Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 118962 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Manurung, Mathew Jhonathan
"ulisan ini membahas mengenai kinerja pelayanan angkutan umum pada tiga jenis angkutan yang berbeda, yaitu bus Transjakarta BRT (Bus Rapid Transit)/Non BRT, halte Transjakarta, angkutan kota Non Jak Lingko, dan mikrotrans Jak Lingko yang beroperasi di Kecamatan Pasar Minggu. Tujuan penelitian ini adalah ingin menganalisis kepuasan penumpang terhadap kinerja dari angkutan umum dengan menggunakan dua metode, yaitu metode IPA (Importance Performance Analysis) serta metode CSI (Customer Satisfaction Index) dengan variabel penilaian yang mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2015 untuk Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Dalam Trayek. Jenis penelitan ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan cara pengambilan data responden menggunakan kuesioner online (Google Form) melalui media sosial serta menyebarkan kartu survei di lapangan baik pada halte ataupun di dalam angkutan. Metode analisis data dilakukan menjadi dua jenis data berdasarkan sering tidaknya penumpang menggunakan angkutan umum, yaitu data keseluruhan (kategori sering dan jarang), dan data sebagian (kategori sering saja). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan penumpang terhadap kinerja bus Transjakarta BRT (Bus Rapid Transit)/Non BRT, halte Transjakarta, angkot Non Jak Lingko, dan mikrotrans Jak Lingko berturut-turut adalah 85,716% (sangat baik), 80,606% (sangat baik), 71,837% (baik), dan 76,461% (sangat baik).

This paper discusses the performance of public transport services on three different types of transportation, namely Transjakarta BRT (Bus Rapid Transit)/Non BRT buses, Transjakarta bus stops, Non Jak Lingko city transportation, and Jak Lingko microtrans operating in Pasar Minggu District. The purpose of this study is to analyze passenger satisfaction on the performance of the public transport using two methods, namely IPA method (Importance Performance Analysis) and the CSI method (Customer Satisfaction Index) with assessment variables referring to the Regulation of the Minister of Transportation of the Republic of Indonesia Number 29 of 2015 for Transportation People With Public Motorized Vehicles On Routes. This type of research uses a quantitative approach by collecting respondent data using an online questionnaire (Google Form) through social media and distributing survey cards in the field either at bus stops or in transportation. The method of data analysis is carried out into two types of data based on whether or not passengers use public transportation, namely overall data (frequent and rare categories), and partial data (frequent categories only). The results showed that passenger satisfaction with the performance of Transjakarta BRT (Bus Rapid Transit)/Non BRT buses, Transjakarta bus stops, Non Jak Lingko city transportation, and Jak Lingko microtrans respectively were 85.716% (very good), 80.606% (very good) , 71.837% (good), and 76.461 (very good)."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ernisfi
"Tesis ini membahas mengenai kinerja Puskesmas dan peningkatan kinerja Puskesmas dalam pencapaian standar pelayanan minimal bidang kesehatan di Kota Depok tahun 2018. Tesis ini menggunakan teori sistem dimana peneliti mendeskripsikan faktor input Puskesmas, factor proses puskesmas berupa penyelenggaraan pelayanan puskesmas dan output Puskesmas yaitu Kinerja Puskesmas berdasarkan 12 indikator SPM. Meode penelitian yang digunakan adalah penelitian mixed methods, yaitu penelitian kuantitatif dari univariate hingga multivariate dengan menggunakan data sekunder. Metode kualitatif menggunakan wawanara mendalam dan diskusi terarah. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kinerja Puskesmas terhadap pencapaian SPM sangat rendah, fackor yang berpengaruh terhadap kinerja Puskesmas adalah factor bangunan, alat kesehatan dan BMHP serta factor ketenagaan. Hasil uji regresi logistik menunjukan faktor yang paling berpengaruh adalah faktor ketenagaan.

