setelah Indonesia menyatakan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, perjuangan bangsa Indonesia melawan Belanda dan sekutu tidak langsung usai. Belanda kemudian melancarkan Agresi Militer I dan mengerahkan pasukan khusus yang salah satunya dipimpin oleh Letnan Satu Raymond Paul Pierre Westerling untuk memberantas tokoh-tokoh yang masih memperjuangkan kemerdekaan. Peristiwa pemberantasan itu kemudian diadaptasi menjadi sebuah film yang dirilis pada tahun 2020 berjudul De Oost. Walaupun film ini berlatarkan Indonesia yang telah merdeka, kemunculan Orientalisme masih dapat dilihat. Dampak dari adanya Orientalisme mempengaruhi persepsi penonton mengenai keseluruhan jalan cerita film. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan wacana Orientalisme dalam film De Oost. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa di dalam film De Oost, Orientalisme dapat dilihat melalui latar tempat, perilaku dan tutur kata bangsa Eropa yang merendahkan pribumi, serta ujaran yang merendahkan Hindia-Belanda. Dari film ini juga diketahui bahwa wacana Orientalisme tidak hilang begitu saja walaupun Indonesia telah merdeka.

After Indonesia declared independence on August 17, 1945, the struggle of Indonesian peoples against the Netherlands and the Allies was not over yet. The Netherlands then launched Operation Product and mobilized a special force, one of which was led by First Lieutenant Raymond Pail Pierre Westerling to eradicate figures who were still fighting for Indonesia’s independence. That eradication was adapted as a film titled De Oost which was released in 2020. Even though this film was set after Indonesia’s independence, Orientalism can still be seen in it. The impact of Orientalism in the film affects the viewers’ perception about the whole film. This research aims to explain Orientalism in the film De Oost. The result of this research shows that Orientalism can be seen in how the places are shown, Europeans’ behaviors and speech that degrade the natives, as well as speech that degrades Dutch East Indies. From this film it is also known that Orientalism didn’t just disappear after Indonesia declared independence."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Cornelia Petrabella Raditya
"Film-film Hollywood telah seringkali menggambarkan etnis non-Putih dengan stereotip rasial yang cenderung menyesatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pesan di balik penggambaran bangsa Yunani dan Persia dalam film aksi Hollywood 300: Rise of an Empire. Walaupun film garapan sutradara Noam Murro ini sukses masuk ke daftar film berpendapatan terbesar sepanjang 2014, belum ada yang mengkaji film tersebut dari sudut pandang Orientalisme pada saat karya tulis ilmiah ini disusun. Penulis menggunakan metode analisis karakter dan semiotik audiovisual pada enam adegan yang menampilkan interaksi antara karakter-karakter Yunani dan Persia.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa para tokoh Persia direpresentasikan dengan karakteristik negatif baik dari segi fisik maupun non-fisik. Semua karakter Persia dalam film ini digambarkan berpenampilan seperti penduduk Timur Tengah, bersifat lemah, bodoh, kejam, dan tamak. Ini sangatlah bertentangan dengan pencitraan bangsa Yunani yang semua ditampilkan berkulit putih, berpostur ideal, bersifat berani, loyal,cerdas dan menjunjung nilai-nilai kebebasan. Konten film 300: Rise of an Empire cenderung melebih-lebihkan dan melencengkan perbedaan antara bangsa Yunani (Barat) dan Persia (Timur). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa film ini mencerminkan paham Orientalisme.

Hollywood movies have often portrayed non-White ethnicities with misleading racial stereotypes.The goal of this study is to find the underlying message behind the portrayal of Greeks and Persians in the Hollywood action movie 300: Rise of an Empire. Directed by a top Hollywood director Noam Murro, the movie has gained huge profit worldwide and been listed as one of the most successful movies throughout 2014. There has been no Orientalist study on this movie yet when this paper was written.This study examines six selected scenes, where interactions between the Greeks and the Persians take place, using character and audiovisual semiotic analyses.
The result shows that the Persians in the movie are represented as weak, backwards, cruel, and greedy Arabs.The White Greeks, on the other side of the spectrum, are attractive, brave, loyal, intelligent and freedom-loving. 300: Rise of an Empire exaggerates and distorts the differences between the Greeks (West) and the Persians (East), placing the two nations at the furthest ends of the opposite spectrum. Therefore, it can be concluded that the movie reflects Orientalist notions.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Lindgren, Ernest
New York: Collier Books, 1970
791.4 LIN a
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Vlady Pratama
"Wacana kolonial merupakan representasi kuasa kolonial yang mempengaruhi konstruksi pandangan dan tindakan individu dalam memposisikan peradaban Barat sebagai superior. Penelitian ini membahas novel berjudul Bandoeng-Bandung karya F. Springer (1993) menggunakan teori orientalisme Edward W. Said tahun 1978. Penelitian ini memperlihatkan bagaimana wacana kolonial mempengaruhi pandangan dan tindakan melalui pengalaman tokoh-tokoh dalam novel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan konstruksi wacana kolonial pada tokoh-tokoh yang digambarkan melalui pengalaman masa kolonialisme dalam novel Bandoeng-Bandung. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan poskolonialisme (orientalisme). Poskolonialisme adalah sebuah teori kritis yang ditulis berdasarkan reaksi terhadap kondisi kehidupan yang menggambarkan masa kolonialisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh-tokoh dalam novel memiliki pandangan dan tindakan yang memandang peradaban Barat lebih superior dibandingkan peradaban Timur melalui bentuk fisik, kebiasaan, dan pendidikan.