This thesis discusses the performance and efforts to improve the performance of Puskesmas in achieving minimum service standards in the health sector in Depok City. This thesis uses a system theory where the researcher describes the input factor, the process factor in the form of puskesmas service delivery and the output factor, namely the Health Center Performance based on 12 SPM indicators. The research method used is mixed methods research, which is quantitative research from univariate to multivariate using secondary data. Qualitative methods use in-depth interviews, focused discussions and document review. The results of the study showed that the performance of the Puskesmas towards achieving SPM was very low, the factors that affected the performance of the Puskesmas were building factors, medical devices and BMHP as well as workforce factors. The results of the logistic regression test show that the most influential factor is the workforce factor."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2019
T52991
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Audia Destivani
"ABSTRACT
Sistem pengukuran kinerja di Indonesia diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Namun, dalam penerpannya masih ditemukan beberapa masalah di Kementerian Ketenagakerjaan berupa 1 Belum baiknya nilai komponen pengukuran kinerja dalam evaluasi SAKIP yang diporelah Kementerian Ketenagakerjaan dan 2 Terdapat beberapa IKU yang beriorentasi pada outputdan tidak berorientasi pada outcome hasil sehingga kemanfaatannya masih belum dapat terlihat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membahas bagaimana proses pengukuran kinerja di Kementerian Ketenagakerjaan dan mengapa pengukuran kinerja di Kementerian Ketenagakerjaan belum baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah post positivist dan hasil dari penilitian ini adalah: 1 Masih terdapat beberapa tahap dari proses pengukuran kinerja yang belum terpenuhi oleh Kementerian Ketenagakerjaan yaitu prioritizing, indicator selection, data collection, dananalysis. 2 Belum baiknya pengukuran kinerja di Kementerian Ketenagakerjaan dipengaruhi oleh faktora learning and evaluative organizational culture, dan faktor managerial discretion yang belum terpenuhi.

ABSTRACT
Performance measurement system in Indonesia is regulated in Presidential Regulation Number 29 Year 2014 about Performance Accountability System of Government Institutions. However, in its application there is still found some problems in the Ministry of Employment in the form of 1 The grade that is not good on the performance measurement component on the SAKIP evaluation that is received by the Ministry of Labour and 2 There are some IKUs that is oriented on the output and not on the outcome so that the benefit still cannot be seen. Therefore, this research aims to discuss about how the process of performance measurement in the Ministry of Labour and why the performance measurement in the Ministry of Labour is still not as good as it can be. The method used in this research is post positivist and the results of this research is 1 There are still several stages of the process that has not been fulfilled by the Ministry of Labour which is prioritizing, indicator selection, data collection, and analysis. 2 Performance assessment in the Ministry of Labour is still not good as it can be is affected by a learning and evaluative organizational culture factor and managerial discretion factor. "
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Intan Pramita Wibowo
"Pemerintah mengawasi dan mengavaluasi kinerja Badan Usaha Milik Negara (BUMN) karena mayoritas sahamnya dimiliki oleh Negara. Peningkatan kinerja Badan Usaha Milik Negara harus selaras dengan program yang dicanangkan oleh pemerintah. Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU) adalah salah satu media yang dijadikan pedoman untuk mengukur kinerja Badan Usaha Milik Negara yang bernaung di bawah Kementerian BUMN. Peningkatan kinerja pada perusahaan BUMN menunjukkan bahwa perusahaan yang bertumbuh dan berkembang secara positif dapat mempengaruhi profitabilitas dan nilai suatu perusahaan. Penelitian ini berfungsi untuk melihat seberapa signifikan pengaruh antara penerapan pengukuran kinerja menggunakan KPKU dengan tingkat profitabilitas suatu perusahaan dibandingkan dengan perusahaan yang tidak menerapkan pengukuran kinerja menggunakan system KPKU. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan KPKU pada perusahaan BUMN dapat mempengaruhi kinerja perusahaan pada sisi keuangan.

The Government oversees and evaluates the performance of State Owned Enterprises (SOEs) because the majority of its shares are owned by the State. Improved performance of State-Owned Enterprises must be in harmony with programs proclaimed by the government. Criteria for Superior Performance Assessment (KPKU) is one of the media that serve as a guide to measure the performance of State Owned Enterprises under the Ministry of SOEs. Improved performance in state-owned companies shows that companies that grow and develop positively affect the profitability and value of a company. This study serves to see how significant the influence between the implementation of performance measurement using KPKU with the level of profitability of a company compared with companies that do not apply performance measurement using KPKU system. Based on this research, KPKU implementation will affect company’s performance on the financial performance’s side.
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vunny Wijaya
"Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Badan Litbangkes) merupakan salah satu badan penelitian pengembangan yang telah banyak berkontribusi dalam pembangunan kesehatan nasional karena penelitian yang dijalankan. Model Achieve sebagai salah satu teori yang mengintegrasikan elemen ability, elemen clarity, elemen help, elemen incentif, elemen evaluation, elemen validity, dan elemen environment digunakan untuk menganalis permasalahan yang ada untuk selanjutnya dapat ditindaklanjuti pimpinan dalam menentukan prioritas masalah organisasi. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja Badan Litbangkes berdasarkan model Achieve.
Penelitian ini menggunakan pendekatan post-positivis. Sedangkan metode yang digunakan yaitu kualitatif. Sumber data primer yang digunakan melalui hasil wawancara dengan para informan yang telah dipilih. Beberapa temuan penelitian diantaranya terkait elemen ability yaitu pentingnya langkah advokasi terkait ketersediaan anggaran untuk tugas belajar. Elemen clarity yaitu kelalaian dalam hal administrasi yang dilakukan peneliti dapat dibantud dengan follow up dati Tim Administrasi.
Elemen help yaitu dapat dipertimbangkan untuk memberikan insentif tambahan terkait melalui quota dan peningkatan anggaran seminar/workshop internasional. Elemen incentive yaitu motivasi atau pembinaan-pembinaan lebih lagi terkait disiplin diri Elemen evaluation yaitu umpan balik sebaiknya dua arah termasuk bawahan ke atasan. Terakhir pada elemen validity yaitu langkah percepatan pembentukan majelis etik peneliti sehingga peneliti yang ada lebih kompeten dan bertanggung jawab.

National Institute of Health Research and Development is one of the development research agency that has contributed a lot in national health development because research is being carried out. Achieve model as one of the theories that integrates element of ability, clarity element, help element or organizational support, incentive element, evaluation element, validity element, and environment element is used to analyze existing problems for futher action followed up by the leader in determining organizational problem priorities. Thus, the purpose of this study is to analyze the performance of National Institute of Health Research and Development based on Achieve model.
This study uses a post-positivist approach. While the method used is qualitative. The primary data source is used through the results of deep interviews with selected informants. Some research findings are related to the ability element, namely the importance of advocacy steps related to the availability of budgets for learning assignments. The clarity element, which is negligence in terms of administration conducted by researchers, can be contested with follow-up from the Administration Team.
Help element that can be considered to provide additional incentives related to quota and increased budget for international seminars / workshops. The incentive element is motivation or coaching more related to self discipline Element evaluation, namely feedback should be two-way including subordinates to superiors. Finally, the element of validity is the step of accelerating the formation of a research ethics council so that existing researchers are more competent and responsible."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2019
T52984
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hably Warganegara
"ABSTRAK
Dalam meningkatkan kualitas SDM Rumah Sakit (RS) Khusus THT-Bedah KL
Proklamasi, maka perlu menciptakan sistem manajemen kinerja yang baik, yaitu
melakukan penilaian kinerja dengan merumuskan Key Performance Indicators
(KPI) yang berfungsi sebagai alat ukur tercapainya tujuan RS. Dilakukan
pendekatan kualitatif dengan metode diskusi kelompok terarah (FGD) dan
wawancara mendalam terhadap seluruh unit di RS untuk merancang KPI yang
sejalan dengan tujuan RS, dimana terbentuk 196 rancangan KPI untuk 23 unit
dimana setiap unit terdiri dari 8-10 KPI yang dapat menjadi pertimbangan RS
untuk digunakan sebagai penilaian kinerja unit yang sesuai dengan tujuan RS

ABSTRACT
Improvement in human resources quality in Proklamasi- ENT Hospital requires
creation of a good performance management system through implementation of
performance measurement by formulating Key Performance Indicators which
function as a measuring instrument to achieve hospital goals. A qualitative
approach with focus group discussions and in depth interviews method with all
divisions in the hospital was performed to formulate KPI which compatible to
hospital goals. A 196 KPI draft was formed for 23 divisions whereas each division
consist of 8-10 KPI to became hospital consideration to measure all division
performance that compatible with hospital goals"
2016
T46795
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fajar Ariwinadi
"Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja bank-bank di Indonesia dengan metode pengukuran kinerja alternatif : data envelopment analysis. Hasil pengukuran tersebut, dianalisis lebih lanjut terutama terhadap bank-bank yang dinilai berkinerja baik dikaitkan dengan kebijakan pemerintah dan Bank Indonesia dalam mendorong konsolidasi perbankan dan menarik investor asing ke dalam industri perbankan nasional. Hasil analisis merekomendasikan bahwa bank-bank yang dinilai berkinerja baik ternyata adalah bank-bank yang mempunyai aset dan modal besar serta dimiliki oleh investor asing atau pemerintah. Sehingga bisa diambil kesimpulan berdasarkan hasil dari pemodelan data envelopment analysis ini, bahwa kebijakan pemerintah dan Bank Indonesia ternyata tepat.