Colonial discourse is a representation of colonial power that influences the construction of individual views and actions in positioning Western civilization as superior. This research discusses a novel entitled Bandoeng-Bandung by F. Springer (1993) using Edward W. Said's 1978 theory of orientalism. This research shows how colonial discourse influences views and actions through the experiences of the characters in the novel. The purpose of this study is to reveal the construction of colonial discourse on the characters depicted through the experience of colonialism in the novel Bandoeng-Bandung. The method used is descriptive qualitative with a postcolonialism (orientalism) approach. Postcolonialism is a critical theory written based on the reaction to the living conditions depicting the colonialism period. The results show that the characters in the novel have views and actions that view Western civilization as superior to Eastern civilization through physical forms, habits, and education."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Firman Hadiansyah
"Adaptasi film ke dalam novel atau sebaliknya seialu menimbulkan perubahan, sebagai akibat dari perbedaan media dan hasil interpretasi penulis dan sutradara. Penelitian ini bertujuan untuk memperlihatkan sejumlah persamaan dan perbedaan mendasar yang dihasilkan oleh adaptasi dari film ke dalam novel Biala Tak Berdawai, dilihat dari unsurunsur penceritaan.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan strukturalisme yang memfokuskan pada unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam film dan novel Biola Tak Berdawai. Unsur-unsur film dan novel yang dianalisis dan dibandingkan dalam penelitian ini adalah alur penyajian, alur sebab akibat, tokoh dan penokohan, latar ruang dan Tatar waktu.
Hasil analisis film dan novel Biola Tak Berdawai terhadap unsurunsur di atas, menunjukkan persamaan sekaligus perbedaan. Cerita dalam film dan novel pada dasarnya sama tetapi menjadi terkesan berbeda ketika Dewa dijadikan penutur di dalam novel. Tokoh Dewa menjadi serba tahu dan mampu menuturkan dengan fasih mengenai kejadian-kejadian yang ada di sekelilingnya, padahal di dalam film, tokoh Dewa digambarkan sebagai anak yang sangat sulit untuk berkomunikasi dengan prang fain dikarenakan penyakit autis dan cacat ganda. Dengan demikian, tokoh utama di dalam novel tidak hanya Renjani, tetapi juga Dewa. Perbedaan Iainnya terletak pada berupa kemunculan cerita pewayangan di dalam novel, juga terdapat penghilangan, dan penambahan beberapa cerita. Semua perbedaan tersebut menunjukkan adanya perbedaan interpretasi penulis novel atas cerita film Biola Tak Berdawai.
Berbeda dengan unsur alur penyajian, alur sebab akibat antara film dan novel tidak menunjukkan perbedaan. Dad awal hingga akhir cerita, novel adaptasi tetap bersetia terhadap film sebagai cerita pertama. Begitu juga dengan latar ruang dan waktu.

The adaptation of film into novel or vice verse always produces changes as the consequence of the different media and the result of the actor and the director's interpretation. This study aims to present some basic similarities and differences which are produced by the adaptation from film into novel Biola Talc Berdawai, and viewed from the story elements.
The method used is structuralism, focusing on the intrinsic elements in film and novel Biota Tak Berdawai. The film and novel elements which are analyzed and compared in this study are plot, the characters and characterization, and setting.
The result of the analysis of film and novel Biola Tak Berdawai to the mentioned elements presents similarities and differences at the same time. The story in film and novel is basically the same but it imprisons different when Dewa is made as a narrator in the novel. The character of Dewa knows everything and he can utter fluently what happens in his surrounding, whereas in film the character of Dewa is showed as the boy who has difficulty to communicating with other people because he is autistic and has double deformity. So the main character in the novel is not only Renjani but also Dewa. The other difference is on the presence of things pertaining to the wayang story in the novel. All those differences present the difference of the writer's interpretation on the story of Biota Tak Berdawai film.
It is different to plot presence, the cause and effect plot between film and novel does not present the difference. From the beginning until the end of story, adapted novel keep loyal to film as the original story. It also happens to the setting of place and time.
"
Jakarta: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2006
T17618
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
London: Routledge, 1996
791.43 INT
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Bettetini, Gianfranco
Paris: Mouton, 1973
419 BET l
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Burch, Noel
New York : Praeger 1, 1973
791.43 BUR t
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Titian Ratu
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai wacana homoseksualitas di dalam film All You
Need is Love - Meine Schwiegertochter ist ein Mann dalam kaitannya dengan
konsep heteroseksualitas. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif
dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa wacana
homoseksualitas yang terepresentasi di dalam film dapat hadir karena masyarakat
yang masih berpegang pada norma heteroseksual sebagai pedoman hidup
sehingga mereka menganggap pilihan untuk menjadi homoseksual adalah hal
yang abnormal dan keberadaan kelompok minoritas tersebut menjadi marjinal.
Film ini mengkritik masyarakat yang intoleran tersebut dan menawarkan
perspektif humanis dalam menyikapi isu homoseksual.

ABSTRACT
This thesis discusses the discourse about homosexuality in the film All You Need
is Love - Meine ist ein Mann Schwiegertochter in relation to the concept of
heterosexuality. This research used descriptive analysis and literature study. The
results of this study stated that present discourse encompassing homosexuality
that represented in the film because people who still hold to the heteronormativity
as a way of life so that they consider the choice to be homosexual is abnormal and
the existence of homosexuality is marginalized. The film is criticizes an intolerant
society and offer a more humanistic perspective in addressing the issue of
homosexuality.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S1926
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
New York: Oxford University Press, 1979
791.43 FIL
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>