The objective of this thesis is to measure banks performance in Indonesia with alternative measuring method : data envelopment analysis. The measurement result will be furthered analyze around banks that are considered have good performance and their relation to government and Bank Indonesia`s policies to urge banks consolidation and attract foreign investor to participate in Indonesia`s banking industry. The result recommend that banks with good performance tend to have big assets and capitals and owned by foreign investor or government. So it can be concluded, that the policies of government and Bank Indonesia is correct."
Depok: Universitas Indonesia, 2008
T25526
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Silaban, Febryanto
"Saat ini Indonesia menganut sistem tata kelola migas dengan model (tiga kaki), artinya terjadi pemisahan tiga fungsi antara fungsi kebijakan (policy), fungsi regulasi (regulatory), dan fungsi komersial (commercial), dan penggunaan fiskal gross split. Akan tetapi, kinerja hulu migas Indonesia ternyata masih belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tata kelola migas yang paling tepat untuk dapat memajukan industri migas Indonesia. Dari penelitian Thurber dkk. (2011) diketahui bahwa format tata kelola tiga kaki yang sukses di Norwegia belum tentu bisa ditiru di negara lain. Keberhasilan tata kelola tidak ditentukan oleh faktor digabung atau dipisahkannya pelaksanaan ketiga fungsi semata, tetapi juga oleh faktor-faktor lain. Penelitian ini menggunakan dua metode, yaitu analisis (quadrant mapping) penelitian Thurber pada 13 negara dan metode CBA dengan penggunaan AHP dengan 17 pakar/praktisi untuk menentukan tata kelola migas yang paling optimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja industri migas Indonesia akan berjalan baik apabila menggunakan sistem tata kelola (dua kaki) varian NOC Dominated Model dengan fiskal PSC Cost Recovery. Akan tetapi, mengingat banyak faktor lain yang tidak bisa ditangkap oleh kedua metodologi dalam penelitian ini, maka pilihan kebijakan tata kelola dua kaki NOC Dominated tidak bisa juga dianggap sebagai desain yang terbaik saat ini untuk Indonesia.

At present Indonesia adheres to an oil and gas regulatory system with a three-feet model, which is related to three functions between policy, regulatory, and commercial functions, and gross split fiscal use. However, Indonesias upstream oil and gas performance is still not going well. This research seeks to find the most appropriate oil and gas governance to advance Indonesias oil and gas industry. From the previous research of Thurber et al. (2011) it was known that the three-feet management format that is successful in Norway cannot necessarily be replicated in other countries. The success of governance is not determined solely by the factors combined or separated from the implementation of the three functions, but also by other factors. This study uses two methods, namely the analysis of "quadrant mapping" Thurber research on 13 sample countries and the CBA method with the use of AHP with 17 experts/practitioners for the most optimal regulation of oil and gas governance. The result of the study showed that the Indonesian oil and gas industry research will run well using the two feet governance system with variant of the NOC Dominated Model and the Cost Recovery PSC fiscal. However, given the many other factors that cannot be captured by the two methodologies in this study, the choice of a two-feet NOC Dominated governance policy cannot also be considered the best design at present for Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T52987
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muchamad Andre Gunawan
"Mengingat organisasi merupakan sarana untuk mencapai tujuan, maka suatu organisasi yang baik disusun berdasarkan keperluan Serta sangat besar pengaruhnya terhadap keberhasilan penyelenggaraan proyek. Bila organisasi dirancang secara tidak tepat dan kurang memperhatikan tuntutan pelaksanaan, maka akibatnya manajemen akan mengalami kesulitau dan rnenjadi tidak efektiil Organisui adalah wadah yang memungkinkan masyarakat dapat meraih hasil yang sebelumnya tidak dapat dicapai oleh individu secara sendiri-sendiri. Sedangkan sistem organisasi mempakan pola formal aktivitas dan hubungan antara berbagai sub-unit organisasi.
Kunci sukses dari pelaksanaan sebuah proyek konslruksi yang cukup besar, seperti proyek konstruksi bangunan bertingkat, terletak pada sistem organisasi proyek, jika memang sesuai maka hal ini akan meningkatkan performa proyek konstruksi dengan adanya pengelompckkan dalam batasan perbedaan pembagian tugas kerja. Karena durasi proyek biasanya cukup lama, maka selama peiaksanaan dibutuhkan koordinasi antara kelompok-kelompok orang yang berbeda-beda.
Oleh karena itu diperlukan analisa terhadap elemen-elemen atau faktor-faktor yang memegang peranan penting dalam sistem organisasi proyek sehingga kinerja waktu yang telah ditetapkan dapat dilaksanakan dengan baik (tepat waktu).
Dari hasil penelitian ini diperolch kesimpulan bahwa variabel sistem organisasi proyek, sebagai variabel bebas yang memberikan konsuibusi terhadap peningkatan kinerja waktu pelaksmaan proyek konstruksi, dipengaruhi oleh beberapa faktor : pengaruh seorang pemimpin, kerjasama tim dalam menyelesaikan setiap masalah, komunikasi, tenaga kerja yang kompeten, komunikasi vertikal antara atasan dan bawahan, jadwal rapat koordinasi mingguan dan fasilitas rapat, kualitas produktifitas pekerja, pengadaan teknologi yang terkait, kemampuan logika, dan pelatihau stat" dengan scsi pelatihan untuk semua pihak yang terkait.

To reach the target, a well-managed organization is built based on the what it requires, because a good organization can lead to a successfully implemented project. If an organizational design is not exactly formulated and not i11 accordance to the implementation rules, the management will hence find any difficulties and become ineffective. Organization is a medium through which a society can reach the common target, what an individual can heardly obtain. An organizational system comprises both a formal pattern of activities and a relationship in several organizational sub-units.
The key of a successfully implemented a large-scale construction project, such as a high-rise building construction, lies on the organizational system ofthe project. A good, stable and suitable system can increase the image of a construction project positively for example by classiting the tasks among the workers based on the age, educational background, experience, etc. Due to the long-term duration of the project, the coordination among the workers from any divisions is therefore needed.
That is why it also requires an analysis to the elements or factors playing a great role in the organizational system of project in order to meet the need for time performance.
From this experiment it is eventually concluded that the variable of project's organizational system, as a free variable contributing to the increase in time performance of construction project, is affected by several factor : leader's influence, team-work in dealing with trouble-shooting, communication, competency, vertical communication between superior and subordinate, weekly coordinational meeting agenda and meeting facility, quality of workers, avaibality of technology, logical capability, and training for staf based on job description.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S35184
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sitinjak, Marina
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang kinerja operasional call center Kring Pajak 1500200 dalam penanganan panggilan pada tahun 2015. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kinerja operasional layanan call center Kring Pajak 1500200 berdasarkan praktik terbaik indikator kinerja utama call center yang terdiri dari ukuran layanan, ukuran kualitas, dan ukuran efisiensi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dari hasil penelitian ini, beberapa saran yang diajukan penulis untuk peningkatan kinerja operasional call center Kring Pajak 1500200, yaitu manajemen perlu melakukan pengukuran kinerja dengan mengacu kepada indikator kinerja utama call center pada umumnya, menetapkan standar/target untuk setiap indikator kinerja, melakukan evaluasi jam operasional dengan mempertimbangkan tren jumlah panggilan masuk di luar jam operasional, serta meningkatkan kualitas proses penanganan panggilan dan mengefektifkan waktu penanganan rata-rata masing masing agen dengan pelatihan mengenai pengetahuan perpajakan, penguasaan aplikasi, dan keterampilan berkomunikasi.

ABSTRACT
This research discusses the operational performance of call center Kring Pajak 1500200 in handling incoming calls in the year 2015. This aims at figuring out the operational performance of the call center based on the applicable best practices and key performance indicators, which comprise service measures, quality measures, and efficiency measures. This research is a qualitative research approached with descriptive research. Based on this research, a number of recommendations have been proposed by the writer to improve the operating performance of call center Kring Pajak 1500200, where it is important for the management to measure its performance by referring to the generally alllicable key performance indicators in call centers, to apply standards and set objectives for each performance indicator, to conduct evaluation on the operational hours by taking the trends of incoming calls beyond the operational hours, and to improve the quality in incoming calls handling process and the effectiveness of the average handling time of each agent by providing trainings on taxations, the use of applications, and communication skills."
2017
S65889
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>